cara-melepas-aki-mobil-yang-benar.jpg

Dalam Kondisi Mendesak, Ketahui 5 Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Diterbitkan22 Agu 2023

Aki mobil sangat penting untuk sistem kelistrikan mobil. Ketika aki mobil milik AutoFamily tidak bekerja dengan baik, sudah pasti ada beberapa sistem yang sulit menyala. Sebut saja sistem starter, sistem pengapian, hingga beberapa bagian lainnya dari mobil.

Kalau benar ditemukan rusak maka sudah seharusnya segera diganti. Tetapi bagaimana cara melepas aki mobil yang benar?

Untuk mengganti aki mobil dengan benar, sebaiknya Anda jangan lepaskan kabel, baut atau apa pun yang terhubung dengan aki secara sembarangan.

Kalau AutoFamily main melepas saja, pasti akan ada masalah yang timbul. Tentu AutoFamily tidak mau hal itu terjadi, bukan?

AutoFamily perlu membawa mobil ke bengkel Auto2000 agar penggantian aki dilakukan oleh para teknisi andal sehingga semua prosesnya bisa berjalan dengan aman, baik dan benar.

Tetapi Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara melepas aki mobil yang benar yang dilakukan oleh teknisi Auto2000?

Pentingnya Peran Aki dalam Sebuah Mobil

Sebelum mengetahui cara melepas aki mobil, Anda perlu tahu peranan pentingnya terlebih dahulu. Keberadaan utama aki mobil memiliki fungsi sebagai penyuplai daya listrik yang dibutuhkan oleh hampir seluruh bagian dalam mobil.

Jadi tanpa aki yang berfungsi secara normal maka akan sangat mustahil mobil bisa menyala atau bahkan melaju di jalanan.

Aki membuat lampu bisa menyala dengan terang serta klakson berbunyi dengan nyaring. Mengenali aki mobil Anda yang memiliki penurunan fungsi sebenarnya tidak sulit.

Jika aki sudah tidak berfungsi sebagaimana seharusnya maka tarikan mesin mobil akan melemah. Lampu juga tidak akan menyala seterang yang biasanya. Kemudian suara klakson yang lemah menjadi ciri paling kentara yang bisa Anda rasakan.

Apabila Anda menemukan ciri-ciri tersebut terjadi pada mobil maka langsung saja bawa mobil ke bengkel Auto2000.

Jangan tunda lagi mengganti aki dengan yang baru agar semua komponen mobil dapat berfungsi dengan baik. Pengalaman berkendara Anda pun akan jadi lebih nyaman, aman, dan tenang tanpa khawatir berlebihan.

Baca juga:Informasi Macam-Macam Ukuran Aki

Langkah Melepas Aki Mobil yang Benar

Cara teknisi Auto2000 melepas dan memasang aki mobil dilakukan dengan penuh waspada agar komponen mobil lainnya tidak rusak.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir. Cukup duduk manis di tempat tunggu dan biarkan teknisi Auto2000 yang melakukannya. Kalau begitu langsung saja perhatikan cara yang dilakukan teknisi ahli kami berikut ini.

1. Melepas Aki Secara Hati-Hati

Aki adalah komponen mobilyang berguna untuk menyalurkan daya listrik ke berbagai bagian. Tentu Anda sudah tahu apa yang akan terjadi bila aki tidak dilepaskan dengan benar, bukan? Kendaraan Anda pasti tidak bisa berfungsi normal seperti yang seharusnya.

Oleh karena itu teknisi Auto2000 pasti akan berusaha melepaskan aki dengan hati-hati supaya berbagai sistem kelistrikan lainnya tidak ikut rusak. Hal ini dilakukan agar perjalanan berkendara Anda dan keluarga tetap aman dan nyaman.

2. Siapkan alat

Menerapkan cara melepaskan aki mobil yang benar tentu membutuhkan peralatan yang memadai. Tentu saja teknisi Auto2000 telah dilengkapi sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Beberapa alat ini barangkali telah familiar di telinga Anda seperti obeng minus, tang, kunci inggris atau kunci pas yang ukurannya cocok pada baut-baut aki, dan perkakas lain jika dibutuhkan. Biasanya kunci pas no. 10 atau no. 12.

3. Pastikan Kunci Kontak off

Untuk menghindari terjadinya korsleting, maka teknisi perlu mematikan dulu mesin mobil dan memastikan kunci kontak berada pada posisi off. Kadang terjadi throttle reset pada beberapa mobil ketika dilakukan pelepasan dan pemasangan aki.

CEK PROMO TOYOTA AVANZA TERBARU DI SINI

4. Fokus pada Bagian Kutub Negatif

Selayaknya sebuah komponen untuk memberikan daya listrik, aki memiliki kutub negatif dan positif. Untuk langkah awal, biasanya teknisi akan berfokus terlebih dahulu kepada bagian kutub negatif aki. Teknisi akan mulai melepas kabel, baut, dan klem pada bagian kutub negatif.

Mengapa harus melepas kutub negatif terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar tidak ada hubungan arus pendek, korsleting listrik, atau munculnya percikan api yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin kendaraan Anda.

Baca juga:Aki Mobil Baru Tapi Tidak Bisa Starter? Kenali 5 Penyebabnya

6. Mulai Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika sudah melepaskan seluruh bagian kutub negatif maka teknisi akan melanjutkan proses melepaskan aki dari kutub positif. Selain itu teknisi Auto2000 akan memastikan bahwa semua kabel dan klem telah terlepas.

7. Angkat Aki Secara Perlahan dan Tegak Lurus

Ketika seluruh kabel, klem, dan kedua kutub aki tidak ada yang tersambung lagi dengan bagian lainnya, maka teknisi bisa mulai proses angkat aki. Proses mengangkat aki ini harus dilakukan secara perlahan dan dengan posisi tegak lurus.

Alasan utama harus perlahan dan tegak lurus adalah menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar. Tentunya Anda tidak mau ada cairan aki alias air aki yang tumpah lalu mengenai tangan atau bahkan bagian lain dari mesin mobil.

Kemudian air aki yang mengenai komponen lain berbahan dasar logam maka akan terjadi korosi secara langsung.

Itu sebabnya para teknisi perlu mengangkatnya secara perlahan namun pasti. Setelah aki berhasil dikeluarkan maka proses melepaskan aki mobil sudah selesai.

Baca juga: Apakah Air Aki Berbahaya Jika Terkena Kulit? Ini Jawabannya

Cara Memasang Aki Mobil Kembali

Setelah mengetahui cara melepas aki mobil yang benar yang dilakukan oleh teknisi, maka Anda juga perlu mengetahui langkah-langkah memasang aki yang benar agar aki mobil Anda terpasang dengan kuat.

1. Tempatkan Aki Tegak Lurus

Cara memasang aki yang pertama dilakukan oleh teknisi adalah dengan memosisikan aki dalam posisi tegak lurus agar cairan aki di dalamnya tidak tumpah.

Teknis akan meletakkan aki pada dudukannya dengan perlahan. Mereka akan memastikan bahwa aki telah tersimpan pada dudukannya dengan pas sehingga tidak mudah goyang dan cairan di dalamnya tumpah.

Hal penting yang dilakukan oleh teknisi sebelum memasang kembali aki mobil Anda adalah membersihkan terminal aki dari endapan kotoran.

2. Pemasangan Kabel Positif

Selanjutnya teknisi akan pasang kabel kutub positif terlebih dulu. Berbeda pada saat melepas aki mobil dimana kutub negatif yang harus dilepas, saat memasang aki mobil justruk kabel kutub positif yang harus terpasang terlebih dulu guna menghindari timbulnya percikan api.

Perlu Anda ketahui bahwa posisi kutub positif yang dekat dengan komponen berbahan logam akan menciptakan percikan api saat kutub negatif terpasang lebih dulu. Tentu saja akan berdampak terjadinya korsleting pada mesin mobil Anda.

Baca juga:Mengapa Power Steering Berat?

2. Pemasangan Kabel Negatif

Berikutnya dilanjutkan dengan memasang kabel negatif. Saat memasang kabel negatif, Anda akan menemukan percikan api tetapi tenang saja sebab percikan tersebut tidak berbahaya dan menimbulkan korsleting.

Percikan api tersebut merupakan hal yang wajar saat memasang kutub negatif. Percikan api akan terhenti saat teknisi telah pasang aki mobil dengan benar.

3. Pengecekan Kabel dan Klem

Jika sudah, pastikan seluruh kabel dan klem telah terpasang dengan sempurna. Jangan sampai ada yang kendor atau terkunci tidak sempurna. Mobil pasti tidak akan bisa menyala saat Anda mencobanya.

5. Nyalakan Mesin Mobil

Untuk melihat apakah aki sudah terpasang dengan sempurna, teknisi akan coba nyalakan mesin mobil. Apabila terlihat bahwa mesin dapat hidup dengan normal seperti sediakala maka itu berarti proses pemasangan aki mobil sudah diselesaikan dengan baik dan benar.

Sekarang mobil AutoFamily sudah bisa kembali digunakan dengan nyaman dalam mendukung mobilitas sehari-hari. Perlu diketahui bahwa pemasangan aki mobil baru yang dilakukan oleh teknisi tentu sudah sesuai dengan standar anjuran pabrikan Toyota.

Jadi kesalahan memilih aki tidak akan terjadi lagi karena teknisi Auto2000 sudah mengetahui aki terbaik untuk mobil Anda.

Semoga cara melepas aki mobil yang dilakukan teknisi di atas membuka wawasan AutoFamily yang lebih luas terkait dunia otomotif, secara khusus mobil.

Baca juga:Yuk Mengenal Jenis Mobil Avanza dan Harganya

Kondisi mobil yang tetap prima memang harus dijaga setiap waktu. Jangan sampai mobil AutoFamily mendapatkan masalah ketika sedang di tengah perjalanan. Tentu saja itu suatu masalah yang sangat mengganggu.

Itu sebabnya sangat penting untuk membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat supaya penggantian aki mobil bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Jadi kunjungilahAuto2000 Digiroomsekarang juga untuk menjadwalkan kedatangan Anda.Jika tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan langsung booking layanan Home Service melalui Auto2000 Digiroom.

KunjungiDealer Toyotasekarang juga untuk memperoleh berbagai informasi mengenai mobil terbaik persembahan Toyota, sepertiEksterior Toyota Hilux Single Cabin.

Dapatkan juga berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenis mobil terbaik persembahan Toyota, seperti mobilToyota Fortuner 4x2hinggaToyota Corolla Altis. Nikmati semua layanan terbaik yang bisa Anda dapatkan hanya di Auto2000!

Untuk mendapatkan informasi dan penawaran terbaik lainnya dari Auto2000, yuk subscribe Auto2000 Digiroom di bagian bawah artikel ini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.