Cancel

Mobil Tak Bisa Jalan Akibat Kopling Selip

Saat koping selip mobil memang terkadang masih berjalan. Namun jika kampas kopling yang sudah aus tapi dipaksa terus beroperasi, bisa mengakibatkan mobil benar-benar tak bisa jalan sama sekali meskipun mesin maupun transmisi terasa normal. Pedal gas masih dapat dimainkan, gigi transmisi pun dapat dipindah-pindahkan, tapi mobil seolah tidak bertenaga.

Penyebab Kopling Selip yang Membuat Mobil Tidak Bisa Jalan

AutoFamily harus memahami penyebab kopling mobil selip sebelum membawanya ke bengkel. Simak uraiannya di bawah ini.

1. Jarak Pedal Kopling Terlalu Rapat

Jarak main bebas pedal kopling jangan terlalu rapat, karena bisa menyebabkan kopling menjadi selip. Pedal kopling yang disetel dengan rapat membuat kendaraan berada dalam posisi menekan. Akibatnya, pressure plate akan tertarik ke belakang. Jepitan pada kampas kopling malah menjadi kendor.

Terjadilah gesekan antara kampas kopling dengan flywheel dan pressure plate yang sangat kuat. Kampas kopling semakin panas dan mudah mengalami selip. Karena itu, perhatikan jarak main bebas pedal kopling yang dipasang.

2. Pegas Kopling Lemah

Kondisi pegas kopling yang lemah bisa menjadi penyebab kopling mobil selip. Pasalnya, pegas kopling mobil dibuat untuk menekan pressure plate agar gaya tekan bisa diteruskan ke kampas kopling.

Pegas yang lemah tidak bisa mendorong pressure plate agar menekan kampas. Kopling pada kendaraan akan mengalami selip dan tenaga putarnya tidak bisa diteruskan dengan baik.

3. Kampas Kopling Aus

Kampas kopling yang aus dan sudah habis bisa menyebabkan kopling mobil mengalami selip. Padahal, kampas memiliki fungsi yang krusial, yaitu meneruskan tenaga dari mesin menuju transmisi.

Kampas kopling yang aus ini terjadi akibat gesekan pada alat ini. Terutama jika mobil dinyalakan terus-menerus, perlahan-lahan kampas menjadi aus dan tenaga yang disalurkan ke arah transmisi pun berkurang. Akibatnya, kopling mobil mengalami selip sehingga mobil susah dijalankan.

Baca juga: Mengenal Komponen Kopling Mobil Beserta Fungsi

Tanda Kopling Selip

Cermati gejala-gejala ini jika muncul saat tengah berkendara.

  1. Tenaga mesin terasa berkurang
     
  2. Antara RPM dan kecepatan tidak sebanding
     
  3. Bau angus dari bagian mesin

Kemunculan ketiga gejala di atas adalah pertanda telah terjadi masalah dengan kampas kopling kendaraan Anda. Segera periksa kampas kopling. Kemungkinan besar komponen yang sangat penting dalam meneruskan tenaga dari mesin, transmisi hingga ke roda-roda ini sudah habis (tipis).

Baca juga: Mengenal 5 Jenis dan Fungsi Kopling Mobil

Tips Menghemat Kanvas Kopling

Karena itu, sebelum mengalami kopling selip kami sangat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara berkala sehingga penyebab kopling mobil selip dan aus dapat segera dideteksi. Segera ganti jika ketebalannya sudah tidak memadai. Upaya untuk lebih menghemat kanvas kopling juga dapat kita lakukan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan misalnya:

  1. Kurangi kebiasaan meletakkan kaki / menginjak pedal kopling ketika kendaraan tengah berjalan
     
  2. Saat melewati tanjakan, gunakan rem tangan untuk menahan agar kendaraan tidak mundur. Bukan dengan cara menginjak setengah kopling.
     
  3. Lakukan perpindahan gigi ketika RPM mesin telah turun (dan saat melakukan perpindahan gigi jangan menahan pada RPM tinggi.
     
  4. Lakukan pemeriksaan free play pedal kopling secara berkala.

Baca juga: 11 Komponen Kopling Manual Beserta Fungsinya

Bila keadaannya sudah parah, satu-satunya cara adalah mendatangi bengkel untuk melakukan penggantian plat kopling. Bawa mobil anda ke bengkel resmi toyota agar ditangani oleh mekanik profesional dan berpengalaman dengan segala keluhan AutoFamily. Booking sekarang juga melalui website Auto2000 dan datangi bengkelnya yang tersebar di semua kota di Indonesia.

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Mobil Aman Tetap Prima dengan Promo Mantap
Hai AutoFamily!

Mobil lebih awet dan prima dengan promo Mobil Aman Tetap Prima dari Auto2000. Dapatkan diskon 10% untuk pembelian TMO Injector Cleaner melalui Auto2000 Digiroom. Dapatkan juga berbagai diskon suku cadang dan aksesoris hingga 30% selama bulan September ini.

Tunggu apa lagi? Dapatkan promo mantap dengan klik button di bawah ini.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
01 September 2022
Promo September Ceria Bersama THS
Hai AutoFamily!

Servis mobil yang profesional dan terjamin seringkali sulit ditemukan dilokasi anda. Jangan khawatir, servis Toyota yang profesional, lengkap bahkan tanpa biaya kunjungan kini hadir di manapun lokasi Auto Family dengan layanan THS dari Auto2000.

Nikmati mudahnya servis dari lokasi Anda dengan program September Ceria bersama THS dari Auto2000. Dapatkan TMO Cabin Disinfectant secara Gratis untuk setiap Servis Berkala & ganti oli selama bulan September 2022. Selain itu AutoFamily juga masih bisa menggunakan fasilitas Free Check Up kendaraan via THS selama program ini berlangsung.

Yuk booking THS sekarang dan dapatkan promonya!
01 September 2022
Promo - Pengecekan Komponen Toyota Bali
Hai AutoFamily Bali!

Tak hanya kesehatan tubuh, kesehatan Toyota AutoFamily juga perlu dijaga lho agar selalu prima!

Beberapa komponen Toyota seperti aki (battery), kopling, shock absorber dan ban memiliki peran yang cukup vital. Dengan menyepelekan perawatan keempatnya akan merugikan diri sendiri lho!

Yuk, lakukan pengecekan komponen Toyota AutoFamily sekarang juga! Tersedia pengecekan GRATIS dan diskon part hingga 700 Ribu* loh.

Tunggu apalagi? Yuk, segera isi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk pengecekan komponen Toyotamu.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
12 September 2022
Hemat servisnya banyak untungnya
Jangan sampai ketinggalan perawatan hemat kendaraanmu dengan promo-promo istimewa bulan ini. Dapatkan diskon hingga 30% untuk jasa dan 15% untuk Sparepart saat melakukan pemesanan berbagai layanan servis di program Auto Sehat Hemat Servisnya, Banyak Untungnya. Dapatkan juga Oli TMO Synthetic secara Gratis setiap pemesanan servis berkala dan THS dengan menggunakan kode promo.*

Ini dia beberapa paket servis (kode promo) yang bisa AutoFamily gunakan:
- SEHATOLI → Free 1L Oli TMO Synthetic senilai Rp 101.000 untuk Pemesanan Servis Berkala atau pekerjaan Ganti Oli.
- SEHATKOPLING → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Kopling.
- SEHATSHOCK → Diskon Jasa 30% dan Part 15% untuk Pekerjaan Ganti Shock Abs.
- SEHATAKI → Diskon Jasa 30% dan Part 10% untuk Pekerjaan Ganti Aki.
- SEHATBAN → Diskon Ban 10% untuk Pekerjaan Ganti Ban.
- SEHATBRAKE → Diskon Jasa 30% dan diskon Part 10% untuk Brake Pad dan Brake Shoe (Non-Servis Berkala).

Promo ini dapat didapatkan melalui :
1. Pemesanan melalui Website Auto2000 Digiroom, dengan mengisi form di bawah ini.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
01 Agustus 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF