cara-cek-plat-nomor-jakarta.jpg

Bagaimana Cara Cek Plat Nomor Jakarta?

Diterbitkan14 Jul 2023

Apakah AutoFamily mengetahui cara cek plat nomor Jakarta? Dengan kombinasi angka dan huruf, plat nomor mobil berguna sebagai identitas data kendaraan yang tercatat secara resmi di Kepolisian Republik Indonesia. Untukmengecek plat nomor kendaraan, ada beberapa cara yang dapat AutoFamily lakukan. Berikut ulasan selengkapnya bersama Auto2000 khusus wilayah DKI Jakarta.

Apa Itu Nomor Plat?

Sebelum membahas cara cek plat nomor Jakarta, perlu dipahami apa itu nomor plat kendaraan. Nomor plat sendiri merupakan tanda pengenal yang digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan bermotor.

Plat nomor terdiri dari beberapa huruf dan angka yang ditentukan dan diterbitkan oleh pemerintah atau otoritas setempat. Plat nomor ini ditempelkan pada kendaraan, biasanya di bagian depan dan belakang, dan digunakan untuk mengidentifikasi kendaraan saat di jalan.

Plat nomor harus digunakan oleh semua kendaraan yang beroperasi di jalan raya. Dengan adanya plat nomor ini, pihak berwenang mudah mengidentifikasi pemilik kendaraan dan mengetahui informasi seperti jenis kendaraan, tahun pembuatan, dan negara asal.

AutoFamily harus memperbarui nomor plat setiap 5 tahun sekali sekaligus membayar pajak tahunan. Jangan sampai Anda terlambat memperbaruinya, karena berpotensi dihapus oleh pihak kepolisian. Alhasil, kendaraan Anda pun tidak bisa digunakan di jalan raya.

Pemasangan plat nomor juga harus sesuai ketentuan. Jangan sampai merusak permukaan cat juga. Namun jika sudah sampai merusak permukaan bodi seperti baret atau lecet, maka serahkan perbaikannya pada layanan Body and Paint. Dapatkan dengan mudah layanannya DI SINI.

Baca juga: 4 Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta Tanpa NIK

Bagaimana Cara Cek Plat Nomor Jakarta?

Setidaknya ada 3 cara cek plat nomor kendaraan yang dapat Anda tempuh terkhusus untuk wilayah Jakarta. Seluruh mobil yang terdaftar di kantor administratifSamsat, mulaiJakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur dapat Anda lakukan dengan mudah melalui penjelasan di bawah ini.

1. Menggunakan SMS

Cara pertama adalah menggunakan SMS. Tentu saja cara ini dapat dilakukan di dalam semua jenis HP. Anda perlu mengirimkan SMS secara regular dari HP dengan format pesan berikut ini.

Tuliskan METRO [spasi] plat nomor polisi kendaraan yang akan Anda cek. Kemudian kirim SMS ke nomor 1717. Contoh dari penggunaan SMS untuk cek plat nomor mobil di Jakarta adalah METRO B1234SAM. Kemudian kirim ke 1717.Nanti akan datang SMS balasan berisi data kendaraan, seperti nama pemilik kendaraan dan berbagai macam informasi lainnya.

DAPATKAN PROMO TOYOTA ALL NEW COROLLA CROSS DI AUTO2000

Untuk penggunaan SMS, Anda jangan lupa untuk selalu mengecek penggunaan huruf besar di setiap ketikan. Khususnya untuk tulisan METRO dan huruf pada plat nomor kendaraan. Dari sana, Anda akan terhindar dari kesalahan data pengiriman sehingga proses pengecekan berjalan lebih lancar.

Baca Juga:Cara Cek Pajak Kendaraan via SMS

2. Menggunakan Website

Cara selanjutnya adalah menggunakan website. Sekarang sudah tersedia website untuk mendapatkan informasi plat nomor Jakarta. Anda dapat mengakses laman SAMSAT Jakartayang biasa disebut e-Samsat online untuk memulai proses mengecek plat nomor mobil.

Dengan masuk ke dalam website tersebut, maka muncul tampilan Samsat DKI Jakarta. Di sana, Anda bisa langsung memasukkan kombinasi nomor plat kendaraan yang informasinya memang ingin dicari.

Di bagian kolom berikutnya, Anda sebenarnya diminta untuk memasukkan NIK. Namun jika memang tidak ada, Anda bisa membiarkannya tetap kosong dan menjadi nomor Jakarta tanpa NIK. Kemudian beri tanda centang pada bagian klik kota kosong di sebelah tulisan Im not a robot untuk verifikasi otomatis.

Jika semuanya telah dilakukan, sekarang waktunya klik Proses. Dari sana, maka Anda akan mendapatkan informasi mobil berdasarkan plat nomor yang telah dimasukkan.

Informasi ini terdiri dari merek mobil, tipe mobil, jenis bahan bakar, warna mobil, besar pajak, hingga masa berlaku pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan pemilik kendaraan. ini juga bisa menjadi cara Anda untuk cek pajak kendaraan saat jatuh tempo membayar pajak. Lengkap sekali info pajak kendaraan yang diberikan ke Anda, kan?

Baca juga:Cara Bayar Pajak STNK Online Kendaraan Bermotor 2023

3. Menggunakan Aplikasi HP

Sekarang Anda sudah dapat mengunduh aplikasi "Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta" untuk langsung mendapatkan informasi terkait mobil sesuai plat nomor yang dimasukkan. Tampilan aplikasi ini mirip dengan website Samsat DKI Jakarta yang telah dijelaskan di nomor sebelumnya.

Anda hanya perlu memasukkan plat nomor mobil yang informasinya ingin dicari. Setelah itu, informasi terkait mobil tersebut akan tampil secara jelas.

Perlu diketahui bahwa aplikasi ini dapat digunakan jika Anda sudah melakukan registrasi terlebih dulu. Jadi Anda perlu mendaftar dengan memasukkan alamat email serta password.

Jika sudah melakukan registrasi, Anda tinggal memilih menu PKB, lalu isi plat nomor kendaraan bermotor yang ingin dicari informasinya. Klik Proses untuk mendapatkan informasi sepenuhnya.

Baca juga:55 Daftar Kode Plat Nomor Seluruh Indonesia Terlengkap

Dari ketiga cara di atas, mana yang paling terasa cocok untuk AutoFamily lakukan? Semoga informasi mengenai cara cek plat nomor Jakarta dapat bermanfaat. Selain itu jangan lupa untuk melakukan service berkala bersama Auto2000.Ayo kunjungicabang Auto2000 terdekat.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Mobile kami. Nikmati berbagailayanan purna jualdan kemudahanbooking service onlinemelaluiAuto2000 Digiroomsekarang juga!

KunjungiDealer Toyotasekarang juga untuk memperoleh berbagai informasi mengenai mobil terbaik persembahan Toyota, sepertiEksterior Toyota All New Hiace.

Dapatkan juga berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenis mobil terbaik persembahan Toyota, seperti mobilToyota Fortuner 4x2hinggaToyota Corolla Altis. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sinisekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.