Interior Mobil

Ketahui 7 Penyebab AC Mobil Panas Sebelah

Diterbitkan13 Feb 2024

Berada di dalam mobil dengan AC yang tidak berfungsi dengan baik, terutama ketika hanya mengeluarkan udara panas pada satu sisi, dapat menjadi pengalaman yang sangat tidak nyaman, terutama di tengah cuaca panas yang menyengat. AC yang tidak beroperasi dengan optimal tidak hanya mengganggu kenyamanan berkendara, tetapi juga dapat menjadi pertanda adanya masalah serius dalam sistem pendinginan mobil Anda.


Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi penyebab umum mengapa AC mobil cenderung mengeluarkan udara panas hanya pada satu sisi. Memahami faktor-faktor ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut dengan lebih efektif dan mungkin menghindari kejadian serupa pada masa depan.


7 Penyebab AC Mobil Panas Sebelah

Di bawah ini adalah beberapa penyebab AC mobil panas sebelah yang harus AutoFamily ketahui, antara lain:


1. Filter Udara yang Tersumbat

Salah satu penyebab umum dari masalah AC mobil yang hanya mengeluarkan udara panas pada satu sisi adalah filter udara yang tersumbat. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara yang sehat melalui sistem AC, mengakibatkan distribusi udara dingin yang tidak merata.


Baca juga: 5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda


2. Kebocoran Freon

Kebocoran freon juga dapat menjadi penyebab AC mobil mengeluarkan udara panas hanya pada satu sisi. Freon berperan penting dalam proses pendinginan, dan kebocoran dapat mengurangi tekanan refrigeran secara signifikan.


3. Masalah pada Blower atau Kipas Udara

Blower atau kipas udara yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan distribusi udara dingin yang tidak merata di seluruh sistem AC. Periksakan blower atau kipas udara di bengkel terdekat. Pastikan komponen ini berfungsi dengan baik untuk menjaga sirkulasi udara yang optimal.


TEMUKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM SEKARANG


4. Masalah pada Ducting atau Saluran Udara

Ducting atau saluran udara yang terhalang atau rusak dapat menjadi penyebab AC mobil mengeluarkan udara panas hanya pada satu sisi. Saluran udara yang bocor atau tersumbat menghambat aliran udara merata di seluruh sistem AC.


5. Masalah pada Komponen Elektronik

Kerusakan pada komponen elektronik seperti sensor suhu atau aktuator pendingin dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam distribusi udara dingin di mobil. Periksakan mobil di bengkel yang memiliki pengetahuan tentang sistem elektronik AC untuk identifikasi dan perbaikan masalah.


6. Kesalahan pada Thermostat

Thermostat yang tidak berfungsi dengan baik bisa menjadi penyebab AC mobil hanya dingin pada satu sisi. Thermostat mengatur suhu pendinginan, dan jika rusak, dapat menyebabkan masalah distribusi udara dingin.


Baca juga: Jangan Sepelekan Cairan Wiper di Musim Hujan


7. Kerusakan pada Kompresor AC

Kompresor AC berperan dalam memompa freon ke seluruh sistem AC. Kerusakan pada kompresor dapat menyebabkan AC hanya menghasilkan udara dingin pada satu sisi. Periksakan kompresor di bengkel dan lakukan perbaikan atau penggantian jika diperlukan.


Dengan memahami penyebab potensial dari masalah AC mobil yang mengeluarkan udara panas sebelah, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki dan mencegahnya.


Penting juga bagi AutoFamily untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel tepercaya seperti Auto2000. Di sini Anda bisa mendapatkan penanganan terbaik dengan teknisi dan suku cadang berkualitas yang dapat memastikan kondisi AC mobil Anda kembali prima. Sembari menunggu mobil diperbaiki, AutoFamily bisa berkunjung ke situs resmi Auto2000 Digiroom. Di situs ini, AutoFamily bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai mobil baru Toyota dengan seluruh spesifikasinya.


