cara-mengisi-e-toll.jpg

3 Cara Mengisi e-Toll dengan Mudah

Diterbitkan20 Mar 2023

Apakah AutoFamily sudah tahu cara mengisi e-toll dengan mudah dan cepat? Bila belum, mari simak pembahasan lengkap cara mengisi e-toll dengan mudah berikut ini. e-toll merupakan sistem pembayaran tol elektronik untuk mempermudah proses pembayaran tol.

Sistem e-Toll ini dapat digunakan oleh pengguna jalan tol yang memiliki kendaraan bermotor seperti mobil, bus, dan truk. Lalu, bagaimana cara mengisi e-toll dengan mudah? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu e-Toll dan Fungsinya?

e-Toll merupakan sistem pembayaran tol elektronik yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identification). RFID sendiri termasuk teknologi yang memungkinkan pengiriman informasi melalui gelombang radio.

e-Toll menggunakan RFID ini untuk membaca informasi kendaraan yang telah terdaftar dalam sistem e-Toll. Informasi ini kemudian diolah oleh sistem e-Toll untuk memproses pembayaran tol dengan lebih mudah dan cepat.

Fungsi e-Toll untuk mempermudah proses pembayaran tol. Saat AutoFamily menggunakan e-Toll, Anda tidak perlu lagi membayar tol secara tunai, sehingga proses pembayaran menjadi lebih cepat dan efisien. Anda juga akan mendapatkan diskon tarif tol yang lebih murah dibandingkan dengan pembayaran tol secara tunai.

Selain sebagai alat pembayaran tol elektronik, kartu e-Toll juga memiliki fungsi lain yang cukup penting yaitu sebagai alat untuk mengakses jalur tol yang khusus atau disebut dengan Jalur Transaksi Cepat atau JTC.

Baca juga:Mengenal Tol Getaci, Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

JTC ini biasanya terdapat di gerbang tol tertentu yang memiliki volume kendaraan yang cukup tinggi. Saat Anda menggunakan kartu e-Toll, Anda dapat mengakses jalur ini dengan mudah dan cepat tanpa perlu mengantre lama di jalur tol konvensional yang seringkali terjadi kemacetan.

Saat Anda akan menggunakan jalan tol untuk perjalanan jauh atau mudik Lebaran, pastikan juga mobil Anda selalu dalam keadaan prima. Performa mesin dan mobil secara keseluruhan harus optimal agar perjalanan makin lancar. Untuk itu, penting bagi Anda melakukan servis mobil di Auto2000 terlebih dahulu.

Auto2000 juga menyediakan berbagai jenis mobil yang bisa digunakan untuk perjalanan jauh, salah satunya Toyota All New Veloz. Mobil ini dilengkapi dengan dapur pacu tenaga tinggi serta aman dan nyaman digunakan. Kunjungi Auto2000 untuk mendapatkan informasi spesifikasi mobil tersebut secara lebih lengkap.

DAPATKAN LAYANAN TERBAIK UNTUK MOBIL TOYOTA KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

Bagaimana Cara Mengisi e-Toll dengan Mudah

Saat akan melewati tol, AutoFamily perlu memastikan kartu e-toll Anda memiliki saldo yang cukup. Saldo e-toll dapat diisi ulang melalui beberapa cara, bisa dengan top up langsung di gerbang tol yang menyediakan layanan ini atau bisa melalui smartphone. Bila Anda belum pernah mengisi kartu e-toll, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Membeli Kartu e-Toll

Langkah pertama cara mengisi e-Toll dengan membeli kartu e-Toll terlebih dahulu. Kartu e-Toll ini bisa dibeli di gerai-gerai penjualan yang ada di pinggir tol, stasiun pengisian bahan bakar, atau toko-toko swalayan. Setelah membeli kartu e-Toll, Anda harus mendaftarkan kartu tersebut agar dapat digunakan untuk pembayaran tol.

2. Melakukan Top Up

Setelah memiliki kartu e-Toll, Anda harus melakukan top up atau pengisian saldo sebelum digunakan untuk pembayaran tol. Top up bisa dilakukan di gerai penjualan, mesin ATM, atau melalui aplikasi e-Toll yang sudah terpasang di smartphone. Untuk melakukan top up, Anda harus memasukkan nomor kartu e-Toll, nominal saldo yang ingin diisi, dan melakukan pembayaran.

3. Menggunakan Kartu e-Toll

Setelah melakukan top up, Anda dapat menggunakan kartu e-Toll untuk membayar tol. Caranya dengan meletakkan kartu e-Toll di tempat yang telah disediakan di gerbang tol. RFID yang terpasang pada kartu e-Toll akan membaca informasi kendaraan dan biaya tol secara otomatis akan terpotong dari saldo e-Toll Anda.

Perlu AutoFamily ingat, agar proses penggunaan e-Toll berjalan lancar, pastikan saldo pada kartu e-Toll Anda selalu mencukupi untuk membayar tol. Jika saldo kartu e-Toll habis, Anda harus melakukan top up kembali agar dapat digunakan untuk pembayaran tol.

Baca juga:6 Tips Aman Mengemudi Di Perjalanan Malam Naik Mobil

AutoFamily juga perlu memperhatikan kartu e-Toll yang digunakan. Setiap kendaraan yang menggunakan tol harus memiliki kartu e-Toll yang terdaftar di bawah nama pemilik kendaraan. Jangan menggunakan kartu e-Toll milik orang lain atau yang tidak terdaftar pada kendaraan yang digunakan, karena hal ini dapat menyebabkan kesalahan pembayaran dan merugikan Anda.

Setiap melakukan perjalanan yang melewati tol, persiapan yang dilakukan tidak hanya memastikan saldo e-toll Anda selalu tersedia. Penting juga bagi AutoFamily memastikan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima setiap kali hendak digunakan. Untuk itu, servis berkala mobil Anda di bengkel Auto2000.

Proses perawatan mobil bisa dilakukan lebih cepat dan efisien dengan booking online jadwal melalui Auto2000 Digiroom. Anda juga bisa memanfaatkan Auto2000 Home Service untuk perawatan mobil berkala di rumah.

Auto2000 juga memiliki dealer yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Bagi Anda yang ingin beli mobil baru Toyota, AutoFamily bisa berkunjung ke dealer terdekat. Sebelum ke dealer, Anda juga bisa mencari informasi mengenai mobil Toyota terlebih dahulu melalui Auto2000 Digiroom. Yuk, kunjungi Auto2000 sekarang juga dan temukan mobil impian Anda.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.