perpanjang-sim-online-bogor_baru.jpg

Perpanjang SIM Online Bogor: Petunjuk dan Tips Lengkap

Diterbitkan25 Sep 2023

Berkendara menggunakan mobil ke berbagai tempat di Indonesia tentu memberikan pengalaman baru dengan suasana alam yang hijau dan hawa sejuk yang menyegarkan. Namun ada satu hal yang tetap harus AutoFamily perhatikan sebelum melakukan perjalanan, yaitu mengetahui kapan masa berlaku SIM habis. Kali ini AutoFamily akan diajak memahami cara perpanjang SIM online Bogor supaya setiap proses dilakukan dengan benar. 

Pastikan AutoFamily yang berdomisili di Bogor memahami informasi tentang syarat dan cara perpanjangan SIM secara online sehingga nantinya tidak bingung ketika masa berlaku SIM habis. 

Melalui penjelasan perpanjangan di artikel ini, AutoFamily diharapkan tidak terlambat melakukan perpanjangan agar tidak terkena denda saat berkendara. Jika AutoFamily butuh informasi berguna lainnya seputar otomotif, jangan ragu untuk mengunjungi Auto2000 Digiroom. 

Selain tersedia berbagai informasi bermanfaat yang akan menambah wawasan, AutoFamily juga bisa mencari spesifikasi mobil Toyota terbaru seperti halnya Toyota Fortuner 4x4

Mobil SUV satu ini punya semua yang AutoFamily butuhkan. Mulai dari ketangguhan mesinnya hingga kenyamanan dari berbagai fitur canggih, semuanya akan membuat perjalanan Anda pasti makin menyenangkan. 

Coba temukan informasi lainnya tentang Toyota Fortuner 4x4 di Auto2000 Digiroom dan mari mulai pembahasan cara perpanjangan SIM sekarang!

Persyaratan Perpanjang SIM Online Bogor

Sebelum Anda memulai proses perpanjang SIM online, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Perhatikan apa saja persyaratan perpanjangan SIM berikut ini.

Baca Juga: 2 Cara Perpanjang SIM Beda Daerah dengan Mudah

1. SIM Lama Masih Berlaku

Persyaratan pertama yang harus Anda perhatikan adalah memastikan bahwa SIM lama masih berlaku. Perlu diingat bahwa Anda hanya dapat memperpanjang SIM jika masa berlaku SIM yang lama belum habis. Jadi jangan lakukan perpanjangan setelah masa berlaku SIM habis. Coba mulai mengecek kapan tanggal berakhir masa berlaku SIM Anda sebelum memulai proses perpanjangan.

2. SIM Tidak Rusak

Persyaratan selanjutnya ialah SIM yang akan diperpanjang harus dalam kondisi fisik yang baik dan tidak rusak. SIM yang rusak atau cacat mungkin tidak dapat diperpanjang secara online. SIM lama ini diperlukan supaya Anda bisa melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memenuhi data yang diminta saat proses perpanjangan dimulai. 

Jika SIM mengalami kerusakan maka Anda perlu menggantinya terlebih dahulu di kantor polisi terdekat sebelum melakukan perpanjangan.

3. Identitas Diri yang Valid

Anda harus memiliki identitas diri yang valid, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau paspor. Identitas ini akan digunakan untuk proses perpanjangan SIM Anda. Jadi pastikan bahwa semua dokumen identitas diri yang sah masih dalam masa berlakunya.

Baca Juga: Telat Perpanjang SIM? Ini Solusinya Bagi Anda!

4. Pasfoto Terbaru

Ketika sudah memulai proses perpanjangan SIM, nantinya Anda akan diminta pasfoto yang masih baru. Pasfoto terbaru ini akan disematkan pada kartu SIM Anda yang baru sehingga pastikan kualitasnya bagus serta tidak buram. Perlu Anda pahami juga bahwa pasfoto tersebut harus memiliki latar belakang berwarna biru dengan resolusi 480 x 640 pixel.

JANGAN LUPA SERVIS MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

5. Biaya Perpanjangan

Untuk mengakhiri semua proses perpanjangan, Anda perlu menyiapkan biaya yang diperlukan sesuai dengan jenis SIM yang dimiliki. Biaya ini tergantung pada jenis SIM dan cara pengiriman kartu SIM yang sudah jadi. Jika Anda berniat mengambil sendiri ke Satpas maka tidak akan ada biaya tambahan untuk jasa pengiriman. 

6. Tanda Tangan di Atas Kertas Putih

Proses perpanjangan yang dilakukan secara online juga membuat Anda harus menggunakan tanda tangan digital. Itu sebabnya Anda juga perlu menyiapkan tanda tangan di atas kertas putih. Kemudian ambil foto tanda-tangan tersebut agar nantinya bisa diunggah sesuai keperluan proses perpanjangan SIM.