Cancel

Apa Fungsi Sensor TPS dan Cara Kerjanya pada Mobil?

Throttle position sensor atau sensor TPS adalah komponen mobil yang terhubung dengan bagian katup gas (throttle gas). Fungsi sensor TPS adalah untuk mengatur dan menyeimbangkan bahan bakar dan emisi pada mesin mobil. 

Komponen ini menyatu pada bodi throttle dan selalu terhubung dengan throttle valve (katup gas). Namun, sebenarnya apa fungsi sensor TPS ini? Bagaimana cara kerjanya pada mobil? 

Agar lebih paham, Auto2000 akan membahas tentang fungsi dan cara kerja sensor TPS pada mobil.


Fungsi Sensor TPS 

Fungsi yang utama adalah mendeteksi adanya perubahan pada throttle gas. Sensor ini bertugas untuk memastikan throttle gas tetap pada posisi serta sudut bukaan yang sesuai.

Apabila terjadi pergeseran, maka sensor akan mengirimkan sinyal elektrik yang dikirim ke ECU (Electronic Care Unit). Setelah sinyal tersebut diproses, kemudian akan dilakukan injeksi atau suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar. 

Di samping itu, fungsi lain sensor TPS adalah:
 

  1. Menjadi engine mode saat posisi throttle gas menutup (biasanya saat mobil dalam kondisi idle), setengah membuka, dan terbuka penuh.
     
  2. Menjadi kontrol emisi, terutama saat throttle gas sedang dalam posisi terbuka penuh serta saat air conditioner mati.
     
  3. Mengontrol bahan bakar agar terhenti saat mesin melakukan posisi deselerasi (perlambatan). 
     
  4. Bertugas mengoreksi takaran perbandingan jumlah udara dan bahan bakar.
     
  5. Bertugas mengoreksi ada tidaknya peningkatan tenaga pada mesin.

Baca Juga:  5 Ciri- Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya


Jenis-jenis Sensor TPS

Pada kebanyakan mesin mobil yang beredar sekarang, ada tiga jenis sensor TPS yang sering digunakan. yaitu:
 

  1. Jenis variabel resistor
     
  2. Jenis kontak poin
     
  3. Jenis kombinasi (memadukan variabel resistor dan kontak poin)


Baca Juga: Cara Perpanjang SIM Online via Website dan Aplikasi Sinar dengan Praktis
​​​​​​​

Cara Kerja Sensor TPS

Setelah membahas fungsi sensor TPS beserta jenis-jenisnya, mari beralih ke pembahasan selanjutnya tentang cara kerja sensor TPS. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi sensor TPS adalah mendeteksi adanya perubahan posisi serta sudut bukaan throttle gas. Bagaimana sensor TPS bisa mendeteksi hal tersebut? Pertama, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu komponen pada sensor TPS.

1. Komponen Penyusun Sensor TPS

Sensor TPS umumnya didesain dengan tiga kabel (beberapa mobil memiliki sensor TPS dengan empat kabel). Tiga kabel ini terhubung dengan potensiometer.

Pada sensor TPS, potensiometer berfungsi untuk mengukur posisi serta sudut bukaan throttle gas.

Saat bekerja, potensiometer bertindak layaknya resistor yang selalu berubah-ubah tekanannya. Maka dari itu, sensor TPS memerlukan tiga buah kabel pembantu.

Kabel pertama pada sensor TPS adalah untuk tegangan referensi, kabel kedua untuk tegangan balik, dan kabel ketiga untuk tahanan.

2. Bagaimana Sensor TPS bekerja?

Saat Anda menghidupkan mobil, ECU akan mengirimkan tegangan output atau tegangan referensi 5v yang kemudian diterima sensor analog VREF. Dari sensor analog, tegangan kembali ke ECU melalui TP Signal. 

Saat mobil dalam kondisi idle atau nonaktif, tegangan yang keluar dari sensor nilainya di bawah 0,7 Volt. Sedangkan dalam kondisi beban penuh, tegangan yang keluar dapat mencapai 4,5 Volt.

Potensiometer dapat berubah-ubah tekanannya. Maka dari itu, tegangan keluar atau output yang dihasilkan sensor TPS pun selalu berubah. 

Potensiometer dapat bergeser dari tegangan paling rendah (titik P1) hingga tegangan paling tinggi (titik P6). Semua bergantung pada tekanan yang diterima pedal gas sangat berperan apalagi jika Anda menyetir mobil manual.

Dari sini, dapat diketahui bahwa fungsi sensor TPS ternyata sangat banyak. Keberadaannya pun sangat vital, yaitu agar proses pembakaran dalam mesin tetap optimal. 

