wisata cilacap.webp

15 Wisata Cilacap yang Wajib Anda Kunjungi!

Diterbitkan30 Apr 2024

AutoFamily, wisata Purworejo menawarkan pesona alam dan budaya yang menakjubkan. Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Cilacap adalah sebuah kota yang kaya akan keindahan alamnya, sejarah yang mendalam, dan warisan budaya yang menarik. 


Dari pantai-pantai yang memikat dengan pasir putihnya yang bersih, hingga pegunungan yang menawarkan pemandangan memukau, setiap sudut Cilacap memiliki daya tariknya sendiri. Apabila AutoFamily masih mencari tempat wisata yang akan dikunjungi saat mudik ke Cilacap nanti, mari simak sejumlah rekomendasi destinasi wisata di Cilacap melalui artikel ini!


Rekomendasi Wisata Cilacap


Cilacap menyimpan berbagai kekayaan alam dan budaya yang menanti untuk dijelajahi. Berikut adalah sejumlah rekomendasi wisata Cilacap yang wajib Anda kunjungi saat mudik ke kota ini.


1. Pantai dengan Barisan Pohon Cemara


Rekomendasi wisata di Cilacap yang pertama adalah pantai dengan barisan pohon cemara, tepatnya berlokasi di Jetis, Nusawungu, Kabupaten Cilacap. Wisata ini menawarkan pemandangan pasir putih yang memesona dengan deretan pohon cemara yang menjulang mencapai 90 meter. Suasana pantai yang tenang dan pohon cemara yang rimbun cocok bagi Anda dan keluarga untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Cilacap.


2. Pantai Dekat Pegunungan


Selain pantai dengan deretan pohon cemara, Cilacap juga menawarkan keindahan pantai dengan lanskap pegunungan. Menariknya, pantai yang berada di balik pegunungan Srandil ini juga dipenuhi dengan barisan pohon cemara dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang memukau. Menariknya, di sekitar pantai ini juga terdapat bangku dari bambu tempat Anda bisa menikmati keindahan alam di sekelilingnya. 


Baca Juga : 7 Rekomendasi Wisata Pekalongan yang Harus Dikunjungi


3. Wisata dengan Spot Foto Pemandangan


Wisata dengan spot foto pemandangan merupakan salah satu destinasi yang menarik untuk mendapatkan foto dengan latar belakang yang indah. Tempat wisata ini terletak di Desa Jeruklegi Kulon, Jeruklegi, Kabupaten Cilacap. Fasilitas di dalamnya tidak hanya menyajikan spot foto dengan pemandangan indah saja, tetapi juga berbagai wahana menarik. Anda dapat menikmati berbagai aktivitas seru, seperti bioskop VR, wahana ATV, dan wahana anak-anak.


4. Hutan Pinus


Hutan pinus yang terletak di Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di Cilacap. Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Cilacap, hutan ini menawarkan pengalaman yang menyegarkan dengan suasana sejuk dan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain keindahan alamnya, destinasi wisata alam ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana, seperti sky bridge, paralayang, dan rumah kurcaci.


DAPATKAN KESEMPATAN UNTUK MELAKUKAN TEST DRIVE MOBIL TOYOTA IMPIAN ANDA DI AUTO2000


5. Wisata Benteng Bersejarah


Selain wisata alam, Cilacap juga menawarkan destinasi wisata bersejarah, seperti benteng yang terletak di ujung Timur Pantai Teluk Penyu, yaitu Benteng Pendem. Bangunan Benteng Pendem memiliki ciri khas dengan ruangan dan pintu melengkung, serta memiliki sedikit variasi dalam desainnya. Saat ini, bangunan tersebut telah tertimbun oleh tanah dan ditumbuhi oleh tanaman perdu. 


6. Daerah Pegunungan dan Perbukitan


Cilacap memiliki daerah pegunungan dan perbukitan yang menawarkan panorama alam yang memukau. Anda dapat menjelajahi alam sambil menikmati udara segar, pemandangan, dan aktivitas yang menarik. Sebagai contoh, terdapat sebuah gunung di daerah Adipala, Cilacap, yang memiliki pesona yang indah sekaligus juga dapat dikunjungi setiap hari untuk ziarah keagamaan. 


7. Hutan Mangrove


Rekomendasi tempat wisata Cilacap selanjutnya adalah hutan mangrove. Kawasan ini memiliki hutan mangrove yang tertata dengan rapi dan air payau dari aliran Segara Anakan. Selain sebagai habitat flora dan fauna, wisata ini menawarkan berbagai fasilitas, seperti kolam pemancingan dan budidaya kepiting. Apabila Anda ingin mengunjunginya, lokasinya berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota, tepatnya di Desa Tritih Kulon.  


Baca Juga : 8 Rekomendasi Wisata Alam Malang yang Menarik Dikunjungi


8. Air Terjun


Selain pantai dan hutan, Cilacap juga memiliki beragam air terjun yang menakjubkan, salah satu adalah air terjun yang terletak di Desa Datar. Air terjun ini dibentuk oleh aliran sungai yang berasal dari sungai Singaraja dan kemudian turun mengalir ke sungai di bawahnya, yaitu sungai Cikawalon. Menariknya, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Kabupaten Cilacap.


9. Museum Bersejarah


Selain benteng bersejarah, Cilacap juga memiliki museum bersejarah yang berlokasi di Desa Gentasari, Kecamatan Kroya. Museum ini memiliki keunikan tersendiri karena menyimpan barang peninggalan yang berasal dari mantan Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Indonesia, yaitu Soesilo Soedarman. Di sini, Anda dapat menjumpai berbagai barang pribadi Soesilo Soedarman, seperti tempat tidur, pakaian dinas, serta koleksi senjatanya.


10. Pantai Pasir Putih


Selain pantai yang menawarkan keindahan pemandangan pepohonan cemara dan pegunungan, wisata Cilacap juga menyuguhkan pantai dengan pasir putih yang tidak kalah menakjubkan. Bukan hanya itu, di sekitar pantai ini juga terdapat Benteng peninggalan kolonial Belanda yang kini menjadi cagar budaya. Pantai yang berlokasi di Pulau Nusa Kambangan ini menjadi destinasi yang tak boleh sampai terlewat saat Anda mengunjungi Kabupaten Cilacap. 


TEMUKAN BERBAGAI KOLEKSI AKSESORIS MOBIL TOYOTA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


11. Pemandian Air Panas


Pemandian air panas di Kecamatan Cipari merupakan salah satu destinasi terkenal di Cilacap. Awalnya, tempat ini merupakan sebuah sumur air panas yang mengandung belerang. Namun, seiring berjalannya waktu, tempat ini dikembangkan hingga menjadi sebuah pemandian air panas yang menyediakan fasilitas kesehatan dan relaksasi. Apabila Anda ingin relaksasi dengan air panas alami, pemandian air panas di Cipari menjadi tempat yang tidak boleh terlewat.


12. Gunung dengan Hutan Tanaman Mahoni


Wisata Cilacap selanjutnya adalah gunung dengan hutan tanaman mahoni yang menjadi daya tarik daerah ini. Destinasi wisata ini menyajikan pemandangan yang memukau dengan hutan yang dipenuhi oleh pohon-pohon mahoni yang rindang. Dari puncak gunung, Anda dan keluarga bisa berswafoto dan menikmati pemandangan sawah, pohon cemara, serta Pantai Sodong.


13. Wisata Kuliner


Cilacap juga terkenal dengan kuliner khasnya yang lezat. Dari hidangan laut segar hingga makanan tradisional Jawa Tengah, pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pilihan makanan yang lezat dan menggugah selera. Di sini, Anda dapat mencicipi berbagai hidangan khas, seperti brekecek, tahu masak, gembus singkong, sate martawi, mendoan, hingga seafood khas pantai Teluk Penyu.


14. Desa Wisata


Desa wisata menjadi salah satu destinasi yang menawarkan pengalaman kehidupan dan budaya lokal. Adapun beberapa desa wisata yang ada di Cilacap, seperti Desa Widarapayung, Desa Gentasari, dan Desa Jetis. Di sini, Anda dan keluarga dapat mengenal lebih dekat tradisi dan kebiasaan masyarakat desa serta berpartisipasi dalam berbagai aktivitas tradisional, menciptakan pengalaman liburan yang berbeda dan berkesan.


15. Pusat Oleh-Oleh


Sebelum meninggalkan Cilacap, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas daerah ini sebagai kenang-kenangan. Di pusat oleh-oleh, Anda bisa menemukan berbagai macam produk lokal, seperti makanan khas, kerajinan tangan, atau suvenir yang dapat dibawa pulang sebagai buah tangan dari liburan di Cilacap.

Demikianlah sejumlah rekomendasi tempat wisata Cilacap. Menyajikan beragam destinasi wisata alam, kuliner lezat, dan tempat-tempat bersejarah, Cilacap memiliki segala yang Anda butuhkan untuk mudik sekaligus liburan yang menyenangkan. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan wisata Cilacap dalam daftar destinasi Anda berikutnya.


Selain menentukan destinasi wisata yang akan dikunjungi saat mudik, penting juga memastikan untuk memilih kendaraan yang andal dan nyaman. Salah satu jenis mobil yang cocok dibawa perjalanan jauh sekaligus sebagai tempat tinggal sementara adalah mobil campervan.


Di Auto2000, AutoFamiliy dapat menemukan berbagai mobil Toyota yang cocok untuk campervan. Dilengkapi dengan tempat tidur, sistem listrik, toilet portable, hingga dapur kecil, mobil campervan dari Toyota memiliki interior yang akomodatif. Bukan hanya itu, deretan campervan Toyota juga memiliki performa andal dan kenyamanan terbaik untuk mengakomodasi perjalanan liburan Anda dan keluarga.


Jadi, tunggu apalagi? Langsung kunjungi Auto2000 Digiroom untuk menemukan mobil campervan Toyota yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Anda!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.