Tidak Boleh Asal Ganti Oli Matic"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Tidak Boleh Asal Ganti Oli Matic

Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!. Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi. TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya.

BACA JUGA :   Mengapa harus Pakai Oli Mesin Mobil dari Pabrikan

Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis transmisi matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. Teknologi transmisi otomatis kini terus berkembang dan terbagi menjadi beberapa jenis. Nah, setiap jenis transmisi, membutuhkan spesifikasi oli yang berbeda. Jangan dilanggar!. Nyawa transmisi matik ada di oli. Sebab, prinsip dasar transmisi matik menggunakan tekanan oli dan torque converter (TC) untuk menggerakkan perpindahan gigi.

TC menggantikan kopling mekanis pada transmisi manual. Dan seluruh bagian kampas kopling matik ini terendam oli. Makanya, kualitas oli menjadi kebutuhan yang mutlak. Jadi, memilih oli matik pun ada rambu-rambunya. Tak boleh asal. Itu sistem matik konvensional. Apalagi, saat ini ada beragam jenis transmisi matik yang dipakai pada mobil di atas tahun 2000-an. Mulai elektronik, CVT serta dual clutch. “Setiap jenis transmisi ini mempunyai rekomendasi oli yang berbeda dan tidak boleh tertukar” tegas Sunardi SA Auto2000 Pandeglang.

BACA JUGA :  Mulailah dari Memeriksa Tutup Oli Mesin

“Pemakaian oli yang salah tak hanya berdampak pada performa, tapi juga bisa merusak sistem kerja transmisi,” Lanjut Sunardi.  Lebih lanjut Sunardi menambahkan, di mobil Toyota saja mempunyai 3 jenis oli matik yang berbeda. Untuk Avanza dan Rush menggunakan Dexron III.  Sedangkan Kijang Innova dan Fortuner mengunakan T-IV. Untuk Camry dan Vios memakai ATF WS. Sedangkan varian mobil yang menggunakan transmisi sistem CVT seperti Corolla Altis, memakai CVT Fluid.

Perbedaan ini dipicu dari perbedaan sistem kerja tiap jenis matik. Pada transmisi matik konvesional, lebih sederhana. Tak terdapat chips elektronik yang terendam oli. Oli hanya bertugas sebagai pelumas dan tenaga hidrolis bertekanan tinggi, yang membuat perpindahan gigi serta memutar kopling, sampai berlangsung perpindahan tenaga ke roda. Makanya kebutuhan olinya cukup memakai Dexron III. Tapi, buat transmisi yang menggunakan sistem elektronik, mempunyai rangkaian elektronik yang terendam di dalam oli. Otomatis membutuhkan spesifikasi oli yang ramah terhadap perangkat ini.

BACA JUGA :   TIPS HEMAT BBM

“Oli tidak boleh menghantar arus listrik. Jika menggunakan oli matik jenis konvensional, maka perangkat ini bisa rusak,” tegasnya. Terlebih lagi sistem Continuously Variable Transmission (CVT).  Teknologi matik terbaru ini lebih rumit. “Tidak ditemukan roda gigi seperti transmisi matik konvensional. Diganti dua puli yang dihubungkan sabuk baja (belt). CVT bergerak dengan dinamis. RPM naik akan disesuaikan kecepatan,” tambahnya. Pergerakan CVT ini diperintah oleh sistem komputer yang terdapat pada ECU. Makanya, perlu oli dengan spesifikasi khusus yang ramah terhadap puli dan juga bisa mengikuti kecepatan dari perintah computer. Bila salah memasukkan oli, resiko paling kecil akan terjadi slip pada puli. Sehingga, transmisi ini tak bisa menyalurkan tenaga yang optimal ke roda. Resiko terbesar, kerusakan pada sistem transmisinya.

Dapatkan promo menarik berupa  Free 1 Liter Oli TMO Synthetic*  untuk setiap penggantian oli dan  Free 2 Liter Oli TMO Synthetic*  setiap Auto Family melakukan Service berkala pada hari Minggu.

*Syarat dan Ketentuan Berlaku

Lakukan perawatan berkala setiap 6 bulan atau 10.000 km sekali agar kendaraan selalu dalam kondisi yang prima hanya di  Auto2000 Pandeglang.

(Arif Krisna K)

Auto2000 ​​​​​​​

​​​​ BACA  JUGA

Hemat Hingga 50%, Auto2000 Menyediakan Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal Untuk AutoFamily yang Ingin Menjaga Kondisi Mobil

PROMO MENARIK DARI AUTO2000 CEK SEKARANG !

bayar-setengah-cicilanmu.jpg​​​​​​​ cicilan-ringan.jpg

promo-sehat-toyotaku.jpg​​​​​​​ plebih ringan cicil toyota​​​​​​​

bayar setengah cicilan2​​​​​​​
Share this article
Tanya Tasia