Baca Juga: Cara Bayar Pajak STNK Online Untuk Kendaraan Bermotor Terbaru 2021

Untuk itu, sebaiknya AutoFamily melakukan perawatan sensor TPS pada mobil Toyota secara rutin. Kunjungi segera cabang Auto2000 terdekat di kota Anda untuk melakukan service berkala. Booking service segera di Auto2000. 


 

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Tukar Tambah Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid Terbaru
Halo AutoFamily!

Yuk, tukar tambah mobil Toyota AutoFamily menjadi Toyota Innova Zenix Hybrid terbaru di Auto2000!
Segera nikmati berbagai benefit eksklusif dari program tukar tambah mobil Toyota ini mulai dari voucher travel gift dan road trip kit, voucher bahan bakar, hingga uang elektronik dengan total benefit hingga Rp 4.1 Juta loh!

Nikmati juga benefit berupa AstraPay hingga Rp 2 Juta untuk seluruh program tukar tambah/ Trade In Innova Zenix Hybrid. Jadi tunggu apa lagi? Segera klik button di bawah ini dan nikmati berbagai keuntungan Tukar Tambah hanya di Auto2000 Digiroom.

It’s time to Trade in, It’s time to #AutoHybrid

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

01 Desember 2022
Cicilan Ringan Mobil Toyota Avanza
Halo AutoFamily! sssst… ane punya kabar baik nih, kalau sekarang ada promo khusus untuk AutoFamily yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya loh!

Cicilan Ringan Toyota Avanza siap membuat hari hari mu lebih seru dengan cicilan mulai dari Rp 4,4 Jutaan saja. Dengan desain baru yang modern dan mengusung platform baru yang membuat kenyaman dan kehandalan pengendalian menjadi lebih unggul. All New Toyota Avanza juga hadir dengan fitur keamanan yang canggih yang termasuk dalam sistem Toyota Safety Sense (TSS) yang membuat perjalanan lebih aman dan nyaman.

Promonya tidak berhenti sampai situ loh! AutoFamily wilayah Jakarta bisa mendapatkan perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service.*

Tunggu apalagi? dapatkan yuk Cicilan Ringan Toyota Avanza dari Program hanya di Digiroom!

Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom.

*syarat dan ketentuan berlaku
01 November 2022
Cicilan Ringan untuk Mobil Baru Toyota DKI Jakarta
Hai AutoFamily!

Wujudkan impian untuk memiliki mobil idaman dengan program Cicilan Ringan. Karena dengan cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan, sekarang sudah bisa membawa pulan Toyota idaman dari Auto2000.

Ini dia beberapa model yang bisa di bawa pulang dengan Paket Kredit Cicilan Ringan:
Toyota Agya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Calya: Cicilan mulai dari Rp 3 Jutaan*
Toyota Rush: Cicilan mulai dari Rp 3.9 Jutaan*
Toyota Yaris: Cicilan mulai dari Rp 4.1 Jutaan*
Toyota All New Avanza: Cicilan mulai dari Rp 4.4 Jutaan*

Dapatkan juga perawatan mobil menyeluruh dengan Free biaya Jasa Servis dan Suku Cadang salama 3 tahun atau 60.000 KM dan Extended Warranty untuk setiap On Time Service untuk tipe mobil tertentu.*

Tunggu apa lagi? Dapatkan Toyota impian dengan isi formulir di bawah untuk dapatkan penawaran terbaik.*

*syarat dan ketentuan berlaku

01 Desember 2022
Promo Servis Toyota Akhir Tahun di Auto2000
Hai AutoFamily!

Kejutan servis Toyota di akhir tahun belum berakhir! Nikmati perjalanan yang lebih seru dan aman dengan mobil yang prima menggunakan Promo Hari Servis Online Nasional Akhir Tahun.

Nikmati diskon Jasa Servis hingga 20% dan Suku Cadang 10% untuk General Repair (GR) di bengkel dan THS Auto2000 Home Service. Selain itu, dapatkan juga diskon hingga Rp 300 ribu untuk pengerjaan Body & Paint di seluruh bengkel Body and Paint Auto2000.*

Segera dapatkan berbagai diskon servis di akhir tahun dengan cara berikut ini:
- Klik button di bawah ini dan dapatkan diskon booking layanan body & paint,
- Melakukan pengisian form untuk mendapatkan potongan jasa dan servis untuk Servis Bengkel dan THS.

Tunggu apalagi? Segera siapkan Toyotamu untuk perjalanan bersama keluarga dan nikmati kejutan diskonnya.


Urusan Toyota lebih mudah dengan Auto2000 Digiroom

01 November 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF