Wisata dengan Toyota Land Cruiser

8 Rekomendasi Wisata Trawas 2024 yang Harus Anda Kunjungi!

Diterbitkan12 Mar 2024

Menyajikan keindahan alam yang memesona dan udara sejuk pegunungan, Trawas merupakan destinasi wisata yang menarik di Jawa Timur yang sayang untuk AutoFamily lewatkan. Terletak di kaki Gunung Penanggungan, Trawas menawarkan berbagai kegiatan seru. Dikenal sebagai surga bagi para pencinta alam dan petualang, Trawas juga menawarkan berbagai kuliner lokal yang lezat untuk dinikmati. Oleh karena itu, ada beberapa rekomendasi wisata Trawas yang wajib AutoFamily kunjungi.


Dalam artikel ini, Auto2000 akan membantu AutoFamily mengeksplorasi rekomendasi wisata Trawas. Melalui panduan ini, perjalanan wisata Anda di Trawas akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan. Dari air terjun yang menawan hingga pesona hutan tropis yang memikat. Mari kita mulai petualangan seru ini dan temukan keajaiban Trawas bersama-sama!


8 Rekomendasi Wisata Trawas yang Seru dan Menyenangkan

Trawas menawarkan berbagai keindahan alam dan aktivitas menarik yang siap memikat hati AutoFamily. Berikut adalah 8 rekomendasi wisata Trawas yang seru dan menyenangkan untuk dinikmati:


1. Air Terjun Dlundung

Air Terjun Dlundung merupakan salah satu destinasi wisata yang menakjubkan di lereng Gunung Welirang, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya yang berada di kaki gunung memberikan suasana yang begitu asri dengan banyaknya pohon hijau dan lebat yang mengelilingi kawasan air terjun. Bagi yang ingin berkunjung, disarankan datang antara pukul 07.30 hingga 16.00 WIB, air terjun Dlundung buka setiap hari. 


Tiket masuk ke wisata ini cukup terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp15.000 per orang. Akses ke air terjun ini juga cukup mudah dari area parkiran sehingga Anda dapat dengan nyaman menikmati keindahan alamnya. Di bawah air terjun, terdapat kolam kecil berair jernih dan dangkal yang aman bagi anak-anak maupun orang dewasa untuk bermain air karena arusnya yang lemah.


Baca juga: 10 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Naik Mobil


2. Taman Ghanjaran

Taman Ghanjaran merupakan destinasi wisata taman bermain yang terletak di kawasan Trawas, Mojokerto. Keunikan area taman ini terletak pada perpaduan antara fasilitas taman bermain dan pemandangan alam yang memukau. Pengunjung dapat menikmati pemandangan gagah Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan yang terlihat jelas dari taman ini, menambah kesan tak terlupakan saat bermain dan beristirahat. 


Untuk masuk ke Taman Ghanjaran, wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000. Namun, jika ingin mencoba berbagai wahana yang tersedia, pengunjung perlu menyiapkan biaya tambahan. Salah satu daya tarik utama Taman Ghanjaran adalah waktu operasionalnya yang panjang. Taman ini buka setiap hari mulai dari siang hingga malam, memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati berbagai wahana dan keindahan alam dalam satu kunjungan.


3. Wisata Sawah Sumber Gempong

Rekomendasi wisata Trawas selanjutnya adalah Sawah Sumber Gempong. Wisata Sawah Sumber Gempong menawarkan pengalaman yang memikat dengan pemandangan Gunung Penanggungan, dikelilingi sawah hijau serta perbukitan dengan pepohonan rindang. Di sini Anda dapat berenang di kolam dengan air jernih dari mata air. Tersedia pula gazebo di pinggir kolam yang menjadi tempat ideal untuk bersantai menikmati panorama sekitar. 


Harga tiket masuk ke Wisata Sumber Gempol sangat terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 saja. Namun, bagi Anda yang ingin menaiki wahana bermain seperti ATV atau menunggang kuda, akan dikenakan biaya tambahan. Wisata ini juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Terdapat area wisata kuliner yang menyajikan hidangan lezat lokal, homestay untuk menginap, dan camping ground bagi yang ingin berkemah di tengah alam.


TEMUKAN BERBAGAI PILIHAN MOBIL YANG SIAP MEMENUHI KEINGINAN DAN KEBUTUHAN PETUALANGAN ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM!

4. Taman Poetoek Soeko

Taman Poetoek Soeko merupakan destinasi wisata yang menawarkan pengalaman yang menarik dengan harga tiket masuk yang terjangkau, hanya sebesar Rp5.000 per orang. Namun, bagi Anda yang ingin menjelajahi Rainbow Garden, akan dikenakan tarif terpisah sebesar Rp15.000 per orang. Di taman ini, Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berjalan-jalan di area yang dipenuhi dengan bunga berwarna-warni seperti bunga matahari dan jenis bunga lainnya.


Taman ini juga menawarkan spot foto yang menarik dengan adanya sebuah jembatan yang menjadi ikonik di tengah-tengah taman. Untuk pengalaman yang lebih seru, Anda dapat menyewa ATV atau mencoba wahana berkuda untuk berkeliling di atas perbukitan sekitar. Selain itu, Poetoek Soeko Trawas juga telah menyediakan camping ground sehingga Anda dapat menghabiskan malam di sana dengan menyewa tenda.


Baca juga: 3 Cara Mengisi e-Toll dengan Mudah


5. Candi Jolotundo

Candi Jolotundo adalah salah satu situs kuno yang memikat di sekitar Gunung Penanggungan, tepatnya terletak di Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Situs ini membuka pintunya setiap hari untuk para pengunjung dengan tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. Keunikan Candi Jolotundo terletak pada motif-motif hiasan yang menghiasi dinding candi, menunjukkan pengaruh budaya Hindu yang dominan pada masa kerajaan-kerajaan di Jawa pada periode kuno.


Candi ini di dalamnya terdapat pancuran dan kolam pemandian yang masih bisa digunakan hingga saat ini. Anda dapat merasakan nuansa sejarah yang kental sambil menikmati keindahan arsitektur dan hiasan-hiasan yang terpahat dengan indah di dinding candi. 


6. Kebun Rumah Kelinci

Taman Kelinci Trawas merupakan rekomendasi wisata Trawas selanjutnya dan destinasi yang menarik untuk dikunjungi, terletak di komplek Villa Grand Trawas. Tempat ini tidak hanya menyediakan pengalaman berinteraksi dengan kelinci-kelinci lucu, tetapi juga menawarkan suasana yang nyaman untuk menikmati kuliner. 


Taman Kelinci Trawas buka setiap hari mulai dari jam 08.00 hingga 16.00 WIB, memberikan kesempatan bagi Anda untuk menikmati waktu bersama kelinci-kelinci yang lucu. Selain bisa memberi makan kelinci, Anda juga dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang disajikan di restoran yang ada di dalam taman.


JADWALKAN TEST DRIVE MOBIL IMPIAN ANDA SECARA MUDAH DAN CEPAT DI AUTO2000 DIGIROOM! 


7. Puncak Bayangan Gunung Penanggungan

Puncak Bayangan Gunung Penanggungan, atau yang sering disebut Puncak Pawitra, menjadi destinasi pendakian yang sangat populer di Trawas. Sebelum memulai pendakian, penting bagi Anda untuk mempersiapkan kondisi fisik yang prima dan peralatan standar yang diperlukan. Mulai dari tenda hingga persediaan makanan yang cukup, persiapan yang matang sangat penting untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan selama pendakian.


Namun, semua usaha dan persiapan akan terbayar lunas saat Anda mencapai puncak. Keindahan alam yang menakjubkan langsung tersaji begitu Anda menginjakkan kaki di puncak. Pemandangan yang memukau dari ketinggian, udara segar, serta suasana yang tenang dan damai akan menjadi hadiah yang memuaskan bagi para pendaki setelah perjalanan yang melelahkan. 


8. Air Terjun Coban Talun 

Rekomendasi wisata Trawas yang terakhir adalah Coban Talun. Air terjun ini adalah salah satu destinasi alam yang menakjubkan yang terletak di daerah Trawas. Destinasi ini buka setiap hari dengan tiket masuk seharga Rp10.000 per orang. Coban Talun terkenal akan keindahan air terjunnya yang mempesona, dengan ketinggian mencapai puluhan meter.


Selain keindahan air terjun yang menakjubkan, Coban Talun juga dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan alam yang masih asri. Anda dapat menjelajahi keindahan alam ini melalui jalan setapak yang mengelilingi area Coban Talun, sambil menikmati udara segar dan pemandangan yang menakjubkan sepanjang perjalanan. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap, dengan adanya area parkir yang luas, warung makan, dan tempat istirahat yang nyaman. 


Baca juga: Ingin Berlibur? Coba Wisata Danau di Banjarbaru!

AutoFamily dapat menjadikan rekomendasi wisata Trawas di atas sebagai panduan perjalanan yang menarik untuk menjelajahi keindahan alam dan berbagai aktivitas seru di Trawas.  Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan dengan baik, mempersiapkan kondisi fisik dan perlengkapan yang diperlukan. Melalui rekomendasi ini, Anda akan dapat mengeksplorasi keindahan alam dan merasakan pesona wisata Trawas secara menyeluruh.


Jika AutoFamily siap untuk menjelajahi keindahan Trawas dengan kenyamanan dan ramah lingkungan, jangan ragu untuk mencari tahu lebih lanjut tentang rekomendasi mobil toyota hybrid untuk perjalanan jauh di Auto2000 Digiroom. Dapatkan pengalaman berkendara yang hemat bahan bakar dan ramah lingkungan dengan teknologi canggih yang ditawarkan oleh mobil-mobil Toyota hybrid. 


Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga untuk mengetahui lebih lanjut tentang berbagai pilihan mobil Toyota hybrid yang tersedia!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.




digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.