wisata kintamani.webp

12 Rekomendasi Wisata Kintamani yang Seru!

Diterbitkan26 Jun 2024

Terletak di Pulau Dewata, Bali, wisata Kintamani menjadi destinasi yang memukau bagi para penjelajah alam dan budaya. Keindahan alamnya yang memukau, perpaduan budaya tradisional Bali yang kental, dan keramahan penduduk setempat menjadikan Kintamani sebagai destinasi wisata tersembunyi yang wajib dikunjungi.


Dikenal sebagai daerah berselimut kabut, Kintamani menawarkan panorama alam pegunungan, perbukitan, desa wisata tradisional, hingga wisata kuliner yang autentik. Apabila AutoFamily ingin berwisata ke daerah Kintamani, mari simak sejumlah wisata yang menarik untuk dikunjungi melalui artikel ini!


Persiapan Sebelum Berwisata di Kintamani


Agar Anda dapat menikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan di Kintamani, berikut beberapa tip yang perlu diperhatikan.


1. Memperhatikan Jadwal dan Cuaca


Perencanaan yang matang adalah kunci utama untuk sebuah perjalanan yang nyaman dan aman. Sebelum bertolak ke Kintamani, luangkan waktu untuk merencanakan jadwal perjalanan Anda. 


Pertimbangkan musim dan kondisi cuaca di Kintamani. Musim kemarau (April-Oktober) umumnya menjadi waktu terbaik untuk berkunjung dengan cuaca yang cerah dan tidak terlalu panas. Hindari musim hujan (November-Maret) karena curah hujan yang tinggi dapat mengganggu aktivitas wisata, terutama aktivitas luar ruangan. 


2. Menyiapkan Pakaian yang Sesuai


Kintamani terletak di daerah pegunungan yang cenderung lebih sejuk daripada daerah pantai Bali lainnya. Maka dari itu, sebaiknya Anda membawa pakaian yang hangat, seperti jaket dan, syal untuk mengantisipasi udara dingin di malam hari.


Apabila ingin melakukan trekking dan aktivitas luar ruangan lainnya, jangan lupa untuk membawa pakaian yang nyaman. Selain itu, pastikan untuk menggunakan alas kaki yang sesuai dengan medan yang akan Anda lalui, seperti sepatu gunung atau sandal trekking.


3. Menyiapkan Anggaran yang Cukup


Sebelum berangkat, Anda perlu memperhitungkan dengan cermat anggaran yang dibutuhkan selama berwisata di Kintamani. Termasuk di dalamnya biaya transportasi, akomodasi, makanan, tiket masuk objek wisata, dan pengeluaran lainnya. 


Pada umumnya, biaya hidup di Kintamani lebih kompetitif dibandingkan dengan daerah lain di Bali. Dengan demikian, memiliki anggaran yang cukup akan membantu menghindari kekhawatiran finansial selama liburan.


Baca Juga : Menikmati Keindahan Alam Semarang: Rekomendasi Destinasi Wisata Alam Terbaik


4. Menyiapkan Kamera atau Ponsel untuk Berfoto


Kintamani menawarkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Oleh karena itu, pastikan untuk membawa kamera atau ponsel dengan kualitas kamera yang baik untuk mengabadikan momen-momen berharga selama liburan Anda.


Bukan hanya itu, sebaiknya Anda juga membawa baterai cadangan dan kartu memori tambahan untuk memastikan tidak kehabisan ruang penyimpanan. Ini membantu Anda agar tidak melewatkan kesempatan untuk berswafoto sambil menikmati keindahan wisata Kintamani.


5. Memastikan Kendaraan dalam Keadaan Optimal


Cara terbaik untuk berkeliling di Kintamani adalah dengan menggunakan kendaraan yang andal. Maka dari itu, jika Anda berencana untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan selama di Kintamani, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan tersebut sebelum berangkat.  


Untuk memastikan perjalanan Anda berjalan lancar dan aman, sebaiknya Anda perlu memeriksa beberapa hal. Pastikan sejumlah komponen, seperti kondisi mesin, ban, rem, serta lampu dalam keadaan optimal. 


DAPATKAN BERBAGAI PROMO MOBIL TOYOTA ONLINE TERBARU HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!


Rekomendasi Wisata Kintamani yang Seru Untuk Liburan


Untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman wisata di Kintamani, berikut beberapa rekomendasi wisata yang wajib dimasukkan dalam daftar perjalanan Anda.


1. Museum Bersejarah


Bagi pecinta sejarah dan budaya, Kintamani menawarkan wisata museum bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu museum di Kintamani yang wajib masuk dalam daftar perjalanan adalah sebuah museum yang berlokasi di bagian selatan Gunung Batur, tepatnya di Jalan Raya Penelokan.


Di museum gunung api tersebut, Anda bisa mengenal lebih dalam mengenai sejarah dan geopark Gunung Batur. Di sini, Anda tentunya bisa berwisata sekaligus belajar sehingga menjadi destinasi wisata yang tidak boleh sampai terlewatkan


2. Pura Ulun Danu Batur


Pura Ulun Danu Batur merupakan salah satu pura Hindu yang paling terkenal di Bali. Terletak di tepi Danau Batur, pura ini menawarkan pemandangan yang indah dan sulit untuk dilewatkan. Sebagai salah satu tempat ibadah utama bagi umat Hindu di Bali, pura ini memiliki nilai spiritual dan sejarah yang sangat penting.


Salah satu hal yang membuat Pura Ulun Danu Batur begitu istimewa adalah lokasinya yang berada di atas danau. Selain itu, pura ini juga terkenal karena arsitekturnya yang indah dan ornamen-ornamen yang kaya terhadap simbolisme agama Hindu. Saat mengunjungi pura ini, pastikan Anda menghormati aturan dan tradisi yang berlaku, serta mengenakan pakaian yang sesuai.


3. Pemandian Air Panas


Di Kintamani, Anda memiliki kesempatan untuk merasakan sensasi menenangkan berendam di pemandian air panas yang tersedia. Lokasinya berada di kaki Gunung Batur, tepatnya di area Toya Bungkah.

Sumber air panas pemandian ini berasal dari sumber alami di Gunung Batur dengan suhu air yang mencapai hingga 50°C sehingga menciptakan pengalaman berendam yang menyegarkan dan menenangkan. Fasilitas yang tersedia di pemandian ini meliputi berbagai jenis kolam, seperti kolam khusus anak-anak, kolam untuk terapi alami, kolam renang biasa, hingga kolam floating sunburn.


Baca Juga : Menikmati Pesona Alam yang Memukau: Rekomendasi Wisata Tuban yang Cocok untuk Keluarga


4. Pemandangan Matahari Terbit


Apabila Anda ingin menikmati pesona alam, daerah wisata di Kintamani juga menawarkan panorama alam yang tidak kalah memukau. Di sini, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian. 


Selain panorama matahari terbit yang memikat, Anda juga bisa menikmati pemandangan Gunung Batur yang menjulang tinggi. Spot-spot foto yang tersedia, seperti spot berbentuk pura memungkinkan Anda mengabadikan momen dengan latar belakang alam yang memukau. Tidak hanya itu, destinasi ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas pendukung, mulai dari area parkir, toilet umum, tempat duduk dari kayu, hingga glamping dan tenda.


5. Gunung Batur


Selain pemandangan matahari terbitnya yang terkenal, wisata Gunung Batur juga menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik, seperti hiking dan berswafoto. Meski tergolong sebagai gunung yang masih aktif, Gunung Batur menawarkan pengalaman mendaki yang menarik dan menantang.


Terlepas dari tingkat pengalaman Anda dalam mendaki, Gunung Batur memberikan kesempatan bagi pemula untuk menikmati keindahan alamnya dari ketinggian gunung ini. Meski begitu, pastikan untuk mengikuti arahan dari pemandu saat Anda menjelajahi gunung ini. 


TEMUKAN AKSESORIS MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM


6. Danau Batur


Danau Batur merupakan sebuah danau kawah dan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di pulau Dewata. Danau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, airnya yang jernih, dan panoramanya yang menakjubkan. 


Danau Batur dikelilingi oleh tebing-tebing dan pemandangan Gunung Batur yang megah. Menariknya, danau ini telah mengalami empat kali perubahan warna airnya, yaitu kekuningan hingga kehijauan, yang disebabkan oleh faktor kandungan belerang dan faktor lingkungan.



7. Wisata Kuliner dengan Panorama Alam Kintamani


Di sekitar Gunung Batur, terdapat berbagai restoran yang menyajikan santapan lezat sambil menikmati panorama alam dari Kintamani. Di sini, Anda bisa sekaligus menikmati pesona alam Gunung Agung, Gunung Batur, Gunung Abang, hingga Danau Batur. 


Selain pemandangan pegunungan dan danau, Anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit dan menemukan spot foto yang menarik. Apabila tertarik untuk berwisata di tempat ini, Anda bisa langsung mengunjunginya dengan datang ke Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan, Kintamani.


8. Desa Wisata


Selain destinasi wisata alam, Kintamani juga memiliki desa wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi, salah satunya Desa Trunyan. Salah satu daya tarik utama desa ini adalah tradisi pemakaman yang sangat berbeda dari tempat lain.


Di desa ini, jenazah yang telah meninggal tidak dikubur, melainkan diletakkan di bawah pohon Taru Menyan dengan cara khusus. Prosesi pemakaman yang unik ini banyak menarik minat wisatawan dan peneliti budaya dari seluruh dunia. Untuk menuju Desa Trunyan, Anda harus menyeberang dari Desa Kedisan menggunakan perahu. 


9. Puncak di Bukit Trunyan


Puncak di Bukit Trunyan merupakan destinasi menarik yang menawarkan pengalaman mendaki di daerah Kintamani. Apabila Anda mulai mendaki dari Desa Trunyan, Anda juga bisa menikmati destinasi wisata desa ini sebelum sebelum memasuki jalur pendakian.


Selama pendakian menuju puncak, Anda akan menemukan pemandangan alam Kintamani yang memukau. Pada ketinggian 1800 meter di atas permukaan laut, Anda akan disuguhi panorama alam, meliputi Gunung Batur, Gunung Abang, hingga Gunung Agung. 


10. Wisata Air Terjun


Wisata Kintamani memiliki beberapa air terjun yang indah, salah satunya air terjun yang berada di Langgahan Kangin, Desa Langgahan, Kintamani, Bangli, Bali. Air terjun ini terletak di wilayah pegunungan yang airnya jernih dan menyegarkan. 


Saat mengunjungi wisata air terjun ini, Anda bisa mandi dan berendam di bawah air terjun sambil menikmati keindahan alam sekitar. Perlu diingat bahwa perjalanan menuju ke destinasi wisata ini cukup terjal sehingga penting untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum pergi. 


11. Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari

AutoFamily sedang mencari tempat wisata alam yang indah dan menenangkan di Kintamani? Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari adalah jawabannya! Keindahan alamnya yang memukau dengan deretan pohon pinus menjulang tinggi dan panorama Gunung Batur yang megah, menjadikannya surga tersembunyi bagi para pecinta alam. Anda dapat menikmati suasana tenang dan damai, menghirup udara segar, dan berfoto di berbagai spot estetik.


Lebih dari itu, Hutan Pinus Glagah Linggah Lestari juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti mendaki, bersepeda, bermain outbound, dan piknik. Fasilitas yang lengkap dan harga tiket masuk yang terjangkau menjadikannya pilihan wisata yang ramah di kantong.


12. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Ingin merasakan sensasi berendam air panas alami dengan panorama Gunung Batur dan Danau Batur yang memukau? AutoFamily bisa mengunjung Pemandian Air Panas Toya Bungkah. Keunikan Toya Bungkah terletak pada perpaduan panorama alam yang indah, sumber air panas alami berkhasiat, fasilitas lengkap, dan berbagai aktivitas menarik.


Anda dapat berendam di kolam air panas dengan suhu yang berbeda, sesuai kebutuhan. Air panas Toya Bungkah dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti meredakan nyeri otot dan sendi, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan kulit, dan membantu detoksifikasi tubuh.


Memiliki keindahan alam yang memukau, keanekaragaman budaya, dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan, wisata Kintamani menjadi destinasi yang cocok untuk liburan yang tak terlupakan. Semoga informasi mengenai rekomendasi tempat wisata di daerah Kintamani dalam artikel ini bisa membantu Anda mempersiapkan liburan yang aman dan menyenangkan. 


Saat hendak liburan, pastikan AutoFamily mempersiapkan juga kendaraan yang akan digunakan untuk berkeliling ke berbagai destinasi wisata. Untuk itu, Anda bisa menemukan berbagai mobil LCGC untuk perjalanan jarak jauh di Auto2000.


Mobil LCGC sendiri merupakan kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dengan harga kompetitif. Dirancang khusus dengan teknologi ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar, mobil Toyota yang termasuk dalam LCGC sudah dibekali dengan mesin andal, fitur canggih, hingga tampilan interior dan eksterior yang nyaman dan menarik. Anda bisa menemukan berbagai pilihan mobil LCGC dari Toyota hanya di Auto2000 Digiroom!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.