menghilangkan-karat-mobil.jpg

Cara Menghilangkan Karat di Beberapa Bagian Mobil

Diterbitkan21 Jun 2023

Karat yang mengganggu pada mobil biasanya akan menyebar seiring waktu karena logam di baliknya terpapar udara dan kelembaban. Jadi tidak heran mengapa mobil berkarat karena sudah mengalami oksidasi atau korosi.

Bagian mobil yang berkarat harus segera ditindak lanjuti agar tidak menyebar dan mengakibatkan kerusakan di bagian lainnya. Jika Anda membiarkannya maka karat akan mulai mengikis bodi mobil.

Oleh sebab itu, penting bagi AutoFamily untuk mengetahui cara menghilangkan karat pada bodi mobil dengan tepat. Lalu, bagaimana cara menyingkirkan karat dari mobil dengan benar? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Berbagai Cara Menghilangkan Karat Mobil

Berikut ini adalah tiga cara yang dapat AutoFamily lakukan untuk menghilangkan karat pada mobil.

1. Berikan Pelumas di Beberapa Bagian

Cara menghilangkan karat pada mobil bisa dimulai dengan memberikan pelumas. Bagian engsel mobil seringkali menimbulkan karatan karena daerahnya sangat tersembunyi dan jarang diperhatikan. Namun AutoFamily tidak perlu khawatir, hal tersebut tidak akan terjadi lagi jika selalu mengoleskan oli pada bagian engsel untuk mencegahnya.

DAPATKAN PROMO MENARIK TOYOTA KIJANG INNOVA DI AUTO2000

2. Cuci Mobil Secara Berkala dan Pastikan Cuci Setelah Hujan

Jika memang AutoFamily ingin mencuci mobil, sebaiknya lakukan pada pagi atau siang hari saja. Hal ini dilakukan agar bagian dalam mobil yang sulit terjangkau bisa terlihat oleh mata.

Bayangkan ketika Anda mencuci mobil di malam atau sore hari. Bagian yang sulit dilap tersebut tentu tidak akan terlihat. Nantinya bagian dalam mobil jadi akan lebih lama tergenang air atau basah karena tidak bisa dilap.

Selain itu, gunakanlah sabut halus untuk membersihkan mobil dan jangan menggunakan sabut baja atau sikat kawat karena benda tersebut dapat merusak bodi mobil AutoFamily.

Tidak hanya air sisa cuci mobil, air hujan sendiri juga dapat menimbulkan karat. Air hujan yang membasahi bodi mobil perlu segera dicuci ulang supaya tidak terjadi proses oksidasi. Tidak peduli mobil Toyota apa atau harganya berapa, karat bisa menjadi masalah yang sangat serius.

Bukan hanya berpengaruh pada penampilan, karat juga bisa menyerang komponen kendaraan yang mengakibatkan terganggunya fungsi komponen tersebut. Oleh karena itu sebelum semuanya terjadi, karat harus segera dihilangkan.

Baca Juga:Apa Yang Menyebabkan Rem Blong? 4 Hal yang Harus Dilakukan Saat Rem Blong

3. Rust Remover

Anda juga bisa menggunakan rust remover, yakni cairan khusus untuk menghilangkan karat pada mobil. Cara penggunaannya biasa akan tertera pada kemasan rust remover. Bila Anda ragu untuk menggunakannya, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 Body and Paint untuk penanganan yang lebih baik dan tepat.

4. Cat Ulang dan Amplas

Mengamplas dan mengecat ulang dapat dilakukan jika karat sudah bersifat mengkhawatirkan, dan berpotensi menyebar ke bagian lain. Mengamplas sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan amplas manual, maupun dengan grinder dan sander apabila permukaannya luas. Pastikan untuk mengamplas pada bagian yang berkarat.

Untuk hasil yang baik, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel Auto2000 Body and Paint untuk penanganan yang lebih baik dan tepat.

Tips Menjaga Mobil Agar Tidak Berkarat

Sebenarnya Anda bisa mencegah mobil berkarat dengan memperhatikannya secara lebih teliti. Jika Anda sudah mengetahui bahwa sebagian besar komponen mobil terbuat dari logam dan besi yang mudah berkarat maka seharusnya pemeliharaan mobil menjadi lebih teliti lagi.

Tetapi ada kemungkinan juga bahwa sampai saat ini Anda tidak mengetahui cara merawat mobil dengan benar sehingga tidak heran karatan pada mobil terjadi. Jika benar demikian Anda tidak perlu panik atau khawatir berlebihan. Auto2000 punya beberapa tips yang bisa dicoba untuk menjaga mobil dari karatan. Langsung perhatikan tips-tipsnya di bawah ini.

1. Hindari Memarkir di Tempat Lembap

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari karat pada mobil ialah dengan memilih tempat parkir yang tidak berair dan lembap. Saat ini tempat parkir ada yang berada di dalam dan luar gedung. Supaya mobil terlindungi dari air hujan yang dapat menyebabkan karat maka ada baiknya Anda memilih tempat parkir di dalam gedung.

Tetapi tugas Anda belum selesai saat memasuki gedung parkir. Pilih-pilih lagi tempat yang kering dan tidak ada genangan air. Jangan sampai bagian sasis dan eksterior mobil Anda jadi berkarat karena berada di tempat parkir yang sangat lembap.

Baca Juga:3 Cara Menggunakan Dongkrak

2. Berkendara dengan Baik dan Benar

Mungkin Anda jadi bertanya "Apa hubungannya berkendara dengan menjaga kendaraan dari karat?" Gaya berkendara di jalanan yang ugal-ugalan dapat mengakibatkan tabrakan dan kecelakaan lalu lintas lainnya.

Ketika mobil Anda tertabrak dan menjadi penyok maka bodi mobil akan lebih rentan terkena korosi dan karatan. Pasalnya ada bagian di bodi mobil Anda yang tidak lagi terlindungi dengan cat. Jika penyok dibiarkan terlalu lama maka karat akan timbul bahkan menyebar ke seluruh bagian mobil.

3. Rutin Mencuci Mobil

Rutin mencuci mobil menjadi salah satu cara paling ampuh untuk mencegah karat di mobil terjadi. Mencuci mobil bukan hanya untuk estetika atau supaya enak dipandang mata. Lebih jauh dari itu, mencuci mobil secara rutin akan "menutup jalan" bagi karatan untuk muncul.

Anda perlu memahami bahwa karatan bukan hanya muncul dari air hujan yang mengenai mobil tetapi juga karena kotoran dan debu yang menempel. Ketika mobil Anda baru saja melewati jalanan yang tergenang air maka segeralah mencuci mobil. Pastikan bahwa semua kotoran dan debu yang menempel atau mengering sudah bersih dari mobil Anda.

Baca juga:Apakah Mobil Baru Perlu Anti Karat? Ini Jawabannya

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan residu karat beserta tips menjaganya. Lakukan berulang jika karat tidak juga menghilang. Namun ingatlah bahwa menghilangkan karat dengan metode alternatif ini bisa berhasil atau tidak bergantung dari kondisi karat itu sendiri.

Jika kondisi karat sangat parah, maka sebaiknya bawa mobil Toyota Anda ke bengkel Body and Paint Auto2000. Hindari menggunakan bahan-bahan lain yang tidak dianjurkan seperti pasta gigi, pembersih keramik, atau bahkan oli bekas.

Penggunaan bahan-bahan seperti itu hanya memperparah keadaan besi dan logam mobil yang berkarat. Daripada menggunakan pembersih karat yang salah, lebih baik Anda menyerahkannya kepada yang sudah ahli dan tepercaya.

Auto2000 siap membantu AutoFamily untuk memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk seluruh suku cadang dan perangkat mobil lainnya. Anda juga dapat menikmati berbagaipaket layananan service maupun pekerjaan perbaikan umum yang berkaitan dengan mesin, sasis/rangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh model Toyota.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan Home Service melalui Auto2000 Digiroom. KunjungiDealer Toyotasekarang jugadan dapatkan berbagaiPromo Dealer Mobil Toyotaterbaru untuk berbagai jenislayanan purna jualAuto2000. Jadwalkan kedatangan Anda sekarang juga hanya melalui Auto2000 Digiroom!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.