Kenali Penyebab Mesin Diesel Tidak Mau di Gas dan Cara Mengatasinya
Diterbitkan22 Jul 2025
Penyebab mobil diesel masuk angin biasanya dikarenakan AutoFamily melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental. Lalu, dari segi aki dan mesin lainnya yang bisa mengurangi performa mesin. Yuk, simak cara mengatasi mesin diesel masuk angin di bawah ini.
Apa Penyebab Mesin Diesel Masuk Angin?
Berikut ini informasi mengenai penyebab mesin diesel yang masuk angin dan juga berbagai macam faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel tidak bisa berfungsi:
Baca Juga: 7 Alasan Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan
1. Gejala Masuk Angin
Penyebab mobil mesin diesel yang tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran sistem bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin pada mobil.
Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bakar atau tangki bahan bakar? Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar, bahan bakar diesel.
Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja.
Hal ini menyebabkan tekanan untuk bahan bakar menurun secara drastis. Dengan kondisi tersebut, otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses starter.
Saat ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar, tekanan yang dihasilkan mesin hanya akan mengeluarkan udara yang sebelumnya masuk ke dalam tangki.
Baca Juga: Konsumsi BBM Innova Bensin dan Diesel
2. Udara Terjebak Dalam Saluran Bahan Bakar
Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.
Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.
Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.
Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan. Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injektor. Lalu, saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka.
Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.
3. Busi Pijar Bermasalah
Masalah lain yang dapat menyebabkan mobil diesel susah hidup adalah busi pijar atau glow plug yang bermasalah.
Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Dikarenakan bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar.
Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar atau timing yang error pada busi pijar.
Baca Juga: 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati
4. Masalah Pada Turbocharger
Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil.
Biasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV.
5. Tekanan Kompresi yang Rendah
Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup.
Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.
TEMUKAN BERBAGAI PILIHAN MOBIL BARU HANYA DI DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT
6. Rusaknya Supply Pump
Supply pump merupakan komponen yang berfungsi untuk menarik BBM keluar dari filter ke ruang bakar agar dapat terjadi proses pembakaran.
Saat komponen satu inirusak maka tidak ada bahan bakar yang bisa diinjeksikan ke ruang bakar. Hal inilah yang menyebabkan proses pembakaran gagal terjadi dan mobil diesel tidak mau menyala saat distarter.
7. Priming Pump yang Rusak
Priming pump merupakan komponen yang membantu supply pump dalam menarik bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Apabila priming pump rusak, maka jumlah bahan bakar yang dapat mengalir pun berkurang. Hal ini akan berdampak pada hasil dari proses pembakaran.
Akibatnya, mobil diesel pun susah hidup atau bahkan tidak mau hidup.
8. Sensor Common Rail Bermasalah
Sensor common rail berperan dalam mengidentifikasi performa penyemprotan bahan bakar oleh injektor serta sejumlah bagian mesin lainnya.
Jika salah satu sensor mengalami masalah, ini juga dapat memengaruhi kinerja sensor lainnya. Akibatnya, proses pembakaran dapat terganggu dan tidak bekerja dengan optimal.
9. Terdapat Masalah Pada Injector atau Nozzle
Injektor atau nozzle berperan dalam mengubah bahan bakar menjadi kabut untuk memfasilitasi pembakaran yang lebih efisien.
Proses ini memiliki peran krusial dalam menyalakan kendaraan. Ketika terjadi masalah pada injektor, mobil diesel akan kesulitan atau bahkan tidak mau menyala sama sekali.
Baca Juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya
Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin?
Jika mobil diesel Anda mengalami gejala masuk angin, langkah utama yang perlu dilakukan yaitu membuang udara yang terperangkap dalam sistem bahan bakar
.
Proses ini dikenal dengan bleeding. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:
1. Gunakan Priming Pump
Hampir semua mobil diesel modern sudah dilengkapi dengan priming pump pada filter solar.
Tekan pompa tersebut berulang kali hingga terasa berat. Ini menandakan bahwa bahan bakar sudah mengalir dan udara telah terdorong keluar.
2. Buka Baut Bleeder pada Filter Solar
Cari baut kecil di bagian atas filter solar (biasanya disebut baut bleeder). Buka sedikit sambil tetap menekan priming pump.
Jika keluar gelembung udara bersama solar, berarti proses bleeding berjalan. Tutup kembali baut setelah solar keluar tanpa gelembung.
3. Hidupkan Mesin Secara Bertahap
Setelah udara dibuang, cobalah menyalakan mesin. Lakukan secara bertahap dan sabar. Jika masih sulit hidup, Anda bisa ulangi proses bleeding.
4. Pastikan Tidak Ada Kebocoran pada Selang Bahan Bakar
Pada mesin diesel konvensional, kebocoran pada selang bisa menyebabkan udara masuk ke sistem bahan bakar, membuat mesin sulit dihidupkan meski sudah memutar kunci kontak.
Periksa seluruh jalur injeksi dan pastikan tidak ada air atau kerusakan. Segera kencangkan atau ganti bagian yang sobek untuk membantu proses pembakaran berjalan normal.
5. Periksa dan Bersihkan Filter Solar Secara Berkala
Filter solar yang kotor atau tersumbat bisa memperbesar kemungkinan masuk angin. Pastikan filter selalu dalam kondisi bersih, terutama setelah mengisi solar dari tempat yang kualitas bahan bakarnya meragukan.
6. Rutin Melakukan Servis Berkala Pada Mobil
Terakhir, tentunya jangan lupa untuk melakukan servis berkala pada mobil diesel kesayangan Anda.
Melihat sekian banyak kemungkinan masalah yang dapat menjadi penyebab mobil diesel susah hidup, maka Anda wajib merawat mobil Anda dengan baik.
Bawalah mobil diesel Anda ke bengkel resmi Auto2000 secara rutin agar performanya tetap terjaga.
Booking Service Bengkel Auto2000 Sekarang Juga!
Nah, itu dia penyebab mobil diesel tidak mau hidup dan juga cara penanganannya.
Namun, untuk mesin diesel yang tidak mau hidup karena mengalami masuk angin, ada baiknya untuk langsung dibawa ke bengkel Auto2000 untuk kami lakukan proses bleeding yang dapat digunakan untuk mengatasi mesin diesel dengan sempurna.
Maka dari itu, silakan hubungi Auto2000 sekarang juga untuk melakukan booking service dan jangan lewatkan juga berbagai promo servis, jual dan beli mobil baru Toyota di Auto2000 Digiroom.
Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
Promo Terkait
Lihat semuaArtikel Lainnya
Lihat semuaShare With:

AUTO2000 DIGIROOM
Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.







