tilang-elektronik-makassar.jpg

Tilang Elektronik di Makassar: Petunjuk Terkini dan Tips

Diterbitkan27 Sep 2023

Tahukah AutoFamily bahwa pengaplikasian sistem tilang elektronik Makassar sudah beroperasi secara optimal? Jika selama ini mengira tilang elektronik hanya ada di Jakarta maka sekarang AutoFamily sudah tahu bahwa sistem ini juga digunakan di berbagai kota di Indonesia. 

Supaya tidak terkena sanksi, pastikan AutoFamily memahami informasi yang akan dijelaskan berikut ini dengan baik. Mulai dari definisi tilang elektronik itu sendiri hingga pengenalan beberapa titik lokasi tilang elektronik yang ada di Makassar. 

Tidak hanya informasi soal tilang elektronik, Auto2000 juga menyediakan banyak layanan yang bisa AutoFamily gunakan. Mulai dari informasi servis hingga spesifikasi mobil, semuanya bisa AutoFamily temukan di Auto2000 Digiroom. 

Jika AutoFamily sedang mencari mobil niaga berkapasitas besar yang mampu memuat banyak barang maka Toyota Dyna dapat dijadikan salah satu pilihan. Kapasitas bagasinya di bagian belakang mampu menampung hingga 4.009 cc. Jadi AutoFamily tidak perlu khawatir apabila membutuhkan transportasi untuk distribusi produk dalam jumlah besar. 

Tentu masih ada banyak lagi keunggulan yang bisa AutoFamily dapatkan saat menggunakan Toyota Dyna. Selagi AutoFamily mencari tahu spesifikasinya, jangan lupa untuk mempelajari tilang elektronik Makassar berikut ini!

Apa itu Tilang Elektronik?

Tilang elektronik, atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), adalah sistem modern yang digunakan oleh pihak berwenang di berbagai kota, termasuk Makassar, untuk memantau dan menegakkan aturan lalu lintas dengan menggunakan teknologi canggih. 

Sistem ini didukung oleh kamera dan sensor elektronik yang ditempatkan di berbagai titik strategis di wilayah tersebut. Tujuan utama dari tilang elektronik ialah untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas, keselamatan jalan raya, dan mengurangi pelanggaran lalu lintas.

Bagaimana Tilang Elektronik Berfungsi

Berikut penjelasan bagaimana tilang elektronik berfungsi. 

1. Deteksi Pelanggaran

Sistem tilang elektronik mendeteksi pelanggaran lalu lintas seperti melanggar lampu merah, melebihi batas kecepatan, melintasi zebra cross saat pejalan kaki sedang menyeberang, atau pelanggaran lainnya.

2. Perekaman Bukti

Saat pelanggaran terdeteksi, kamera dan sensor elektronik merekam bukti berupa foto atau rekaman video. Data ini mencakup gambar kendaraan, nomor plat, tanggal, waktu, dan lokasi pelanggaran.

Baca Juga: Cara Kerja Tilang Elektronik: Mekanisme & Jenis

3. Pengiriman Pemberitahuan

Setelah merekam pelanggaran, sistem tilang elektronik mengirimkan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan yang tercatat dalam basis data Departemen Perhubungan. Pemberitahuan ini berisi informasi mengenai pelanggaran dan besaran denda yang harus dibayar.

4. Pemeriksaan dan Pembayaran

Pemilik kendaraan dapat memeriksa status tilang elektronik mereka melalui situs web resmi ETLE dan membayar denda jika diperlukan.