cara-mutasi-mobil.jpg

Bagaimana Cara Mutasi Mobil Terbaru? Ini Langkah dan Prosesnya!

Diterbitkan29 Mar 2023

Cara mutasi mobil itu memiliki berbagai cara dan langkah yang cukup rumit ya, AutoFamily. Namun, sekarang mobil sudah menjadi satu kebutuhan tersendiri khususnya bagi AutoFamily yang memiliki mobilitas tinggi sehari-hari. Terkadang malah membuat AutoFamily harus pindah ke kota lain untuk menetap di sana.

Saat mutasi mobil, pastikan performa mobil Anda dalam kondisi optimal, mengingat prosesnya juga melibatkan pengecekan fisik kendaraan. AutoFamily bisa melakukan servis mobil terlebih dahulu sebelum melakukan mutasi mobil. Auto2000 menyediakan Paket Servis Toyota untuk proses perawatan mobil yang lebih mudah dan efisien.

Lalu, bagaimana cara mutasi mobil dengan mudah? Melalui artikel ini, AutoFamily akan mempelajari cara melakukan mutasi mobil dengan mudah.

Cara Mutasi Mobil dengan Mudah

AutoFamily memang disarankan melakukan mutasi kendaraan jika memang pindah ke kota lain untuk tinggal di sana. Perpindahan domisili yang tidak disertai pengurusan mutasi mobil bisa membawa masalah tersendiri pada saat perlu melakukan beberapa kewajiban. Dimulai dari membayar pajak kendaraan danmemperpanjang STNK.

Pada dasarnya urusan administrasi kendaraan terikat pada domisili pemilik kendaraan. Kalau AutoFamily pindah ke Bandung tapi mobil masih tetap memiliki pelat B, maka seluruh urusan di atas harus dilakukan di Jakarta. Pastinya mengganggu, bukan? Untuk itu inilah cara mutasi mobil paling terbaru.

Baca juga:Daftar Syarat Bayar Pajak Mobil dan Cara Pembayarannya

1. Persiapan Mutasi Mobil

Mutasi atau cabut berkas mobil sebenarnya mudah. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahu jenis mutasi. Sebenarnya tidak hanya ada satu jenis mutasi saja, melainkan dua jenis mutasi kendaraan bermotor. Ada mutasi satu daerah (dalam provinsi yang sama) dan ke lain daerah.

Untuk mutasi satu daerah hanya fokus kepada perpindahan alamat saja dengan nomor polisi yang tetap sama. Namun kalau sudah mutasi ke lain daerah, berarti yang harus diganti adalah alamat dan nomor polisi mobil tersebut.

Sekarang Anda sudah tahu jenis mutasi mobil. Sekarang saatnya masuk ke dokumen yang harus dibawa agar proses mutasi berjalan lancar. Anda wajib membawa syarat mutasi mobil berupa dokumen-dokumen ini ke kantor Samsat terdekat:

  • Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi
  • Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli dan fotokopi
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi
  • Kwitansi pembelian mobil dengan materai Rp10.000

Selanjutnya Anda bisa datang ke kantor Samsat untuk melakukan mutasi mobil.

DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA ALPHARD HANYA DI AUTO2000!

2. Proses Mutasi Mobil

Menjalani prosedur mutasi mobil di kantor Samsat sebenarnya tidaklah terlalu lama. Inilah tahapannya:

  1. Datang ke kantor Samsat lalu segera menuju tempat cek fisik kendaraan.
  2. Berikan seluruh berkas kepada petugas agar mendapatkan formulir cek fisik.
  3. Setelah mengisi formulir tersebut, serahkan kepada petugas. Nanti Anda dan petugas akan melakukan gesek nomor mesin dan rangka.
  4. Kemudian bawa semua dokumen untuk difotokopi di dalam salah satu gerai yang memang sudah tersedia di dalam kantor Samsat.
  5. Jika sudah, serahkan seluruh berkas hasil fotokopi tersebut ke loket cek fisik.
  6. Anda akan diminta menuju ke bagian fiskal untuk kembali mengisi formulir dan membayar pajak atau biaya lain yang mungkin tertunda.
  7. Kalau memang tidak ada permasalahan pajak atau biaya lainnya, Anda akan mendapatkan berkas kartu induk lalu bawa ke bagian mutasi. Di sana Anda akan mendapatkan surat jalan untuk mengurus mutasi di domisili baru.

