arus-mudik-lebaran.jpg

Kapan Arus Mudik Lebaran Paling Padat?

Diterbitkan27 Feb 2023

Arus mudik Lebaran 2023 akan lebih padat mengingat kondisi pandemi dalam beberapa tahun terakhir. Seperti yang diketahui, masyarakat Indonesia harus menahan kangen untuk pulang kampung ke daerah masing-masing karena pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun 2020 silam.

Beruntung pada tahun ini pihak pemerintah telah membebaskan masyarakat untuk dapat kembali melaksanakan mudik. Kebijakan ini dapat menciptakan gelombang arus mudik yang cukup besar. Berkaca dari arus mudik Lebaran 2022 yang padat, AutoFamily perlu melakukan berbagai persiapan penting, seperti membawa perbekalan dan perawatan mobil.

Untuk perawatan mobil berkala, Anda bisa Booking Servis Toyota untuk memastikan mobil dalam keadaan prima sebelum digunakan mudik Lebaran. Auto2000 menyediakan layanan bengkel untuk general repair dan Auto2000 Home Service untuk proses perawatan mobil yang dapat dilakukan di rumah.

Tahun 2023 bisa menjadi pengalaman arus mudik lebaran paling padat, mengingat kasus pandemi sudah mulai menurun. Untuk itu, penting bagi Anda melakukan servis mobil berkala agar bisa bertemu keluarga setelah sekian lama. Auto2000 akan memberikan pengalaman servis terbaik untuk mobil Toyota Anda.

Arus Mudik Lebaran Paling Padat

Hari Raya Lebaran akan jatuh pada pertengahan April mendatang. Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa, maka kini waktunya bersilaturahmi dengan keluarga besar sambil saling bermaaf-maafan. Momen yang sudah ditunggu-tunggu sejak awal pandemi ini akhirnya dapat kembali lagi pada tahun ini.

Kebijakan pemerintah untuk membuka arus mudik secara total, baik dari jalur darat, laut, dan udara sudah pasti meningkatkan volume arus mudik pada beberapa tanggal tertentu. Beruntung pada tahun ini sudah ditentukan cuti bersama sejak awal bulan puasa. Hal ini membuat masyarakat lebih mudah untuk menentukan tanggal berapa untuk mulai perjalanan mudik.

Penentuan cuti bersama ini juga dapat membuat kepadatan arus mudik lebih mudah terurai. Beberapa ruas jalan dan jalan tol di beberapa kota juga pastinya sudah dikondisikan untuk mengurai kemacetan yang mungkin terjadi.

Biasanya, H-4 dan H-3 sebelum Lebaran sudah sering menjadi pilihan para pemudik untuk memulai perjalanan mudik. Inilah yang membuat Anda harus mengetahui kapan waktu paling tepat untuk pulang kampung.

Apalagi dengan keputusan pembukaan jalur mudik secara optimal akan membuat para pemudik akan memaksimalkan waktu mereka di kampung halaman. Sejak dua tahun terakhir mereka sudah sulit untuk bisa mudik. Jadi, kini waktunya untuk memaksimalkan mudik bersama keluarga besar.

Arus balik mudik Lebaran sendiri dapat terjadi sejak H+2 atau H+3 Lebaran. Semakin dekat dengan hari masuk kerja dan sekolah, maka semakin padat saja arus balik agar momen Lebaran ini dapat semakin maksimal.

Baca juga:Mau Mudik Hemat Naik Mobil? Ini Rahasianya

Tetap Ada Aturan Tes Antigen atau PCR

Kebijakan pemerintah untuk membuka arus mudik tanpa ada penyekatan jalan perlu disambut baik. Namun, tetap ada aturan yang diberlakukan bagi para pemudik melalui Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022. Bagi pemudik yang sudah mendapatkan vaksin booster sudah tidak perlu lagi menyertakan hasil negatif dari tes antigen atau PCR.

Bisa jadi peraturan yang sama diberlakukan untuk tahun 2023, mengingat kasus kasus Covid-19 masih belum-benar hilang. Untuk itu sebaiknya AutoFamily tetap selalu menerapkan gaya hidup sehat dan bila perlu menunda perjalanan jika badan terasa kurang sehat.

DAPATKAN MOBIL KELUARGA TOYOTA ALL NEW AVANZA DI AUTO2000

Kemudian bagi yang sudah mendapatkan vaksin dosis tetap wajib memberikan hasil negatif dari tes antigen dalam jangka waktu 1x24 jam atau PCR dalam jangka waktu 3x24 jam. Sedangkan bagi yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama wajib memberikan hasil negatif dari tes PCR dalam jangka waktu 3x24 jam.

Masyarakat diimbau untuk segera memenuhi kelengkapan dosis vaksinasi, termasuk booster sekurang-kurangnya dua minggu sebelum menjalankan mudik agar proses pembentukan antibodi berjalan maksimal.

Jadi, apakah Anda sudah siap untuk menjalankan mudik Lebaran tahun ini? Selain mengetahui informasi arus mudik dan aturan tes antigen atau PCR, AutoFamily jangan lupa untuk melakukan service berkala bersama Auto2000.

Baca juga:5 Hal yang Harus Dilakukan dalam Persiapan Mudik

Auto2000 memiliki layanan bengkel service berkala untuk mobil Toyota milik AutoFamily dengan dukungan mekanik andal dan berpengalaman. Mobil AutoFamily memang harus berada di dalam kondisi prima agar dapat digunakan sepanjang perjalanan mudik tanpa mengalami kendala.

Kondisi mobil yang prima sudah pasti membuat perjalanan mudik AutoFamily dan keluarga semakin menyenangkan dan lancar. AutoFamily dapat mengunjungi bengkel Auto2000 yang telah tersedia di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Sumatra, hingga Kalimantan.

Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk mendapatkan informasi layanan bengkel lebih lanjut. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui websiteatau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Anda bisa jadwalkan kunjungandi sini.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.