Cancel

Inilah Waktu yang Tepat Ganti Oli Mobil Matic

Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan teknologinya. "Nyawa" transmisi matic sendiri salah satunya ada di oli. Tanpa keberadaan oli dengan spesifikasi yang sesuai, mobil matic Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Makanya, mengetahui kapan waktu yang tepat untuk ganti oli mobil matic menjadi hal yang penting.

Yuk cari tahu lebih jauh tentang apa fungsi oli transmisi mobil dan apa saja ciri-ciri yang AutoFamily perlu perhatikan jika ingin ganti oli transmisi matik. Berikut penjelasannya.

Apa Fungsi Oli Matic Mobil?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, oli berperan sangat penting dalam menjaga kinerja mobil matic. Berikut ini adalah beberapa fungsi krusial dari oli matic:

1. Melumasi Komponen Transmisi

Prinsip dasar transmisi matic menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi. TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matic ini terendam oli.

Peran oli di sini adalah melumasi dan membuat gesekan antar komponen menjadi lebih halus sekaligus menghilangkan karat yang ada pada komponen.

2. Menjaga Temperatur Komponen

Tanpa keberadaan oli matic, komponen transmisi mobil matik bisa menjadi terlalu panas, alias overheating. Apabila sudah terlalu panas, hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja, kualitas, dan ketahanan komponen transmisi. Jika dibiarkan terlalu lama, komponen transmisi akan menjadi mudah rusak.

3. Mencegah Kerusakan pada Komponen

Masih berkaitan dengan kedua poin sebelumnya, tanpa adanya oli matic yang sesuai dengan standar, komponen internal transmisi akan menjadi mudah aus dan juga rusak.

Misalnya, apabila dibiarkan terus-menerus tanpa kadar atau kualitas oli yang tepat, komponen seperti kampas kopling bisa menjadi terlalu panas dan bahkan terbakar. Efeknya, mobil pun bisa mati mendadak karena kerusakan komponen.

Baca juga: 7 Jenis Oli Mobil yang Wajib Diketahui

Perbedaan Oli Mesin dan Oli Transmisi pada Mobil

Oli adalah komponen penting pada sebuah mobil. Namun, tahukah AutoFamily ada dua jenis oli yang sering digunakan pada mobil, yakni oli mesin dan oli transmisi. Lalu apa perbedaan dari keduanya? Berikut penjelasannya.

1. Perbedaan Tampilan

Hal paling mendasar dari perbedaan oli mesin dan oli transmisi pada mobil adalah tampilannya. Oli mesin memiliki warna cenderung keemasan, sedangkan oli transmisi berwarna kemerahan.

Namun jika sudah digunakan, warna kedua jenis oli tersebut akan menggelap dan pada akhirnya, oli mesin dan transmisi akan menjadi kehitaman.

Di sisi lain, oli transmisi cenderung menjadi lebih cair saat sudah lama digunakan. Hal ini bisa menjadi indikator yang efektif untuk menentukan kapan oli transmisi harus diganti.

2. Perbedaan Fungsi

Perbedaan oli mesin dan oli transmisi pada mobil selanjutnya terletak pada fungsinya. Oli mesin memiliki fungsi utama sebagai pelumas, yang digunakan untuk melindungi komponen-komponen penyusun mesin.

Sementara itu, oli transmisi bertugas untuk memastikan pergantian gigi bisa berjalan lancar. Tanpa adanya oli transmisi, pergantian transmisi akan mustahil untuk dilakukan.

Namun sebenarnya oli transmisi ini digunakan pada semua jenis mobil, baik untuk mobil bertransmisi manual maupun oli mobil matic.

3. Perbedaan Waktu Penggantian

Waktu penggantian pada kedua jenis oli juga memiliki perbedaan cukup signifikan. Oli mesin cenderung lebih cepat diganti dibandingkan oli transmisi.

Anjuran penggantian oli mesin adalah setiap mobil mencapai jarak tempuh 5.000 hingga 10.000 kilometer, terutama untuk jenis oli mesin mineral.

Sedangkan oli transmisi sebaiknya diganti setiap jarak tempuh 30.000-40.000 kilometer untuk mobil transmisi manual dan di bawah 30.000 kilometer untuk mobil transmisi otomatis.

Baca juga: 5 Kemungkinan Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Apa Perbedaan Ganti Oli dan Kuras Oli Mobil Matic?

Setelah mengetahui perbedaan oli mesin dan oli transmisi, berikutnya Anda perlu memahmi perbedaan ganti oli dan kuras oli.

Selama ini, tak sedikit dari masyarakat Indonesia yang mengira bahwa ganti oli dan kuras oli mobil matic adalah hal yang sama, padahal pada faktanya tidak. Mulai dari penggunaan alatnya, proses, hingga suku cadang yang digunakan pun berbeda.

Hal yang paling mudah dipahami dari perbedaan kedua cara perawatan mobil ini adalah banyaknya oli yang dibutuhkan. Transmisi mobil matic membutuhkan setidaknya 3 hingga 4 liter oli untuk proses penggantian oli mobil.

Sedangkan kuras oli membutuhkan volume oli yang lebih banyak yaitu mencapai 12 liter dan prosesnya pun memakan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Cara Mengoperasikan Mobil Matic untuk Pemula

Alasan Tidak Boleh Sembarangan Ganti Oli Mobil Matic

Mengingat seberapa pentingnya peran oli pada mobil matic, Anda tidak boleh menggantinya secara sembarangan! Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis oli mesin transmisi mobil matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch.

Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Perbedaan standar dan spesifikasi jenis oli datang dari perbedaan sistem kerja masing-masing jenis transmisi.

Jangan sekali-kali melanggar spesifikasi tersebut! Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi.

TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak.

Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya. Pemakaian jenis atau tipe oli yang keliru tidak hanya akan berdampak pada performa mobil, tetapi juga bisa merusak sistem transmisi.

Baca juga: 5 Alasan Perlunya Tune Up pada Mesin Mobil Anda

Dampak Jika Asal Mengganti Oli Transmisi Matic

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelalaian memperhatikan spesifikasi oli saat ganti oli mobil matic dapat menyebabkan berbagai masalah.

Makanya, perlu oli dengan spesifikasi khusus yang ramah terhadap puli dan juga bisa mengikuti kecepatan dari perintah computer.

Bila salah memasukkan oli, resiko paling kecil akan terjadi slip pada puli. Sehingga, transmisi ini tak bisa menyalurkan tenaga yang optimal ke roda. Resiko terbesar, kerusakan pada sistem transmisinya.

Baca juga: Cara Cek Oli Transmisi Mobil Matic Toyota Anda

Ciri-Ciri Oli Mobil Matic Harus Diganti

AutoFamily bukan hanya perlu memperhatikan waktu yang tepat untuk mengganti oli pada mobil Toyota kesayangan Anda, tetapi juga pahami ciri-ciri ketika mobil memiliki masalah akibat oli.

Hal ini dapat menjadi pertanda bahwa AutoFamily harus segera mengganti oli mobil matic agar tidak muncul masalah yang lebih serius. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Muncul Suara Aneh pada Sistem Transmisi

Ciri-ciri pertama yang mengharuskan AutoFamily segera mengganti oli mobil adalah munculnya suara aneh pada sistem transmisi mobil matic. Bunyi ini umumnya terdengar saat Anda memindahkan sistem transmisi mobil.

2. Indikator Menyala

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah terdapat masalah pada mesin mobil terutama oli adalah cek indikator pada dashboard mobil. Apabila indikator check engine menyala, maka hal ini menandakan adanya masalah pada komponen mesin salah satunya oli. Bisa saja oli mobil Anda sudah keruh dan gelap sehingga tidak dapat berfungsi maksimal.

3. Transmisi Terasa Berat

Coba perhatikan lagi, apakah AutoFamily merasa bahwa transmisi mobil matic lebih berat untuk dipindahkan? Jika iya, maka besar kemungkinan ada masalah pada oli yang berperan penting dalam proses kemudahan pemindahan transmisi sebab bekerja sebagai pelumas komponen mesin dan transmisi.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil yang Wajib Diketahui Pemula

Lalu Kapan Sebaiknya Ganti Oli Mobil Matic?

Oli mobil matic harus diganti secara berkala, sesuai dengan pemakaian mobil. Menurut informasi yang tersedia, AutoFamily disarankan menguras dan mengganti oli mobil matic berdasarkan waktu atau jarak tempuh, yakni antara setiap 40 ribu km hingga 60 ribu km karena kualitas oli sudah akan berkurang setelah menempuh jarak tersebut.

Jadi, setiap berapa lama sekali Anda harus mengganti oli? Jawabannya adalah sesuai dengan pemakaian mobil. Apabila penggunaan mobil Anda tergolong sedang atau bahkan rendah, Anda kemungkinan hanya perlu mengganti oli transmisi sekali setiap dua hingga tiga tahun.

Tetapi, bila Anda sering menggunakan mobil Anda untuk menempuh perjalanan panjang, Anda mungkin perlu mengganti oli transmisi setiap tahun.

Bawalah mobil Anda ke bengkel Auto2000 untuk pengecekan mobil secara menyeluruh dan informasi yang lebih jelas mengenai penggantian oli transmisi mobil Anda.

Baca juga: Arti Kode Oli Mesin yang Umum di Dunia Otomotif

Oleh karena itu, lakukan penggantian oli transmisi mobil matil dengan pilihan oli standar mobil toyota terutama untuk cvt matic karena tetap menjaga mobil untuk tetap prima dan tangguh dalam kondisi medan. Jangan khawatir mobil dengan standar yang baik selalu ada di Auto2000 dan bengkel resmi Toyota.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo Super Easy Auto Happy
Hi AutoFamily!

Jadi lebih happy dengan berbagai cara mudah untuk memiliki Toyota baru di Auto2000. Miliki berbagai model pilihan dengan berbagai promo menarik mulai dari DP Ringan hingga free insurance.

Avanza
Dapatkan All New Avanza dengan menggunakan DP Ringan mulai dari Rp20 Jutaan, atau dengan DP mulai 10% + Free Insurance selama 2 tahun dengan program Spekta.

Agya & Calya
Miliki All New Agya atau Calya menggunakan Cicilan Ringan mulai Rp 3 Jutaan/Bulan atau dengan DP Ringan mulai 15%, AutoFamily juga bisa menggunakan pilihan DP mulai Rp 20 Jutaan.

Raize
SUV compact pilihan Indonesia siap dimiliki dengan DP mulai dari 15% atau dengan DP 20 Jutaan atau bunga 0% untuk 1 tahun dengan DP 50%.

Tunggu apalagi? Segera miliki Toyota pilihan dengan berbagai promo yang mudah di Auto2000.
Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*Promo di halaman web ini hanya berlaku di Jatadebek
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 September 2023
Promo Gratis Uji Emisi
Halo AutoFamily!

Mau Cek Uji Emisi Mobil Toyota mu? Yuk kamu bisa dapatkan Gratis Uji Emisi di Auto2000 wilayah DKI Jakarta. Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Hal ini dilakukan untuk Toyota Kesayangan kamu makin terawat. Mobil AutoFamily yang lulus uji emisi akan didaftarkan ke sistem informasi milik Pemprov DKI Jakarta yang berlaku selama 1 tahun. Terdapat 22 cabang Auto2000 di Jakarta untuk kamu bisa mendapatkan Gratis Uji Emisi ini loh!

Yuk Segera isi form di bawah ini untuk mendapatkan Promo Gratis Uji Emisi di Auto2000 Digiroom!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2023
Mobil Hybrid - Toyota All New Alphard
Sambutlah mobil hybrid Toyota Indonesia - All New Alphard HEV dan mulai perjalanan yang penuh elegan dan eksklusif. Mobil hybrid Toyota Indonesia - All New Alphard HEV menampilkan design baru dengan platform TNGA yang lebih nyaman serta sistem peredaman kabin yang unggul. Lebih lanjut, mobil hybrid Toyota ini menghadirkan desain eksterior yang baru dan futuristik.

Lebih dari sekadar desain dan mesin baru, mobil hybrid Toyota satu ini juga menghadirkan fitur hiburan seperti Rear Seat Entertainment (RSE) dengan 14 Inch di masing-masing baris. Nuansa teduh di dalam kabin juga semakin lengkap dengan ambience lighting baru serta jok belakang yang di desain ulang sehingga jauh lebih nyaman dan meredam getaran di perjalanan.

Mengadopsi teknologi lengkap Toyota Safety Sense (TSS) terbaru, All New Alphard HEV memberikan fitur keselamatan yang membuat perjalanan anda bersama keluarga akan lebih tenang dan nyaman. Dengan semua keamanan dan kenyaman yang akan Anda dapatkan, All New Alphard HEV bisa menjadi pilihan Anda untuk mobilitas yang lebih eksklusif.

Tunggu apalagi? Jadilah yang pertama untuk memiliki mobil hybrid Toyota - All New Alphard HEV
Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 Agustus 2023
Cicilan Ringan untuk Mobil Baru Toyota
Hai AutoFamily!

Yuk dibawa santai hari-hari AutoFamily bersama Auto2000 Digiroom, karena sekarang mobil impian sudah bisa dimiliki dengan program Cicilan Ringan mulai dari Rp 2.6 Jutaan/Bulan.

Ini dia beberapa model yang bisa di bawa pulang dengan Paket Kredit Cicilan Ringan:
Toyota Calya: Cicilan mulai dari Rp 2.6 Jutaan*
Toyota Agya: Cicilan mulai dari Rp 2.8 Jutaan*
Toyota All New Avanza: Cicilan mulai dari Rp 3.4 Jutaan*
Toyota Raize: Cicilan mulai dari Rp 4.2 Jutaan*
Toyota Rush: Cicilan mulai dari Rp 4.3 Jutaan*
Toyota Innova Gasoline: Cicilan mulai dari Rp 4.8 Jutaan*

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang selama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service untuk tipe mobil tertentu. Yuk dapatkan promo nya sekarang dan bawa Toyota idamanmu dari Auto2000!*
01 Agustus 2023
Tanya TasiaBackground Lazy GIF