mesin-mobil-mati-ketika-gas-dilepas.jpg

Mobil Hilang Tenaga Saat Digas? Ini 9 Penyebabnya!

Diterbitkan12 Sep 2023

Tenaga mesin mobil ngempos saat digas pastinya sangat tidak menyenangkan untuk digunakan berkendara. Padahal kondisi mobil yang prima pasti dapat membantu melancarkan mobilitas AutoFamily.


Perlu disadari juga bahwa ketika mobil digunakan secara terus menerus tanpa perawatan yang benar, atau bahkan kondisi mobil Anda telah termakan usia, maka bisa jadi hal itu juga menjadi salah satu penyebab mobil hilang tenaga saat digas.


Oleh karena itu, apabila Anda mempertimbangkan menggantii mobil baru, Anda dapat memanfaatkan promo Serbu Auto2000 dan menikmati beragam keuntungan dari Auto2000, salah satunya berkesempatan memenangkan ratusan unit sepeda motor. Kesempatan ini cukup langka dan hanya berlaku hingga akhir Januari 2024!


Untuk mengetahui apa saja kemungkinan penyebab mobil hilang tenaga ketika digas dan bagaimana cara mengatasinya, baca hingga tuntas artikel ini.


Penyebab Mobil Tiba-tiba Hilang Tenaga Saat Digas

Mobil yang kehilangan tenaga atau gas mobil Anda ngempos akan berdampak pada banyak hal, salah satunya menyebabkan konsumsi BBM menjadi tidak efisien. Apabila hal ini dibiarkan, tentu mengakibatkan pengeluaran bensin membengkak.


Selain itu, kinerja mesin akan menjadi makin buruk seiring permasalahan ini dibiarkan begitu jasa. Coba cari tahu berbagai penyebab mobil hilang tenaga saat digas supaya Anda bisa memberikan respons terbaik untuk mengatasinya. Berikut ulasan selengkapnya.


1. Ring Piston Aus

Salah satu penyebab dari mobil yang hilang tenaga ketika digas adalah ring piston mengalami keausan. Fungsi ring piston sendiri ialah untuk menjaga kompresi mesin hingga mencegah kebocoran kompresi pada komponen mesin mobil.

Untuk itu fungsi ring piston jika optimal bisa digunakan untuk menghalau oli supaya tidak masuk ke ruang bakar dan mengurangi gesekan dinding silinder. Ketika mesin mobil dihidupkan, maka bagian luar ring piston akan terus bergesekan dengan dinding silinder.


Gesekan ini sudah pasti berlangsung secara terus menerus. Namun seiring berjalannya waktu akan ada efek buruk yang muncul. Apalagi ketika sudah lebih dari 5 tahun tidak dilakukan penggantian oli secara berkala.

Untuk menghindari terjadinya masalah di bagian ring piston ini, maka Anda tidak boleh lupa untuk melakukan penggantian oli mesin mobil karena bisa saja ada bagian mengalami kerusakan.


Baca juga: Ketahui Ciri-Ciri Oli Gardan Mobil Harus Diganti!


2. Blok Silinder Aus

Tidak hanya ring piston yang bisa mengalami keausan. Blok silinder mesin mobil pun juga bisa mengalami kejadian yang sama. Blok silinder memiliki fungsi untuk menjadi jalur pergerakan ring piston yang bisa menjadi aus kalau tidak ada proses pelumasan sempurna.


Pada dasarnya blok silinder memiliki kekuatan yang lebih jika dibandingkan dengan ring piston. Walaupun lebih kuat tapi tetap bisa mengalami keausan lebih cepat.


Intinya adalah jangan pernah lupa untuk mengecek kondisi oli mobil Anda ke bengkel Auto2000. Makin jarang oli diganti secara berkala maka dampak negatif bisa muncul lebih cepat.


3. Klep Bocor

Klep atau katup dalam mobil berfungsi untuk menjadi pintu masuk material seperti udara dan bensin dari intake. Selain itu klep juga dapat menjadi pintu keluar gas buang dari mesin ke knalpot. Apalagi sekarang makin banyak mobil dengan mesin sistem double katup (DOHC).


Jadi dalam satu silinder terdapat dua katup intake dan exhaust. Penyetelan celah katup yang kurang tepat bisa saja membuat kendaraan menjadi kekurangan tenaga.


Baca juga: Penyebab Klep Mobil Bengkok yang Wajib Anda Tahu


4. Gasket Kepala Silinder Robek

Gasket kepala silinder berfungsi untuk merapatkan komponen blok silinder dengan head cylinder. Sama-sama berbahan dasar logam, ketika gasket tidak bekerja dengan baik, maka bisa terjadi kebocoran kompresi di bagian sambungan.

Jadi gasket sangat penting agar tidak ada kebocoran. Kalau sudah robek atau bahkan berumur maka tinggal menunggu waktu sampai kebocoran itu mengganggu sistem kerja mesin mobil.


DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA ALPHARD HANYA DI AUTO2000!

5. Seal Busi Retak

Seal busi bisa mengalami keretakan kalau ada proses yang salah saat mengganti busi. Penggantian busi harus dibarengi dengan penggatian seal karena keduanya adalah satu kesatuan yang utuh. Namun jangan sampai Anda menggantinya secara mandiri.


Penggantian busi dan seal yang tidak dilakukan dengan baik dapat mengakibatkan kinerja mesin makin memburuk. Belum lagi kalau busi dan seal yang digunakan tidak sesuai rekomendasi pabrikan Toyota. Bukannya mesin mobil Anda bekerja lebih baik, justru malah lebih parah dari sebelumnya.


Oleh karena itu Anda dianjurkan untuk langsung membawa mobil ke bengkel Aut02000 untuk pemasangan busi dan seal dengan baik dan benar oleh para teknisi andal. Jadi komponen yang baru saja diganti dapat membuat kinerja mesin lebih optimal seperti sediakala.


Baca juga: Ciri-Ciri Busi Mati dan Dampaknya pada Mesin Mobil


6. Masalah Bahan Bakar

Kualitas bahan bakar yang buruk atau terkontaminasi dapat menyebabkan mesin mobil kehilangan tenaga saat digas.

Selain itu, penggunaan oktan BBM yang rendah membuat sistem pembakaran dalam mesin kurang optimal terutama jika mobil termasuk mobil keluaran tahun terbaru.


7. Filter Udara Tersumbat

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin dan dapat menyebabkan tenaga mobil hilang.

Penggantian komponen dilakukan jika pada saringan udara terdapat sobek atau lubang. Onderdil bisa juga diganti setelah pemakaian mencapai jarak 40 ribu kilometer.


8. Tekanan Bahan Bakar yang Rendah

Pompa bahan bakar yang rusak atau regulator tekanan bahan bakar yang tidak berfungsi dapat menyebabkan tekanan bahan bakar yang rendah.


9. Kerusakan pada Transmisi

Transmisi yang mengalami masalah, seperti slipping atau tidak berpindah gigi dengan baik, dapat mengurangi tenaga yang diteruskan ke roda.


Begitupun pada mobil matic, penyebab mobil kehilangan tenaga saat digas adalah adanya kerusakan pada tuas transmisi.


Baca juga: 22 Komponen Transmisi Manual pada Mobil


Cara Mengatasi Gas Mobil yang Ngempos

Setelah mengetahui berbagai faktor yang menyebabkan mobil kehilangan tenaga atau ngempos saat digas, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini:


1. Periksa Sistem Bahan Bakar

Pastikan tangki bahan bakar terisi cukup. Kemudian periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan pada sistem bahan bakar, termasuk selang bahan bakar dan filter bahan bakar. Selain itu, Anda perlu juga periksa apakah pompa bahan bakar berfungsi dengan baik.


2. Periksa Sistem Pengapian

Periksa busi dan kabel pengapian. Pastikan busi dalam kondisi baik dan tergantung pada perjalanan sebelumnya, pertimbangkan untuk mengganti busi yang sudah aus.

Kemudian Anda juga perlu pastikan sistem pengapian atau proses pembakaran berfungsi dengan baik. Jika ada masalah pada komponen seperti koil pengapian atau modul pengapian, perbaikilah secepat mungkin.

Baca juga: Sistem Kerja dan Fungsi Fuel Pressure Regulator


3. Periksa Sistem Udara

Pastikan sistem udara terbebas dari hambatan. Cek filter udara dan pastikan tidak ada debu atau kotoran yang menyumbatnya. Udara yang cukup bersih dan lancar sangat penting untuk proses pembakaran pada mesin.


4. Periksa Sistem Transmisi

Jika masalah terjadi saat mobil bergerak, periksa transmisi mobil. Transmisi yang bermasalah bisa mengakibatkan kehilangan tenaga saat mobil melaju.


5 Konsultasikan dengan Mekanik di Bengkel Auto2000

Jika Anda tidak dapat menemukan penyebab masalah setelah melakukan pemeriksaan, sebaiknya konsultasikan masalah ini dengan mekanik atau teknisi otomotif yang berpengalaman.


Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih mendalam menggunakan peralatan khusus untuk menemukan akar penyebab masalah. Kemudian jangan sembarangan memilih bengkel untuk melakukan servis mobil berkala, pilih segera bengkel Auto2000!


Baca juga: 16 Alat Bengkel Otomotif & Fungsinya untuk Mobil


Tips Menginjak Pedal Gas Mobil yang Benar

Menginjak pedal gas mobil dengan benar dapat memberikan kendali yang lebih baik, meningkatkan efisiensi bahan bakar, dan menjaga kinerja mesin. Berikut adalah beberapa tips menginjak pedal gas mobil dengan benar


1. Responsif dan Bertahap

Injaklah pedal gas secara bertahap dan hindari akselerasi mendadak untuk meningkatkan kontrol dan efisiensi bahan bakar.


2. Gunakan Sepenuhnya Saat Diperlukan

Gunakan pedal gas sepenuhnya hanya saat diperlukan, seperti saat mendaki bukit atau melewati kendaraan lain.


3. Hindari Menginjak Rem dan Gas Bersamaan

Hindari menginjak pedal rem dan gas secara bersamaan, kecuali dalam keadaan darurat, untuk menghindari konflik antara sistem rem dan gas.


4. Pelajari Respons Mesin Mobil

Pahami cara mesin mobil merespons penggunaan pedal gas agar dapat mengoptimalkan kinerja dan efisiensi bahan bakar.


5. Jaga Kecepatan Stabil

Pertahankan kecepatan kendaraan sebisa mungkin dalam lalu lintas lancar untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab mobil hilang tenaga saat digas, cara mengatasinya serta tips menginjak gas yang tepat. Apabila Anda ingin melakukan perawatan rutin sekaligus memeriksa kondisi pedal gas mobil Anda, segera berkonsultasi dengan teknisi bengkel Auto2000.


Baca juga: Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula


Auto2000 adalah bengkel resmi mobil Toyota di Indonesia. Dengan komitmen untuk memberikan pelayanan optimal kepada seluruh pelanggan, mobil AutoFamily akan kembali prima setelah melakukan servis di Auto2000.


Tersebar di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Bali, kunjungi Auto2000 Digiroom untuk informasi lebih lanjut.

Lakukan booking service online kapan saja di cabang Auto200 terdekat Anda dan dapatkan berbagai promo dan spesifikasi terbaru mobil baru Toyota di tahun 2023!


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.