JADWALKAN KEDATANGAN ANDA DENGAN BOOKING SERVIS TOYOTA SEKARANG DI AUTO2000 DIGIROOM

8 Tips Mengatasi AC Mobil Panas Sebelah

Setelah mengetahui potensi penyebab AC mobil yang hanya mengeluarkan udara panas pada satu sisi, ada beberapa langkah dan tips yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah delapan tips yang mungkin membantu Anda mendapatkan kembali kesejukan udara yang diinginkan dalam mobil Anda:


1. Periksa dan Ganti Filter Udara secara Berkala

Rutin memeriksa dan mengganti filter udara adalah langkah yang sederhana tetapi penting. Filter udara yang bersih memastikan aliran udara yang optimal melalui sistem AC. Dengan melakukan ini, Anda dapat mencegah penyumbatan dan memastikan distribusi udara dingin yang merata.


2. Isi Freon secara Teratur

Jika AC mobil Anda mengalami kebocoran freon atau berkurang, penting untuk mengisi ulang freon secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Kebocoran freon dapat menyebabkan ketidakmampuan AC untuk memberikan udara dingin yang cukup di kedua sisi.


Baca Juga: 4 Kelebihan Ban Tubeless Untuk Kendaraan Anda


3. Periksa dan Servis Blower atau Kipas Udara

Memastikan blower atau kipas udara berfungsi dengan baik adalah kunci untuk distribusi udara dingin yang merata. Lakukan servis teratur pada komponen ini untuk memastikan kinerjanya optimal dan tidak menghambat sirkulasi udara.


4. Lakukan Pengecekan Ducting atau Saluran Udara

Periksa saluran udara atau ducting untuk memastikan tidak ada obstruksi atau kerusakan. Ducting yang baik berkontribusi pada distribusi udara yang merata di seluruh sistem AC. Bersihkan atau perbaiki saluran udara yang rusak atau terhalang.


5. Periksa Komponen Elektronik AC

Komponen elektronik seperti sensor suhu dan aktuator pendingin perlu diperiksa secara berkala. Pastikan tidak ada kerusakan atau ketidakseimbangan dalam sistem elektronik AC yang dapat mengganggu distribusi udara dingin.


Baca Juga: Mengenal Model Jok Mobil Alphard


6. Ganti Thermostat yang Rusak

Jika thermostat tidak berfungsi dengan baik, gantilah segera. Thermostat yang rusak dapat menyebabkan suhu yang tidak terkontrol di dalam mobil, mengakibatkan masalah distribusi udara dingin.


7. Periksa dan Servis Kompresor AC

Kompresor AC memainkan peran penting dalam sirkulasi freon. Pastikan kompresor berfungsi dengan baik dan periksa apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan. Lakukan perbaikan atau ganti kompresor jika diperlukan.


8. Hindari Pengisian Oli Kompresor yang Berlebihan

Pastikan pengisian oli kompresor sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Pengisian oli yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan dalam sistem AC, mengakibatkan AC hanya mengeluarkan udara panas.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat memaksimalkan kinerja AC mobil Anda dan mengatasi masalah distribusi udara panas hanya pada satu sisi. Namun, jika kendala masih berlanjut, disarankan untuk mengonsultasikan masalah ini kepada teknisi atau bengkel AC mobil yang berpengalaman untuk penanganan lebih lanjut.


Dalam menjaga performa AC mobil agar tetap memberikan udara dingin secara merata, pemahaman mengenai penyebab dan solusi masalah distribusi udara yang tidak optimal menjadi kunci. Mengatasi masalah AC yang hanya mengeluarkan udara panas pada satu sisi dapat dilakukan melalui langkah-langkah pencegahan dan perawatan berkala. Penting untuk rutin memeriksa dan mengganti filter udara, mengisi freon sesuai rekomendasi, serta menjaga komponen seperti blower, ducting, dan kompresor dalam kondisi baik.


Untuk menghindari permasalahan mobil yang lebih lanjut, AutoFamily cukup menyerahkannya kepada yang berpengalaman, yakni Auto2000. Melalui pelayanan lengkap Auto2000 untuk perawatan mobil, Anda dapat memastikan bahwa kondisi kendaraan Anda bisa kembali prima. Jangan lupa untuk menggunakan kupon servis Toyota, untuk pengalaman servis yang lebih menyenangkan.


Jangan tunda lagi. Nikmati pengalaman berkendara yang lebih nyaman dengan servis di Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.