mobil-tidak-hidup-distarter.jpg

Mobil Tidak Hidup Saat Distarter? Inilah 5 Dugaan Penyebabnya

Diterbitkan22 Agu 2023

Penyebab mobil tidak hidup saat distarter biasanya karena bagian aki mobil sudah mulai usang ataupun soak. Komponen penyimpan energi listrik pada mobil ini memang akan mengalami penurunan fungsi seiring jangka waktu pemakaian.


Semakin lama waktu pakainya, maka aki akan semakin menurun kinerjanya. Namun, selain karena aki, apakah ada penyebab lain mobil tidak bisa distarter atau dihidupkan? Bisa jadi karena komponen aki mobil mengalami kendala dan berakibat mobil tidak bisa distarter.


Untuk mengatasi mobil yang mengalami kendala ini, sudah pasti Anda harus membawanya ke bengkel Auto2000 terdekat untuk diperbaiki. Cari informasi lebih lengkap mengenai berbagai jenis service Toyota yang ditawarkan Auto2000 sekarang juga!


Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mengetahui penyebabnya, agar Anda bisa merawat mobil Anda dengan lebih baik. Mari simak apa saja penyebab mobil tidak hidup saat distarter di bawah ini.


Penyebab Mobil Tidak Mau Hidup Saat Distarter

Berikut ini adalah informasi mengenai berbagai penyebab mobil Anda tidak hidup saat distarter. Dengan mempelajari hal ini, maka Anda akan bisa mengenali jika kejadian ini terjadi di kemudian hari.


1. Busi Mobil Kotor

Busi adalah komponen penting dalam proses starter mobil. Busi yang kotor bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa hidup saat distarter. Fungsi busi sendiri untuk menyediakan percikan api yang diperlukan dalam proses menyalakan bahan bakar dan udara yang dikompresi dalam mesin.


Busi terletak di atas katup-katup pembakaran mesin dan memiliki fungsi sebagai penghantar listrik ketika sistem pengapian mengirimkan arus listrik ke busi. Arus listrik yang diterima oleh busi akan menyebabkan percikan api di ujung busi dan terjadi pembakaran di ruang bakar.


Debu dan kotoran dapat menghambat percikan bunga api ketika proses starter dijalankan. Karenanya, Anda harus rutin melakukan pembersihan pada busi untuk mencegah kotoran menempel. Gosok bagian busi yang kotor dengan cairan penetran khusus.


Namun, bisa juga busi motor sudah tak dalam kondisi baik sehingga mobil susah dinyalakan saat kondisi mesin masih panas.Saat temperatur mesin sudah menurun, barulah mobil dapat dinyalakan.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN TOYOTA NEW ALPHARD DI AUTO2000

2. Aliran Bahan Bakar Tak Lancar

Agar bisa menyala, mesin mobil membutuhkan bahan bakar yang dialirkan dari tangki mesin. Akan tetapi, apabila aliran bahan bakar dari tangki ke mesin tidak terdistribusi dengan sempurna, maka mesin pun tak dapat dinyalakan.


Logikanya, bagaimana mungkin mesin bisa menyala tanpa bahan bakar, bukan? Untuk mengatasi masalah aliran bahan bakar filter yang terhambat, AutoFamily dapat melakukan pembersihan.


Tindakan pembersihan dilakukan pada tangki bahan bakar, fuel pump, filter, dan needle valve. Apabila tidak percaya diri untuk melakukan pembersihan sendiri, Anda dapat ke bengkel Auto2000 terdekat.


Baca juga:Penyebab Air Radiator Mobil Cepat Habis


3. Dinamo Starter/Ampere Rusak

Dinamo ampere atau kerap disebut alternator adalah komponen penting yang berfungsi mengalirkan listrik ke aki. Apabila dinamo ampere rusak atau bermasalah, maka ia dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa hidup saat distarter.


Namun, perlu AutoFamily ketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang gampang rusak. Artinya, bila komponen ini menurun performanya, bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah usia pakai yang sudah lebih dari delapan tahun.


Untuk mengatasinya, AutoFamily dapat melakukan perbaikan di bengkel resmi mobil Toyota.Teknisi yang berpengalaman akan periksa kondisi aki mobil Anda. Jika memang sudah melemah, maka aki harus segera diganti.


4. Bagian Koil Terlampau Panas

Di samping dinamo ampere dan busi motor, komponen lain yang juga berperan dalam proses starter kendaraan adalah koil.Bagian koil berfungsi menggandakan tegangan listrik dan kutub positif dalam jumlah besar ke aki.


Arus listrik ribuan voltmengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itulah mengapa jika koil terlalu panas, maka dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa nyala saat distarter.


Cara menangani masalah koil yang jadi penyebab mobil susah menyala adalah dengan pengecekan dan penggantian.


Selanjutnya, apabila koil benar-benar rusak (diketahui dari suhu panas yang dikeluarkan), maka mintalah penggantian komponen baru kepada montir agar kinerja mobil Toyota Anda kembali prima.


5. WTS (Water Temperature Sensor) yang Bermasalah

Apabila koil rusak, maka arus listrik ke aki maupun busi tidak akan tersampaikan, dan mobil pun tidak dapat distarter. Jadi untuk masalah koil dan wts atau water temperature sensor, Anda perlu memastikannya di bengkel Auto2000 di area tempat tinggal Anda untuk melakukan pengecekan koil.


Umumnya, penyebab mobil tidak bisa hidup atau sulit distarter adalah adanya komponen bagian dalam yang kotor, tersumbat, atau sudah usang.


Perlu diketahui bahwa penyebab kerusakan bisa juga dari sumber lainnya. Antara mobil Toyota juga bisa juga berbeda penyebabnya, untuk itu diperlukan pemeriksaan komprehensif di bengkel Auto2000.


Untuk itu, penting bagi AutoFamily melakukan perawatan berkala secara rutin di bengkel mobil terdekat agar mobil selalu dalam kondisi prima.

Baca juga:Penyebab dan Solusi Kopling Mobil Keras


Tips Mengatasi Mobil Tidak Nyala Saat Distarter

Untuk menghadapi mobil yang tidak bisa dihidupkan, Anda bisa melakukan beberapa langkah darurat sebagai berikut:


1.Cek Kondisi Aki Mobil

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah cek kondisiaki. Sering kali sumber masalah mobil yang tiba-tiba tidak bisa dihidupkan datang dari aki.


Ini karena jenis aki mobil merupakan komponen penting dari sistem kelistrikan mobil Anda. Perhatikan level ketinggian air aki. Level air aki yang rendah membuat mobil sulit untuk dihidupkan. Untuk itu, segera lakukan pengisian air aki.


2. Periksa Fuel Pump

Jika Anda tidak menemukan masalah pada aki, sekarang waktunya cek kondisi fuel pump. Cara mengetahui kondisi fuel pump tidaklah sulit. Anda cukup melihat indikator yang ada pada MID atau Multi Information Display di bagian dashboard mobil.


Apabila indikator check engine yang ada di dekat speedometer menyala, maka besar kemungkinan ada gangguan pada sistem injeksi bahan bakar Anda. Umumnya, masalah yang sering muncul adalah injektor bahan bakar Anda tersumbat dan kotor karena debu.

Jika memang ini yang terjadi, maka segera bersihkan fuel pump. Anda juga bisa meminta bantuan teknisi di bengkel Auto2000 terdekat untuk melakukan kalibrasi ulang agar performa fuel pump bisa kembali normal.


Baca juga: 6 Ciri Fuel Pump Mobil Rusak, Wajib Diperhatikan!


3. Membersihkan Karburator

Selain fuel pump, pada mobil yang masih mengusung teknologi pengabut bahan bakar maka karburator juga rentan tersumbat kotoran yang menumpuk. Padahal, sumbatan pada karburator dapat menghambat aliran udara dan juga bahan bakar yang menuju ke fuel pump.


Aliran udara dan bahan bakar yang terhambat akan membuat mobil sulit dihidupkan atau bahkan mobil tidak bisa hidup sama sekali. Karenanya, pastikan karburator dalam kondisi bersih.


4. Cek Sekring

Sudah cek aki, fuel pump, hingga karburator, tapi masih belum ketemu penyebabnya? Bisa jadi sumber masalahnya ada pada sekring.


Dalam sebuah mobil, sekring berhubungan dengan sistem kelistrikan. Gangguan pada sekring artinya mobil akan sulit dihidupkan. Coba cek kutub positif dan negatif sekring, lihat apakah kabelnya putus atau tidak


5. Periksa Dinamo Starter

Solusi terakhir, Anda bisa melakukan pengecekan pada komponen dinamo starter. Dinamo starter berfungsi untuk menggerakkan flywheel atau roda gila yang ada pada dapur pacu mobil.


Jika dinamo starter bermasalah, maka otomatis flywheel tidak akan bergerak dan mobil pun sulit hidup. Jika mobil tidak bisa hidup sama sekali, usahakan tidak panik. Apabila tidak percaya diri untuk melakukan pembersihan sendiri, Anda dapat ke bengkel Auto2000 terdekat.

Baca juga: 7 Ciri Dinamo Starter Mobil Lemah dan Solusinya


6. Periksa Suhu Koil Secara Rutin

Cara berikutnya untuk mengatasi masalah mobil yang tidak dapat dihidupkan adalah dengan memeriksa suhu koil secara teratur. Jika suhu koil mobil Anda terlalu tinggi atau panas, mesin mobil akan sulit dinyalakan.


Kalaupun mobil Anda dapat dihidupkan tetapi tetap tidak dapat bergerak, hal ini mungkin disebabkan oleh kerusakan pada koil mobil yang perlu segera diganti dengan yang baru.


7. Periksa Sekring Mobil

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah dengan memeriksa sekring mobil. Apabila sudah dipastikan aki mobil dan karburator dalam keadaan baik dan stabil, maka bisa saja penyebab potensial mobil tidak bisa distarter adalah sekring mobil.


Sekring memiliki dua kutub yakni kutub positif dan negatif yang dihubungkan dengan kabel penghubung. Saat kabel penghubung tersebut putus maka dampaknya adalah mobil jadi sulit distarter.


Baca juga: Ciri-Ciri Sekring Putus pada Mobil dan Solusinya


Jika Anda tidak yakin apa yang menyebabkan masalahnya, lebih baik membawa mobil ke bengkel atau mekanik terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut dan perbaikan supaya mobil bisa distarter kembali. Mari dapatkan service Toyota terbaik dari Bengkel Auto2000!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.