Biaya_Balik_Nama_Mobil_dan_Cara_Mengurusnya_(1).jpg

Inilah Biaya Balik Nama Mobil 2023 dan Cara Mengurusnya

Diterbitkan1 Feb 2023

Jika AutoFamily baru saja membeli mobil bekas, menjalani prosedur dan membayar biaya balik nama mobil sudah menjadi satu kewajiban yang tidak mungkin dilewatkan. Tahukah Anda bahwa biaya balik nama kendaraan juga bergantung pada nilai jual kendaraan bermotor bekas yang Anda beli?

Biasanya untuk melakukan proses mutasi dan balik nama mobil bekas, AutoFamily perlu mengikuti berbagai prosedur serta mengeluarkan sejumlah biaya. Bagaimana ketentuan dan prosedur biaya mutasi dan balik nama mobil bekas yang dimaksud? Mari cek biaya balik nama kendaraan, persyaratan, serta prosedurnya di bawah ini.

Biaya Balik Nama BPKB Mobil Bekas dan Mutasinya

Terdapat dua prosedur yang biasanya harus Anda lakukan setelah beli mobil bekas, yaitu mutasi dan balik nama mobil.

Biasanya, prosedur mutasi mobil bekas dilakukan terlebih dahulu. Dengan melakukan prosedur ini, maka plat nomor mobil bekas yang dibeli akan berubah menjadi baru saat berpindah domisili. Hal ini wajib dilakukan bagi Anda yang membeli mobil dengan lokasi berbeda dari domisili tempat tinggal.

Selanjutnya, barulah Anda bisa mengurus balik nama mobil tersebut. Proses balik nama sendiri merupakan proses pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik awal ke pemilik yang baru. Dengan mengurus balik nama, kendaraan bermotor tersebut akan resmi menjadi milik Anda. Hal ini akan mempermudah dalam mengurus pajak kendaraan bermotor (PKB).

Bicara mobil bekas, Anda perlu memilih yang kondisinya sangat baik dan surat-suratnya lengkap tanpa masalah. Untuk mendapatkan unit mobil bekas berkualitas temukan dan pilih DI SINI.

Tentu saja, ada biaya yang harus dibayarkan untuk mengurus kedua prosedur ini. Berikut adalah informasi mengenai biaya mutasi dan biaya balik nama mobil.

1. Biaya Mutasi Mobil Bekas

Untuk biaya mutasi, Anda setidaknya harus menyiapkan sejumlah dana. Berdasarkan PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Polri, biaya mutasi mobil bekas yang harus dibayarkan terdiri dari beberapa komponen.

Berikut ini adalah rinciannya:

  • Tarif penerbitanSTNK:Rp200 ribu

  • Tarif penerbitanTNKB:Rp100 ribu

  • Biaya cetak atau ganti BPKB: Rp375 ribu

  • Biaya surat mutasi: Rp250 ribu

  • Biaya cek fisik mobil: Rp25 ribu

CEK SPESIFIKASI TOYOTA SUPRA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Biaya Balik Nama Mobil Bekas

Setiap daerah memiliki prosedur dan biaya Bea balik nama kendaraan bekas yang berbeda-beda. Semua prosedur dan biaya dikembalikan kepada pemerintah daerah masing-masing. Oleh karena itu, penting bagi AutoFamily untuk mengecek biaya balik nama mobil secara online sebelum mendatangi kantor Samsat terdekat.

Berikut adalah rincian biaya balik nama mobil bekas:

  • Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB): Biaya yang dibebankan kepada pemilik mobil bekas sebesar 1% dari harga beli mobil atau dari jumlah PKB;

  • SWDKLLJ: Berdasarkan UU 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan, biaya yang perlu dibayarkan sebesar Rp143.000.

  • Biaya pendaftaran balik nama mobil yaitu sekitar Rp 100.000.

Baca Juga:Syarat, Prosedur, dan Biaya Cabut Berkas Mobil Terkini

3. Simulasi Perhitungan Balik Nama Mobil

Untuk memudahkan perhitungan, Anda cukup menjumlahkan seluruh biaya yang tertera di atas dan menyesuaikan jenis mobil yang Anda beli. Perlu dicatat bahwa bisa saja masih ada biaya tambahan yang berbeda beda antar daerah seperti ongkos bensin dari ke SAMSAT atau POLDA setempat, fotokopi, dsb.

Baca juga: Informasi Biaya Balik Nama Mobil Saat Pemutihan 2023

Prosedur Balik Nama Mobil Bekas

Untuk mengurus balik nama mobil, Anda perlu mengetahui bahwa proses balik nama untuk mobil bekas maupun baru sama-sama dilakukan dalam dua tahap, yaitu pengurusan di kantor Samsat tempat mobil terdaftar dan di tempat Anda berada. Keduanya dilakukan agar penerbitan STNK dan penerbitan BPKB sesuai dengan pemilik kendaraan bermotor yang baru.

Anda disarankan untuk mencari informasi terkait peraturan proses balik nama mobil di tempat Anda. Mengapa demikian? Umumnya setiap daerah mempunyai syarat atau cara balik nama kendaraan yang berbeda-beda termasuk biaya balik nama mobil bekas.

