wisata alam jawa timur.webp

12 Wisata Alam Jawa Timur Yang Harus Dikunjungi!

Diterbitkan30 Apr 2024

Halo AutoFamily! Bingung mau ngapain saat mudik ke Jawa Timur? Bosan dengan wisata kuliner yang itu-itu saja? Tenang, wisata alam Jawa Timur menjadi solusi untuk Anda dan keluarga. Dari pantai yang indah, gunung yang menantang, hingga air terjun yang menyegarkan, Jawa Timur punya semuanya. Penasaran? Tanpa panjang lebar lagi, simak sampai tuntas artikel di bawah ini!


12 Wisata Alam Jawa Timur


Apabila saat ini Anda berada di Jawa timur, 12 wisata alam di bawah ini menjadi tempat wisata yang harus dikunjungi. Berikut tempat wisatanya.


1. Gunung Bromo


Siapa yang tak kenal dengan Gunung Bromo? Gunung ini punya keunikan tersendiri dengan pemandangan matahari terbitnya yang memukau. Gunung Bromo adalah salah satu gunung berapi aktif yang paling terkenal di Indonesia yang terletak di ketinggian sekitar 2.329 meter di atas permukaan laut, Gunung Bromo berada dalam empat wilayah kabupaten: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.


Bromo terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, gunung ini menjadi tujuan favorit para pendaki dan pecinta alam. Selain pemandangan gunung yang megah, Bromo juga menawarkan panorama padang pasir luas yang indah.


2. Kawah Ijen


Kawah Ijen terkenal karena fenomena blue fire-nya yang langka dan pemandangan kawah belerang yang unik. Terletak di Kabupaten Banyuwangi, kawah ini menjadi objek wisata yang menarik karena sublimasi gas belerang yang menghasilkan nyala biru yang hanya ada beberapa di dunia.


Ketika matahari mulai terbit, AutoFamily dapat menyaksikan panorama alam yang menakjubkan di sekitar kawah, termasuk kegiatan penambangan belerang yang menambah daya tariknya


JADWALKAN TEST DRIVE DI AUTO2000 DIGIROOM UNTUK MENIKMATI KEMUDAHAN DAN KENYAMANAN DALAM MENENTUKAN PILIHAN MOBIL ANDA


3. Taman Nasional Baluran


Taman Nasional Baluran menawarkan pengalaman safari yang unik di Jawa Timur. Berlokasi di ujung timur Pulau Jawa, kawasan ini ditandai oleh padang sabana yang luas, menjadikannya habitat ideal bagi berbagai satwa liar seperti banteng, kancil, burung merak, dan lainnya. Selain itu, taman nasional ini juga dikenal karena keberagaman spesies pohonnya yang dapat bertahan di kondisi gersang.


4. Air Terjun Madakaripura


Air Terjun Madakaripura adalah salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur, dengan ketinggian sekitar 200 meter. Terletak di Kabupaten Probolinggo, air terjun ini memiliki daya tarik yang unik karena terletak di dalam gua, memberikan suasana yang magis dan memukau bagi para pengunjungnya. Konon, tempat ini juga memiliki nilai sejarah karena menjadi tempat bertapa terakhir Patih Gadjah Mada sebelum moksa.


Baca Juga : 15 Rekomendasi Wisata Yogyakarta yang Menarik


5. Pantai Plengkung (G-Land)


Pantai Plengkung, atau yang lebih dikenal sebagai G-Land merupakan surga bagi para peselancar. Terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Pantai Plengkung dikenal karena ombaknya yang besar dan konsisten sepanjang tahun. Para peselancar dari seluruh dunia datang ke sini untuk menguji keberanian mereka menghadapi tantangan ombak yang memukau. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan hamparan pasir bersih yang memikat.


6. Pantai Klayar


Pantai Klayar yang berlokasi Pacitan adalah destinasi yang menakjubkan dengan kombinasi pasir putih, karang raksasa, dan air laut yang jernih. Terletak di sisi selatan Jawa Timur, Pantai Klayar menawarkan pemandangan alam yang memesona, termasuk formasi batu karang yang mirip Sphinx di Mesir. Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan air terjun alami dan air mancur yang menambah keindahan panorama pantai tersebut.


7. Pantai Papuma


Terletak di Jember, Pantai Papuma merupakan salah satu pantai yang paling indah di Jawa Timur. Dengan pasir putih yang halus dan pulau karang yang cantik, pantai ini menawarkan pemandangan yang sangat memesona. Selain itu, Papuma juga dikenal dengan tujuh karang besar yang menjadi ciri khasnya, menambah daya tarik bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam Jawa Timur.


BUAT PERJALANAN ANDA SELALU NYAMAN DAN AMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR PRIMA DI AUTO2000


8. Air Terjun Tumpak Sewu


Terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu air terjun terindah di Jawa Timur. Memiliki ketinggian sekitar 120 meter, air terjun ini memiliki aliran air yang menyerupai tirai yang memberikan pemandangan sangat memesona. Dikelilingi oleh hutan hijau dan tebing-tebing curam, Tumpak Sewu menjadi tempat yang sempurna bagi para pecinta alam dan fotografi.


9. Teluk Hijau (Pantai Wedi Awu)


Pantai Wedi Awu atau lebih dikenal sebagai Teluk Hijau adalah salah satu pantai dengan keunikan pasir hijau yang langka. Terletak di Kabupaten Malang, pantai ini menawarkan suasana yang tenang dan pemandangan yang memesona. Dikelilingi oleh tebing karang yang menjulang tinggi, Teluk Hijau merupakan tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam Jawa Timur.


Baca Juga : 10 Rekomendasi Wisata Kebumen, Wajib Dikunjungi!


10. Taman Nasional Alas Purwo


Taman Nasional Alas Purwo adalah salah satu taman nasional yang paling penting di Jawa Timur. Terletak di ujung paling timur Pulau Jawa, taman nasional ini menawarkan berbagai jenis ekosistem mulai dari hutan hujan tropis hingga pantai-pantai yang indah. Di dalamnya, terdapat berbagai spesies flora dan fauna langka sehingga menjadikannya sebagai tempat yang sangat berharga bagi konservasi alam.


11. Air Terjun Coban Rondo


Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu daya tarik utama di Kabupaten Malang. Memiliki ketinggian sekitar 84 meter, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan suasana yang menenangkan. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil mendengar gemericik air terjun yang mengalir. Coban Rondo juga merupakan bagian dari kelompok air terjun bertingkat yang terdiri dari Coban Manten dan Coban Dudo.


12. Pulau Sempu


Pulau Sempu adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari hiruk pikuk kota. Pulau yang ditumbuhi oleh hutan tropis dan dikelilingi oleh pantai-pantai yang indah. Salah satu daya tarik utamanya adalah Segara Anakan, sebuah danau asin yang terletak di tengah pulau. Pulau Sempu juga merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna, termasuk beberapa spesies yang dilindungi.


Jadi, itu dia 13 destinasi wisata alam Jawa Timur yang harus dikunjungi saat mudik. Jangan lewatkan pengalaman menakjubkan ini dengan mempersiapkan segala sesuatunya dengan teliti, termasuk kendaraan yang akan digunakan selama perjalanan.


Jika AutoFamily berencana menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik dan siap untuk menempuh perjalanan jauh. Untuk tip persiapan traveling lebih lanjut menggunakan mobil pribadi, kunjungi Auto2000 Digiroom. Kami menyediakan informasi berguna tentang persiapan perjalanan, perawatan mobil, dan tip keselamatan selama perjalanan.


Jika berencana untuk membeli mobil Toyota baru, kami memiliki berbagai promo menarik yang bisa kamu manfaatkan. Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk melihat berbagai pilihan mobil Toyota terbaru dengan penawaran spesial yang tidak boleh dilewatkan!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya sebagai ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.