cara-merawat-mobil-tanpa-garasi.png

Cari Tahu 8 Cara Merawat Mobil yang Sering Parkir Tanpa Garasi

Diterbitkan12 Jun 2023

AutoFamily, bila Anda sering parkir mobil di luar garasi, penting bagi Anda tahu bagaimana cara merawat mobil tersebut. Apalagi mobil yang parkir di luar garasi akan lebih sering terpapar sinar matahari, hujan, dan debu. Cara merawat mobil tanpa garasi juga cukup mudah, salah satu yang sangat penting adalah mencuci mobil secara rutin.

Tidak hanya mencuci mobil rutin, AutoFamily juga perlu melakukan perawatan mobil berkala agar performanya selalu dalam keadaan optimal. Anda bisa Booking Servis Toyota melalui Auto2000 Digiroom agar proses perawatan bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Mengenai cara merawat mobil yang diparkir di luar garasi, ada banyak tips yang dapat Anda terapkan. Beberapa di antaranya akan dijelaskan secara lebih lengkap di bawah ini.

8 Cara Merawat Mobil yang Sering Parkir Tanpa Garasi

Saat AutoFamily sering memarkir mobil di luar garasi, perawatan yang tepat sangat penting. Mobil yang terpapar langsung oleh sinar matahari dapat mengalami kerusakan dan penurunan kualitas. Untuk itu, penting bagi AutoFamily mengetahui cara merawatnya agar mobil tetap dalam kondisi yang dan berfungsi dengan optimal. Yuk simak berbagai cara-caranya berikut ini.

1. Gunakan Cover Mobil

Salah satu cara paling efektif untuk melindungi mobil yang sering diparkir di luar adalah menggunakan cover mobil. Penggunaan cover mobil ini dapat melindungi mobil Anda dari sinar matahari langsung, hujan, debu, dan kotoran lainnya.

Pilih cover mobil yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Pastikan juga cover mobil tersebut memiliki ukuran yang pas dengan mobil Anda agar dapat memberikan perlindungan yang optimal.

Baca juga:Cara Memilih Car Cover yang Tepat

2. Gunakan Kaca Film yang Tepat

Kaca film tidak hanya berfungsi sebagai penghalang sinar matahari yang berlebihan, tetapi juga dapat melindungi interior mobil dari cuaca yang panas. Pilih kaca film dengan tingkat kegelapan yang diizinkan oleh peraturan setempat dan memiliki kemampuan untuk memblokir sinar UV yang berbahaya.

Kaca film yang tepat dapat membantu menjaga kondisi interior mobil Anda, terutama saat terpapar langsung sinar matahari. AutoFamily juga perlu memastikan kaca film yang digunakan memiliki tingkat kegelapan yang tepat dan tidak mengganggu visibilitas Anda saat mengemudi.

3. Rutin Cuci Mobil

Merawat mobil tanpa garasi juga berarti Anda harus menjaga kebersihan mobil dengan lebih sering. Debu, kotoran, dan polusi yang menempel pada mobil dapat merusak cat dan menyebabkan korosi.

Lakukan cuci mobil secara rutin menggunakan sampo mobil yang aman dan air bersih. Pastikan untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti bagian bawah mobil dan roda. Setelah mencuci mobil, segera keringkan dengan kain yang bersih untuk menghindari bercak air yang dapat meninggalkan bekas.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

4. Manfaatkan Carport Portable

Jika Anda tidak memiliki garasi tetapi tersedia ruang di halaman rumah, Anda dapat memanfaatkan carport portable untuk parkir mobil. Carport portable adalah struktur penutup sederhana yang dapat Anda pasang dan pindahkan sesuai dengan kebutuhan.

Saat AutoFamily menggunakan carport portable, Anda dapat memberikan perlindungan sementara untuk mobil Anda dari hujan dan sinar matahari langsung. Pastikan carport portable memiliki bahan yang tahan terhadap cuaca dan kuat untuk menahan angin dan hujan.

5. Pastikan Immobilizer Mobil Bekerja dengan Baik

Selain melindungi mobil dari faktor eksternal, Anda juga perlu memastikan keamanan mobil tanpa garasi. Pastikan immobilizer mobil Anda berfungsi dengan baik. Immobilizer merupakan sistem keamanan elektronik yang mencegah mobil dari pencurian. Pastikan sistem immobilizer pada mobil Anda aktif dan berfungsi dengan baik untuk mengurangi risiko pencurian.

Apabila mobil Anda sering diparkir di luar garasi, penting bagi Anda untuk memastikan fitur-fitur yang terdapat pada mobil tetap berfungsi dengan baik. Jika Anda menemukan sistem immobilizer mobil mengalami kendala atau baterai habis, segera lakukan perbaikan dengan mengunjungi bengkel Auto2000.

Baca juga:4 Cara Mudah Cegah Kunci Mobil Hilang

6. Gunakan Kunci Setir Mobil

Selain immobilizer, Anda juga dapat menggunakan kunci setir mobil sebagai langkah tambahan untuk mencegah pencurian. Kunci setir mobil merupakan perangkat keamanan yang dipasang di setir mobil dan mengunci kemudi.

Penggunaan kunci setir ini akan sangat bermanfaat, terutama jika mobil Anda belum dilengkapi dengan sistem immobilizer atau alarm. Ketika memilih kunci setir tambahan, pastikan untuk memilih kunci yang berkualitas baik agar awet dan tahan lama.

7. Periksa dan Ganti Oli Secara Teratur

Mobil yang sering diparkir di luar garasi rentan terhadap pengaruh cuaca eksternal yang dapat mempercepat keausan suku cadangnya. Salah satu komponen yang perlu diperhatikan adalah oli mesin. Pastikan Anda melakukan pemeriksaan dan penggantian oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi.

Oli mesin yang bersih dan segar sangat penting untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Oli yang kotor atau sudah terlalu lama digunakan dapat menyebabkan penurunan pelumasan, peningkatan gesekan, dan akumulasi kotoran pada mesin. Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen mesin dan mempersingkat umur kendaraan Anda.

Selain mengganti oli mesin, pastikan juga untuk memeriksa level oli secara rutin dan mengisi kembali jika diperlukan. Selalu perhatikan tanggal dan kilometer terakhir kali penggantian oli dilakukan, sehingga Anda dapat menjadwalkan penggantian oli berikutnya dengan tepat.

Baca juga:Pada KM Berapa Ganti Oli Mobil Harus Dilakukan Demi Menjaga Performa?

8. Lakukan Perawatan Rutin pada Ban

Ban merupakan komponen penting pada mobil yang sering diparkir di luar garasi. Untuk menjaga kinerja kendaraan, efisiensi bahan bakar, dan keamanan berkendara, penting untuk melakukan perawatan rutin pada ban. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan rekomendasi pabrik. Ban yang kurang angin atau terlalu kembung dapat memengaruhi handling kendaraan, konsumsi bahan bakar, dan umur ban itu sendiri.

  2. Pastikan juga tidak ada keausan yang tidak merata, benjolan, atau retakan yang signifikan pada ban. Jika Anda melihat tanda-tanda tersebut, segera ganti ban dengan yang baru. Keausan yang tidak merata dapat mengurangi traksi dan stabilitas kendaraan.

  3. Rotasi ban dapat membantu memastikan bahwa ban-ban kendaraan dipakai secara merata. Hal ini dapat memperpanjang umur ban dan mengoptimalkan performa kendaraan.

  4. Tapak ban yang sudah habis dapat mengurangi traksi dan kinerja pengereman kendaraan. Jika tapak ban sudah menipis, segera ganti ban dengan yang baru untuk menjaga keamanan berkendara.

AutoFamily, itu dia cara merawat mobil yang sering parkir tanpa garasi. Meskipun tidak memiliki garasi, Anda tetap dapat melindungi mobil dari kerusakan dan pencurian. Selalu perhatikan juga kebersihan dan keamanan mobil Anda agar tetap terjaga meskipun sering terpapar kondisi luar dengan cuaca yang terkadang tidak menentu.

Dalam hal perawatan mobil, penting juga bagi AutoFamily untuk melakukan perawatan berkala agar mobil selalu dalam keadaan optimal. Saat akan servis mobil, Anda bisa membawa mobil ke bengkel Auto2000 terdekat. Layanan Bengkel Toyota selalu siap membantu meningkatkan performa mobil Anda.

Pastikan Anda booking online jadwal terlebih dahulu melalui Auto2000 Digiroom agar proses perawatannya dapat dilakukan lebih mudah dan cepat. Jadi tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 sekarang dan pastikan mobil Anda selalu dalam performa terbaik.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.