Cancel

Arti Kode Oli yang Umum di Dunia Otomotif

Ketika ingin mengganti oli kendaraan, banyak dari kita yang kurang mengerti jika melihat tulisan SAE, JASO, dan API pada kemasan oli mesin. Ada baiknya kita sebagai pengguna kendaraan bermotor mengerti istilah—istilah tersebut agar tidak salah dalam memilih oli mesin mobil.

Cara Memahami Arti Kode Oli

 Berikut ini adalah tiga kode pada oli yang bisa digunakan untuk melumasi mesin mobil.

1. Kode Oli SAE

Definisi SAE menurut SAE Internasional adalah singkatan dari Society of Automotive Engineer sebagai identifikasi dari kekentalan oli. SAE sendiri adalah suatu asosiasi yang mengatur standarisasi di berbagai bidang seperti bidang rancang desain teknik dan manufaktur.

Pada kemasan oli akan tertulis kode SAE 10W-30, 10W-40 atau 20W-40, 20W-50. Huruf W yang terletak di belakang angka merupakan singkatan dari ‘Winter’. Formulasi oli disesuaikan untuk musim dingin dan panas, sehingga saat suhu mobil dingin olinya tidak mengental.

Oleh karena itu, angka paling depan adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin dan angka setelah W atau paling belakang adalah tingkat kekentalan oli ketika mesin dalam kondisi bekerja atau sudah panas. Semakin besar angkanya maka semakin kental oli pada kondisinya. Semakin dingin suhu suatu wilayah, maka semakin encer tingkat kekentalannya, biasanya pada angka SAE 5W-35.

“Semakin kecil angka w, maka pelumas akan semakin encer di temperatur dingin, misalnya pelumas 5w-30 akan lebih mampu mengalir daripada 10w-30 pada temperatur dingin, dan sebagai info tambahan, pengujian dilakukan pada kondisi -30 dan -35 derajat celcius,” Ucap Aprian Service Advisor Auto2000 Pandeglang.

Baca Juga: Cara Bayar Pajak STNK Online Untuk Kendaraan Bermotor Terbaru 2021

2. Kode Oli API

API yang merupakan singkatan dari American Petroleum Institute merupakan sebuah kode standar yang menentukan kualitas oli. Pada kemasan oli kita akan melihat kode API dengan 2 tambahan alfabet huruf dibelakangnya misalnya “API SN” atau “API CH”. Huruf pertama untuk menentukan jika jenis kendaraan bensin atau gasoline dilambangkan dengan kode S, sedangkan mesin diesel menggunakan kode huruf C.

Pada alfabet kedua menjelaskan kualitas yang terbaru dari oli mobil. Misalnya API SG dan API SN, API SN merupakan jenis oli yang lebih baru dan biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan API SG. Semakin baru oli maka kode alphabet akan semakin jauh.

Oli yang digunakan pada mobil-mobil keluaran tahun yang lebih baru akan menggunakan oli dengan kode pada alfabet keduanya yang mendekati huruf Z. Untuk mobil keluaran lama tidak dianjurkan untuk menggunakan oli keluaran terbaru. Hal ini disebabkan karena mesin mereka tidak dirancang untuk menerima tingkat kekentalan oli tertentu.

3. Kode Oli JASO

JASO merupakan singkatan dari Japanese Automotive Standart Association, yakni lembaga Jepang yang mengecek standar kualitas oli. Apabila Anda melihat kode JASO pada botol oli, berarti itu adalah oli yang cocok untuk motor. Ya, kode JASO berarti oli tersebut khusus digunakan untuk motor, bukan mobil.

Kode oli JASO biasanya diikuti dengan MA atau MB. Keduanya mengacu kepada pemakaian yang berbeda. Oli JASO MA lebih cocok digunakan untuk motor dengan kopling basah seperti bebek dan sport. Fungsi oli JASO MA adalah untuk memberikan gesekan agar kopling tidak selip saat motor dikendarai.

Di sisi lain, JASO MB adalah oli untuk motor matic, alias memiliki kopling kering, yang koplingnya tidak terendam oli. Oli JASO MB biasanya digunakan pada motor skutik. Oli dengan kode JASO MB memiliki daya gesekan yang lebih rendah dibandingkan JASO MA.

Baca Juga: Bunyi Berdecit saat Menginjak Kopling, ini Penyebabnya

​​​​​​Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali ke bengkel resmi terpercaya agar mobil anda ditangani oleh tangan yang tepat. Agar lebih mudah anda juga bisa booking servis di Auto2000 digiroom dan datang langsung ke bengkel Auto2000 ada diseluruh kota di Indonesia.

Kunjungi Dealer Toyota sekarang juga untuk memperoleh berbagai informasi mengenai mobil terbaik persembahan Toyota, seperti Eksterior Toyota Supra.

Dapatkan juga berbagai Promo Dealer Mobil Toyota terbaru untuk berbagai jenis mobil terbaik persembahan Toyota, seperti mobil Toyota Kijang InnovaToyota Fortuner hingga Toyota Sienta. Anda bisa jadwalkan kunjungan di sini sekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi, dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF