Cancel

31 Jenis dan Fungsi Hand Tool yang Penting Anda Ketahui

Fungsi hand tool atau alat tangan dalam dunia otomotif, dikenal dengan beberapa jenis alat bantu kerja untuk merawat kendaraan, mulai dari power tools, special service tools, hingga yang paling banyak digunakan, hand tool. Apa yang dimaksud dengan hand tool ini?

Sesuai namanya, pengertian hand tool berarti dioperasikan dengan tenaga manusia dan tiap-tiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja peralatan yang termasuk kategori hand tool? 

Apa Saja Macam-macam dan Fungsi Hand Tools?

Berikut ini, silakan simak penjelasan mengenai jenis-jenis serta fungsi alat hand tools di bawah ini. Agar lebih mudah memahaminya, penjelasan tentang hand tool akan dibedakan menurut jenisnya, yaitu:

Wrench/Kunci

Kelompok hand tool yang pertama adalah kunci atau wrench. Berikut macam-macam kunci yang umum digunakan.

1. Kunci pas

Berbentuk segi enam, kunci pas umumnya digunakan untuk melepas baut (atau mur) dengan sela yang sempit.

2. Kunci ring

Memiliki bentuk segi dua belas dengan segi yang lebih banyak dari kunci pas, kunci ring dapat digunakan untuk melepas baut pada sudut yang lebih leluasa.

3. Kunci kombinasi (pas-ring)

Sesuai namanya, kunci ini mengkombinasikan dua jenis kunci, pas dan ring. Pada satu ujung, kunci ini memiliki bentuk kunci pas dan di ujung lainnya berbentuk kunci ring.

4. Kunci T

Kunci T memiliki bentuk yang menyerupai huruf T. Fungsi hand tool satu ini adalah untuk melepas baut yang terletak di dalam lubang.

DAPATKAN PROMO TOYOTA NEW SIENTA DI AUTO2000

5. Kunci shock

Kunci shock berbentuk tabung. Fungsinya serupa dengan kunci T, namun kunci ini dapat dilepas dari handle-nya sehingga bisa ditukar sesuai dengan ukuran baut.

6. Hexagonal L key

Hexagonal L key berbentuk segi enam dengan sudut yang berkebalikan dari sudut-sudut segi enam pada baut. Dengan begitu, kunci ini dapat digunakan untuk melepas baut.

7. Kunci inggris (adjustable wrench)

Sesuai dengan namanya, kunci ini adjustable atau dapat disesuaikan ukurannya. Alhasil, kunci ini pun dapat digunakan pada hampir semua jenis baut atau mur.

Baca juga: Syarat dan Cara Perpanjang SIM Online Terbaru 2020

Tang

Jenis hand tool selanjutnya adalah tang. Berikut sejumlah jenis tang dan fungsinya yang penting untuk Anda ketahui.

8. Tang potong

Fungsi hand tool satu ini adalah untuk memotong kawat, memotong kabel, atau bahkan logam tipis pada mobil.

9. Tang lancip

Bentuknya serupa gunting. Fungsi tang lancip adalah sebagai penjepit.

10. Tang kombinasi (combination)

Tang jenis ini mengkombinasikan tang potong dengan tang lancip, sehingga dapat digunakan untuk memotong sekaligus menjepit.

Baca juga: 16 Special Service Tools yang Digunakan di Bengkel Mobil

Obeng

Kelompok hand tool selanjutnya adalah obeng. Berikut jenis-jenis obeng yang perlu Anda ketahui.

11. Obeng pipih (philips screwdriver)

Ujung obeng ini berbentuk pipih. Fungsinya adalah untuk mengencangkan sekaligus melonggarkan sekrup yang berbentuk minus.

12. Obeng kembang (slotted screwdriver)

Obeng ini memiliki ujung yang serupa kuncup bunga (kembang). Bisa disebut juga sebagai obeng plus, fungsi hand tool ini adalah untuk mengencangkan dan melonggarkan sekrup plus.

13. Obeng fleksibel

Berbentuk mirip sebuah pulpen, obeng fleksibel mampu membuka sekrup berbentuk minus maupun plus.

Baca juga: Cara Menggunakan Alat Pengukur Kompresi Mesin

14. Obeng gagang stabil

Obeng gagang stabil memiliki bentuk serupa huruf “T”. Masing-masing ujungnya memiliki bentuk pipih, kembang, sekaligus sok. Dapat digunakan untuk berbagai jenis sekrup.

15. Obeng magnet

Obeng jenis ini memiliki magnet pada ujungnya. Tujuannya adalah agar sekrup yang dilepaskan tidak jatuh dan hilang.

16. Obeng tespen

Obeng tespen memiliki bentuk serupa dengan obeng pipih. Namun, fungsi hand tool yang satu ini adalah mengetes aliran listrik pada komponen kelistrikan mesin mobil.

17. Obeng aksesori

Obeng aksesori digunakan untuk membongkar aksesori mobil.

Handle shock

Handle shock adalah peralatan yang digunakan pada kunci shock.

Berikut jenis-jenis handle shock yang umum dijumpai.

18. Ratchet handle

Fungsi hand tool yang satu ini adalah untuk mengencangkan dan mengendorkan baut tanpa harus melepaskan kunci shock dari baut.

19. T handle

Bentuknya menyerupai huruf “T” dan dapat disesuaikan panjangnya. Cocok untuk meraih sudut yang jauh.

Baca juga: Ketahui Jenis Dongkrak Mobil dan Cara Kerjanya

20. Offset handle

Fungsi offset handle adalah melepas baut berukuran besar yang memiliki momentum besar, seperti mur roda atau baut-baut pada mesin mobil.

21. Extension

Jika Anda harus melepas baut atau mur yang letaknya jauh di dalam mesin, extension adalah peralatan yang dibutuhkan. Extension berfungsi sebagai perpanjangan gagang shock.

22. Adaptor

Adaptor adalah sambungan khusus yang digunakan untuk menghubungkan kunci shock berukuran kecil dengan handle berukuran besar.

23. Speed handle

Speed handle digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan baut atau mur yang posisinya sulit dijangkau hanya dengan kunci pas atau ring.

24. Batang universal (breaker bar)

Batang universal adalah handle yang dapat disambungkan pada berbagai jenis shock. Fungsinya adalah untuk mengendorkan baut yang kuat seperti baut silinder.

25. Sambungan shock universal 

Sambungan shock universal berfungsi untuk memasang atau melonggarkan mur atau baut yang tidak dapat dijangkau dengan extension. Cocok digunakan bersama impact.

26. Kunci shock segi enam ganda (double hex socket)

Kunci shock segi enam memiliki dinding yang tipis dan khusus digunakan dengan alat penggerak. Alat ini bisa dibilang multifungsi karena dapat digunakan pada mur atau baut dalam 12 posisi yang berbeda.

Baca juga: Daftar Peralatan Montir yang Wajib Dimiliki

Palu (hammer)

Palu atau hammer adalah peralatan yang wajib ada saat melakukan perawatan pada mesin mobil. Berikut adalah jenis-jenis palu yang sering digunakan. 

27. Palu paku (nail hammer)

Jenis palu yang pertama adalah palu paku. Palu ini sangat umum digunakan, bahkan di luar bidang otomotif. Fungsinya adalah untuk memasang paku sekaligus mencabut paku dari benda kerja (dengan sisi bagian cakar).

28. Palu konde

Palu konde memiliki dua sisi, rata dan bulat. Fungsi hand tool satu ini adalah untuk memukul benda kerja dan membuat cekungan pada benda kerja.

29. Palu karet

Palu karet biasanya digunakan pada komponen yang berbentuk plat. Contoh penggunaannya adalah untuk meratakan permukaan plat tanpa goresan.

30. Palu plastik

Selanjutnya ada palu plastik. Palu jenis ini digunakan untuk memukul benda kerja yang permukaannya tidak terlalu keras. Salah satu contoh penggunaan palu plastik adalah saat memukul cylinder head tanpa membuatnya keluar dari bodi mobil.

31. Palu terak (chipping hammer)

Jenis palu yang terakhir adalah palu terak. Fungsi hand tool satu ini adalah untuk membersihkan sisa-sisa terak usai prosedur pengelasan. Palu terak juga digunakan sebelum menyambung jalur las yang putus. Bentuknya serupa pahat pada satu sisi dan amat runcing pada sisi yang lain.

Baca juga: Apa Fungsi Sensor TPS dan Cara Kerjanya pada Mobil?

Itulah pembahasan mengenai 31 jenis dan fungsi hand tool yang sering digunakan dalam perawatan mobil. Kesimpulannya, hand tools adalah alat tangan yang digunakan dalam bengkel otomotif untuk memperbaiki kendaraan dan masing-masing alat memiliki kegunaannya sendiri. Jika AutoFamily menginginkan perawatan mobil dengan hand tool yang dioperasikan secara profesional oleh mekanik ahli, segera kunjungi Auto2000 Digiroom sekarang juga apabila AutoFamily ingin melakukan servis berkala. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membawa mobil ke bengkel, silakan lakukan booking layanan THS-Auto2000 Home Service melalui website atau aplikasi Auto2000 Mobile kami.

Nikmati berbagai kemudahan di Auto2000, jangan lupa juga lihat berbagai spesifikasi mobil rekomendasi dari Toyota seperti mobil kelas MPV seperti Toyota Kijang InnovaToyota AvanzaToyota Calya, hingga Toyota Sienta

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - aMAYzing dengan Paket Avanza, Veloz, Rush & Raize
Rasakan ketangguhan Toyota Rush dan All New Toyota Veloz dengan program Mudik Asik dari Auto2000. Mulai dari DP ringan 20% dengan bunga 0%, DP Ringan Rp 30 Juta, atau Bunga Ringan 0% untuk tenor 1 tahun!*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui layanan Toyota Trust dan Free Insurance selama 2 Tahun.*

Ayo mulai perjalanan penuh percaya diri dengan mengisi formulir di bawah ini dan tim Auto2000 akan segera menghubungi Anda untuk memberikan penawaran terbaik!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan Avanza
Nikmati perjalanan bersama keluarga yang lebih seru dengan All New Toyota Avanza. Nikmati Program Promo aMAYzing dari Auto2000 dengan beragam pilihan Paket Kredit mulai dari bunga 0% untuk tenor 6 bulan, cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.7 Jutaan/bulan, hingga DP mulai dari Rp 32.1 Jutaan untuk pembelian All New Toyota Avanza.*

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 melalui program tukar tambah Toyota Trust.

Yuk mulai perjalanan bersama All New Toyota Avanza dengan mengisi formulir di bawah dan tim Auto2000 akan segera menghubungi untuk memberikan penawaran terbaik.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan DP Ringan
Nikmati setiap momen perjalanan bersama Toyota Impian. Nikmati promo DP Ringan Rp 34 Juta untuk pembelian Toyota Agya dan Toyota Calya melalui program Promo aMAYzing hanya melalui Auto2000.

Dapatkan juga saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap program tukar tambah melalui Toyota Trust.

Jadi tunggu apa lagi? Segera isi formulir di bawah ini dan Tim Auto2000 akan segera menghubungi AutoFamily.

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Promo - aMAYzing dengan EZ Deal
Ingin nyaman berkendara bersama keluarga? Sekarang promo aMAYzing telah hadir memberikan solusi yang terbaik untuk mobil baru pilihan mu loh! Nikmati cicilan ringan EZ Deal mulai dari Rp 2.5 Jutaan per bulan di program Promo aMAYzing dari Auto2000.

Ini dia beberapa model Toyota yang bisa dicicil melalui program EZ Deal:
Toyota Raize, cicilan mulai Rp 2.5 juta/bulan*
Toyota Avanza, cicilan mulai Rp 2.7 juta/bulan*
Toyota Rush, cicilan mulai Rp 3.1 juta/bulan*
Toyota Veloz, cicilan mulai Rp 3.2 juta/bulan*
Toyota Yaris, cicilan mulai Rp 3.3 juta/bulan*
Toyota Vios, cicilan mulai Rp 3.5 juta/bulan*

AutoFamily juga bisa mendapatkan saldo Astra Pay senilai Rp 1.000.000 untuk setiap tukar tambah melalui program Toyota Trust, lho!

Hemat bukan? Yuk, segera isi formulir di bawah untuk mendapatkan penawaran terbaik dari Auto2000 sekarang!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.
*Syarat dan ketentuan berlaku
25 April 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF