tarif-tol-jakarta-semarang.jpg

Informasi Tarif Tol Jakarta-Semarang 2024 Lengkap Semua Gerbang

Diterbitkan9 Okt 2023

Bagi AutoFamily yang ingin bepergian ke Semarang, Jawa Tengah dan sekitarnya dari arah barat tentu bisa andalkan jalan tol. Perlu Anda ketahui bahwa tol Jakarta-Semarang adalah salah satu ruas tersibuk di tol Trans Jawa. Demi peningkatan pelayanan, tarif tol Jakarta-Semarang telah mengalami beberapa kali penyesuaian. Lalu, berapa tarif tol Jakarta-Semarang 2024 terbaru? Berikut penjelasannya.


Daftar Golongan Kendaraan di Tol

Sebelum bisa mengetahui tarif tol Jakarta-Semarang, Anda harus tahu dulu kendaraan Anda masuk golongan berapa. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan kartu uang elektronik terlebih dahulu supaya perjalanan lancar.


Berdasarkan Badan Pengatur Jalan Tol, kendaraan bermotor yang menggunakan jalan tol dikelompokkan menjadi enam jenis golongan kendaraan, yaitu:

  1. Golongan I : sedan, jip, pick up atau truk kecil, dan bus.
  2. Golongan II : truk besar dengan dua gandar.
  3. Golongan III : truk besar dengan tiga gandar.
  4. Golongan IV : truk besar dengan empat gandar.
  5. Golongan V : truk besar dengan lima gandar.
  6. Golongan VI : kendaraan bermotor roda dua.

Penggolongan tersebut telah diatur dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) No. 370/KPTS/M/2007. Masing-masing golongan kendaraan ini dikenakan tarif gerbang tol yang berbeda.


Rincian Tarif Tol Jakarta-Semarang

Untuk perjalanan dari Jakarta ke Semarang, Anda bisa melintasi 7 ruas jalan tol, yakni ruas Jakarta-Cikampek, ruas Cikampek-Palimanan, ruas Palimanan-Kanci, ruas Kanci-Pejagan, ruas Pejagan-Pemalang, ruas Pemalang-Batang, dan ruas Batang-Semarang.


Berikut adalah rincian tarif tol Jakarta-Semarang agar Anda bisa mempersiapkan kartu elektronik Anda sebelum memulai perjalanan. Perlu diperhatikan bahwa rincian di bawah mengacu kepada kendaraan golongan I, yakni sedan, bus, pikap/truk kecil, dan bus.

1. Ruas Tol Jakarta-Cikampek

Ruas pertama dari tol Jakarta-Semarang adalah ruas Jakarta-Cikampek dengan total panjang 72 km. Untuk kendaraan golongan I (sedan, jip, pick up, truk kecil, dan bus), tarif yang dikenakan adalah Rp20.000.


Sedikit informasi tambahan, pada ruas Jakarta-Cikampek ini terdapat tujuh buah rest area yang dapat Anda singgahi. Rest area pertama ada pada KM 19 A, kemudian diikuti KM 39 A, KM 62 B, KM 32 B, KM 33 A, KM 52 B, dan KM 57 A. Sedangkan untuk durasi tempuh, berkendara di ruas tol ini memakan waktu kurang lebih 45 menit.

2. Ruas Tol Cikopo-Palimanan

Selanjutnya ada ruas Cikopo-Palimanan dengan panjang 116,75 km. Ruas Cikopo-Palimanan ini merupakan ruas tol terpanjang untuk perjalanan dari Jakarta menuju Semarang. Tarif tol Jakarta-Semarang di ruas ini adalah Rp107.500 untuk kendaraan golongan I.


Sama seperti ruas Jakarta-Cikampek, ruas Cikopo-Palimanan pun memiliki beberapa titik rest area, yakni di KM 86 A, KM 103 A, KM 86 B, dan KM 130 B. Durasi tempuh yang diperlukan untuk melalui ruas ini kira-kira 1,5-2 jam jika arus lancar.


3. Ruas Tol Palimanan-Kanci

Setelah perjalanan yang jauh, ruas Palimanan-Kanci terbilang cukup pendek, dengan panjang 26,3 km. Untuk melalui ros tol ini, Anda harus membayar tarif sebesar Rp12.500.


Berhubung jaraknya yang cukup pendek, durasi waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melalui ruas ini tidak terlalu lama, sekitar 30 menit saja. Pengguna jalan tol ruas Palimanan-Kanci dapat beristirahat di dua titik rest area, yaitu KM 207 A dan KM 208+400 B.


