wisata bengkulu.webp

17 Wisata Bengkulu bagi Pecinta Alam dan Budaya

Diterbitkan26 Jun 2024

Bagi para pecinta alam dan budaya lokal, Bengkulu menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dieksplorasi. Dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau, wisata Bengkulu menawarkan ragam pengalaman mulai dari pantai yang memesona hingga hutan yang menawan. 


Tidak hanya itu, kekayaan budaya lokal yang masih terjaga dengan baik menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin merasakan nuansa autentik dari Bengkulu. Yuk simak rekomendasi wisata di Bengkulu yang bisa Anda kunjungi di bawah ini. 


17 Rekomendasi Wisata Alam dan Budaya Lokal di Bengkulu 


Bengkulu, sebuah provinsi yang terletak di pulau Sumatra, menawarkan berbagai destinasi wisata alam dan budaya lokal yang memukau. Saat berkunjung ke sana, berikut rekomendasi wisata alam dan budaya lokal yang dapat dikunjungi.


1. Pantai Panjang


Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Pantai Panjang yang terkenal dengan pasir putihnya yang bersih dan air lautnya yang jernih. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan panorama pantai sambil bersantai di tepi laut atau berbagai aktivitas seperti bermain layang-layang atau snorkeling.


2. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan


Selain Pantai Panjang, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan juga menjadi destinasi alam yang menarik di Bengkulu. Taman nasional ini merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna langka, termasuk gajah Sumatra, harimau, dan orangutan. Anda dapat melakukan trekking atau hiking untuk menjelajahi keindahan alam yang masih alami serta mengagumi keanekaragaman hayati yang ada di sana.


3. Museum Rumah Pengasingan Bung Karno


Sementara itu, kalau Anda ingin merasakan wisata sejarah dan merasakan pengalaman budaya lokal yang autentik, ada Museum Rumah Pengasingan Bung Karno yang merupakan bekas tempat pengasingan mantan Presiden Soekarno. Museum ini tidak hanya menyimpan berbagai artefak sejarah yang berkaitan dengan Bung Karno, tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang sejarah dan budaya Bengkulu pada masa lalu.


Baca Juga : 10 Rekomendasi Wisata Kintamani yang Seru!


4. Desa Adat Pagar Gunung


Selain museum, wisatawan juga dapat mengunjungi Desa Adat Pagar Gunung yang merupakan salah satu desa adat tertua di Bengkulu. Di sini, pengunjung dapat melihat langsung kehidupan masyarakat adat Bengkulu yang masih mempertahankan tradisi dan kearifan lokal. Dari upacara adat hingga kerajinan tangan tradisional, pengalaman di Desa Adat Pagar Gunung akan memberikan wawasan yang berharga tentang budaya lokal Bengkulu.


5. Pagelaran Wayang Kulit


Untuk menyaksikan pertunjukan seni budaya Bengkulu, pengunjung dapat menghadiri Pagelaran Wayang Kulit yang sering diadakan di berbagai tempat di Bengkulu. Wayang kulit merupakan salah satu seni tradisional yang masih sangat dihargai dan dilestarikan di daerah ini, dan menyaksikan pertunjukan wayang kulit akan memberikan pengalaman budaya yang unik dan mengesankan bagi para wisatawan. 


DAFTAR BENGKEL DAN DEALER TOYOTA AUTO2000 TERDEKAT DAPAT ANDA TEMUKAN DI AUTO2000 DIGIROOM! 


6. Danau Dendam Tak Sudah


Bengkulu juga memiliki Danau Dendam Tak Sudah yang merupakan objek wisata alam yang menarik. Danau ini terletak di kawasan hutan yang rimbun, menciptakan suasana yang tenang dan sejuk. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah danau sambil berjalan-jalan di sekitar area atau menikmati piknik bersama keluarga dan teman-teman.