1. Siapkan Dokumen yang Dipersyaratkan

Agar tidak repot atau bolak-balik saat mengurus balik nama mobil, jangan lupa untuk menyiapkan dokumen-dokumen dalam syarat balik nama mobil. Secara umum, dokumen yang harus Anda persiapkan adalah:

  • Kartu Identitas Penduduk (KTP) pemilik kendaraan yang baru dan fotokopi.

  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi.

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi.

  • Kuitansi pembelian mobil bekas & versi fotokopi yang sudah dilengkapi materai Rp 10.000 dan ditandatangani oleh penjual dan pembeli mobil.

  • Dokumen hasil cek fisik kendaraan (bisa dilakukan di kantor Samsat)

Dengan membawa seluruh berkas ini, maka semua proses bisa berjalan lancar.

Baca Juga:Cara Perpanjang SIM Online via Website dan Aplikasi Sinar dengan Praktis

Selanjutnya, mari mencari tahu rincian prosedur balik nama mobil yang harus Anda ikuti. Secara umum, berikut ini adalah alur dari proses balik nama mobil.

2.Proses Balik Nama Mobil di Samsat Tempat Mobil Terdaftar

Tahapan pertama dilakukan di kantor SAMSAT pada daerah tempat mobil terdaftar. Berikut adalah proses balik nama mobil tahap pertama (tempat mobil Anda terdaftar):

  1. Datangi kantor SAMSAT terdekat di daerah mobil Anda terdaftar.

  2. Kunjungi loket cek fisik. Setelah membayar biaya cek fisik kendaraan, petugas SAMSAT akan mengecek fisik mobil Anda termasuk bagian nomor rangka dan nomor mesinnya.

  3. Setelah mendapatkan dokumen cek fisik, kunjungi loket pendaftaran balik nama, bayar biaya pendaftaran, dan isi formulir yang diberikan sesuai dengan informasi yang tertera di STNK mobil.

  4. Berikan dokumen persyaratan yang Anda bawa serta formulir ke petugas SAMSAT untuk selanjutnya melakukan mutasi ke kantor SAMSAT tujuan sesuai dengan KTP.

  5. Petugas akan memberikan arsip yang berisi dokumen lengkap mobil.

  6. Selanjutnya, balik nama mobil diurus ke kantorSAMSAT tujuan Anda.

Baca Juga:Info Terkini Prosedur dan Biaya Perpanjang STNK Mobil

2.Proses Balik Nama Mobil di Kantor Samsat Domisili KTP Anda

Setelah mengikuti semua proses di tahap pertama, Anda bisa masuk ke tahap kedua, yaitu datang ke kantor SAMSAT sesuai atau yang terdekat dengan domisili KTP. Tahap kedua merupakan proses balik nama mobil sesuai dengan KTP Anda:

  1. Datangi kantor SAMSAT terdekat tujuan Anda.

  2. Melakukan cek fisik kendaraan, petugas SAMSAT akan mengecek fisik mobil Anda. Pada saat yang bersamaan, Anda diharuskan mengisi dokumen yang diberikan dari loket 1.

  3. Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan serahkan ke petugas SAMSAT. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB.

  4. Mengisi formulir yang diberikan dan sertakan fotokopi KTP dan lunasi pembayaran sesuau dengan besaran biaya mutasi balik nama mobil yang berlaku.

  5. Serahkan dokumen formulir yang telah diisi dan bukti pembelian mobil Anda ke loket BPKB online. Anda akan mendapatkan tagihan BPKB online yang harus dilunasi.

  6. Simpanlah bukti pembayaran BPKB online dan jangan sampai hilang.

  7. Lanjutkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya penerbitan STNK dan simpanlah bukti pembayarannya.

  8. Kembali ke loket BPKB online untuk menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK.

  9. Setelah itu, serahkan fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Pelat Nomor. Anda akan diberikan pelat nomor baru.

  10. Anda akan menerima STNK dan BPKB sesuai dengan data pemilik kendaraan bermotor yang baru.

Baca juga:Cara Mengurus BPKB Mobil yang Hilang

Nah, itu dia penjelasan mengenai biaya mutasi dan biaya balik nama mobil bekas beserta prosedurnya.Informasi di atas bisa Anda gunakan saatmembeli mobil Toyota bekasdan berencana mengurus biaya balik nama ataupun pembayaran pajak. Jika ingin tahu lebih banyak tentang mobil Toyota, seperti informasi mengenaiInterior Toyota Dyna, Anda bisa mengunjungiwebsite Auto2000.

Hal lain yang tidak kalah penting selanjutnya adalah memastikan mobil Toyota bekas AutoFamily selalu dalam kondisi prima dan terawat.Auto2000 siap membantu AutoFamily dengan pelayanan dan perawatan terbaik untuk seluruh suku cadang dan perangkat mobil lainnya. AutoFamily juga dapat menikmati berbagaipaket layanan servicedari kami untuk mendapatkan servis perawatan berkala maupun pekerjaan perbaikan umum yang berkaitan dengan mesin, sasis/rangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh model Toyota.

KunjungiDealer Toyota Lampung Utarasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Apabila Anda tinggal di Kabupaten Kuningan, silahkan langsung mengunjungiDealer Toyota Kabupaten Kuninganuntuk menemukan mobil impian Anda.Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.