KENALI GEJALA MESIN MOBIL DIESEL MASUK ANGIN"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

KENALI GEJALA MESIN MOBIL DIESEL MASUK ANGIN

Auto2000.co.id – Mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya.

Bagi pengguna mobil diesel Toyota dengan usai pakai sudah di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap mengalami susah dihidupkan di pagi hari.

Kondisi ini memang banyak sebab, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin.

Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bahan bakar?

BACA JUGA : Tips Cara Pilih Oli yang Sesuai Spesifikasi Mesin Toyota

Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar.

“Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja dan bikin tekanan untuk yang bahan bakar jadi drop,” jelasnya.

“Dengan kondisi tersebut otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start,” kata Indah.

Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.

BACA JUGA : Ada Hadiah Oli Gratis, Bengkel Resmi Auto2000 Buka di Hari Minggu

Tidak hanya itu, meskin mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.

Nah, untuk mengatasi, Indah menyarankan pemilik mobil untuk memanggil teknisi atau langsung ke bengkel resmi Auto2000. Biasanya akan dilakukan proses pengeluaran udara atau bleeding.

BACA JUGA : Dilarang Beroperasi di Jakarta, Tukar Tambah Mobil Tua Anda di Auto2000

“Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan, terang Indah.

“Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injector, lalu saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka,” lanjutnya.

Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.

Pompa ini yang akan digunakan untuk memompa solar atau udara secara manual. Namun agar tidak terjadi kesalahan, disarankan untuk meminta bantuan teknisi bengkel resmi Auto2000.

Auto2000 Glodok Plaza

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia