Mobil Dipakai Liburan

Waspada, 4 Kerusakan Mobil yang Sering Muncul Setelah Dipakai Liburan

Diterbitkan15 Feb 2024

Saat AutoFamily baru saja kembali dari liburan yang menyenangkan, penting untuk waspada terhadap kemungkinan kerusakan mobil setelah dipakai liburan. Perjalanan jauh dan penggunaan yang intens selama liburan dapat meningkatkan risiko beberapa masalah umum, seperti ban kempes, sistem pendingin yang mengalami kendala, atau bahkan kerusakan pada sistem kelistrikan. 


Oleh karena itu, melakukan pemeriksaan rutin pada mobil setelah liburan penting Anda lakukan untuk membantu mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari. Untuk melakukan pemeriksaan mobil, Anda bisa berkunjung ke dealer dan bengkel Toyota


Kerusakan apa saja yang mungkin muncul pada mobil setelah dipakai liburan? Untuk mencari tahu jawabannya, Anda bisa simak uraian lengkap di bawah ini.


Penyebab Kerusakan Mobil Setelah Dipakai Liburan

Saat liburan tiba, mobil seringkali digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Namun, penggunaan mobil dalam kondisi seperti ini juga membawa risiko kerusakan yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa penyebab kerusakan mobil yang mungkin muncul setelah liburan. 


1. Penggunaan yang Intensif

Selama liburan, mobil seringkali digunakan secara intensif untuk perjalanan jarak jauh. Penggunaan yang intensif ini dapat menyebabkan peningkatan keausan pada komponen-komponen mesin dan sistem mobil. Mesin yang bekerja keras dalam jangka waktu yang lama dapat mengalami penurunan kinerja atau bahkan kegagalan komponen.


Baca juga: Berbagai Mobil Baru 2024 Persembahan Toyota


2. Kondisi Jalan yang Buruk

Perjalanan jauh selama liburan seringkali melewati berbagai kondisi jalan yang tidak ideal, termasuk jalan berlubang, berbatu, atau berdebu. Kondisi jalan yang buruk ini dapat menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi, ban mobil, dan komponen-komponen lainnya. Goncangan dan getaran yang berulang saat melintasi jalan yang tidak rata dapat menyebabkan aus pada bagian-bagian mobil.


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG


3. Overloading dan Overheating

Overloading atau overheating pada mobil bisa menyebabkan masalah serius pada mobil Anda. Overloading dapat mengganggu kinerja mesin dan suspensi, karena meningkatkan tekanan dan beban pada beberapa bagian mobil. Sebaliknya, overheating bisa merusak sistem pendingin mesin dan bagian lainnya, seperti radiator atau selang-selang, yang berpotensi menimbulkan kerusakan serius pada mesin mobil.

Dampak Kerusakan Mobil Setelah Dipakai Liburan

Penggunaan mobil untuk perjalanan liburan yang intensif tidak jarang memiliki dampak yang kurang baik pada kondisi keseluruhan mobil. Beberapa dampak kerusakan mobil setelah dipakai liburan yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut:


1. Penurunan Kinerja Mesin

Perjalanan jauh seringkali mengakibatkan penurunan kinerja mesin karena keausan dan penumpukan kotoran pada beberapa komponen mobil. Mesin yang bekerja dalam kondisi ekstrem dalam waktu yang lama dapat mengalami penurunan efisiensi dan performa yang mengganggu. Kerusakan ini dapat terjadi secara bertahap, namun dapat berdampak serius pada performa dan keandalan mobil secara keseluruhan.


2. Kerusakan Sistem Suspensi

Kondisi jalan yang buruk selama perjalanan liburan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi mobil. Goncangan yang berulang akibat melintasi jalan berlubang atau berbatu dapat menyebabkan keausan pada shock absorber dan bahkan kebocoran pada sistem suspensi. Kerusakan ini dapat mengurangi kenyamanan berkendara dan stabilitas mobil serta meningkatkan risiko kecelakaan.


Baca juga: Ketahui 7 Penyebab AC Mobil Panas Sebelah


3. Kebocoran Oli dan Cairan Mesin

Overloading dan overheating selama perjalanan jauh dapat meningkatkan risiko kebocoran oli dan cairan mesin. Beban yang berlebihan pada mesin serta suhu yang tinggi dapat menyebabkan tekanan tambahan pada sistem, dan menyebabkan retakan atau kebocoran pada komponen-komponen tertentu. 


Kebocoran oli dan cairan mesin dapat mengakibatkan penurunan level oli dan cairan mesin untuk pelumasan dan pendinginan. Hal ini pada akhirnya dapat merusak komponen-komponen mesin dan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.


4. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Penggunaan mobil untuk perjalanan liburan yang intensif juga dapat menyebabkan kerusakan pada sistem kelistrikan. Peningkatan penggunaan aksesori mobil seperti AC, radio, atau pengisian daya perangkat elektronik selama perjalanan dapat meningkatkan beban pada sistem kelistrikan. Hal ini dapat mengakibatkan kelelahan pada kabel-kabel, fusible link, atau bahkan komponen seperti alternator atau battery. 


JADWALKAN KEDATANGAN ANDA DENGAN BOOKING SERVIS TOYOTA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROOM


Cara Mengatasi Kerusakan Mobil Setelah Dipakai Liburan

Setelah kembali dari perjalanan liburan, penting untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan pada mobil untuk mengatasi kerusakan yang mungkin terjadi. Jika terdapat kerusakan, sebaiknya Anda segera berkunjung ke bengkel Auto2000. Namun, penting juga bagi Anda memahami apa saja yang sebaiknya diperbaiki. Kalau begitu, yuk simak selengkapnya berikut ini. 


1. Periksa dan Ganti Oli Mesin

Penggunaan mobil untuk perjalanan jauh seringkali mengakibatkan penurunan level oli mesin. Pastikan untuk memeriksa level oli mesin dan menggantinya jika diperlukan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Oli mesin yang bersih dan berkualitas akan menjaga kinerja mesin mobil tetap optimal.


2. Periksa Sistem Suspensi dan Ban

Perjalanan melalui kondisi jalan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada sistem suspensi dan ban mobil. Periksa kondisi shock absorber, per, dan tekanan udara ban untuk memastikan tidak ada kerusakan yang perlu diperbaiki. Sistem suspensi yang baik akan memberikan kenyamanan dan stabilitas saat berkendara.


Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Merawat Mobil Pulang Liburan


3. Cek Sistem Pendingin Mesin

Overheating selama perjalanan jauh dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendingin mesin. Periksa level cairan pendingin dan kondisi selang-selang pendingin untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan. Sistem pendingin mesin yang efisien akan menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah kerusakan yang disebabkan oleh overheating.


4. Periksa Sistem Pengereman

Penggunaan mobil untuk perjalanan jauh dapat memengaruhi kinerja sistem pengereman. Pastikan untuk memeriksa kondisi kampas rem, cakram rem, dan cairan rem untuk memastikan sistem pengereman berfungsi dengan baik. Sistem pengereman yang optimal sangat penting untuk keselamatan Anda saat berkendara.


Jadi, saat Anda baru saja kembali dari liburan, membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk perawatan berkala sangat dianjurkan. Kerusakan mobil setelah dipakai liburan pun bisa diminimalisasi dengan optimal.

Di Auto2000, Anda bisa menggunakan paket servis Toyota agar proses perawatan mobil bisa dilakukan dengan lebih efisien. Yuk, kunjungi Auto2000 sekarang juga!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.