mobil tidak dipakai setahun.webp

Panduan Lengkap Merawat Mobil Tidak Dipakai Setahun

Diterbitkan15 Mar 2024

Apabila mobil tidak dipakai setahun, maka perlu dilakukan perawatan khusus untuk menjaga kondisinya tetap optimal saat kembali digunakan. Mobil yang dibiarkan tidak aktif selama jangka waktu yang panjang rentan mengalami berbagai masalah, seperti ban kempis, baterai mati, atau bahkan kerusakan mesin. 


Oleh karena itu, penting untuk melakukan langkah-langkah tertentu seperti menjaga tekanan ban, menjaga baterai tetap terisi, dan melakukan perawatan mesin secara berkala agar mobil tetap dalam kondisi prima ketika Anda hendak menggunakannya kembali. 


Kalau begitu, mari simak beberapa tahapan penting dalam merawat mobil yang sudah tidak dipakai setahun di bawah ini. 


Mengapa Merawat Mobil yang Tidak Dipakai Setahun Penting?

Mobil yang tidak digunakan selama setahun dapat mengalami berbagai masalah, terutama terkait dengan komponen yang jarang terpakai. Aki mobil adalah salah satu yang paling rentan, karena jarang digunakan sehingga dapat kehilangan daya secara bertahap dan bahkan bisa mati sepenuhnya. 


Tidak hanya itu, kualitas bahan bakar dalam tangki mobil juga berubah lebih rendah, karena tidak digunakan dan menghasilkan residu yang dapat menyebabkan masalah pada sistem bahan bakar dan mesin mobil.


Selain masalah dengan aki dan bahan bakar, mobil yang tidak dipakai selama setahun juga rentan terhadap kerusakan pada berbagai komponen lainnya. Mesin mobil, misalnya, dapat mengalami masalah karena jarang digunakan, seperti karat pada bagian-bagian yang biasanya terpapar oleh pelumasan oli. 


Sistem suspensi juga bisa mengalami kerusakan akibat tekanan yang konstan pada satu titik, terutama jika mobil dibiarkan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. Ban mobil juga bisa mengalami deformasi karena tekanan yang tidak merata selama masa tidak digunakan.


DAPATKAN PERAWATAN MOBIL YANG COCOK SESUAI DENGAN MODEL MOBIL TOYOTA ANDA DENGAN PAKET SERVIS TOYOTA DARI AUTO2000 DIGIROOM


Langkah-langkah Merawat Mobil yang Tidak Dipakai Setahun

Merawat mobil tidak dipakai setahun memerlukan langkah-langkah khusus untuk menjaga kondisi kendaraan tetap optimal saat tidak digunakan. Berikut beberapa langkah yang dapat AutoFamily lakukan untuk merawat mobil yang tidak aktif digunakan selama jangka waktu yang lama.


1. Perawatan Mesin dan Oli

Penting untuk melakukan perawatan mesin secara berkala meskipun mobil tidak digunakan. Ini termasuk mengganti oli mesin sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan pabrikan. Oli yang dibiarkan dalam mesin untuk jangka waktu yang lama menjadi kental atau terkontaminasi oleh endapan, yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. 


2. Menggunakan Bahan Bakar yang Tepat

Saat tidak menggunakan mobil selama setahun, penting untuk menggunakan bahan bakar yang tepat agar tidak menghasilkan residu yang dapat merusak sistem bahan bakar dan mesin mobil. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang berkualitas baik dan hindari mengisi tangki mobil dengan bahan bakar yang sudah lama disimpan, karena ini dapat mengandung air atau kontaminan lain.


Baca juga: Apa itu Engine Mounting dan Cara Mengatasinya?


3. Memeriksa Tekanan Udara Ban secara Berkala

Tekanan udara dalam ban mobil bisa berkurang secara alami seiring waktu, bahkan ketika mobil tidak digunakan. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala memeriksa dan mengisi ulang tekanan udara dalam ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan udara yang kurang dapat menyebabkan ban mengalami kerusakan atau deformasi, yang dapat membahayakan keselamatan Anda saat mengemudi.


4. Memeriksa Kondisi Suspensi secara Rutin

Meskipun mobil tidak digunakan, sistem suspensi masih bisa mengalami kerusakan akibat tekanan yang konstan pada satu titik jika mobil dibiarkan dalam posisi yang sama dalam waktu yang lama. 


Untuk itu, penting secara rutin memeriksa kondisi suspensi mobil dan memastikan tidak ada kerusakan atau kebocoran pada komponen-komponen suspensi. Dalam hal ini, Anda pun dapat memastikan kenyamanan dan keamanan saat mobil digunakan kembali setelah tidak digunakan selama setahun.


NIKMATI PERJALANAN BERSAMA KELUARGA YANG NYAMAN DENGAN MENJAGA KONDISI MOBIL AGAR SELALU PRIMA DI AUTO2000


5. Perawatan Eksterior dan Interior

Selain merawat bagian mesin dan komponen teknis lainnya, perawatan eksterior dan interior juga penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan mobil yang tidak dipakai selama setahun. 


Bagian eksterior mobil rentan terhadap debu, kotoran, dan kerusakan akibat paparan cuaca dan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin membersihkan dan melindungi cat mobil dengan mencuci dan melapisi pelindung cat. Selain itu, perhatikan juga kaca, lampu, dan aksesori eksterior lainnya untuk memastikan tetap bersih dan berfungsi dengan baik.


Di bagian interior, kendaraan yang tidak digunakan selama setahun bisa mengalami masalah seperti bau tidak sedap, kelembapan, atau bahkan serangan hama. Untuk itu, lakukan pembersihan menyeluruh di dalam mobil dengan vakum, lap basah, dan pengharum ruangan khusus mobil. 


Pastikan juga untuk menjaga kelembapan di dalam mobil dengan menggunakan pengering udara atau karbon aktif jika perlu. Lakukan juga pengecekan pada kain jok, dashboard, dan trim interior lainnya untuk memastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda kerusakan. 


Mobil yang tak dipakai dalam waktu lama bisa juga bawa ke bengkel Auto2000 untuk diperiksa kondisinya. Gunakan saja KUPON SERVIS, hanya dengan Rp 80 ribu maka mobil tersebut akan kami pastikan kondisinya agar kembali menuju performa optimal.


Baca juga: 6 Alasan Pentingnya Melakukan Pembersihan Interior Mobil Anda

Penyimpanan yang Tepat untuk Mobil yang Tidak Dipakai Setahun

Penyimpanan yang tepat untuk mobil yang tidak dipakai selama setahun termasuk langkah penting dalam menjaga kondisi kendaraan Anda. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tempat penyimpanan yang ideal.


1. Menemukan Tempat Penyimpanan yang Aman dan Tepat

Saat memilih tempat penyimpanan untuk mobil yang tidak akan digunakan selama setahun, pastikan untuk menemukan lokasi yang aman dan tepat. Cari tempat yang memiliki ventilasi yang baik untuk menghindari kelembapan di dalam mobil yang dapat menyebabkan korosi atau tumbuhnya jamur


Selain itu, pastikan tempat penyimpanan terlindung dari cuaca ekstrem seperti hujan, panas berlebih, atau sinar matahari langsung yang dapat merusak bagian eksterior dan interior mobil.


Baca juga: Penjelasan dan Fungsi Gearbox Mobil


2. Menggunakan Penutup Mobil untuk Melindungi dari Debu dan Kotoran

Selain menemukan tempat penyimpanan yang aman, Anda juga bisa menggunakan penutup mobil untuk melindungi kendaraan dari debu dan kotoran yang dapat merusak tampilan mobil. Penutup mobil dapat membantu menjaga kebersihan dan menjaga cat mobil tetap terlindungi dari goresan halus atau kerusakan lainnya.


3. Memeriksa Kondisi Lingkungan Penyimpanan

Selain memperhatikan tempat penyimpanan secara fisik, penting juga untuk memeriksa kondisi lingkungan penyimpanan seperti kelembapan udara dan suhu. Pastikan lingkungan penyimpanan memiliki kelembapan yang terkendali dan suhu yang stabil, karena lembap berlebih atau suhu yang ekstrem dapat menyebabkan korosi atau kerusakan pada komponen mobil.


Merawat mobil tidak dipakai setahun sangat penting untuk mencegah potensi kerusakan akibat jarang digunakan. Melalui langkah-langkah perawatan yang tepat, AutoFamily bisa menjaga kondisi mobil tetap dalam kondisi baik meskipun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. 


Baca juga: Penyebab Bodi Mobil Miring ke Kanan dan Solusinya!


Pastikan juga untuk melakukan servis berkala meskipun mobil jarang digunakan. Tersedia layanan gratis service Auto2000 yang bisa Anda manfaatkan, terutama bagi AutoFamily yang baru saja membeli mobil. Yuk kunjungi Auto2000 sekarang juga untuk tingkatkan performa mobil Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.