perpanjang-sim-bekasi-kota.png

Cara Perpanjang SIM Bekasi Kota: Inilah Panduan Lengkapnya

Diterbitkan26 Sep 2023

Apakah SIM AutoFamily masih dalam masa berlaku yang aktif? Jika tidak, sebaiknya AutoFamily cepat melakukan perpanjangan SIM di tempat yang sudah ditentukan. Kalau AutoFamily belum pernah melakukan perpanjangan SIM, kali ini Auto2000 sudah menyediakan informasi yang lengkap. AutoFamily akan diajak memahami apa saja syarat yang dibutuhkan dan cara melakukan proses perpanjang SIM Bekasi Kota dari awal hingga akhir.

AutoFamily juga akan diajak memahami tips-tips berkendara dengan aman demi menjaga keamanan. Jadi bukan hanya aman dalam aspek administrasi saja, melainkan juga dalam keselamatan fisik saat berkendara.

Pastikan AutoFamily membaca semua informasi yang akan dijelaskan berikut ini dengan baik sehingga aktivitas berkendara dapat berjalan lancar tanpa masalah.

Kemudian Auto2000 tidak hanya menyediakan informasi berguna untuk menambah wawasan seputar otomotif, AutoFamily juga akan menemukan layanan terbaik untuk memastikan kinerja mobil kesayangan tetap prima. Salah satu layanan yang disediakan ialah trade in untuk memiliki mobil Toyota impian AutoFamily.

Contohnya melakukan trade in dengan Toyota Yaris Cross yang memiliki berbagai keunggulan dan kecanggihan fitur untuk menunjang kenyamanan berkendara. Tentunya masih ada banyak keunggulan yang perlu diketahui. AutoFamily bisa langsung mengunjungi Auto2000 Digiroom untuk menemukan spesifikasi lengkap dari Toyota Yaris Cross.

Jika AutoFamily masih membutuhkan informasi lain, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom. Lalu mari lanjutkan pembahasan cara perpanjang SIM berikut ini!

Baca juga: Apakah SIM Mati Bisa Diperpanjang? Ini Jawabannya

Berbagai Syarat Perpanjangan SIM yang Perlu Disiapkan

Sebelum masuk ke langkah-langkah perpanjangan SIM yang praktis, penting untuk memahami berbagai syarat yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Setiap persyaratan memiliki peran penting dalam memastikan proses perpanjangan SIM berjalan lancar dan sukses. Cari tahu apa saja rincian syarat yang perlu disiapkan berikut ini!

1. SIM Lama

Syarat pertama yang wajib Anda siapkan ialah SIM lama yang akan diperpanjang. SIM lama ini akan digunakan sebagai verifikasi untuk memproses perpanjangan, jadi pastikan Anda tidak lupa membawanya.

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli dan Fotokopi

Kemudian, pastikan Anda memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan fotokopi. Penggunaan KTP jelas untuk melakukan verifikasi kebenaran data untuk memperpanjang SIM.

TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Baca juga: Jenis-Jenis SIM yang Ada di Indonesia & Fungsinya

3. Surat Keterangan Sehat

Salah satu persyaratan penting lainnya adalah surat keterangan sehat dari dokter. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, Anda perlu menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai anjuran petugas Satpas. Surat ini akan memastikan bahwa Anda dalam kondisi fisik yang baik agar dapat mengemudi dengan aman.

4. Biaya Perpanjangan

Penting juga untuk mempersiapkan biaya perpanjangan SIM. Jumlah biaya akan bervariasi tergantung pada jenis SIM yang Anda miliki. Jadi pastikan Anda membawa uang yang cukup untuk proses pembayaran perpanjangan SIM.

Baca juga: Simak Syarat dan Cara Membuat SIM Mobil Internasional

Langkah-Langkah Praktis Perpanjang SIM Bekasi Kota

Setelah Anda memahami syarat perpanjangan SIM yang perlu disiapkan, sekarang mari fokus pada langkah-langkah praktis untuk melakukannya di Bekasi Kota. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Datang ke Satpas Terdekat

Langkah pertama adalah datang ke kantor Satpas terdekat. Pastikan Anda membawa semua dokumen yang diperlukan, seperti SIM lama, KTP asli bersama fotokopi, surat keterangan sehat, dan biaya perpanjangan.