Baca juga: 11 Hal Penting Yang Harus Kamu Cek Pada Mobil Sebelum Perjalanan Jauh


4. Ruas Tol Kanci-Pejagan

Mirip dengan ruas Palimanan-Kanci , ruas Kanci-Pejagan pun terbilang cukup pendek. Ruas Kanci-Pejagan dengan panjang 35 km menetapkan tarif tol Jakarta-Semarang sebesar Rp29.500.


Untuk durasi waktu tempuhnya sendiri tidak terlalu lama, Anda akan memerlukan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan catatan arus normal. Bagi para pengguna jalan tol yang lelah, bisa beristirahat di rest area ruas Kanci-Pejagan, yakni di KM 228+300 A dan KM 229 B.


Baca juga: Kapan Arus Mudik Lebaran Paling Padat?


5. Ruas Tol Pejagan-Pemalang

Setelah melalui ruas Kanci-Pejagan, artinya Anda sudah masuk ke wilayah Jawa Tengah. Ruas Pejagan-Pemalang memiliki panjang 57,5 km dengan tarif Rp60.000.


Waktu tempuh yang diperlukan untuk melalui ruas ini dalam kondisi normal dan tidak terhambat macet adalah sekitar 45-60 menit. Untuk rest area ada pada KM 252 A, KM 275 A, dan KM 287 A.


6. Ruas Tol Pemalang-Batang

Berikutnya adalah ruas Pemalang-Batang. Ruas tol ini memiliki panjang 39,19 km dengan tarif tol Jakarta-Semarang Rp45.000.

Durasi waktu tempuh yang diperlukan untuk melalui ruas tol Pemalang-Batang adalah sekitar 30 menit. Karena terbilang cukup pendek, ruas tol yang satu ini hanya memiliki satu buah rest area di KM 33 A.


Baca juga: Inilah Tips Membawa Bayi Perjalanan Jauh dengan Mobil


7. Ruas Tol Batang-Semarang

Ruas tol terakhir dari tol Jakarta-Semarang adalah ruas Batang-Semarang (Simpang Susun Krapyak). Ruas tol ini memiliki panjang 75,6 km dengan tarif Rp86.000.


Pada ujung tol ini, Anda bisa langsung masuk ke kota Semarang atau melanjutkan ke Bandara Ahmad Yani Semarang. Untuk rest area bisa ditemukan pada KM 379 A, KM 391 A, KM 429 A, dan KM 389 B.


Rincian mengenai tarif tol Trans Jawa, termasuk Jakarta-Semarang, berdasarkan PT Jasa Marga juga bisa Anda lihat di sini.


Berapa Total Tarif Tol Jakarta-Semarang?

Setelah mengetahui informasi di atas, berikut ini adalah rincian total tarif tol Jakarta-Semarang untuk kendaraan golongan 1. Berdasarkan perhitungan yang ada, maka Anda perlu menyiapkan Rp349.000 untuk perjalanan Jakarta-Semarang melalui jalan tol.

Ruas Tol

Panjang

Tarif

Jakarta-Cikampek

72 km

Rp20.000

Cikampek-Paliaman

116,75 km

Rp107.500

Palimanan-Kanci

26,3 km

Rp12.500

Kanci-Pejagan

35 km

Rp29.500

Pejagan-Pemalang

57,5 km

Rp60.000

Pemalang-Batang

39,19 km

Rp39.000

Batang-Semarang

75,6 km

Rp75.000

Semarang ABC (dalam kota)

24 km

Rp5.500

TOTAL

Rp349.000


Perlu diketahui bahwa daftar tarif di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Namun di tahun 2023, Anda masih bisa menggunakan informasi di atas ini untuk membuat perincian biaya perjalanan. Untuk saat ini masih belum ada perubahan atau penyesuaian untuk tarif tol Jakarta-Semarang.


Baca juga: 5 Perlengkapan Mudik Naik Mobil yang Wajib Diketahui

Itulah detail mengenai tarif tol Semarang-Jakarta terbaru pada 2024. Sebelum perjalanan jauh melalui Jalan Tol Jakarta-Semarang, Anda juga harus memastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum melakukan perjalanan agar tidak mengganggu kenyamanan berkendara Anda dan keluarga. Yuk, baca artikel mengenai tips cek mobil sebelum perjalanan jauh.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Untuk informasi terbaru mengenai tarif tol silakan selalu mengacu pada instansi terkait.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.