LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Ini 5 Penyebab Mobil Diesel Tidak Mau Hidup

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup biasanya dikarenakan AutoFamily melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. 

Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental. Lalu, dari segi aki dan mesin lainnya yang bisa mengurangi performa mesin. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini. 

Mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya.

Bagi pengguna mobil diesel Toyota dengan usai pakai sudah di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap mengalami susah dihidupkan di pagi hari.


1.Gejala Masuk Angin 


Penyebab mobil diesel tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin.
Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang bahan bakar?

Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar.

“Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja dan bikin tekanan untuk yang bahan bakar jadi drop,” jelasnya.

“Dengan kondisi tersebut otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start,” kata Indah.


2. Udara Terjebak Dalam Saluran Bahan Bakar 


Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.

Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.

“Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan, terang Indah.
“Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injector, lalu saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka,” lanjutnya.

Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.

Pompa ini yang akan digunakan untuk memompa solar atau udara secara manual. Namun agar tidak terjadi kesalahan, disarankan untuk meminta bantuan teknisi bengkel resmi Auto2000.


3. Busi Pijar Bermasalah 


Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Dikarenakan bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar, atau timing yang error pada busi pijar. 

Baca juga: 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati


4. Masalah pada Turbocharger 


Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil. BIasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV. 


5. Tekanan kompresi yang rendah 


Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup. 

Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.

Nah, itu dia penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Jika, AutoFamily merasa kebingungan, silahkan hubungin cabang terdekat Auto2000 di wilayah Anda. Sekarang sudah ada layanan untuk servis di rumah.

Namun, jika alat tidak memadai, AutoFamily bisa booking service terlebih dahulu sebelum pergi ke dealer melalui website. Sekarang semua layanan lebih mudah bersama Auto2000. 

Jangan lewatkan juga berbagai promo servis, jual dan beli mobil baru Toyota di Auto2000 Digiroom

Baca juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1 ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

corolla cross saatnya merdeka ​​​​​​ bayar setengah cicilan promo

promo perkasa​​​​​​​ ​​​​​​​ promo perkasa​​​​​​​

promo viosvaganza​​​​​​​ ​​​​​​​ promo new yaris

promo spontan ​​​​​​ promo spontan

promo spontan
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF