mobil tidak bisa starter tapi aki bagus

Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Starter Tapi Aki Bagus

Diterbitkan16 Apr 2024

Mobil tidak bisa starter tapi aki bagus menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan. Meskipun aki terlihat dalam kondisi baik dan memiliki daya listrik yang cukup, mobil tetap gagal untuk menyala saat tombol starter ditekan.


Ada beberapa penyebab yang mungkin menjadi akar permasalahan ini, mulai dari masalah dengan starter motor, kabel-kabel yang longgar atau rusak, hingga masalah pada ignition switch atau sakelar pengapian.


Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan perbaikan di bengkel Auto2000. Namun, penting juga bagi AutoFamily memahami lebih dalam penyebab mobil tidak bisa starter serta cara mengatasinya di bawah ini.


Mengapa Mobil Tidak Bisa Starter Meskipun Aki Bagus?

Mobil yang tidak bisa starter meskipun aki dalam kondisi baik bisa menjadi masalah yang cukup mengganggu. Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini, mulai dari kelistrikan mobil hingga sistem bahan bakar. Untuk itu, penting bagi Anda  memahami penyebab dari masalah tersebut berikut ini.


1. Starter Motor Bermasalah

Salah satu alasan utama mobil tidak bisa starter adalah adanya masalah pada starter motor. Komponen ini bertugas untuk memutar mesin saat tombol starter ditekan. Jika starter motor mengalami kerusakan atau keausan, mobil tidak bisa dinyalakan meskipun aki dalam kondisi baik. Periksa apakah ada bunyi aneh atau tanda-tanda keausan pada starter motor, dan perbaiki atau ganti jika diperlukan di bengkel Auto2000.


2. Kabel-Kabel Kelistrikan Rusak atau Longgar

Kabel-kabel kelistrikan yang rusak atau longgar juga dapat menjadi penyebab mobil tidak bisa starter. Hubungan yang tidak baik antara aki, starter motor, dan sakelar starter dapat menghambat aliran listrik yang diperlukan untuk memulai mesin. Pastikan semua kabel kelistrikan terhubung dengan baik dan tidak mengalami kerusakan fisik. Lakukan pemeriksaan mendetail dan perbaikan jika diperlukan.


Baca Juga: Berbagai Arti Warna Kabel Mobil dan Fungsinya


3. Ignition Switch Bermasalah

Ignition switch atau sakelar pengapian adalah komponen yang digunakan untuk menyalakan atau mematikan mesin. Jika ignition switch mengalami kerusakan atau keausan, mobil mungkin tidak akan merespon ketika tombol starter ditekan, meskipun aki dalam kondisi baik. Periksa apakah ada tanda-tanda keausan atau kerusakan pada ignition switch, dan ganti jika diperlukan di bengkel Auto2000.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000

4. Relay Starter Bermasalah

Relay starter merupakan komponen yang bertanggung jawab untuk mengontrol aliran listrik menuju starter motor saat tombol starter ditekan. Jika relay starter mengalami kerusakan atau keausan, mobil mungkin tidak dapat dinyalakan meskipun aki dalam kondisi baik. Periksa relay starter untuk memastikan bahwa itu berfungsi dengan baik, dan ganti jika diperlukan di bengkel Auto2000 terdekat.


5. Sistem Bahan Bakar Tidak Optimal

Meskipun aki dalam kondisi baik, mobil juga memerlukan sistem bahan bakar yang berfungsi dengan baik untuk bisa menyala. Masalah seperti kebocoran bahan bakar, tekanan bahan bakar yang rendah, atau injektor yang tersumbat dapat menghambat proses penyalaan mesin. Lakukan pemeriksaan sistem bahan bakar secara menyeluruh dan perbaiki masalah yang ditemukan di bengkel Auto2000 untuk mengatasi masalah mobil tidak bisa starter.


Baca Juga: Sistem Kerja dan Fungsi Fuel Pressure Regulator


AutoFamily perlu tahu jika penyebab di atas bisa saja berbeda antar mobil Toyota. Pemeriksaan komprehensif di bengkel Auto2000 perlu dilakukan untuk menentukan sumber masalah yang tepat.


Langkah-Langkah Mengatasi Masalah Mobil Tidak Bisa Starter

Untuk mengatasi masalah mobil tidak bisa starter tapi aki bagus, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut.


1. Periksa Kelistrikan Mobil Secara Menyeluruh

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kelistrikan mobil secara menyeluruh di bengkel Auto2000. Pastikan semua kabel dan konektor kelistrikan terhubung dengan baik dan tidak mengalami kerusakan. Periksa juga keberadaan sekring yang mungkin rusak dan ganti jika diperlukan. Pastikan tidak ada kebocoran arus atau korsleting yang dapat mengganggu aliran listrik dalam sistem.


2. Periksa Kondisi Kabel dan Sambungan Kelistrikan

Setelah itu, periksa kondisi kabel dan sambungan kelistrikan yang terhubung dengan starter motor dan aki. Pastikan tidak ada kabel yang terkelupas, terputus, atau longgar. Kabel yang rusak atau longgar dapat mengganggu aliran listrik yang diperlukan untuk memulai mesin. Jika ditemukan kabel yang rusak atau longgar, perbaiki atau ganti segera di bengkel Auto2000.


3. Periksa Sistem Starter dan Komponennya

Selanjutnya, periksa sistem starter dan komponennya seperti starter motor, relay starter, dan sakelar starter. Pastikan starter motor berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan atau keausan yang dapat menghambat proses starter.


Baca Juga: 9 Komponen Sistem Starter Mobil


Periksa juga relay starter dan sakelar starter untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik. Ganti komponen yang rusak atau mengalami keausan jika diperlukan di bengkel Auto2000.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM

4. Periksa Sistem Pengapian dan Bahan Bakar

Cek juga sistem pengapian dan bahan bakar mobil. Pastikan sistem pengapian berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah pada busi, kabel busi, atau distributor. Periksa juga sistem bahan bakar untuk memastikan tidak ada kebocoran bahan bakar atau masalah pada tekanan bahan bakar. Sistem pengapian dan bahan bakar yang tidak optimal dapat menghambat proses starter mesin.


5. Mengganti Aki Mobil yang Sudah Lemah

Jika semua langkah di atas telah dilakukan namun mobil masih tidak bisa starter, pertimbangkan untuk mengganti aki mobil yang sudah lemah atau habis masa pakainya. Meskipun aki terlihat dalam kondisi baik, namun mungkin telah kehilangan kemampuan untuk menyimpan dan menghasilkan energi listrik yang cukup untuk memulai mesin. Ganti aki mobil dengan yang baru sesuai dengan spesifikasi di bengkel Auto2000.


Masalah mobil tidak bisa starter meskipun aki dalam kondisi baik dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kelistrikan mobil hingga sistem bahan bakar. Penting bagi AutoFamily untuk memahami penyebab umum masalah ini dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya.


Perawatan berkala juga sangat penting untuk mencegah masalah mobil tidak bisa starter dengan melakukan booking service di Auto2000. Cara booking service Toyota dapat dilakukan melalui Auto2000 Digiroom. Yuk kunjungi Auto2000 sekarang juga dan tingkatkan performa mobil Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.