apa-itu-transmisi-matic.png

Memahami Apa Itu Transmisi Mobil Otomatis

Diterbitkan17 Des 2024

Apa itu transmisi otomatis pada mobil? Bagaimana cara kerjanya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sering terpikir di benak Anda. Terlebih bagi AutoFamily yang sedang mempertimbangkan untuk beralih ke mobil transmisi otomatis. Nah, untuk menjawabnya, mari simak ulasan mengenai transmisi otomatis berikut ini. Mobil keluaran terbaru kini banyak yang mengadopsi teknologi transmisi otomatis canggih, membuatnya lebih mudah dioperasikan, terutama di lingkungan berkendara yang padat.


Apa Itu Transmisi Otomatis?

Transmisi otomatis atau kadang ditulis dengan A/T dan dikenal juga dengan automated manual transmission, adalah jenis sistem transmisi mobil yang memungkinkan perpindahan roda gigi terjadi secara otomatis. Perpindahan gigi ini terjadi dengan cara menyesuaikan besaran tekanan pada pedal gas. Hal ini berbeda dari sistem gigi transmisi mobil manual yang membutuhkan pedal kopling dan tuas transmisi untuk memindahkan gigi.


Pada mobil dengan transmisi manual, pengemudi harus menginjak pedal kopling dan menggeser tuas untuk memindahkan gigi. Koordinasi gerak harus tepat karena jika tidak, mobil akan mati.


Lain halnya dengan transmisi otomatis, AutoFamily cukup menggeser tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu. Pengemudi hanya perlu mengatur gas dan rem untuk mengontrol kendaraan dengan mudah. Baik transmisi otomatis dan transmisi manual juga dapat ditemukan pada mesin kendaraan bermotor.


Namun, prinsip kerja transmisi otomatis masih tetap sama, yaitu mengonversi torsi dan kecepatan yang berbeda-beda berdasarkan momen yang dihasilkan mesin.


DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA KIJANG INNOVA DI AUTO2000


Mengenal Sistem Transmisi Otomatis dan Fungsinya

Bagaimana sistem transmisi otomatis bekerja? Cara kerja transmisi otomatis lebih rumit jika dibandingkan dengan transmisi manual. Ini karena transmisi otomatis memiliki beberapa komponen utama yang tidak dimiliki oleh transmisi manual.


Komponen yang dimaksud adalah torque converter (pengubah torsi atau puntiran), hydraulic control unit, dan juga planetary gear unit. Tiga komponen tersebut bisa ditemukan pada minyak transmisi (transmission oil). Dengan adanya ketiga komponen tersebut, fungsi minyak transmisi menjadi sangat berbeda.


Minyak tidak hanya berfungsi sebagai pelumas dan pendingin, tetapi juga sebagai pemindah gigi. Seluruh susunan ini kemudian disebut sebagai Automatic Transmission Fluid (ATF).


Pada dasarnya, fungsi dari transimis otomatis yaitu untuk memindahkan gigi transmisi saat mobil sedang berjalan dengan cara otomatis. Dalam hal ini, beban mesin akan menyesuaikannya dengan tingkat kecepatan kendaraan.


Apabila komponen pada sistem transmisi otomatis mengalami kendala, Anda tidak perlu khawatir karena Auto2000 memiliki Layanan Bengkel Toyota yang telah tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Auto2000 selalu siap membantu Anda dalam kondisi apapun, termasuk memperbaiki kendala yang terjadi pada sistem transmisi otomatis mobil Anda.


Fungsi transmisi otomatis dapat diklasifikasikan juga berdasarkan jenisnya. Jadi, ada beberapa jenis transmisi otomatis yang penting AutoFamily ketahui. Transmisi otomatis berjenis full hydraulic berfungsi untuk mengatur momen yang dihasilkan mesin dengan mekanisme hidrolik.


Sementara itu, transmisi jenis Powertrain Control Module (PCM) memiliki fungsi mengatur perpindahan gigi dan lock up dengan metode elektronis. Tidak hanya berdasarkan pada input shaft dan lock pattern saja sebagai pengontrol, PCM berfungsi juga sebagai diagnosa serta fail-safe.


Ada juga Dual Clutch Transmission (DCT) yang merupakan jenis transmisi otomatis yang menggunakan dua kopling, satu untuk percepatan dan satu lagi untuk deselerasi. Kopling dalam DCT bekerja secara bersamaan, sehingga saat satu kopling memutuskan transmisi ke gigi berikutnya, kopling lain sudah siap untuk memutuskan transmisi dari gigi sebelumnya.


Hal ini memungkinkan transmisi untuk berpindah gigi dengan sangat cepat dan halus, tanpa terganggu oleh interupsi power yang biasanya terjadi pada transmisi manual atau otomatis tradisional.


Kode pada Tuas Transmisi Otomatis

Selain tidak memiliki pedal kopling, ciri khas lain dari transmisi otomatis juga terletak pada tuas transmisinya. Penting untuk memahami kode 'P', 'R', 'N', dan 'D' pada tuas transmisi untuk pengoperasian kendaraan yang tepat. Tuas transmisi pada mobil otomatis memiliki beberapa kode yang tidak dimiliki mobil manual. Berikut adalah penjelasan singkat mengenai kode pada tuas transmisi otomatis.


1. N (Neutral)

Kode pertama adalah N. N atau Neutral ini menunjukkan posisi netral. Posisi ini digunakan jika mobil harus berhenti dalam waktu lama, misalnya saat macet. Fungsinya sama dengan kode N pada transmisi manual.


Baca juga:Kenali Penyebab Setir Mobil Lari Ke Kiri yang Sangat Membahayakan


2. P (Park)

P digunakan saat mobil parkir. Dengan memindahkan roda gigi pada tuas transmisi P, maka mobil tidak akan dapat digerakkan sama sekali. Posisi transmisi pada P akan membuat mobil terkunci. Maka dari itu, AutoFamily sebaiknya tidak menggunakan kode ini saat mobil harus parkir paralel.


3. R (Reverse)

Sama seperti N, kode ini juga bisa ditemukan pada tuas transmisi manual. Fungsi transmisi R pada mobil manual dan otomatis pun sama, yaitu untuk membuat mobil berjalan mundur. Pada posisi ini, putaran gigi pada transmisi diubah arah putarannya.


Baca juga:Penyebab Air Radiator Mendidih Pada Kendaraan


4. D (Drive)

Nah, kode yang satu ini tidak akan AutoFamily temukan pada mobil jenis transmisi manual. D digunakan saat melajukan mobil. Jika ingin memacu mobil lebih cepat, tidak perlu menggeser tuas transmisi lagi untuk menghasilkan counter gear dan main gear, cukup dengan menginjak pedal gas lebih dalam saja. Komponen electronic control unit akan menyesuaikan dengan putaran mesin.


5. D1 atau L (Low)

Posisi D1 atau L ini umumnya digunakan saat mobil melalui jalan menanjak yang curam. Pada beberapa mobil otomatis, D1 atau L akan diikuti dengan kode 2 dan 3, ada juga yang menggunakan kode +/-.


Baca Juga:Mengenal 5 Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel


Tips dan Trik Mengemudi Mobil Matic

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan berkendara, apalagi jika Anda masih pemula dalam mengoperasikan mobil matic. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa AutoFamily terapkan:


  1. Pahami Arti Huruf dan Angka pada Tuas Persneling: Sebelum mulai mengemudi, pastikan AutoFamily memahami arti huruf dan angka pada tuas persneling mobil matic. Ini penting untuk mengoperasikan mobil dengan benar dan aman.
  2. Injak Pedal Rem Saat Memindahkan Tuas Persneling: Selalu injak pedal rem saat memindahkan tuas persneling untuk menghindari kecelakaan. Ini terutama penting saat memindahkan tuas dari posisi P (Park) ke D (Drive) atau R (Reverse).
  3. Perhatikan Kondisi Jalan: Saat melewati jalan menanjak atau medan curam, pastikan untuk menggunakan posisi gigi yang sesuai seperti D1 atau L. Ini akan membantu mobil mempertahankan tenaga dan mencegah mesin bekerja terlalu keras.
  4. Lakukan Cek Rutin Performa Kendaraan: Selalu lakukan cek rutin pada performa kendaraan, termasuk aki dan oli, untuk memastikan mobil berjalan dengan lancar dan efisien. Perawatan rutin dapat mencegah masalah yang lebih besar di kemudian hari. Cek juga masalah yang bisa terjadi pada transmis mobil matic.
  5. Perhatikan Keamanan dan Keselamatan: Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dan keselamatan saat mengemudi. Gunakan sabuk pengaman dan hindari penggunaan ponsel saat berkendara untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Semoga penjelasan di atas dapat menjawab pertanyaan AutoFamily seputar apa itu transmisi otomatis. Mobil dengan sistem transmisi otomatis memang menawarkan beberapa kemudahan dalam penggunaan yang tidak dimiliki oleh mobil manual.

Toyota sendiri meluncurkan mobil-mobilnya dengan sistem transmisi otomatis, mulai dari hatchback seperti Agya hingga MPV seperti Innova dan Toyota Fortuner 4x4 yang tangguh untuk menemani mobilitas harian AutoFamily. Tertarik memiliki mobil dengan transmisi otomatis? Kunjungi dealer Auto2000 terdekat atau melalui Digiroom Auto2000.


Apabila Anda hendak melakukan perawatan mobil, Anda bisa booking online jadwal melalui Auto2000 Digiroom. AutoFamily juga bisa memanfaatkan layanan Auto2000 Home Servis untuk perawatan mobil yang lebih mudah, praktis, dan efisien.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Share With:

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.