pelanggaran lalu lintas

Mengetahui Apa Saja Bentuk Pelanggaran Lalu Lintas dan Hukumannya

Diterbitkan31 Mei 2024

Pelanggaran lalu lintas merupakan salah satu masalah utama yang sering terjadi di jalan raya dan berdampak besar pada keselamatan pengendara serta pengguna jalan lainnya. Banyak pengendara yang kurang menyadari bahwa tindakan-tindakan pelanggaran kecil dapat berujung pada risiko yang fatal. 


Dalam artikel ini, Auto2000 akan membahas berbagai bentuk pelanggaran lalu lintas yang sering terjadi dan dampaknya, serta hukuman yang umum diberikan oleh pihak berwenang terhadap pelanggar aturan lalu lintas. Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.


7 Bentuk Pelanggaran Lalu Lintas Mobil

Lalu lintas yang tertib merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga keselamatan di jalan raya. Pelanggaran lalu lintas sering kali menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan yang merugikan banyak pihak. Berikut ini adalah 7 bentuk pelanggaran lalu lintas mobil yang sering terjadi di jalan raya.


1. Menerobos Lampu Lalu Lintas

Menerobos lampu lalu lintas adalah salah satu pelanggaran yang paling sering dilakukan oleh pengendara mobil. Ketika lampu lalu lintas berwarna merah, pengendara diwajibkan untuk berhenti. 


Namun, masih banyak pengendara yang tidak mematuhi aturan ini dengan berbagai alasan, seperti terburu-buru atau tidak sabar menunggu. Menerobos lampu merah tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengguna jalan lainnya karena dapat menyebabkan risiko yang serius.


Baca Juga: Mengenal Undang-undang Lalu Lintas Dan 7 Peraturan Yang Wajib Anda Pahami


2. Tidak Menggunakan Sabuk Pengaman

Penggunaan sabuk pengaman merupakan aturan dasar yang wajib dipatuhi oleh setiap pengendara mobil. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari cedera serius jika terjadi kecelakaan. 


Sayangnya, masih banyak pengendara yang mengabaikan penggunaan sabuk pengaman dengan alasan merasa tidak nyaman atau hanya berkendara dalam jarak pendek. Padahal, kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, sehingga penggunaan sabuk pengaman sangat penting untuk keselamatan.


3. Berkendara Tanpa Membawa Surat Kelengkapan

Surat-surat kelengkapan berkendara, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), merupakan dokumen yang wajib dibawa oleh setiap pengendara. Berkendara tanpa membawa surat-surat ini merupakan pelanggaran lalu lintas yang dapat dikenai sanksi. Surat-surat tersebut tidak hanya sebagai bukti legalitas kendaraan dan pengendara, tetapi juga mempermudah proses identifikasi jika terjadi insiden di jalan raya.


4. Melawan Arus

Melawan arus adalah tindakan berkendara yang sangat berbahaya dan sering kali dilakukan oleh pengendara yang ingin mencari jalan pintas atau menghindari kemacetan. Tindakan ini tidak hanya melanggar aturan lalu lintas, tetapi juga berpotensi besar menyebabkan kecelakaan fatal.


5. Mengemudi di Jalan Raya dengan Kecepatan Tinggi

Kecepatan yang berlebihan merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Banyak pengendara yang tidak mematuhi batas kecepatan yang ditetapkan, terutama di jalan raya yang sepi. 


Mengemudi dengan kecepatan tinggi mengurangi waktu reaksi pengendara untuk menghindari potensi bahaya di jalan. Selain itu, risiko bahaya yang terjadi pada kecepatan tinggi cenderung lebih fatal dibandingkan pada kecepatan rendah.


6. Menerobos Jalur Busway

Jalur busway didesain khusus untuk memperlancar arus lalu lintas angkutan umum bus kota di perkotaan. Namun, sering kali pengendara mobil pribadi memanfaatkan jalur ini untuk menghindari kemacetan. Menerobos jalur busway tidak hanya melanggar peraturan lalu lintas, tetapi juga mengganggu operasional angkutan umum dan menyebabkan keterlambatan bagi penumpang. 


7. Pelanggaran Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan informasi, petunjuk, dan peringatan kepada pengguna jalan. Mengabaikan atau melanggar rambu lalu lintas, seperti rambu larangan parkir, rambu batas kecepatan, atau rambu peringatan lainnya, merupakan tindakan yang tidak hanya melanggar hukum tetapi juga membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Kepatuhan terhadap rambu lalu lintas adalah salah satu cara paling efektif untuk menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan raya.


TEMUKAN BERBAGAI TIPE DAN VARIAN MOBIL BARU TOYOTA DENGAN DAFTAR HARGA DAN SPESIFIKASI DI AUTO2000 DIGIROOM

Hukuman Jika Melanggar Lalu Lintas

Pelanggaran lalu lintas tidak hanya membahayakan keselamatan pengendara dan pengguna jalan lainnya, tetapi juga dikenai sanksi oleh pihak berwenang. Berikut ini adalah beberapa bentuk hukuman yang dapat Anda terima jika melanggar aturan lalu lintas.


1. Denda Administratif

Denda administratif adalah bentuk hukuman yang paling umum diberikan kepada pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. Besar denda ini bervariasi tergantung pada jenis pelanggaran yang dilakukan. Misalnya, menerobos lampu merah, tidak menggunakan sabuk pengaman, atau berkendara dengan kecepatan tinggi akan dikenai denda yang berbeda-beda. 


Besar denda ini biasanya telah diatur dalam peraturan perundang-undangan lalu lintas yang berlaku di setiap daerah. Denda ini harus dibayarkan oleh pelanggar sebagai bentuk tanggung jawab atas kesalahannya.


Baca Juga: Macam-macam Denda Pelanggaran Lalu Lintas


2. Tilang Elektronik (E-Tilang)

Melalui perkembangan teknologi, kini banyak kota besar yang telah mengimplementasikan sistem tilang elektronik atau e-tilang. Kamera-kamera pengawas dipasang di berbagai titik strategis untuk memantau dan merekam pelanggaran lalu lintas. 


Jika AutoFamily tertangkap kamera melakukan pelanggaran, surat tilang akan dikirimkan ke alamat Anda. E-tilang ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pengendara terhadap aturan lalu lintas dan mengurangi interaksi langsung antara pengendara dan petugas, sehingga mengurangi potensi pungli.


3. Penahanan Surat Izin Mengemudi (SIM)

Selain denda, pelanggar lalu lintas juga dapat dikenai hukuman berupa penahanan SIM. Hal ini berarti SIM Anda akan disita sementara oleh petugas kepolisian dan baru bisa diambil kembali setelah menyelesaikan proses hukum yang berlaku, termasuk membayar denda atau menghadiri sidang tilang. Penahanan SIM ini bertujuan untuk memberikan efek jera kepada pelanggar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.


4. Hukuman Penjara

Untuk pelanggaran lalu lintas yang berat dan berpotensi menimbulkan kecelakaan fatal, pelaku bisa dikenai hukuman penjara. Di Indonesia, hukuman penjara bagi pelanggar lalu lintas diatur dalam beberapa aturan, seperti UU LLAJ, PP 74/2013, dan Perpol 7/2021. 


Hukuman ini hanya berlaku untuk pelanggaran serius yang membahayakan keselamatan orang lain, seperti mengemudi di bawah pengaruh alkohol atau narkoba, menggunakan plat nomor tidak sesuai, atau menyebabkan kecelakaan fatal.


Hukuman penjara ini biasanya diiringi dengan denda yang besar dan pencabutan SIM. Tujuan dari hukuman ini adalah untuk memberikan efek jera yang lebih kuat dan menjaga keselamatan pengguna jalan lainnya.


Pelanggaran lalu lintas merupakan masalah serius yang memengaruhi keselamatan di jalan raya. Setiap pelanggaran, baik besar maupun kecil, dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengendara untuk selalu mematuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain.


Selalu ingat, keselamatan di jalan raya adalah tanggung jawab bersama. Pada dasarnya, pengguna jalan harus berkontribusi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi semua, baik pengemudi mobil, pengendara motor, maupun pejalan kaki.


Bukan hanya mematuhi peraturan lalu lintas, memilih mobil dengan sistem keamanan yang lengkap juga penting terutama bagi AutoFamily wanita yang baru mulai mengemudi. Jika Anda sedang mencari mobil yang cocok dan aman untuk wanita pemula, cek rekomendasi mobil untuk wanita pemula dari Toyota yang menarik seperti Toyota Yaris GR Sport dan Toyota Agya. 


Seluruh mobil ini menawarkan kombinasi sempurna antara keamanan, kenyamanan, dan gaya. AutoFamily bisa berkendara dengan mobil berukuran compact dan gesit, interior terbaru yang elegan dan nyaman, serta performa yang tetap andal. 


Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk menemukan informasi lengkap tentang mobil impian yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya berkendara Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan mobil Toyota impian dengan penawaran terbaik!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.