Di Satpas, Anda akan mengisi formulir perpanjangan SIM dan melakukan pembayaran biaya yang diperlukan. Nantinya petugas akan membantu Anda melalui proses ini dan memberikan petunjuk lebih lanjut.

2. Datang ke SIM Keliling

Selain Satpas, Bekasi Kota juga menyediakan layanan SIM Keliling yang sering beroperasi di berbagai lokasi. Keberadaan SIM keliling menjadi pilihan yang nyaman jika Anda memiliki keterbatasan waktu atau kesulitan datang ke Satpas.

Namun pastikan Anda memeriksa jadwal dan lokasi SIM Keliling yang sedang beroperasi agar tidak salah tempat. Saat datang ke lokasi SIM Keliling, pastikan juga kalau Anda sudah membawa semua dokumen yang dibutuhkan dan membayar biaya perpanjangan sesuai ketentuan.

3. Manfaatkan Layanan Online

Alternatif lain yang sangat praktis ialah memanfaatkan layanan perpanjangan SIM secara online. Anda bisa langsung download aplikasi perpanjangan SIM online yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri sehingga prosesnya cepat selesai.

Jika sudah download aplikasi, Anda masih harus membuat akun dan melakukan verifikasi dengan memberikan foto KTP, SIM, dan informasi pribadi lainnya yang diperlukan. Makin jelas informasi yang Anda berikan maka proses perpanjangan SIM akan makin cepat selesai.

Baca juga: Cara Cek Nomor Surat Izin Mengemudi dengan Mudah

Tips Berkendara dengan Aman

Saat SIM telah diperpanjang dan Anda sudah kembali berkendara ke jalan raya, penting untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu pastikan Anda sudah memahami bagaimana cara berkendara dengan aman dan benar. Untuk memastikan semuanya baik-baik saja, Auto2000 punya tips praktis berkendara dengan aman yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Perawatan Kendaraan Rutin

Penting untuk selalu menjaga kinerja kendaraan Anda dalam keadaan baik. Melakukan perawatan kendaraan rutin seperti periksa oli, filter udara, sistem rem, dan ban secara berkala dapat membantu mencegah kegagalan yang tidak diinginkan saat berkendara.

MANFAATKAN PAKET SERVIS TOYOTA UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Patuhi Aturan Lalu Lintas

Kepatuhan terhadap aturan lalu lintas adalah kunci utama untuk menghindari kecelakaan. Selalu patuhi batas kecepatan, berhenti pada lampu merah, dan gunakan sabuk pengaman. Tidak hanya itu, penting juga untuk memberikan hak prioritas kepada pejalan kaki dan kendaraan lain sesuai dengan aturan yang berlaku.

3. Hindari Mengemudi dalam Kondisi Mabuk atau Lelah

Mengemudi dalam kondisi mabuk atau lelah termasuk tindakan yang sangat berbahaya. Pastikan Anda selalu dalam keadaan sehat dan bugar saat mengemudi. Jika merasa lelah atau baru saja mengonsumsi alkohol, sebaiknya serahkan lingkar kemudi pada teman agar Anda bisa beristirahat.

4. Hindari Mengemudi Saat Hujan Lebat

Cuaca buruk, seperti hujan lebat, dapat membuat kondisi jalan menjadi licin dan berbahaya. Jika memungkinkan, hindari mengemudi saat cuaca buruk. Jika Anda harus keluar, pastikan lampu kendaraan menyala dan selalu menjaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan.

Baca juga: Telat Perpanjang SIM? Ini Solusinya Bagi Anda!

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami berbagai syarat yang harus dipenuhi serta langkah-langkah praktis yang dilakukan untuk melakukan perpanjang SIM Bekasi Kota? Jika perpanjangan SIM sudah dilakukan maka jangan lupa untuk selalu berkendara dengan aman. Jangan sampai Anda berkendara sembarangan hingga membahayakan pengguna jalan lainnya.

Selain itu ingat juga untuk untuk merawat dan memelihara mobil Anda dengan baik sehingga pengalaman berkendara tetap menyenangkan seperti biasanya. Anda bisa memanfaatkan paket servis Toyota yang tersedia melalui Auto2000 Digiroom untuk menjaga seluruh komponen mobil tetap prima.

Didukung oleh teknisi berpengalaman, Anda jadi tidak perlu khawatir menyerahkan pemeriksaan dan pembersihan kepada bengkel Auto2000. Langsung jadwalkan kedatangan Anda hanya di Auto2000 Digiroom!

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.