LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

4 Bahaya Yang Mengintai Jika Oli Mobil Mesin Bocor

Oli mesin sejatinya berfungsi sebagai pelumas untuk komponen-komponen mesin yang saling bergesekan. Namun apa jadinya kalau oli yang harusnya stay didalam mesin itu bocor keluar, apa bahaya oli mobil bocor terhadap kinerja mesin ? atau hal tersebut justru merusak komponen mesin ?
 

Komponen mesin aus dan perlu turun mesin untuk memperbaikinya

Oli ini akan menyekat dua komponen yang bergesekan sehingga dua komponen tersebut tidak secara langsung berinteraksi. Tapi kalau olinya tidak ada karena bocor, maka tidak ada lagi sekat sehingga komponen-komponen mesin bisa bergesekan secara langsung.

Hasilnya, komponen tersebut akan mengalami keausan dan dalam waktu singkat anda akan menemui beberapa gejala seperti : tenaga mesin ngempos, mesin sudah dihidupkan dipagi hari, mesin overheating.

Untuk mengatasinya anda perlu mengganti komponen yang dirasa aus tersebut. Untuk menggantinya, anda perlu membawa mobil ke bengkel dan dibengkel biasanya akan dilakukan tindakan turun mesin karena untuk melepas komponen internal mesin, mesin harus diturunkan dulu dari mobil.
 

Suara mesin menjadi lebih kasar karena tidak ada pelumas dan berpotensi terkunci

Kalau ini terjadi dijalan maka anda akan merasakan suara mesin yang cenderung lebih kasar. Selain itu, suhu mesin juga menjadi lebih panas. Biasanya indikator oli mesin akan menyala.

Maka anda harus segera menghentikan kendaraan dan mengecek kondisi oli mesin mobil. Karena kalau tetap dipaksakan maka mesin bisa terkunci. Kondisi ini muncul karena penyebab mesin cepat panas yang membuat piston memuai sehingga terkunci didalam silinder.

Ditambah tidak adanya pelumas sehingga gerakan piston juga menjadi lebih berat. Yang lebih parah, kalau piston sudah terkunci maka mobil tidak bisa dihidupkan lagi dan perlu penanganan bengkel.
 

Oli bocor ke kopling maka akan menyebabkan selip

Kalau olinya bocor dari seal crankshaft belakang maka oli bisa mengarah ke kampas kopling. Sementara itu kampas kopling mobil itu bersifat kering, jadi  kalau terkena oli maka akan menyebabkan kopling selip. Sehingga mobil akan terasa lebih sulit digunakan.
​​​​​​​

Kalau oli bocor dijalan, itu bisa membahayakan pengguna jalan lain

Oli bersifat licin, kalau oli yang licin ini bocor dijalan maka itu berpotensi membahayakan pengguna jalan lain. Contohnya untuk kendaraan sekelas bus atau truk yang memiliki muatan berat.

Kalau melintas di jalan yang ada ceceran olinya, maka roda truk tersebut bisa selip saat melakukan pengereman. Dan kalau kendaraan ini selip, juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya lagi. Jadi jangan sepelekan bocor oli ini.

Apabila anda merasa ada yang aneh pada suara mesin, ditambah ada indikator yang menyala didashboard maka jangan ragu untuk menepi dan mengecek kondisi mesin.

Untuk itu, selalu lakukan service berkala rutin kendaraan Toyota Anda. Percayakan kepada Bengkel Resmi Toyota Auto2000 Tabanan yang beralamat di Jl. Achmad Yani No. 99 Abiantuwung, Kediri, Tabanan Bali atau hubungi nomor telepon 0361-9332000 untuk Booking Service Toyota terlebih dahulu.

​​​​​​​Baca Juga: Bagian-bagian pada mesin Mobil

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​
Share this article
Promosi Lainnya
VIP PPNBM
Potongan PPNBM sampai dengan 100% kembali lagi nih!Sekaranglah saatnya untuk Anda bawa pulang mobil Toyota baru. Nikmati potongan PPNBM sampai dengan 100% untuk mobil Toyota pilihan Anda.

Nikmati Potongan PPNBM 100%* untuk mobil Avanza, Raize, Yaris, Rush, Sienta, dan Vios. Spesial untuk Anda yang ingin bawa pulang mobil Fortuner 4x2 atau Innova, dapatkan potongan PPNBM 50%* dan dapatkan potongan PPNBM 25%* untuk mobil Toyota Fortuner 4x4.

Selain itu, untuk Anda yang melakukan pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah untuk pembelian dengan paket kredit. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Yuk dapatkan penawarannya dan bawa pulang mobil Toyota impian Anda sekarang.

*Syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
Raize Family
Sekaranglah saat yang tepat untuk bawa pulang Toyota Raize! Rasakan berkendara yang nyaman hanya dengan Toyota Raize. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang tentu akan menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, Toyota Riaze juga dilengkapi dengan kabin yang luas agar dapar memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Anda bisa membawa pulang Toyota Raize dengan paket kredit bunga 0%* hanya di Auto2000! Tak hanya itu, jika Anda melakukan pembelian melalui Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S2 Ultra loh. Semakin hemat kan?

Yuk dapatkan penawaranya sekarang. Brave to Seize with Raize.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

19 Juli 2021
Raize Millenial
Kini kamu bisa bawa pulang Toyota Raize dengan cicilan yang ringan loh!Toyota Raize yang hadir dengan bodi terlihat gagah dan sporty, cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Tak hanya itu, interiornya yang elegan dan tidak lupa dilengkapi dengan teknologi modern, Toyota Raize siap membawamu berkendara untuk menemani sehari-hari.

Miliki sekarang dengan cicilan ringan mulai 3,jutaan* saja! Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan penawarannya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
VIP Avanza, Rush, Innova, Fortuner
Karena AutoFamily adalah orang yang sangat spesial, perlu dapat penawaran yang VIP juga! Khusus untuk Anda, bawa pulang mobil Toyota impian sekarang dengan cicilan yang ringan! Anda bisa mendapatkan mobil Rush dengan cicilan mulai 4,6 jutaan*, New Avanza dengan cicilan mulai 3,7 jutaan*, New Kijang Innova dengan cicilan mulai 6,4 jutaan*, dan juga All New Fortuner dengan cicilan mulai 10 jutaan* loh.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra*! Seru kan penawarannya?

Dapatkan penawarannya sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusuan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

11 Juni 2021
More News
digiroom
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF