penyebab-mobil-diesel-tidak-mau-hidup.jpg

Kenali Penyebab Mesin Diesel Tidak Mau di Gas dan Cara Mengatasinya

Diterbitkan28 Nov 2023

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup biasanya dikarenakan AutoFamily melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental. Lalu, dari segi aki dan mesin lainnya yang bisa mengurangi performa mesin. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar diesel dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya.

Bagi pengguna mobil diesel Toyota, khususnya untuk mobil dengan mesin diesel konvensional yang sudah berusia di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap mengalami susah dihidupkan di pagi hari. Bisa jadi karena masuk angin. Kenali gejala mesin mobil diesel mengalami masuk angin dan berbagai penyebab lainya yang membuat mesin tidak mau hidup.

9 Penyebab Mesin Diesel Tidak Mau di Gas dan Solusinya

Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab mesin diesel yang masuk angin dan juga berbagai macam faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel tidak bisa berfungsi.

Baca Juga:7 Alasan Mobil Diesel Keluar Asap Putih Saat Dipanaskan

1. Gejala Masuk Angin

Penyebab mobil mesin diesel yang tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran sistem bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin pada mobil.

Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bakar atau tangki bahan bakar? Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja. Hal ini menyebabkan tekanan untuk bahan bakar menurun secara drastis. Dengan kondisi tersebut, otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses starter.

Saat ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar, tekanan yang dihasilkan mesin hanya akan mengeluarkan udara yang sebelumnya masuk ke dalam tangki. Bisa terjadi ketika proses penggantian filter, ataupun ketika bahan bakar diesel di tangki mobil kosong atau sudah sedikit, sehingga udara tersedot pompa injeksi. Kondisi ini akan membuat bahan bakar tidak bisa keluar, sehingga tidak akan bisa memberikan suplai bahan bakar yang cukup untuk menyalakan mesin.

Baca Juga:Konsumsi BBM Innova Bensin dan Diesel

2. Udara Terjebak Dalam Saluran Bahan Bakar

Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.

Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.

Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan. Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injektor. Lalu, saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka.

Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.

Pompa ini yang akan digunakan untuk memompa solar atau udara secara manual. Namun agar tidak terjadi kesalahan, disarankan untuk meminta bantuan teknisibengkel resmi Auto2000.

3. Busi Pijar Bermasalah

Masalah lain yang dapat menyebabkan mobil diesel susah hidup adalah busi pijar atau glow plug yang bermasalah.

Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Dikarenakan bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar atau timing yang error pada busi pijar.

Baca Juga:3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

4. Masalah Pada Turbocharger

Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil. Biasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV.

5. Tekanan Kompresi yang Rendah

Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup.

Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.

6. Rusaknya Supply Pump

Supply pump merupakan komponen yang berfungsi untuk menarik BBM keluar dari filter ke ruang bakar agar dapat terjadi proses pembakaran. Saat komponen satu inirusak maka tidak ada bahan bakar yang bisa diinjeksikan ke ruang bakar. Hal inilah yang menyebabkan proses pembakaran gagal terjadi dan mobil diesel tidak mau menyala saat distarter.

7. Priming Pump yang Rusak

Priming pump merupakan komponen yang membantusupply pumpdalam menarik bahan bakar dari tangki ke ruang bakar. Apabilapriming pump rusak, maka jumlah bahan bakar yang dapat mengalir pun berkurang. Hal ini akan berdampak pada hasil dari proses pembakaran. Akibatnya, mobil diesel pun susah hidup atau bahkan tidak mau hidup.

8. Sensor Common Rail Bermasalah

Sensor common rail berperan dalam mengidentifikasi performa penyemprotan bahan bakar oleh injektor serta sejumlah bagian mesin lainnya. Jika salah satu sensor mengalami masalah, ini juga dapat memengaruhi kinerja sensor lainnya. Akibatnya, proses pembakaran dapat terganggu dan tidak bekerja dengan optimal.

9. Terdapat Masalah Pada Injector atau Nozzle

Injektor atau nozzle berperan dalam mengubah bahan bakar menjadi kabut untuk memfasilitasi pembakaran yang lebih efisien. Proses ini memiliki peran krusial dalam menyalakan kendaraan. Ketika terjadi masalah pada injektor, mobil diesel akan kesulitan atau bahkan tidak mau menyala sama sekali.

Baca Juga:Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya

3 Cara Mencegah Masalah Mobil Diesel Susah Hidup

Selain mengetahui berbagai penyebab mobil diesel susah hidup, AutoFamily juga wajib tahu cara mencegah masalah ini. Dengan begitu, AutoFamily tidak perlu khawatir masalah tersebut akan terjadi, terutama saat bepergian jarak jauh.

1. Mengganti Filter Bahan Bakar Berkala

Seringkali, sumbatan kotoran pada bahan bakar menyebabkan aliran bahan bakar tidak terdistribusi ke seluruh komponen yang membutuhkan. Akibatnya, mesin diesel pun susah hidup. Oleh sebab itu, penting untuk Anda membawa mobil diesel Anda ke bengkel agar filter bahan bakarnya dibersihkan dan diganti secara berkala.

2. Melakukan Bleeding

Selanjutnya, jika terdapat indikasi udara yang terperangkap di dalam ruang bakar, maka penting untuk melakukan bleeding di bengkel. Pada proses bleeding, udara berlebih pada ruang bakar akan dibuang dari dalam saluran bakar secara manual dengan cara dipompa.

3. Rutin Melakukan Servis Berkala Pada Mobil

Terakhir, tentunya jangan lupa untuk melakukan servis berkala pada mobil diesel kesayangan Anda. Melihat sekian banyak kemungkinan masalah yang dapat menjadi penyebab mobil diesel susah hidup, maka Anda wajib merawat mobil Anda dengan baik. Bawalah mobil diesel Anda ke bengkel resmi Auto2000 secara rutin agar performanya tetap terjaga.

Booking Service Bengkel Auto2000 Sekarang Juga!

Nah, itu dia penyebab mobil diesel tidak mau hidup dan juga cara penanganannya. Namun, untuk mesin diesel yang tidak mau hidup karena mengalami masuk angin, ada baiknya untuk langsung dibawa ke bengkel Auto2000 untuk kami lakukan proses bleeding yang dapat digunakan untuk mengatasi mesin diesel dengan sempurna.

Maka dari itu, silakan hubungi Auto2000 sekarang juga untuk melakukan booking service dan jangan lewatkan juga berbagai promo servis, jual dan beli mobil baru Toyota diAuto2000 Digiroom.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.