LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

*Harga yang tertera mengikuti wilayah DKI Jakarta

Ketahui Fungsi Priming Pump pada Mesin Diesel

Fungsi Priming pump atau fuel supply pump atau feed pump, menjadi suatu komponen penyusun sistem bahan bakar mesin mobil diesel. 

Disebut sebagai priming karena tugas fungsi priming pump ini adalah menyediakan bahan bakar untuk diteruskan ke pompa injeksi (injection pump). 

Ada dua jenis priming pump yang digunakan pada mobil diesel sesuai tipe pompa injeksi yang digunakan, yaitu priming pump untuk tipe in-line dan priming pump untuk tipe distributor. Untuk lebih memahami tentang fungsi priming pump dan cara kerjanya, simak penjelasannya berikut ini.


Fungsi priming pump


Pada dasarnya, fungsi priming pump adalah mengambil bahan bakar dari tangki penyimpanan, kemudian menyalurkannya menuju pompa injeksi. 

Sebelum disalurkan ke pompa injeksi, bahan bakar yang telah disedot oleh priming pump disaring terlebih dulu melalui filter solar.

Priming pump berada di pompa injeksi dan digerakkan oleh tenaga dari poros nok (cam shaft). Selain mengambil bahan bakar, priming pump juga dapat mengeluarkan udara yang tidak diperlukan dari sistem bahan bakar.

Hal ini diperlukan saat terdapat gangguan pada pompa injeksi bahan bakar. Jika ada masalah dengan fungsi priming pump, inilah alasan yang membuat mesin mobil bisa tiba-tiba mati mendadak

Meski sebenarnya fungsi priming pump serupa dengan pompa injeksi, komponen ini tidak tergantikan. Ini karena pompa injeksi tidak dapat mengisi ruang bahan bakar dengan cukup saat mobil melaju pada kecepatan tinggi.

Untuk itulah mobil membutuhkan priming pump yang menyalurkan bahan bakar terus menerus meski pada saat kecepatan tinggi.

Baca juga: Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi atau Sulit Masukkan Perseneling, Ini Penyebabnya!


Komponen-komponen penyusun priming pump


Priming pump tersusun atas beberapa komponen khusus agar dapat bekerja optimal. Berikut komponen-komponen tersebut:


1. Priming pump piston


Komponen penyusun priming pump yang pertama adalah piston atau torak. Inilah komponen utama yang memungkinkan priming pump mampu menyedot bahan bakar dari tangki penyimpanan.

Fungsi Piston menghasilkan tekanan udara sehingga tangki penyimpanan masuk kondisi vakum dan bahan bakar dapat tersedot masuk.


2. Check valve


Komponen selanjutnya adalah check valve atau katup periksa. Fungsi dari check valve adalah mencegah terjadinya tekanan dari arah yang berlawanan sehingga tidak terjadi aliran balik (backflow).


3. Filter solar


Komponen penyusun priming pump yang terakhir adalah filter solar. Fungsinya adalah menyaring bahan bakar dari tangki penyimpanan sebelum disalurkan ke pompa injeksi. Dengan adanya filter ini, bahan bakar yang masuk ke pompa injeksi pun benar-benar bersih.


​​​​​​​Cara kerja priming pump 


Cara kerja priming pump sebenarnya masih menggunakan mekanisme konvensional, tepatnya mengandalkan bantuan tenaga manusia. Priming pump bekerja dengan merespon pada tekanan yang diberikan pada pump handle. 

Saat AutoFamily menekan pump handle dengan tangan, maka diafragma sistem bahan bakar akan bergerak turun. Outlet check valve dari priming pump pun terbuka sehingga bahan bakar dapat mengalir. Di sisi lain, inlet valve menutup untuk mencegah aliran balik.

Sebaliknya, saat handle pump dilepas, maka diafragma akan kembali pada posisi semula. Hilangnya tekanan ini akan menghasilkan kondisi vakum. Outlet check valve pun tertutup dan inlet valve terbuka. Bahan bakar masuk ke ruang pompa injeksi.

Fungsi priming pump pada mobil mesin diesel ternyata amat vital. Tanpa adanya komponen ini, ruang pompa injeksi tidak akan pernah terisi penuh dengan bahan bakar saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi. 

Menemukan problem pada sistem bahan bakar mobil Toyota Anda? Tak perlu tunggu lama, segera booking service online di Auto2000. Pastikan Anda sudah menemukan cabang Auto2000 terdekat di wilayah Anda. 

Pelajari lebih lanjut mobil MPV rekomendasi untuk Anda dan keluarga diantaranya Mobil Toyota Kijang Innova, Mobil Toyota Sienta, dan Mobil MPV best seller di Auto2000 yaitu Toyota Calya. Dapatkan promo deals terbaik dari Auto2000 untuk mobil Toyota Fortuner sekarang!

Baca juga: 10 Tanda Umur Ban Mobil Sudah Tua, Wajib Ganti!
​​​​​​

PROMO MENARIK DI AUTO2000 DAPATKAN SEKARANG!

PROMO1  ​​​​​​ promo sehat toyotaku

lebih ringan cicil toyota corolla cross digiroom new normal deals

bayar setengah cicilan promo promo perkasa

promo new yaris promo spontan  ​​​​​​

promo spontan promo spontan

promo spontan​​​​​​​​​​​​​​

​​​​​​​

Share this article
Promosi Lainnya
VIP PPNBM
Potongan PPNBM sampai dengan 100% kembali lagi nih!Sekaranglah saatnya untuk Anda bawa pulang mobil Toyota baru. Nikmati potongan PPNBM sampai dengan 100% untuk mobil Toyota pilihan Anda.

Nikmati Potongan PPNBM 100%* untuk mobil Avanza, Raize, Yaris, Rush, Sienta, dan Vios. Spesial untuk Anda yang ingin bawa pulang mobil Fortuner 4x2 atau Innova, dapatkan potongan PPNBM 50%* dan dapatkan potongan PPNBM 25%* untuk mobil Toyota Fortuner 4x4.

Selain itu, untuk Anda yang melakukan pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda bisa mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah untuk pembelian dengan paket kredit. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Yuk dapatkan penawarannya dan bawa pulang mobil Toyota impian Anda sekarang.

*Syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
Raize Family
Sekaranglah saat yang tepat untuk bawa pulang Toyota Raize! Rasakan berkendara yang nyaman hanya dengan Toyota Raize. Dilengkapi dengan Toyota Safety Sense yang tentu akan menjamin keselamatan Anda dan keluarga. Tak hanya itu, Toyota Riaze juga dilengkapi dengan kabin yang luas agar dapar memberikan pengalaman berkendara yang tidak terlupakan.

Anda bisa membawa pulang Toyota Raize dengan paket kredit bunga 0%* hanya di Auto2000! Tak hanya itu, jika Anda melakukan pembelian melalui Auto2000 Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S2 Ultra loh. Semakin hemat kan?

Yuk dapatkan penawaranya sekarang. Brave to Seize with Raize.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Syarat dan ketentuan berlaku

19 Juli 2021
Raize Millenial
Kini kamu bisa bawa pulang Toyota Raize dengan cicilan yang ringan loh!Toyota Raize yang hadir dengan bodi terlihat gagah dan sporty, cocok untuk kamu yang berjiwa muda. Tak hanya itu, interiornya yang elegan dan tidak lupa dilengkapi dengan teknologi modern, Toyota Raize siap membawamu berkendara untuk menemani sehari-hari.

Miliki sekarang dengan cicilan ringan mulai 3,jutaan* saja! Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom, Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra loh!

Tunggu apa lagi, yuk dapatkan penawarannya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku
19 Juli 2021
VIP Avanza, Rush, Innova, Fortuner
Karena AutoFamily adalah orang yang sangat spesial, perlu dapat penawaran yang VIP juga! Khusus untuk Anda, bawa pulang mobil Toyota impian sekarang dengan cicilan yang ringan! Anda bisa mendapatkan mobil Rush dengan cicilan mulai 4,6 jutaan*, New Avanza dengan cicilan mulai 3,7 jutaan*, New Kijang Innova dengan cicilan mulai 6,4 jutaan*, dan juga All New Fortuner dengan cicilan mulai 10 jutaan* loh.

Tak hanya itu, setiap pembelian melalui website atau aplikasi Digiroom Anda akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah. Anda juga bisa mengikuti undian dengan hadiah Samsung Galaxy S21 Ultra*! Seru kan penawarannya?

Dapatkan penawarannya sekarang dan jangan sampai ketinggalan promonya.

Urusuan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

11 Juni 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF