Lampu Indikator Mobil

Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter: Panduan Lengkap Ketika Lampu Indikator Mati

Diterbitkan7 Mar 2024

AutoFamily mengalami masalah mobil tidak bisa distarter lampu indikator mati? Ketika Anda mengalami situasi ini, penting untuk tetap tenang dan melakukan langkah-langkah yang tepat. Beberapa penyebab umumnya termasuk aki lemah, kabel kendur, atau masalah pada sistem starter. 


Untuk mengatasi masalah ini, AutoFamily bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Namun, penting juga untuk mengetahui penyebabnya secara keseluruhan agar Anda bisa melakukan penanganan yang lebih tepat. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Mengapa Mobil Tidak Bisa Distarter Ketika Lampu Indikator Mati? 

Masalah mobil yang tidak bisa distarter ketika lampu indikator mati bisa menjadi hal yang cukup mengganggu. Sebelum mengetahui cara mengatasi masalah ini, penting untuk memahami penyebab umumnya dan dampak dari lampu indikator mati pada sistem starter mobil. Simak berbagai penyebabnya berikut ini.


1. Aki Lemah atau Rusak

Salah satu penyebab paling umum dari masalah mobil yang tidak bisa distarter adalah aki yang lemah atau rusak. Aki yang sudah tua bisa mengakibatkan kapasitasnya menurun. Hal ini membuatnya sulit untuk menyediakan arus yang cukup untuk memutar mesin starter. Selain itu, korosi pada terminal aki juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Korosi menghalangi aliran listrik  antara aki dan sistem starter, sehingga menghambat proses starter.


Baca juga: Dalam Kondisi Mendesak, Ketahui 4 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar


2. Kabel Kendur atau Putus

Kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan sistem starter bisa menjadi kendur atau bahkan putus akibat usia atau tekanan yang terlalu besar. Kabel yang kendur atau putus akan menghalangi aliran listrik yang cukup untuk melakukan starter dengan baik. 


Kondisi ini bisa terjadi pada kabel positif (yang menghubungkan aki dengan starter) maupun kabel negatif (yang menghubungkan aki dengan kerangka mobil). Pengecekan secara berkala terhadap keadaan kabel-kabel ini sangat penting untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan.


3. Solenoid Starter Rusak

Solenoid starter adalah komponen yang bertugas untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter saat kunci kontak diputar. Jika solenoid starter mengalami kerusakan atau kegagalan, proses starter akan terganggu. Gejala yang sering terjadi yaitu bunyi klik-klik saat kunci kontak diputar, tetapi mesin tidak berputar. Solenoid yang rusak bisa disebabkan oleh usia, keausan, atau kotoran yang masuk ke dalamnya.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


4. Sakelar Neutral atau Posisi Parkir (Park/Neutral Safety Switch)

Sakelar neutral atau posisi parkir merupakan komponen yang memastikan mobil hanya dapat distarter saat dalam posisi netral atau parkir. Jika sakelar ini mengalami masalah atau rusak, mobil mungkin tidak akan bisa distarter meskipun kunci kontak sudah diputar. 


Gejala umumnya adalah lampu indikator pada panel instrumen tidak menyala saat kunci kontak diputar ke posisi starter. Pengecekan dan perbaikan sakelar ini perlu dilakukan untuk memastikan mobil dapat distarter dengan lancar.


5. Masalah pada Ignition Switch atau Kunci Kontak

Ignition switch atau kunci kontak adalah komponen yang mengatur aliran listrik ke berbagai sistem mobil, termasuk sistem starter. Jika ignition switch mengalami masalah, seperti kontak yang aus atau kendur, maka arus listrik mungkin tidak akan mencapai sistem starter dengan baik. Hal ini bisa menyebabkan mobil tidak bisa distarter atau bahkan tidak menyala sama sekali.


Perlu AutoFamily ketahui bahwa penyebab di atas bisa saja berbeda antar mobil Toyota. Pemeriksaan komprehensif di bengkel Auto2000 perlu dilakukan.


Baca juga: Penyebab Starter Nyala Tapi Mesin Tak Hidup

Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Distarter

Ketika menghadapi masalah mobil tidak bisa distarter lampu indikator mati, penting untuk tetap tenang dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anda bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk mengatasi masalah ini. Namun, penting juga mengetahui beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut berikut ini. 


1. Periksa Kondisi Aki

Pastikan aki memiliki muatan yang cukup untuk starter mobil. Anda bisa menggunakan multimeter untuk mengukur tegangan aki. Jika tegangan terlalu rendah, kemungkinan besar aki perlu diisi ulang atau bahkan diganti. 


Periksa juga kondisi fisik aki, seperti apakah terdapat tanda-tanda kerusakan atau kebocoran. Pastikan juga terminal aki bersih dari korosi, karena korosi dapat mengganggu aliran listrik antara aki dan sistem starter.


2. Periksa Kabel-Kabel

Selanjutnya, periksa kabel-kabel yang menghubungkan aki dengan sistem starter. Pastikan kabel tersebut tidak mengalami kerusakan seperti kendur, putus, atau terkelupas. Periksa juga apakah kabel tersebut terkena panas berlebih atau gesekan yang dapat menyebabkan kerusakan. Bersihkan kabel-kabel dari kotoran dan korosi, serta pastikan tidak ada yang longgar.


3. Periksa Solenoid Starter

Solenoid starter adalah komponen yang bertanggung jawab untuk meneruskan arus listrik dari aki ke motor starter. Anda dapat memeriksa solenoid starter dengan mendengarkan suara klik ketika kunci kontak diputar ke posisi starter. Jika tidak ada suara klik, kemungkinan solenoid starter mengalami kerusakan dan perlu diganti. Pastikan juga kabel-kabel yang terhubung ke solenoid tidak mengalami kerusakan atau kendur.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


4. Periksa Saklar Neutral atau Posisi Parkir

Sakelar neutral atau posisi parkir adalah komponen yang memastikan mobil hanya dapat distarter saat dalam posisi netral atau parkir. Periksa apakah lampu indikator posisi transmisi menyala ketika mobil berada dalam posisi netral atau parkir. Jika lampu indikator tidak menyala, sakelar mungkin mengalami masalah dan perlu diperbaiki atau diganti.


5. Periksa Ignition Switch

Periksa ignition switch atau kunci kontak untuk memastikan arus listrik dapat mengalir dengan lancar ke sistem starter. Periksa apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan pada ignition switch. Jika ditemukan masalah, ignition switch mungkin perlu diganti. Pastikan juga semua kabel yang terhubung ke ignition switch dalam kondisi baik dan kencang. Proses ini bisa Anda lakukan di bengkel Auto2000. 


Baca juga: 5 Penyebab Mobil Mogok yang Jarang Anda Tahu

Bagaimana, apakah langkah-langkah menangani masalah mobil tidak bisa distarter lampu indikator mati ini bisa AutoFamily pahami? Supaya kendala ini tidak terjadi lagi pada masa depan, penting untuk melakukan servis mobil berkala di bengkel Auto2000.


Cara booking service Toyota ini bisa dilakukan melalui Auto2000 Digiroom. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang juga dan pastikan performa mobil Anda jadi lebih optimal. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.