Toyota Innova Zenix

7 Panduan Cek Mobil Mudik Demi Keamanan Perjalanan

Diterbitkan19 Feb 2024

Dalam persiapan menjelang musim mudik, penting bagi AutoFamily untuk memastikan kondisi mobil dalam keadaan prima demi kelancaran perjalanan yang aman. Memeriksa mobil sebelum melakukan perjalanan jauh tidak hanya akan meningkatkan keamanan penumpang, tetapi juga dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan di tengah perjalanan. Melalui panduan cek mobil sebelum mudik yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa mobil Toyota siap untuk perjalanan jauh.


Musim mudik adalah momen yang dinantikan banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan kerabat tercinta. Namun, risiko kecelakaan dan kerusakan kendaraan saat dalam perjalanan juga perlu diwaspadai. Untuk itu, memahami langkah-langkah penting dalam melakukan pemeriksaan mobil sebelum mudik menjadi kunci untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Simak panduan cek mobil sebelum mudik di bawah ini!


7 Panduan Cek Mobil Mudik Demi Keamanan Perjalanan

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan untuk melakukan cek mobil sebelum mudik yang perlu AutoFamily ketahui. Beberapa hal yang perlu diperiksa antara lain:


1. Pemeriksaan Oli Mesin 

Oli mesin merupakan komponen vital yang melumasi berbagai bagian mesin untuk mengurangi gesekan dan panas yang dihasilkan selama operasi. Periksa level oli dengan menggunakan dipstick oli, pastikan bahwa level oli berada di antara tanda minimum dan maksimum yang ditunjukkan oleh dipstick


Jika perlu, tambahkan oli baru dengan jenis dan viskositas yang direkomendasikan oleh pabrikan. Selain itu, perhatikan juga kondisi oli, apakah sudah berwarna hitam pekat atau terdapat partikel kotoran, karena ini dapat menandakan perlunya penggantian oli.


2. Periksa Ban

Ban yang dalam kondisi baik sangat penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan perjalanan. Periksa tekanan udara di setiap ban menggunakan alat pengukur tekanan udara yang sesuai, dan pastikan tekanannya sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Periksa juga keausan dan kedalaman alur pada permukaan ban, serta perhatikan apakah terdapat keretakan atau sobekan yang dapat mengindikasikan perlunya penggantian.


Baca juga: Yuk, Cari Tahu Cara Merawat Mobil Pulang Liburan


3. Sistem Rem

Sistem rem adalah salah satu aspek kunci keselamatan dalam berkendara. Periksa ketebalan kampas rem dengan memeriksa melalui lubang inspeksi pada kaliper rem atau dengan membuka roda jika perlu. 


Pastikan juga tidak ada kebocoran pada sistem hidrolik rem dengan memeriksa cairan rem pada tangki reservoir. Uji responsif pedal rem dan perhatikan apakah ada gejala getaran atau suara berisik saat menginjak pedal rem, yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada sistem rem.


DAPATKAN PENAWARAN DAN PROMO MOBIL TOYOTA TERBARU SECARA ONLINE DARI AUTO2000 DIGIROOM


4. Cek Sistem Kelistrikan Mesin

Sistem kelistrikan mesin mencakup berbagai komponen seperti lampu-lampu, klakson, wiper. Periksa fungsi semua lampu indikator dan lampu eksterior dan interior, serta pastikan klakson dan wiper berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa juga kondisi kabel-kabel dan terminal kelistrikan untuk memastikan tidak ada kebocoran arus listrik yang dapat mengganggu kinerja sistem.


5. Periksa Sistem Pendingin

Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap dalam batas yang aman saat mobil beroperasi. Periksa kadar cairan pendingin dengan membuka penutup radiator setelah mesin dingin dan pastikan level cairannya mencukupi. 


Periksa juga selang-selang radiator dan klip pengikat untuk memastikan tidak ada kebocoran. Uji juga kipas radiator dengan menjalankan mesin dalam keadaan panas dan perhatikan apakah kipasnya berputar dengan baik.


Baca juga: 9 Persiapan Mudik Naik Mobil yang Penting Sebelum Berangkat


6. Sistem Kemudi dan Suspensi

Sistem kemudi dan suspensi yang baik adalah kunci untuk menjaga stabilitas, kenyamanan, dan kontrol saat berkendara. Periksa keseimbangan roda dengan menggunakan alat penimbang yang sesuai, dan pastikan tidak ada ketidakseimbangan yang signifikan. 


Periksa juga kekencangan steering dengan memeriksa semua sambungan dan persendian untuk memastikan tidak ada kekendoran yang signifikan. Selain itu, uji peredaman suspensi dengan menekan berulang-ulang pada setiap sudut mobil dan perhatikan apakah ada tanda-tanda kebocoran.


7. Periksa Air Radiator

Cairan radiator adalah yang memungkinkan mesin tetap dingin saat mobil beroperasi. Pastikan kadar air radiator mencukupi dengan membuka penutup radiator setelah mesin dingin dan periksa level cairannya. 


Jika perlu, tambahkan air demi menjaga level cairan radiator pada batas yang diperlukan. Periksa juga tangki radiator dan selang-selangnya untuk memastikan tidak ada kebocoran yang dapat mengganggu kinerja sistem pendinginan.


DAPATKAN PAKET SERVICE TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 

Mengapa Penting untuk Memeriksa Mobil Sebelum Mudik?

Memeriksa mobil sebelum mudik memiliki sejumlah alasan yang sangat penting. Berikut ini beberapa alasan pentingnya memeriksa mobil sebelum And mudik:


1. Keamanan dan Kenyamanan Selama Perjalanan

Memeriksa mobil sebelum mudik adalah langkah awal yang penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Melalui memastikan semua komponen mobil dalam kondisi baik, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya kerusakan atau kecelakaan di tengah perjalanan.


Baca juga: Wajib Untuk Perjalanan Jauh! 7 Makanan Dan Minuman Pencegah Mabuk Perjalanan


2. Mencegah Kerusakan Mobil di Tengah Perjalanan

Perjalanan jauh seperti mudik lebaran dapat menempatkan tekanan ekstra pada mobil. Oleh karena itu, memeriksa mobil sebelum mudik dapat membantu Anda mencegah terjadinya kerusakan yang tidak terduga di tengah perjalanan. Hal ini juga dapat menghemat biaya perbaikan yang mungkin lebih mahal jika terjadi kerusakan di perjalanan.


3. Menjaga Efisiensi Bahan Bakar dan Performa Mobil

Pemeriksaan mobil sebelum mudik juga dapat membantu Anda menjaga efisiensi bahan bakar dan performa mobil. Sebagai contoh, dengan memeriksa tekanan udara ban secara rutin, Anda dapat menghindari bahan bakar boros akibat gesekan berlebih pada ban yang kurang terisi penuh.


Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa cek mobil sebelum mudik adalah langkah yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Tindakan ini tidak hanya berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, tetapi juga mampu mencegah kerusakan mobil di tengah perjalanan yang dapat menimbulkan biaya perbaikan yang tinggi. 


Baca juga: 5 Langkah Cara Membuat Rute Perjalanan Mudik Dengan Google Maps

Untuk memastikan mobil Toyota AutoFamily tetap dalam kondisi prima dan siap untuk menghadapi perjalanan jauh seperti mudik, penting untuk menjadwalkan servis di bengkel Auto2000. Pentingnya service berkala setiap 6 bulan mencakup pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen mobil, penggantian oli, penyetelan, dan perawatan yang diperlukan untuk menjaga kinerja optimal kendaraan. 


Jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom, tempat yang tepat untuk mendapatkan layanan berkualitas dan profesional dari tim mekanik terlatih yang akan membantu menjaga mobil Toyota Anda dalam kondisi terbaik. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.