LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel Masuk Angin dan Penyebab Tidak Mau Hidup

Penyebab mobil diesel tidak mau hidup biasanya dikarenakan AutoFamily melewatkan berbagai perawatan mobil secara berkala. Sehingga dari segi oli bisa menjadi sangat kental. Lalu, dari segi aki dan mesin lainnya yang bisa mengurangi performa mesin. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini.  Mobil diesel memiliki karakter yang berbeda dengan mesin bensin. Selain dari sisi bahan bakar dan perawatan, situasi lain yang membedakan adalah dari segi permasalahannya. Bagi pengguna mobil diesel Toyota dengan usai pakai sudah di atas tiga sampai lima tahun, mungkin kerap mengalami susah dihidupkan di pagi hari. Bisa jadi karena masuk angin. Kenali gejala mesin mobil diesel masuk angin dan berbagai penyebab lainya yang membuat mesin tidak mau hidup.


Kenali Gejala Mesin Mobil Diesel Masuk Angin dan Faktor Lain Penyebab Mesin Tidak Menyala

Berikut ini adalah informasi mengenai gejala mesin diesel masuk angin dan juga berbagai macam faktor yang menyebabkan mesin mobil diesel tidak bisa berfungsi.

1.Gejala Masuk Angin 

Penyebab mobil mesin diesel tidak mau hidup ini memang banyak, tapi paling sering kejadian akibat sisa udara yang masuk ke dalam saluran sistem bahan bakar atau biasa disebut gejala masuk angin pada mobil.

Kenapa udara bisa sampai masuk ke dalam saluran ruang atau tangki bahan bakar? Gejala masuk angin ini biasanya disebabkan ketika sedang melakukan proses penggantian filter solar, bahan bakar diesel.

“Udara terkompresi, sehingga ketika pompa bahan bakar solar itu bekerja, tekanan yang dikeluarkan hanya untuk udara saja dan bikin tekanan untuk yang bahan bakar jadi drop,” jelasnya.

“Dengan kondisi tersebut otomatis bahan bakar tidak keluar yang membuat mesin susah hidup saat proses start,” kata Indah.

Saat ada udara yang terperangkap di dalam saluran bahan bakar, tekanan yang dihasilkan mesin hanya akan mengeluarkan udara yang sebelumnya masuk ke dalam tangki. Bisa terjadi ketika proses penggantian filter, ataupun ketika bahan bakar diesel di tangki mobil kosong atau sudah sedikit, sehingga udara tersedot pompa injeksi. Kondisi ini akan membuat bahan bakar tidak bisa keluar, sehingga tidak akan bisa memberikan suplai bahan bakar yang cukup untuk menyalakan mesin.

2. Udara Terjebak Dalam Saluran Bahan Bakar 

Jadi saat mobil diesel mulai sulit dihidupkan ketika pagi hari, salah satu penyebabnya adalah udara yang terjebak dalam saluran bahan bakar.

Tidak hanya itu, mesin bisa hidup, namun udara masih ada di ruang pembakaran sehingga akan tetap menimbulkan masalah lain.

Biasanya performa mobil akan turun, seperti gejala mobil yang tekanan kompresi berkurang. Tarikan mobil juga menjadi berat yang membuat asupan bahan bakar menjadi lebih boros. Sampai paling fatal, bisa membuat mobil tiba-tiba mogok ketika digunakan.

“Dengan melakukan bleeding, udara akan dibuang dari dalam saluran bahan bakar tadi secara manual dengan pemompaan, terang Indah.

“Ketika dipompa, udara akan bergerak menuju injector, lalu saat mesin dihidupkan udara tersebut langsung keluar ketika injector terbuka,” lanjutnya.

Proses mengeluarkan udara sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Caranya dengan mencari letak filter solar lebih dulu. Pada bagian atas cover filter biasanya terdapat priming pump.

Pompa ini yang akan digunakan untuk memompa solar atau udara secara manual. Namun agar tidak terjadi kesalahan, disarankan untuk meminta bantuan teknisi bengkel resmi Auto2000.

3. Busi Pijar Bermasalah 

Kalau busi pijar bermasalah, ini menjadi faktor yang cukup rumit bagi kendaraan mobil. Dikarenakan bisa saja usia pemakaian busi pijar yang sudah terlalu lama sehingga tidak bisa menginjeksikan kembali solar untuk mencapai titik bakar. Ini bisa disebabkan karena usia mesin busi pijar, atau timing yang error pada busi pijar. 

Baca Juga: 3 Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

4. Masalah pada Turbocharger 

Jika underboost, atau udara menurun dikarenakan turbo vane tidak terbuka. Ini bisa menjadi masalah juga yang menyebabkan tekanan udara tidak stabil. BIasanya terjadi pada mobil-mobil diesel yang menggunakan teknologi turbo. Ini sering terjadi pada mobil SUV. 

5. Tekanan kompresi yang rendah 

Proses pembakaran adalah hal yang paling diutamakan pada mobil diesel. Jika, proses pembakaran tidak sempurna karena tekanan kompresi menurun saat pemadatan, maka inilah penyebab mobil diesel tidak mau hidup. 

Mengapa demikian? Karena jumlah udara yang ada pada ruang silinder berkurang. Ini bisanya terjadi karena timbul keausan pada ring kompresi dan bisa jadi mesin seal injektor rusak.

Nah, itu dia penyebab mobil diesel tidak mau hidup. Jika, AutoFamily merasa kebingungan, silahkan hubungin cabang terdekat Auto2000 di wilayah Anda. Sekarang sudah ada layanan untuk servis di rumah.

Baca Juga: Mesin Mobil Cepat Panas? Cari Tahu Penyebabnya!

​​​​​​​Namun, jika alat tidak memadai, AutoFamily bisa booking service terlebih dahulu sebelum pergi ke dealer melalui website. Sekarang semua layanan lebih mudah bersama Auto2000. 

Jangan lewatkan juga berbagai promo servis, jual dan beli mobil baru Toyota di Auto2000 Digiroom

Share this article
Promosi Lainnya
VIP PPNBM
Potongan PPNBM sampai dengan 100% kembali lagi nih!Sekaranglah saatnya untuk Anda bawa pulang mobil Toyota baru. Nikmati potongan PPNBM sampai dengan 100% untuk mobil Toyota pilihan Anda.

Nikmati Potongan PPNBM 100%* untuk mobil Avanza, Raize, Yaris, Rush, Sienta, dan Vios. Spesial untuk Anda yang ingin bawa pulang mobil Fortuner 4x2 atau Innova, dapatkan potongan PPNBM 50%* dan dapatkan potongan PPNBM 25%* untuk mobil Toyota Fortuner 4x4.

Selain itu, untuk Anda yang melakukan pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah untuk pembelian dengan paket kredit. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Yuk dapatkan penawarannya dan bawa pulang mobil Toyota impian Anda sekarang.

*Syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
Raize Family
Sekaranglah saat yang tepat untuk bawa pulang Toyota Raize! Rasakan berkendara yang nyaman hanya dengan Toyota Raize. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang tentu akan menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, Toyota Riaze juga dilengkapi dengan kabin yang luas agar dapar memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Anda bisa membawa pulang Toyota Raize dengan paket kredit bunga 0%* hanya di Auto2000! Tak hanya itu, jika Anda melakukan pembelian melalui Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S2 Ultra loh. Semakin hemat kan?

Yuk dapatkan penawaranya sekarang. Brave to Seize with Raize.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

19 Juli 2021
Raize Millenial
Kini kamu bisa bawa pulang Toyota Raize dengan cicilan yang ringan loh!Toyota Raize yang hadir dengan bodi terlihat gagah dan sporty, cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Tak hanya itu, interiornya yang elegan dan tidak lupa dilengkapi dengan teknologi modern, Toyota Raize siap membawamu berkendara untuk menemani sehari-hari.

Miliki sekarang dengan cicilan ringan mulai 3,jutaan* saja! Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan penawarannya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
VIP Avanza, Rush, Innova, Fortuner
Karena AutoFamily adalah orang yang sangat spesial, perlu dapat penawaran yang VIP juga! Khusus untuk Anda, bawa pulang mobil Toyota impian sekarang dengan cicilan yang ringan! Anda bisa mendapatkan mobil Rush dengan cicilan mulai 4,6 jutaan*, New Avanza dengan cicilan mulai 3,7 jutaan*, New Kijang Innova dengan cicilan mulai 6,4 jutaan*, dan juga All New Fortuner dengan cicilan mulai 10 jutaan* loh.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra*! Seru kan penawarannya?

Dapatkan penawarannya sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusuan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

11 Juni 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF