Bodi Mobil Miring

Penyebab Bodi Mobil Miring ke Kanan dan Solusinya!

Diterbitkan14 Mar 2024

Apakah AutoFamily pernah mengemudi mobil dan merasa seperti bodi mobil miring ke kanan? Fenomena ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa berpotensi menjadi masalah keselamatan yang serius. Bodi mobil yang miring ke kanan bisa menjadi tanda adanya masalah yang perlu segera diatasi. Sebelum memulai perjalanan panjang atau pergi ke bengkel, penting untuk memahami penyebab dan solusi yang tepat untuk mengatasinya.


Salah satu penyebab utama bodi mobil yang miring ke kanan adalah berat kendaraan tidak seimbang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari perbedaan tekanan udara di ban hingga distribusi beban yang tidak merata di dalam mobil. Selain itu, komponen suspensi yang aus atau rusak juga dapat menyebabkan mobil cenderung miring ke satu sisi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, simak di bawah ini!


5 Penyebab Bodi Mobil Miring ke Kanan

Bodi mobil miring ke kanan dapat menjadi masalah yang mengganggu dan berpotensi berbahaya bagi keselamatan berkendara. Berikut adalah lima penyebab umum di balik fenomena ini:


1. Tekanan Udara di Ban Tidak Seimbang

Perbedaan tekanan udara antara ban kanan dan ban kiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kebocoran yang tidak terdeteksi atau kurangnya perawatan rutin terhadap ban. Kondisi jalan dan suhu udara juga dapat mempengaruhi tekanan udara dalam ban. 


Tekanan udara yang tidak seimbang akan menyebabkan ban yang lebih rendah tekanannya memiliki diameter yang sedikit lebih kecil sehingga mengakibatkan mobil cenderung miring ke arah ban dengan tekanan yang lebih rendah.Hal ini dapat disadari terutama saat melakukan perjalanan pada kecepatan tinggi di jalan tol, di mana perbedaan kecil dalam tekanan udara ban bisa terasa lebih signifikan.


2. Komponen Suspensi Aus atau Rusak

Penyebab bodi mobil miring ke kanan selanjutnya adalah komponen suspensi yang mengalami keausan atau rusak. Suspensi mobil yang sehat sangat penting untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan mobil. 


Namun, seiring waktu dan pemakaian, komponen-komponen suspensi seperti per dan bushing bisa mengalami keausan atau kerusakan. Suspensi yang tidak seimbang, misalnya per di satu sisi mobil yang lebih lemah atau rusak, dapat menyebabkan mobil miring ke arah yang terkena dampak.


SEGERA BOOKING SERVICE MOBIL TOYOTA ANDA SECARA ONLINE DI AUTO2000 DIGIROOM! 


3. Distribusi Beban yang Tidak Merata

Distribusi beban yang tidak merata di dalam mobil dapat menyebabkan masalah keseimbangan. Misalnya, jika terlalu banyak penumpang atau beban di satu sisi mobil, akan ada kecenderungan mobil untuk miring ke arah beban yang lebih berat. Pengecekan beban dan distribusi barang secara merata di bagasi atau ruang kargo adalah langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah ketidakseimbangan ini.


Baca juga:Apa itu Engine Mounting dan Cara Mengatasinya?


4. Kerusakan Pada Sistem Rem 

Sistem rem yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk keselamatan berkendara. Kerusakan pada sistem rem, seperti kaliper yang macet atau kampas rem yang aus di satu sisi, bisa menyebabkan rem di sisi tersebut menjadi lebih aktif daripada sisi lainnya. Hal ini dapat menghasilkan gaya pengereman yang tidak seimbang yang menyebabkan mobil miring ke arah rem yang lebih aktif.


5. Kerusakan Pada Sistem Kemudi

Kerusakan pada sistem kemudi merupakan penyebab bodi mobil miring ke kanan selanjutnya. Seperti roda kemudi yang tidak dilakukan kalibrasi dengan baik atau bagian-bagian yang aus, juga dapat mengakibatkan ketidakstabilan dan mobil cenderung miring. Ketidakseimbangan dalam sistem kemudi dapat membuat mobil sulit untuk dipertahankan dalam jalur yang lurus, dan bisa menjadi sumber masalah saat mengemudi pada kecepatan tinggi atau saat melakukan manuver. 


Baca juga: 5 Penyebab Mesin Mobil Tidak Stabil

Solusi untuk Bodi Mobil Miring ke Kanan

Merawat mobil secara rutin adalah kunci untuk mencegah bodi mobil miring ke kanan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat AutoFamily lakukan untuk merawat mobil agar tetap sejajar:


1. Periksa Tekanan Udara Ban Secara Berkala 

Periksa tekanan udara ban secara berkala, setidaknya sekali sebulan, disesuaikan jika diperlukan. Pastikan untuk memeriksa tekanan udara di semua ban, termasuk ban cadangan. Melalui mempertahankan tekanan udara yang optimal, Anda dapat memastikan distribusi beban yang merata dan keseimbangan yang baik pada mobil.


2. Pemeriksaan Rutin pada Suspensi dan Sistem Kemudi

Lakukan pemeriksaan rutin pada komponen-komponen suspensi mobil, seperti per, bushing, dan shock absorber, untuk mendeteksi tanda-tanda keausan atau kerusakan. Pastikan juga untuk memeriksa dan melakukan kalibrasi sistem kemudi secara teratur. Jika Anda mencurigai adanya masalah dengan suspensi atau sistem kemudi, segera periksa ke bengkel untuk perbaikan dan penyesuaian yang diperlukan. 


DAPATKAN MOBIL TOYOTA IMPIAN AUTOFAMILY DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM! 


3. Distribusikan Beban dengan Baik di Dalam Mobil

Distribusi beban yang merata di dalam mobil juga dapat membantu mencegah mobil dari miring ke kanan. Hindari memuat terlalu banyak beban di satu sisi mobil atau bagian belakangnya. Sebisa mungkin, sebarkan beban secara merata di seluruh bagian mobil. Selain itu, hindari menyimpan barang-barang yang berat atau tidak perlu di bagian atas atau di dalam bagasi mobil jika memungkinkan.


Baca juga: Cara Menyetel Ban Depan Mobil yang Miring untuk Keseimbangan dan Keamanan Optimal

Dari pemahaman terhadap penyebab bodi mobil miring ke kanan dan solusinya di atas, dapat disimpulkan bahwa menjaga mobil agar tetap sejajar dan stabil di jalan memerlukan perawatan rutin dan perhatian terhadap beberapa faktor utama. Melalui pemeliharaan yang tepat, Anda tidak hanya dapat meningkatkan kenyamanan berkendara, tetapi juga meningkatkan keselamatan.


Jangan biarkan masalah bodi mobil yang miring ke kanan mengganggu pengalaman berkendara AutoFamily. Segera ambil langkah dengan merawat mobil Anda secara teratur dan profesional. Untuk layanan yang cepat dan mudah, AutoFamily dapat memesan perawatan kendaraan melalui layanan gratis service Auto2000


Melalui Auto2000 Digiroom, AutoFamily dapat dengan mudah memesan perawatan mobil. Jadwalkan layanan service mobil Toyota sekarang juga dan nikmati pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman bersama Auto2000.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.