7. Air Terjun Curup Embun


Bagi para pencinta alam, Air Terjun Curup Embun adalah destinasi yang wajib dikunjungi di Bengkulu. Terletak di tengah hutan yang masih alami, air terjun ini menawarkan panorama alam yang spektakuler dan udara yang segar. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun sambil berfoto atau melakukan trekking untuk mencapai spot-spot yang lebih menarik.


8. Pura Agung Batu Bedil


Untuk pengalaman spiritual dan budaya, Pura Agung Batu Bedil menjadi tempat yang patut dikunjungi di Bengkulu. Pura ini merupakan salah satu situs bersejarah yang penting bagi komunitas Hindu di Bengkulu. Pengunjung dapat mengunjungi pura ini untuk beribadah atau sekadar mengagumi arsitektur dan ornamen tradisionalnya.


9. Rumah Tua Soekarno


Selain Museum Rumah Pengasingan Bung Karno, Bengkulu juga memiliki Rumah Tua Soekarno yang menjadi saksi bisu dari perjalanan hidup sang proklamator. Rumah ini memperlihatkan kehidupan Soekarno sebelum menjadi presiden dan menyimpan berbagai artefak sejarah yang berharga. Pengunjung dapat mengunjungi rumah ini untuk memahami lebih dalam tentang perjalanan sejarah Indonesia.


10. Pasar Pulau Baai


Bagi para pecinta kuliner dan kerajinan lokal, Pasar Pulau Baai adalah tempat yang cocok untuk dikunjungi. Pasar ini menawarkan berbagai produk lokal mulai dari makanan khas Bengkulu hingga kerajinan tangan tradisional. Pengunjung dapat menjelajahi pasar ini untuk mencicipi kuliner khas Bengkulu dan membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan.


Baca Juga : 15 Wisata Cilacap yang Wajib Anda Kunjungi!


11. Benteng Marlborough

Objek wisata selanjutnya adalah Benteng Marlborough. Tempat bersejarah ini merupakan bekas benteng Inggris yang memiliki bentuk bintang. Di sini, Anda dapat melihat sisa-sisa bangunan benteng dan mengambil foto dengan latar belakang benteng yang megah. Lokasi Benteng Marlborough ini, terletak di Jalan Benteng, Kebun Keling Kecamatan Teluk Segara.


12. Pantai Tapak Paderi

Berikutnya adalah wisata alam Pantai Tapak Paderi. Pantai ini yang mempesona di Bengkulu ini memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Pantai ini biasanya dipadati wisatawan pada pagi hari dan sore hari untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing bisa menikmati suasana santai di pantai yang sekelilingi pohon pinus sambil memancing.


13. Pantai Jakat

Pantai Jakat menjadi favorit bagi wisatawan saat liburan tiba karena lokasinya dekat dengan pusat Kota Bengkulu. Selain itu, pantai ini memiliki kedalaman air sekitar 1,5 meter dan gelombang ombak yang relatif tenang. Di Pantai ini AutoFamily dapat menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan alam dan berbagai hidangan kuliner yang tersedia di sekitar pantai.


14. Bukit Kandis

Tempat wisata di Bengkulu yang tidak kalah menarik yaitu Bukit Kandis. Jika Anda ingin menikmati panorama alam yang memukau dari lokasi yang tinggi, kunjungilah Bukit Kandis. Untuk mencapai puncak bukit ini, Anda perlu mendaki terlebih dahulu. Meskipun melelahkan, namun kelelahan tersebut akan tergantikan dengan keindahan alam yang mempesona serta udara yang segar.


15. Pantai Lentera Merah

Pantai yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu Pantai Lentera Merah. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, berkunjung ke Pantai Lentera Merah adalah sebuah pilihan yang tepat. Pantai Lentera Merah ini memiliki lokasi memancing yang bagus serta pemandangan laut yang indah.


16. Pantai Sungai Suci

Pantai Sungai Suci adalah juga salah satu destinasi pantai yang menarik untuk dikunjungi di Bengkulu. Keunikan pantai ini terletak pada adanya jembatan gantung yang menjadi daya tarik utama dan sering digunakan sebagai tempat berfoto dengan latar belakang laut yang memukau.


17. Masjid Jamik Kota Bengkulu

Saat berkunjung ke Bengkulu, Anda juga bisa melakukan perjalanan wisata religi dengan mengunjungi Masjid Jamik Kota Bengkulu. Masjid ini merupakan bangunan cagar budaya dan juga menjadi salah satu peninggalan sejarah yang berharga di Bengkulu.


Tips Perjalanan ke Bengkulu


Sebelum memulai perjalanan menuju Bengkulu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan pengalaman wisata berjalan lancar dan menyenangkan. Yuk simak beberapa tipsnya berikut ini. 


1. Musim Terbaik untuk Berkunjung


Anda perlu memperhatikan musim terbaik untuk berkunjung ke Bengkulu. Musim yang paling ideal adalah saat musim kemarau, yang biasanya berlangsung antara bulan April hingga Oktober. Pada periode ini, cuaca cenderung cerah dan minim hujan, sehingga sangat cocok untuk menjelajahi tempat-tempat wisata alam di sekitar Bengkulu tanpa harus terganggu oleh hujan yang bisa menghalangi aktivitas Anda.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


2. Transportasi dan Akomodasi


Dalam hal transportasi dan akomodasi, Bengkulu dapat diakses melalui berbagai moda. Kota Bengkulu memiliki bandara yang melayani penerbangan dari berbagai kota di Indonesia, sehingga Anda bisa memilih untuk terbang langsung ke Bengkulu. 


Selain itu, terdapat juga pilihan transportasi darat seperti bus dan kereta api yang menghubungkan Bengkulu dengan kota-kota lain di Sumatra. Ketika sudah sampai di Bengkulu, Anda akan menemukan berbagai pilihan akomodasi mulai dari hotel mewah hingga penginapan yang lebih terjangkau, sesuai dengan preferensi.


3. Etika dan Adat Istiadat Lokal


Saat berkunjung ke Bengkulu, sangat penting untuk memperhatikan etika dan adat istiadat lokal. Menghormati budaya dan tradisi setempat adalah kunci untuk menciptakan pengalaman wisata yang positif dan menghargai masyarakat lokal. 


Pastikan untuk berpakaian sopan, terutama saat mengunjungi tempat-tempat ibadah atau desa adat. Selain itu, selalu ingat untuk meminta izin sebelum mengambil foto, menghormati privasi penduduk setempat, dan mengikuti aturan-aturan yang berlaku di tempat-tempat wisata atau komunitas lokal. 


Perjalanan wisata Bengkulu menawarkan pengalaman yang luar biasa bagi para wisatawan. Maka dari itu, penting bagi Anda memperhatikan tips-tips perjalanan seperti memilih musim terbaik, memperhatikan etika lokal, dan memilih transportasi yang sesuai, sehingga AutoFamily dapat menjelajahi keindahan alam dan budaya Bengkulu dengan lancar dan menyenangkan. 


Selain itu, mengunjungi Bengkulu juga merupakan kesempatan untuk mendukung pariwisata lokal dan berinteraksi dengan masyarakat setempat, memperkaya pengalaman wisata Anda secara keseluruhan.


Jangan lupa bahwa perjalanan yang ramah lingkungan juga dapat menjadi pilihan yang baik. Salah satunya dengan menggunakan mobil Toyota hybrid untuk jarak jauh. Mobil seperti Toyota Innova Zenix, yang tersedia di Auto2000, menjadi contoh yang bagus dari mobil hybrid yang ramah lingkungan dan cocok untuk perjalanan jarak jauh. 


Dengan memilih mobil hybrid, Anda tidak hanya mengurangi jejak karbon, tetapi juga dapat menikmati efisiensi bahan bakar yang lebih baik dan kenyamanan dalam perjalanan Anda ke destinasi seperti Bengkulu. Jadikan pengalaman wisata Anda lebih nyaman dengan mobil Toyota hybrid dari Auto2000 sekarang juga. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.