Cancel

Penyebab Starter Nyala Tapi Mesin Tak Hidup

Apa penyebab starter nyala tapi mesin tidak hidup alias rusak? Pertanyaan seperti judul di atas sering muncul ketika pengendara berusaha mengutak-atik mobil yang mengalami susah starter.

Masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya seperti dinamo starter yang mengalami masalah, busi yang sudah tidak bagus, atau berbagai masalah lainnya yang membuat mobil tidak bisa menyala.

Mengalami masalah ini sudah pasti membuat Anda bingung. Mobil tidak bisa dinyalakan hingga perlu segera mendapatkan servis yang terbaik. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu berbagai penyebab dari masalah ini.

 Jadi apa saja penyebab dari masalah ini? AutoFamily dapat memahami masalah mobil sulit menyala saat distarter melalui informasi di bawah ini.

Penyebab Umum Susah Starter

Ciri-ciri dari masalah ini adalah mesin tak bereaksi ketika kunci kontak diputar ke posisi `ON`. Setelah di-cek, aki (baterai) baik-baik saja. Hubungan dan kondisi terminal-terminal aki juga bagus. Motor starter pun tidak bermasalah.

Bila semua komponen ini normal-normal saja, jangan lupa untuk memeriksa kabel-kabel pada sistem starter. Bisa jadi, alat yang berfungsi menghantarkan listrik ini sudah mulai rapuh. Kabel yang rapuh akan mempunyai nilai tahanan berbeda. Akibat selanjutnya, aliran listrik ke motor starter terhambat. Otomatis, motor starter tidak bereaksi ketika kunci kontak dibolak-balik berkali-kali.​​​​​

Kerapuhan sangat mungkin terjadi mengingat kabel-kabel ini berada di ruang mesin yang sering panas. Karenanya, kasus kabel-kabel rapuh ini umumnya terjadi pada kendaraan berusia 5 tahun ke atas.

Pengendara biasanya mengatasi masalah ini dengan mengganti kabel-kabel pada sistem starter. Tentu saja, dengan penggantian ini problem mesin susah yang starter dapat teratasi. Jika terbukti bahwa inti masalah berada di kabel-kabel sistem starter, mesin akan mudah hidup ketika kunci kontak diputar ke posisi ‘ON’. 

Baca Juga: Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mesin Mobil di Pagi Hari?

Cara Mengatasi Susah Starter

Inikah satu-satunya cara? Tidak juga. Sebetulnya, ada cara yang lebih praktis dan murah, taitu, dengan menambahkan relay pada rangkaian sistem starter. Caranya:

  • Siapkan kabel dan relay.
     
  • Lepas Terminal 50 motor starter dan hubungkan ke Terminal 85 relay.
     
  • Hubungkan Terminal 86 relay ke massa.
     
  • Hubungkan Terminal 30 relay dengan (+) aki.
     
  • Hubungkan Terminal 87 relay dengan Terminal 50 motor starter.

Secara teknis, tambahan relay ini mampu mengatasi susah starter karena: arus listrik yang mengalir akan jauh lebih besar. Arus listrik yang keluar dari aki langsung menuju magnetic clutch. Karena arus yang besar itu, medan magnet yang dihasilkan oleh magnetic clutch semakin besar. Medan magnet yang besar itu yang memungkinkan motor starter bereaksi.

Selain itu, Anda juga bisa mengecek bagian dinamo starter, alternator, aki, hingga pompa bensin. Seluruh bagian ini dapat Anda cek sendiri atau menggunakan jasa profesional.

Ya, saat ini jangan lagi menggunakan tenaga sendiri sebagai pemilik mobil untuk mencoba mencari cara mobil dapat kembali dihidupkan. Pemilik mobil Toyota tidak perlu lagi kebingungan ketika ada kerusakan pada bagian mobil, apapun jenisnya.

​​​​​​​Baca Juga: Fungsi Ball Joint untuk Kaki Mobil Anda

Sebaiknya Anda membawa mobil ke bengkel resmi Toyota terdekat yang ada di domisili tempat tinggal. Booking segera layanan bengkel resmi Toyota melalui website Auto2000 agar memudahkan Anda untuk memperbaikinya. Dengan tenaga mekanik yang sudah sangat berpengalaman, mobil Anda akan tetap prima dan tahan lama.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz, Toyota Raize, All New Avanza dengan program aMAYzing dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah langsung saldo astra pay senilai Rp 3.000.000 plus saldo astra pay senilai 1.000.000 untuk setiap program trade in dan free insurance selama 2 tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF