Cancel

Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel Masuk Angin dan Penyebab Tidak Mau Hidup

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup biasanya dikarenakan AutoFamily melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental. Lalu, dari segi aki dan mesin lainnya yang bisa mengurangi performa mesin. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.

Mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar diesel dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya.

Bagi pengguna mobil diesel Toyota, khususnya untuk mobil dengan mesin diesel konvensional yang sudah berusia di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap mengalami susah dihidupkan di pagi hari. Bisa jadi karena masuk angin. Kenali gejala mesin mobil diesel mengalami masuk angin dan berbagai penyebab lainya yang membuat mesin tidak mau hidup.

Cara Mengatasi Mesin Diesel Masuk Angin dan Masalah Lainnya

Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab mesin diesel yang masuk angin dan juga berbagai macam faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel tidak bisa berfungsi.

1.Gejala Masuk Angin 

Penyebab mobil mesin dengan bahan bakar diesel yang tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran sistem bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin pada mobil.

Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bakar atau tangki bahan bakar? Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

“Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja dan bikin tekanan untuk yang bahan bakar jadi drop,” jelasnya.

“Dengan kondisi tersebut otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start,” kata Indah.

Saat ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar, tekanan yang dihasilkan mesin hanya akan mengeluarkan udara yang sebelumnya masuk ke dalam tangki. Bisa terjadi ketika proses penggantian filter, ataupun ketika bahan bakar diesel di tangki mobil kosong atau sudah sedikit, sehingga udara tersedot pompa injeksi. Kondisi ini akan membuat bahan bakar tidak bisa keluar, sehingga tidak akan bisa memberikan suplai bahan bakar yang cukup untuk menyalakan mesin.

Baca Juga: Konsumsi BBM Innova Bensin dan Diesel

2. Udara Terjebak Dalam Saluran Bahan Bakar 

Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.

Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.

“Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan, terang Indah.

“Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injector, lalu saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka,” lanjutnya.

Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.

Pompa ini yang akan digunakan untuk memompa solar atau udara secara manual. Namun agar tidak terjadi kesalahan, disarankan untuk meminta bantuan teknisi bengkel resmi Auto2000.

3. Busi Pijar Bermasalah 

Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Dikarenakan bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar, atau timing yang error pada busi pijar. 

Baca Juga: 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

4. Masalah pada Turbocharger 

Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil. BIasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV. 

5. Tekanan kompresi yang rendah 

Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup. 

Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.

Baca Juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya

Nah, itu dia penyebab mobil diesel tidak mau hidup dan juga cara penanganannya. Namun, untuk mesin diesel yang mengalami masuk angin, ada baiknya untuk langsung dibawa ke bengkel Auto2000 untuk kami lakukan proses bleeding yang dapat digunakan untuk mengatasi mesin diesel dengan sempurna. Maka dari itu, silakan hubungi Auto2000 sekarang juga untuk melakukan booking service dan jangan lewatkan juga berbagai promo servis, jual dan beli mobil baru Toyota di Auto2000 Digiroom.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz, Toyota Raize, All New Avanza dengan program aMAYzing dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah langsung saldo astra pay senilai Rp 3.000.000 plus saldo astra pay senilai 1.000.000 untuk setiap program trade in dan free insurance selama 2 tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF