lampu-indikator-aki-kadang-nyala-mati.jpg

5 Penyebab Indikator Check Engine Menyala

Diterbitkan13 Sep 2022

Apakah AutoFamily pernah mengalami indikator check engine pada mobil kesayangannya menyala? Untuk sebagian orang, lampu indikator check engine yang menyala ini bisa membuat panik. Bisa saja sensor yang terdapat pada mobil dalam keadaan kotor, sehingga sensor kesulitan dalam membaca kondisi mobil.

Namun, indikator check engine yang menyala harus tetap diwaspadai. Lampu Indikator check engine ini dapat menyala karena beberapa penyebab. Lalu, apa saja penyebabnya? Pada artikel ini, Auto2000 akan mencoba menjelaskannya khusus untuk AutoFamily. Jadi, mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Lampu Indikator Check Engine

Pertama-tama, Anda harus mengeri terlebih dahulu apa itu lampu indikator check engine. Lampu ini umumnya terletak pada dashboard mobil, terutama di bagian meter cluster.

Lampu indikator check engine adalah lampu yang menandakan bahwa ada sebuah kendala yang dialami oleh mesin mobil. Bila lampu ini menyala, pengemudi harus mengecek kondisi mobil atau membawanya ke bengkel mobil untuk diperiksa.

Pengemudi mobil tentu tidak mengharapkan lampu ini menyala. Tetapi, jangan langsung panik, berikut ini adalah beberapa penyebab lampu indikator check engine menyala.

Baca juga:Ketahui Macam-macam Sensor pada Mobil dan Fungsinya

5 Penyebab Lampu Indikator Check Engine Menyala

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa lampu indikator check engine pada mobil dapat menyala karena disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

1. Tutup Bensin yang Kurang Pas

Masalah ini memang bisa dianggap sederhana. Namun, kelalaian dalam menutup tangki mobil ini bisa berakibat fatal, karena dapat menyebabkan kebakaran. Tutup bensin yang kurang pas pemasangannya di beberapa mobil Toyota bisa saja akan dianggap sebagai potensi bahaya oleh sensor pada ECU.

DAPATKAN KUPON SERVICE DI AUTO2000

Hal tersebut bisa menyebabkan lampu indikator check engine terus menyala. Untuk mengatasinya, apabila sedang dalam kondisi berkendara segera pinggirkan mobil di tempat aman dan pastikan bahwa tutup bensin sudah tertutup dengan rapat. Bila belum, segera eratkan penutup tangki bensin dengan benar. Kemudian, pastikan juga tidak ada kebocoran yang terjadi pada tangki bahan bakar.

2. Sensor Oksigen Bermasalah

Penyebab selanjutnya dari masalah indikator check engine menyala yaitu karena adanya kerusakan pada sensor oksigen. Sensor ini berguna untuk memantau oksigen pada knalpot mobil dan juga menentukan seberapa banyak bahan bakar yang terpakai.

Sensor yang rusak tentu secara tidak langsung akan mengurangi kinerja mesin mobil dan juga dapat merusak komponen catalytic converter. Rusaknya sensor oksigen ini bisa dikarenakan sensor tertutup oli.

3. Rusaknya Catalytic Converter

Hal yang menjadi salah satu tanda rusaknya catalytic converter adalah borosnya bahan bakar yang terpakai atau menurunnya tenaga mobil saat melaju meskipun pedal gas sudah diinjak dengan maksimal.

Rusaknya catalytic converter ini menyebabkan zat berbahaya seperti karbon monoksida tidak bisa dikonversi menjadi senyawa yang ramah lingkungan. Oleh sebab itu, selalu perhatikan kinerja komponen catalytic converter ini agar lampu indikator check engine tidak menyala.

Baca juga:4 Cara Menghilangkan Rasa Takut Menyetir Mobil yang Wajib Diketahui Pemula

4. Filter Udara Kotor

Filter udara yang kotor juga menjadi salah satu penyebab lampu indikator check engine menyala. Filter udara yang sudah kotor akan mengakibatkan kurangnya supply udara yang masuk ke ruang bahan bakar. Filter udara ini sangat erat hubungannya dengan sensor mass air flow yang memiliki fungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan supply udara yang masuk ke dalam mesin mobil.

Jika supply udara yang masuk ke ruang bahan bakar menurun, maka akan menyebabkan kerusakan pada sensor mass air flow. Kerusakan pada mass air flow inilah yang mengakibatkan lampu indikator check engine akan terus menyala.

5. Masalah pada Aki

Masalah pada aki juga bisa menjadi penyebab lampu indikator check engine menyala. Saat indikator check engine menyala, cobalah untuk memeriksa aki mobil Anda. Caranya cukup mudah, yakni dengan melepas kabel negatif dari aki selama kurang lebih 3 detik kemudian pasangkan kembali.

Apabila cara ini sudah dilakukan, namun lampu indikator check engine tetap menyala, berarti dapat diindikasikan memang terdapat suatu kerusakan pada sensor mobil.

Baca juga:Cari Penyebab Lampu Indikator Aki Kadang Nyala Kadang Mati

Itulah dia beberapa faktor penyebab menyalanya lampu indikator check engine yang perlu AutoFamily perhatikan. Untuk memastikan apa penyebab sebenarnya indikator check engine ini menyala, sebaiknya AutoFamily cek langsung ke bengkel Auto2000 terdekat. Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan bengkel sekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.