Bayar pajak mobil onlinesudah bisa dilakukan sekarang dengan mudah, untuk itu hindari menunda untuk membayarnya ketika sudah jatuh tempo. Tidak berhenti di sini saja. Anda sekarang harus mengurus mutasi mobil ke kantor Samsat di domisili terbaru. Inilah prosesnya:

  1. Segera menuju tempat cek fisik kendaraan dan serahkan seluruh berkas beserta surat jalan.
  2. Anda akan kembali melakukan gesek nomor mesin serta rangka.
  3. Bawa seluruh dokumen yang dibutuhkan ke bagian mutasi lalu isi formulir di sana.
  4. Kalau sudah, Anda tinggal menunggu nama dipanggil untuk menyelesaikan biaya mutasi mobil.
  5. BPKB asli akan ditahan petugas lalu Anda diberikan surat pengantar untuk mengambil berkas tersebut di Polres setempat.
  6. Lakukan pembayaran biaya mutasi mobil lalu ambil STNK dan pelat mobil baru.

3. Biaya Mutasi Mobil

Ada rumus biaya mutasi mobil yang perlu Anda ketahui. Biaya mutasi masuk mobil (BBN) sebesar 1% yang diambil dari harga pembelian unit tersebut. Jika Anda membeli mobil tersebut dengan harga Rp300.000.000, maka biaya yang harus dibayar adalah Rp3.000.000. Namun tidak hanya itu saja, Anda harus membayar biaya lainnya untuk tahun 2020. Rincian biaya tersebut adalah:

  • Biaya Mutasi Masuk (BBN) : Rp. 2.000.000
  • Cek Fisik = GRATIS
  • Biaya Fiskal = Rp. 250.000
  • Admin Gudang Kartu Induk = Rp. 10.000
  • Admin Mutasi Keluar = Rp. 50.000
  • Admin Mutasi Masuk = Rp. 375.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak STNK = Rp. 400.000
  • Penerimaan Negara Bukan Pajak BPK = Rp. 100.000

Berapa Lama Proses Mutasi Mobil?

Proses mutasi mobil sendiri dapat memakan waktu yang berbeda-beda tergantung pada kecepatan dan ketepatan penyelesaian berkas serta sistem administrasi dari pihak Samsat setempat. Pada umumnya, proses mutasi mobil akan selesai dalam waktu sekitar 1 hingga 2 minggu setelah pembayaran biaya balik nama.

Namun, apabila terdapat kendala seperti berkas yang tidak lengkap atau terjadi kesalahan data, maka proses mutasi mobil dapat memakan waktu lebih lama. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan seluruh berkas administratif telah dipenuhi dengan benar agar proses mutasi mobil dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Baca juga:Memahami Apa itu PKB di STNK

Sekarang AutoFamily sudah tahu bagaimana cara mutasi mobil terbaru. Mudah, bukan? Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Pastikan juga kelengkapan administrasi Anda sudah lengkap, sehingga prosesnya bisa lebih mudah dan cepat.

Jangan lupa juga untuk menjaga kondisi mobil agar tetap prima dengan melakukan servis berkala di Auto2000.Anda bisa memanfaatkan layanan Auto2000 Home Service atau booking online jadwal servis melalui Auto2000 Digiroom untuk proses perawatan mobil yang lebih mudah dan fleksibel.

Sebagai bengkel resmi mobil Toyota di Tanah Air, Auto2000 didukung oleh barisan teknisi andal yang berpengalaman. KunjungiAuto2000 Digiroomuntuk informasi lebih lanjut mengenai mobil baru Toyota khususnyaToyota Kijang InnovahinggaToyota Avanzaterbaru di tahun 2022!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan data, nominal dan biaya, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.