Cancel

Perhatikan Hal ini Saat Ganti Oli Mobil Matic

Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, untuk oli transmisi otomatis dan juga sistem transmisi matik, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!

Nyawa transmisi matic ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matic menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi. TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matic ini terendam oli. Makanya, kualitas oli transimisi matic menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, ketika AutoFamily akan ganti oli transmisi matic, ketahui terlebih dahulu rambu-rambunya.

Alasan Tidak Boleh Sembarangan Ganti Oli Mobil Matic

Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis oli mesin transmisi mobil matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!. Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi.

TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya. Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis transmisi matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. “Setiap jenis transmisi ini mempunyai rekomendasi oli yang berbeda dan tidak boleh tertukar” tegas Sunardi SA Auto2000.

“Pemakaian oli yang salah tak hanya berdampak pada performa, tapi juga bisa merusak sistem kerja transmisi,” Lanjut Sunardi. Lebih lanjut Sunardi menambahkan, di mobil Toyota saja mempunyai 3 jenis oli matik yang berbeda. Untuk Avanza dan Rush menggunakan Dexron III. Sedangkan Kijang Innova dan Fortuner mengunakan T-IV. Untuk Camry dan Vios memakai ATF WS. Sedangkan varian mobil yang menggunakan transmisi sistem CVT seperti Corolla Altis, memakai CVT Fluid.

Perbedaan ini dipicu dari perbedaan sistem kerja tiap jenis matik. Pada transmisi matik konvesional, lebih sederhana. Tak terdapat chips elektronik yang terendam oli. Oli hanya bertugas sebagai pelumas dan tenaga hidrolis bertekanan tinggi, yang membuat perpindahan gigi serta memutar kopling, sampai berlangsung perpindahan tenaga ke roda. Makanya kebutuhan olinya cukup memakai Dexron III. Tapi, buat transmisi yang menggunakan sistem elektronik, mempunyai rangkaian elektronik yang terendam di dalam oli. Otomatis membutuhkan spesifikasi oli yang ramah terhadap perangkat ini.

Baca Juga: 5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda

Dampak Jika Asal Mengganti Oli Transmisi Matic

“Oli tidak boleh menghantar arus listrik. Jika menggunakan oli matik jenis konvensional, maka perangkat ini bisa rusak,” tegasnya. Terlebih lagi sistem Continuously Variable Transmission (CVT). Teknologi matik terbaru ini lebih rumit. “Tidak ditemukan roda gigi seperti transmisi matik konvensional. Diganti dua puli yang dihubungkan sabuk baja (belt). CVT bergerak dengan dinamis. RPM naik akan disesuaikan kecepatan,” tambahnya. Pergerakan CVT ini diperintah oleh sistem komputer yang terdapat pada ECU. Makanya, perlu oli dengan spesifikasi khusus yang ramah terhadap puli dan juga bisa mengikuti kecepatan dari perintah computer. Bila salah memasukkan oli, resiko paling kecil akan terjadi slip pada puli. Sehingga, transmisi ini tak bisa menyalurkan tenaga yang optimal ke roda. Resiko terbesar, kerusakan pada sistem transmisinya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Alphard dan Vellfire

Oleh karena itu, lakukan penggantian oli transmisi mobil matil dengan pilihan oli standar mobil toyota terutama untuk cvt matic karena tetap menjaga mobil untuk tetap prima dan tangguh dalam kondisi medan. Jangan khawatir mobil dengan standar yang baik selalu ada di Auto2000 dan bengkel resmi toyota.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Perawatan dan Body Paint Toyota - Servicetival Digiroom
Sudah di penghujung tahun 2021, sudah servis Toyota kamu belum? Auto2000 Digiroom punya Bonus Akhir Tahun untuk AutoFamily!

Dalam program Servicetival, AutoFamily bisa menikmati berbagai promo perawatan Toyota. Yuk catat jadwal promo di bawah ini:
04 November 2021
Promo - SUPER HERO EZ Deal
Mau punya mobil All New Avanza & Veloz tanpa perlu bayar mahal? Yuk, ikutan program SUPER HERO EZ Deal saja! Dengan program SUPER HERO EZ Deal, AutoFamily bisa mendapatkan mobil All New Avanza dengan cicilan hanya 2.9 Juta/ bulan* dan All New Veloz hanya dengan cicilan 3.5 juta/ bulan*!

Tak hanya itu, AutoFamily bisa langsung mendapatkan kepastian stock/ bebas inden lho. AutoFamily juga bisa mendapatkan hadiah Sharp Air Purifier setiap pembelian kredit melalui EZ Deal dan uang elektronik setiap pembelian EZ Deal melalui Auto2000 Digiroom. Tersedia juga program EZ Deal Syariah.

Yuk, segera miliki mobil impianmu di akhir tahun 2021 dengan mengisi formulir di bawah ini!

*Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - KINTO ONE Syariah
Menjelang akhir tahun 2021, saatnya AutoFamily merasakan sensasi berkendara mobil baru tanpa ribet lewat layanan Car Subscription Kinto. Dengan program KINTO ONE Syariah, AutoFamily bisa tenang mengendarai mobil baru bersama keluarga lho!

AutoFamily bisa bebas berkendara hanya dengan membayar biaya berlangganan mulai dari 2.7 jutaan/ bulan* untuk Toyota Calya, 4.8 jutaan/ bulan* untuk Toyota Avanza, 8.4 jutaan/ bulan* untuk Toyota Innova, dan beragam pilihan mobil lainnya!

Anda juga bisa bebas memilih mobil kesayangan Anda dan tersedia juga model mobil terbaru lho. Biaya di atas juga sudah termasuk servis, asuransi all in, dan perpanjangan STNK.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *Syarat dan ketentuan berlaku
16 November 2021
Promo - DP Ringan All New Avanza & All New Veloz
Semakin mudah untuk miliki All New Avanza & All New Veloz yang baru saja rilis di Indonesia. Cukup dengan DP sebesar Rp 33.5 juta* saja, AutoFamily sudah bisa bawa pulang All New Avanza atau All New Veloz impian.

Selain itu, untuk setiap pembelian Toyota di Auto2000 Digiroom, AutoFamily akan mendapatkan hadiah langsung berupa Sharp Air Purifier* dan juga uang elektronik 500 ribu rupiah* untuk pembelian dengan paket kredit.

Jangan sampai ketinggalan! Buruan isi form di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom. *syarat dan ketentuan berlaku
12 November 2021
Tanya TasiaBackground Lazy GIF