Cancel

Apa Fungsi Sensor TPS dan Cara Kerjanya pada Mobil?

Throttle position sensor atau sensor TPS adalah komponen mobil yang terhubung dengan bagian katup gas (throttle gas). Fungsi sensor TPS adalah untuk mengatur dan menyeimbangkan bahan bakar dan emisi pada mesin mobil. 

Komponen ini menyatu pada bodi throttle dan selalu terhubung dengan throttle valve (katup gas). Namun, sebenarnya apa fungsi sensor TPS ini? Bagaimana cara kerjanya pada mobil? 

Agar lebih paham, Auto2000 akan membahas tentang fungsi dan cara kerja sensor TPS pada mobil.


Fungsi Sensor TPS 

Fungsi yang utama adalah mendeteksi adanya perubahan pada throttle gas. Sensor ini bertugas untuk memastikan throttle gas tetap pada posisi serta sudut bukaan yang sesuai.

Apabila terjadi pergeseran, maka sensor akan mengirimkan sinyal elektrik yang dikirim ke ECU (Electronic Care Unit). Setelah sinyal tersebut diproses, kemudian akan dilakukan injeksi atau suplai bahan bakar ke dalam ruang bakar. 

Di samping itu, fungsi lain sensor TPS adalah:
 

  1. Menjadi engine mode saat posisi throttle gas menutup (biasanya saat mobil dalam kondisi idle), setengah membuka, dan terbuka penuh.
     
  2. Menjadi kontrol emisi, terutama saat throttle gas sedang dalam posisi terbuka penuh serta saat air conditioner mati.
     
  3. Mengontrol bahan bakar agar terhenti saat mesin melakukan posisi deselerasi (perlambatan). 
     
  4. Bertugas mengoreksi takaran perbandingan jumlah udara dan bahan bakar.
     
  5. Bertugas mengoreksi ada tidaknya peningkatan tenaga pada mesin.

Baca Juga:  5 Ciri- Ciri Thermostat Mobil Rusak Dan Cara Mudah Mengatasinya


Jenis-jenis Sensor TPS

Pada kebanyakan mesin mobil yang beredar sekarang, ada tiga jenis sensor TPS yang sering digunakan. yaitu:
 

  1. Jenis variabel resistor
     
  2. Jenis kontak poin
     
  3. Jenis kombinasi (memadukan variabel resistor dan kontak poin)


Baca Juga: Cara Perpanjang SIM Online via Website dan Aplikasi Sinar dengan Praktis
​​​​​​​

Cara Kerja Sensor TPS

Setelah membahas fungsi sensor TPS beserta jenis-jenisnya, mari beralih ke pembahasan selanjutnya tentang cara kerja sensor TPS. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi sensor TPS adalah mendeteksi adanya perubahan posisi serta sudut bukaan throttle gas. Bagaimana sensor TPS bisa mendeteksi hal tersebut? Pertama, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu komponen pada sensor TPS.

1. Komponen Penyusun Sensor TPS

Sensor TPS umumnya didesain dengan tiga kabel (beberapa mobil memiliki sensor TPS dengan empat kabel). Tiga kabel ini terhubung dengan potensiometer.

Pada sensor TPS, potensiometer berfungsi untuk mengukur posisi serta sudut bukaan throttle gas.

Saat bekerja, potensiometer bertindak layaknya resistor yang selalu berubah-ubah tekanannya. Maka dari itu, sensor TPS memerlukan tiga buah kabel pembantu.

Kabel pertama pada sensor TPS adalah untuk tegangan referensi, kabel kedua untuk tegangan balik, dan kabel ketiga untuk tahanan.

2. Bagaimana Sensor TPS bekerja?

Saat Anda menghidupkan mobil, ECU akan mengirimkan tegangan output atau tegangan referensi 5v yang kemudian diterima sensor analog VREF. Dari sensor analog, tegangan kembali ke ECU melalui TP Signal. 

Saat mobil dalam kondisi idle atau nonaktif, tegangan yang keluar dari sensor nilainya di bawah 0,7 Volt. Sedangkan dalam kondisi beban penuh, tegangan yang keluar dapat mencapai 4,5 Volt.

Potensiometer dapat berubah-ubah tekanannya. Maka dari itu, tegangan keluar atau output yang dihasilkan sensor TPS pun selalu berubah. 

Potensiometer dapat bergeser dari tegangan paling rendah (titik P1) hingga tegangan paling tinggi (titik P6). Semua bergantung pada tekanan yang diterima pedal gas sangat berperan apalagi jika Anda menyetir mobil manual.

Dari sini, dapat diketahui bahwa fungsi sensor TPS ternyata sangat banyak. Keberadaannya pun sangat vital, yaitu agar proses pembakaran dalam mesin tetap optimal. 

Baca Juga: Cara Bayar Pajak STNK Online Untuk Kendaraan Bermotor Terbaru 2021

Untuk itu, sebaiknya AutoFamily melakukan perawatan sensor TPS pada mobil Toyota secara rutin. Kunjungi segera cabang Auto2000 terdekat di kota Anda untuk melakukan service berkala. Booking service segera di Auto2000. 


 

Share this article
Avatar

Auto2000 Digiroom

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia.

Temui kami di Media Sosial
Promosi Lainnya
Promo - Paket Servis Berkala Mobil Toyota
Ikutan promo Paket SPONTAN yuk! SPONTAN atau Siaga Kupon Perawatan merupakan program yang menyediakan paket servis berkala dengan harga spesial khusus untuk AutoFamily!

Jika AutoFamily membeli paket servis ini, Anda bisa menghemat sampai dengan 34% dari biaya servis berkala Anda secara total loh! Paket servis ini juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan biaya jasa servis maupun spareparts yg di butuhkan. Semakin hemat kan?

Berikut pilihan paket SPONTAN yang bisa AutoFamily pilih:


- SPONTAN A / 1,5 Tahun: 2x Servis Berkala Kecil mulai dari 1.8 juta*
- SPONTAN B / 1,5 Tahun: 1x Servis Berkala Kecil mulai dari 2.4 juta*
- SPONTAN C / 3 Tahun: 3x Servis Berkala Kecil dan 1x Servis Berkala Besar mulai dari 3.8 juta

Paket ini bisa AutoFamily dapatkan melalui website dan aplikasi Auto2000 Digiroom dengan menggunakan kode promo SPONTANHEMAT pada halaman check out. Paket SPONTAN bisa Anda dapatkan khususnya untuk kendaraan yang sudah tidak memiliki kuota Free Service atau sudah berada di atas 50.000km. Khusus untuk 20 pembeli pertama melalui Auto2000 Digiroom, Anda juga akan mendapatkan Free Die Cast loh!

Makin penasaran dengan promonya? Yuk klik Log In dan Beli Sekarang untuk nikmati hematnya servis menggunakan Paket SPONTAN!
01 Juni 2022
Promo - New Alphard Heritage Edition
Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Kukilo Sapanti, sebuah motif eksklusif bermakna sepasang burung yang melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta. Dipadukan dalam bentuk aksesoris New Alphard Heritage Edition yang memiliki image premium, akan memberikan Anda pengalaman yang unik dan kebanggaan tersendiri dalam setiap perjalanan Anda.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota New Alphard Heritage Edition. Daftar sekarang dengan melakukan pengisian data pada formulir dibawah ini.

*Unit hanya dapat dipesan dalam waktu terbatas, yaitu periode Pre Order, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini dan melakukan pembayaran booking hingga paling lambat pada 7 Agustus 2022. Customer yang tidak melakukan pembayaran booking fee akan secara otomatis dianggap cancel
24 Juni 2022
Promo - Kijang Innova Heritage Edition
Toyota Kijang Innova Haritage Edition

Berkolaborasi dengan Iwan Tirta Private Collection, Auto2000 mempersembahkan Amarga Branandaru, Greatness in Our Legacies. Sebuah kolaborasi yang memberikan keunikan istimewa pada Mobil Terbaik pilihan Auto2000 dapat Anda miliki dalam jumlah dan waktu yang sangat terbatas.

Dapatkan kenyamanan bersama keluarga melalui keindahan motif batik Kukilo Sapanti yang dimiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition. Motif batik yang memiliki makna melambangkan kedamaian batin melalui hasil kerjasama Auto2000 dengan Iwan Tirta secara khusus dipadukan dalam interior dan eksterior Mobil yang akan menambah rasa eksklusivitas bagi pemiliknya.

Jadilah yang pertama untuk memiliki Toyota Kijang Innova Heritage Edition, sebuah karya eksklusif kolaborasi Auto2000 dan Iwan Tirta Private Collection. Daftar sekarang dengan mengisi formulir di bawah ini.

*Unit hanya tersedia dalam jumlah 65 unit, Anda yang berminat diwajibkan melakukan booking melalui form ini hingga 30 Juli 2022. Customer terpilih akan diumumkan pada minggu pertama Agustus 2022. 65 Customer terpilih diwajibkan melakukan pembayaran booking maksimal satu minggu setelah pengumuman daftar customer terpilih.

24 Juni 2022
Promo - Digiroom Hemat Berlipat
Waktunya belanja hemat, waktunya untung berlipat. Tersedia berbagai promo menarik untuk AutoFamily hanya di Auto2000 Digiroom. Nikmati kemudahan beli aksesoris dan suku cadang original Toyota langsung dari genggaman AutoFamily dengan diskon hingga 25%.* Yuk, klik button di bawah ini untuk dapatkan promonya sekarang juga!

31 Maret 2022
Tanya TasiaBackground Lazy GIF