Jalanan Jelek

5 Penyebab Kabin Mobil Berisik Saat Jalan Jelek dan Berlubang

Diterbitkan13 Feb 2024

Ketika AutoFamily mengemudi, seringkali mobil berisik saat jalan jelek dan berlubang. Beberapa faktor dapat menjadi penyebabnya. Salah satunya adalah kondisi suspensi yang kurang optimal atau sudah aus, sehingga tidak efektif dalam menyerap guncangan dengan baik.


Selain itu, sistem knalpot yang bocor atau rusak juga dapat meningkatkan tingkat kebisingan. Peredam suara yang aus atau tidak ada juga bisa menjadi penyebab lainnya. Semua faktor ini dapat menyebabkan kebisingan yang tidak diinginkan ketika mobil melaju di jalan yang tidak rata.


Untuk memahami lebih lanjut penyebab mobil berisik saat melintasi jalan jelek, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 


Mengapa Mobil Menjadi Berisik Saat Melintasi Jalan Berlubang

Saat mobil melintasi jalan berlubang, seringkali Anda akan merasakan kebisingan yang mengganggu. Kebisingan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari kondisi jalan maupun dari kondisi mobil itu sendiri. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan mobil menjadi berisik saat melintasi jalan berlubang.


1. Pengaruh Jalan Berlubang terhadap Mobil

Jalan berlubang dapat memberikan dampak yang cukup besar pada mobil. Ketika roda mobil melewati lubang atau permukaan jalan yang tidak rata, getaran yang dihasilkan dapat menyebabkan berbagai komponen mobil menjadi bergesekan atau berguncang, yang pada akhirnya akan menghasilkan suara bising.


2. Dampak Jalan Berlubang pada Sistem Suspensi Mobil

Salah satu dampak melintasi jalan berlubang adalah kerusakan pada sistem suspensi mobil. Komponen-komponen seperti ball joint, tie rod, dan long tie rod bisa mengalami keausan akibat terlalu sering melintasi jalan berlubang. Hal ini akan menyebabkan suara berisik saat mobil melintasi jalan yang tidak rata.


Baca juga: Tips Menggunakan Radio Mobil untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkendara


3. Peran Ban dan Sistem Kemudi dalam Kebisingan Mobil

Ban mobil juga memiliki peran penting dalam mengurangi kebisingan saat melintasi jalan berlubang. Ban yang aus atau tidak sesuai dengan kondisi jalan dapat meningkatkan kebisingan yang dihasilkan. Selain itu, kerusakan pada bagian luar mobil seperti kaki-kaki mobil, intermediate steering shaft, dan tie rod ball joint juga dapat menyebabkan suara bising yang tidak diinginkan.

Penyebab Mobil Berisik Saat Melintasi Jalan Berlubang

Setelah mengetahui pengaruh jalan berlubang terhadap mobil Anda, berikut beberapa penyebab umum mengapa mobil menjadi berisik saat melintasi jalan berlubang yang penting AutoFamily pahami. 


1. Keausan dan Kerusakan Suspensi

Salah satu penyebab utama mobil menjadi berisik saat melintasi jalan berlubang adalah keausan atau kerusakan pada bagian suspensi seperti ball joint, tie rod, atau long tie rod. Ketika komponen-komponen ini mengalami keausan, maka tidak lagi mampu menyerap guncangan dengan baik. Sebagai akibatnya, gesekan dan getaran meningkat, yang kemudian menghasilkan suara bising yang mengganggu.


2. Kerusakan pada Sistem Knalpot

Selain suspensi, kerusakan pada sistem knalpot juga bisa menjadi penyebab mobil berisik saat melintasi jalan berlubang. Knalpot yang rusak atau bocor akan menghasilkan suara bising yang lebih keras saat mobil melewati jalan yang tidak rata. Hal ini disebabkan oleh kebocoran pada knalpot yang mengeluarkan gas buang, sehingga meningkatkan tingkat kebisingan.


Baca juga: 4 Cara Membuat Kabin Mobil Nyaman Untuk Berkendara


3. Pengaruh Ban yang Tidak Tepat

Pemilihan ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalan juga dapat menjadi faktor penyebab kebisingan pada mobil. Ban yang aus atau tidak memiliki daya cengkeram yang cukup pada permukaan jalan berlubang akan membuat mobil sulit untuk menahan getaran dan guncangan. Akibatnya, kebisingan yang dihasilkan akan menjadi lebih tinggi saat mobil melintasi jalan yang tidak rata.


4. Kerusakan pada Bushing dan Bantalan

Kerusakan pada bushing dan bantalan juga dapat menyebabkan mobil menjadi berisik saat melewati jalan berlubang. Bushing yang aus atau rusak tidak akan mampu menahan pergerakan komponen suspensi dengan baik, sehingga meningkatkan getaran dan suara bising. Begitu pula dengan bantalan yang rusak, yang dapat menghasilkan suara gemeretak atau berdecit saat mobil melintasi jalan yang tidak rata.


5. Kondisi Peredam Suara yang Buruk

Peredam suara yang aus atau rusak juga dapat menjadi penyebab mobil berisik saat melintasi jalan berlubang. Peredam suara yang tidak berfungsi dengan baik tidak akan mampu mengurangi tingkat kebisingan dari luar, sehingga suara-suara yang berasal dari suspensi, knalpot, atau bagian lain mobil akan lebih terdengar jelas di dalam kabin.


Baca juga: 5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda


Solusi untuk Mengatasi Masalah Mobil Berisik

Untuk mengatasi masalah mobil berisik saat melintasi jalan berlubang, pastinya dengan melakukan servis mobil di dealer dan bengkel Toyota. Namun, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan sebagai solusi darurat. Apa saja itu? Yuk simak berikut ini. 


1. Perawatan dan Perbaikan Suspensi Mobil

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah mobil berisik adalah dengan melakukan perawatan dan perbaikan pada sistem suspensi secara teratur. Pastikan Anda mengganti komponen yang sudah aus atau rusak di bengkel Auto2000 untuk membantu mengurangi tingkat kebisingan yang muncul.


2. Pemeriksaan dan Perbaikan Sistem Knalpot

Langkah lain yang dapat dilakukan yaitu memeriksa kondisi sistem knalpot secara berkala dan melakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan. Knalpot yang rusak atau bocor dapat menghasilkan suara bising yang tidak diinginkan saat mobil melintasi jalan berlubang. Pastikan tidak ada kebocoran atau retakan pada knalpot mobil, dan lakukan perbaikan sesegera mungkin jika ditemukan masalah.


3. Pemilihan Ban yang Tepat untuk Kondisi Jalan Berlubang

Memilih ban yang sesuai dengan kondisi jalan dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan saat mobil melintasi jalan berlubang. Pilih ban dengan daya cengkeram yang baik dan tahan terhadap keausan. Ban yang memiliki pola kembangan yang dirancang khusus untuk kondisi jalan yang buruk dapat membantu menyerap guncangan dan mengurangi kebisingan yang dihasilkan oleh mobil. 


Baca juga: Alasan dan Tujuan Ban Mobil Diberi Alur

Merawat mobil secara berkala dan memperbaiki kerusakan yang terjadi dapat membantu mengurangi kebisingan saat mobil melintasi jalan berlubang. Selain mengurangi gangguan suara bising, perawatan yang baik juga dapat meningkatkan performa mobil secara keseluruhan.


Untuk servis mobil berkala, AutoFamily bisa menggunakan kupon servis Toyota yang bisa Anda akses melalui Auto2000 Digiroom. Yuk kunjungi Auto2000 sekarang juga.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.




digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.