cek-nomor-rangka-mobil-online.jpg

Petunjuk Cek Nomor Rangka Mobil Online

Diterbitkan29 Mar 2023

Setiap pemilik mobil wajib mengetahui nomor rangka kendaraan. Hal ini untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut sudah terdaftar secara resmi. Bagi pembeli mobil baru, mungkin Anda tidak perlu khawatir karena sudah pasti pendaftaran mobil dilakukan sendiri di pihak kepolisian.

Akan tetapi, pembeli mobil bekas harus cek nomor rangka mobil secara online untuk memastikan tidak ada indikasi kendaraan tersebut tidak resmi atau pernah mengalami penggantian.

Mengecek nomor rangka mobil secara online merupakan salah satu cara efektif untuk mengetahui riwayat kendaraan yang hendak Anda miliki. Untuk melakukan pengecekan ini, Anda dapat mengakses situs web resmi dari SAMSAT dengan menggunakan nomor rangka mobil yang tertera pada STNK.

Pada situs web tersebut, AutoFamily dapat menemukan informasi penting seperti data kendaraan, jumlah pemilik sebelumnya, kondisi kendaraan, serta apakah mobil tersebut pernah terlibat dalam kecelakaan atau tidak. Lantas bagaimana prosedur mengecek nomor rangka mobil secara online? Mari simak uraian selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Nomor Rangka Mobil

Nomor rangka mobil adalah 17 deret kombinasi angka dan huruf yang membuktikan keaslian kendaraan. Adanya nomor rangka ini bisa Anda gunakan untuk pengecekan di kantor polisi demi memastikan bahwa kendaraan tersebut bukan kendaraan curian, modifikasi, atau hasil pasar gelap.

Apabila Anda terbukti menggunakan kendaraan ilegal, maka sudah pasti AutoFamily berisiko terjerat masalah hukum. Selain itu, nomor rangka juga digunakan sebagaisyarat bayar pajak mobil. Tanpa nomor rangka yang valid, proses pembayaran pajak kendaraan juga dapat terkendala.

Lalu, di mana Anda bisa menemukan nomor rangka mobil? Pastinya setiap pabrikan menempatkan nomor rangka ini di tempat yang berbeda-beda. Untuk model monokok, letak nomor rangka di bawah jok kursi depan.

Sementara, untuk mobil dengan sasis, maka nomor rangka terletak di bagian sasisnya. Lalu, jika saat melihat nomor rangka AutoFamily menemukan kode MHF di depannya, maka tandanya mobil tersebut produksi Indonesia. Sedangkan kode selain MHF adalah produksi luar negeri.

PILIH DAN MILIKI MOBIL BARU TOYOTA SECARA MUDAH DI SINI

Cara Cek Nomor Rangka Mobil Online

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan pada segala aspek kehidupan, termasuk pula cara memeriksa nomor rangka mobil online. Kalau dulu mungkin AutoFamily harus datang ke kantor kepolisian, membawa berbagai berkas dan surat-surat hanya untuk cek nomor rangka mobil, kini semua itu bisa dilakukan secara online.

Begitu pun dengan servis mobil di bengkel Auto2000, prosesnya bisa dilakukan secara online dengan booking jadwal melalui Auto2000 Digiroom. Auto2000 menyediakan Paket Servis Toyota untuk semua tipe dan jenis kendaraan Toyota. Anda pun bisa melakukan servis mobil dengan lebih mudah, efektif, dan efisien.

Bagi AutoFamily domisili Jakarta, dengan mobil Toyota plat B, cara mengecek nomor rangka mobil online sama dengancara cek pajak kendaraanyaitumelalui aplikasi smartphone. Nama aplikasinya adalah Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta. Anda bisa menemukannya di Google Play Store untuk pengguna Android. Langkah cek nomor rangka melalui aplikasi adalah sebagai berikut:

  1. Download dan install aplikasi pada smartphone Anda.

  2. Log in dengan akun Google Anda. Bila belum memiliki akun, maka bisa sign in terlebih dahulu.

  3. Saat sign in, Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan plat nomor kendaraan bermotor alias nomor polisi. NIK yang dimasukkan di sini harus sesuai dengan data pemilik kendaraan.

  4. Klik tombol Cari dengan ikon kaca pembesar berwarna biru.

  5. Setelahnya, akan muncul informasi lengkap mengenai nomor rangka kendaraan, nomor polisi mobil, pajak kendaraan, dan lainnya.

Baca Juga:24 Ragam Rambu Lalu Lintas dan Artinya

CaraCek Nomor Rangka Kendaraan Untuk Daerah Lain

Bukan hanya wilayah Jakarta yang bisa menikmati layanan pengecekan nomor rangka kendaraan online, daerah lain juga memiliki layanan ini. Namun, cek online rangka kendaraan di wilayah lain hanya bisa dilakukan melalui website resmi, bukan aplikasi seperti di Jakarta.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memasukkan plat nomor kendaraan dan informasi lengkap mengenai mobil Anda akan muncul. Website resmi tiap daerah bisa dicek di sini:

Baca Juga:Mengenal Pajak Progresif Kendaraan

AutoFamily, begitulah tadi panduan singkat mengenai cara cek nomor rangka mobil online melalui aplikasi untuk wilayah Jakarta dan website resmi tiap daerah untuk wilayah lain. Gampang sekali bukan?

Nah, kabar baik untuk AutoFamily, kini tidak hanya cek nomor rangka yang bisa dilakukan secara online,layanan bengkel Auto2000pun bisa dipesan dulu secara online melalui website Auto2000 Digiroom. Anda bahkan bisa menikmati layanan purna jual dariAuto2000untuk perawatan mobil Toyota kesayangan. Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang dan pastikan mobil Anda selalu dalam keadaan optimal!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.