Mobil Tak Bisa Jalan Akibat Kopling Selip"/>

LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Mobil Tak Bisa Jalan Akibat Kopling Selip

Cermati gejala-gejala ini jika muncul saat tengah berkendara.– Tenaga mesin terasa berkurang– Antara RPM dan kecepatan tidak sebanding– Bau angus dari bagian mesin
Kemunculan ketiga gejala di atas adalah pertanda telah terjadi masalah dengan kanvas kopling kendaraan Anda. Segera periksa kanvas kopling. Kemungkinan besar komponen yang sangat penting dalam meneruskan tenaga dari mesin, transmisi hingga ke roda-roda ini sudah habis (tipis).

Saat tiga gejala di atas muncul, mobil memang terkadang masih berjalan. Namun jika kanvas kopling yang sudah aus tapi dipaksa terus beroperasi, bisa mengakibatkan mobil benar-benar tak bisa jalan sama sekali meskipun mesin maupun transmisi terasa normal. Kondisi inilah yang sering disebut para mekanik dengan istilah kopling selip. Pedal gas masih dapat dimainkan, gigi transmisi pun dapat dipindah-pindahkan, tapi mobil seolah tidak bertenaga.
Bila keadaannya sudah demikian, satu-satunya cara adalah mendatangi bengkel untuk melakukan penggantian plat kopling.

Karena itu, sebelum mengalami kopling selip kami sangat menyarankan untuk melakukan pemeriksaan kendaraan secara berkala sehingga kanvas kopling yang akan aus dapat segera dideteksi. Segera ganti jika ketebalannya sudah tidak memadai. Upaya untuk lebih menghemat kanvas kopling juga dapat kita lakukan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan misalnya:
​​​​​​​
1. Kurangi kebiasaan meletakkan kaki / menginjak pedal kopling ketika kendaraan tengah berjalan2. Saat melewati tanjakan, gunakan rem tangan untuk menahan agar kendaraan tidak mundur. Bukan dengan cara menginjak setengah kopling.3. Lakukan perpindahan gigi ketika RPM mesin telah turun (dan saat melakukan perpindahan gigi jangan menahan pada RPM tinggi.4. Lakukan pemeriksaan free play pedal kopling secara berkala.
(AstraWorld)

Share this article
Tanya Tasia