cek-pajak-mobil-online-medan.jpeg

4 Cara Cek Pajak Mobil Online Medan

Diterbitkan7 Jul 2023

Pembayaran pajak mobil adalah tanggung jawab penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan. Tidak hanya merupakan kewajiban hukum, tetapi pembayaran pajak juga penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan lalu lintas saat berkendara. Sekarang AutoFamily bahkan sudah bisa melakukan cek pajak mobil online Medan dengan mudah.

Pembayarannya pun sudah bisa dilakukan melalui berbagai platform online sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak membayar pajak. AutoFamily tidak perlu bingung karena dalam artikel ini sudah tersedia informasi penting mengenai cara-cara mengecek sekaligus membayar pajak.

Pada akhir informasi artikel ini pun AutoFamily akan diberikan penjelasan mengenai berbagai konsekuensi yang harus ditanggung ketika lupa membayar pajak. Kalau begitu mari langsung simak beberapa cara mudah untuk melakukan pengecekan dan pembayaran pajak mobil online untuk daerah Medan berikut ini!

Cara Cek Pajak Mobil Online Medan

Cara mengecek pajak mobil online untuk daerah Medan sejatinya sangat mudah dilakukan. Setidaknya ada 4 cara praktis yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Perhatikan seluruh langkah-langkahnya di bawah ini!

1. Kode USSD

Metode pertama yang dapat Anda gunakan ialah melalui kode USSD. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menekan *368# pada smartphone Anda. Setelah itu, Anda perlu memilih pilihan Polda Sumut dan pilih lagi Info pajak.

Dari sini Anda akan diminta untuk memasukkan nomor polisi kendaraan tanpa spasi. Jadi Anda bisa langsung mengetiknya seperti B1235XY. Kemudian proses akan dilanjutkan dengan memberikan informasi kendaraan lainnya, yaitu warna kendaraan dan 5 angka terakhir dari nomor rangka.

Jika semua informasi sudah lengkap maka Anda bisa langsung menekan OK atau Kirim. Tunggu beberapa waktu hingga seluruh informasi kendaraan Anda muncul di smartphone, termasuk PKB, SWDKLLJ, PNBP, dan jumlah pajak yang harus dibayarkan.

DAPATKAN KUPON SERVIS UNTUK MOBIL KESAYANGAN ANDA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Website BPPRD Sumatra Utara

Metode kedua yang bisa dilakukan ialah dengan mengunjungi website resmi BPPRD Sumatra Utara. Anda bisa langsung mengunjungi situs web di alamat BPPRD SUMUT dan cari opsi "Cek Pajak Mobil" atau menu lainnya yang serupa.

Setelah itu Anda akan melihat sebuah formulir yang perlu diisi dengan informasi mobil. Pertama-tama, Anda akan diminta memasukkan nomor polisi kendaraan. Kemudian masukkan juga 5 angka terakhir dari rangka kendaraan mobil dan pilih warna pelat nomor.

Pastikan Anda sudah melakukan pemeriksaan setiap nomornya dengan baik sehingga tidak ada kesalahan. Jika sudah, silakan tekan tombol Press. Nantinya informasi lengkap tentang kendaraan akan tertera pada layar sehingga Anda bisa melakukan pembayaran sesuai jumlah yang ditentukan.

Baca juga:Informasi Cara Cek Biaya Pajak Mobil dengan Mudah

3. E-Samsat

Tentunya Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui aplikasi E-Samsat. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah mengunduh aplikasi, coba buka dan masuk dengan akun yang Anda miliki.

Pilih opsi "Cek Pajak Mobil" dalam menu aplikasi. Selanjutnya, masukkan nomor registrasi kendaraan Anda pada kolom yang tersedia. Jika sudah selesai maka informasi mengenai pajak mobil Anda akan ditampilkan pada layar smartphone. Bagaimana? Mudah, bukan?

4. Aplikasi E-Samsat Sumut Bermartabat

Metode terakhir, Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi E-Samsat Sumut Bermartabat. Sama seperti sebelumnya, Anda juga tinggal mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store sesuai dengan smartphone yang dimiliki.

Setelah mengunduh aplikasi, langsung buka dan lakukan proses pendaftaran atau masuklah dengan akun Anda. Setelah berhasil masuk, pilih opsi "Cek Pajak Mobil" pada menu aplikasi. Kemudian masukkan nomor registrasi kendaraan Anda pada kolom yang tersedia.

Tunggu loading sebentar, nantinya aplikasi akan menampilkan informasi mengenai pajak mobil Anda, termasuk jumlah yang harus dibayarkan.

Melakukan pengecekan dan pembayaran pajak mobil secara online jelas penting. Namun ada hal yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu memelihara mobil kesayangan dengan baik. Salah satu pilihan terbaik adalah dengan mengunjungi dealer Toyota Medan yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Dealer Toyota Medan dapat memberikan layanan perawatan dan perbaikan berkualitas untuk memastikan kendaraan Anda dapat beroperasi dengan optimal.

Baca juga:10 Cara Bayar Pajak Mobil Online yang Mudah

Cara Bayar Pajak Mobil Online Medan

Setelah Anda melakukan pengecekan pajak mobil online, langkah selanjutnya yang harus dilakukan ialah membayar pajak tersebut secara online. Di bawah ini tersedia tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk membayar pajak mobil Medan secara online.

1. E-Commerce Pilihan

Keberadaan e-commerce tidak lagi hanya berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pangan dan papan. Seiring perjalanan waktu, e-commerce sudah menyediakan fitur pembayaran untuk listrik, air, pulsa, hingga pajak kendaraan.

Namun perlu dipahami juga bahwa tidak semua e-commerce menyediakan layanan tersebut sehingga Anda harus memeriksanya terlebih dahulu. Pembayaran menggunakan e-commerce juga sangat mudah dilakukan karena Anda hanya perlu mencari opsi pembayaran pajak mobil di menu tagihan.

Pilih opsi pembayaran pajak, kemudian masukkan nomor registrasi kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Setelah itu Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah pembayaran yang diberikan oleh platform e-commerce tersebut. Pastikan untuk memeriksa kembali semua informasi yang Anda masukkan sebelum menyelesaikan transaksi.

2. Aplikasi E-Samsat Sumut Bermartabat

Aplikasi E-Samsat Sumut Bermartabat juga menyediakan layanan pembayaran pajak mobil secara online. Setelah Anda mengunduhnya di Play Store atau App Store, buka aplikasi dan masuk dengan akun Anda.

Pada menu utama, pilih opsi "Bayar Pajak Mobil" atau menu lainnya yang serupa. Masukkan nomor registrasi kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Lalu tinggal pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti kartu kredit atau transfer bank.

Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran maka semua proses telah selesai. Melakukan pembayaran dengan Aplikasi E-Samsat Sumut Bermartabat pastinya memberikan kemudahan dan keamanan dalam proses pembayaran pajak mobil secara online.

3. Aplikasi SIGNAL

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi SIGNAL untuk membayar pajak mobil secara online di Medan. SIGNAL adalah sebuah aplikasi pembayaran yang mencakup berbagai jenis tagihan, termasuk pajak kendaraan. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi SIGNAL, buka aplikasi, kemudian masuk dengan akun Anda.

Cari opsi "Bayar Pajak Mobil" pada menu atau halaman pembayaran. Lalu tinggal masukkan nomor registrasi kendaraan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti kartu kredit atau transfer bank. Terakhir, Anda hanya perlu melanjutkan proses dengan mengikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan pembayaran.

Baca juga:Cara Bayar Pajak STNK Online Kendaraan Bermotor 2023

Apa Konsekuensi Telat Bayar Pajak Mobil?

Penting bagi para pemilik kendaraan untuk membayar pajak tepat waktu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan. Telat membayar pajak mobil dapat mengakibatkan beberapa konsekuensi yang harus diterima, contohnya seperti berikut ini.

1. Denda Keterlambatan

Salah satu konsekuensi utama dari telat membayar pajak mobil ialah denda keterlambatan. Pemerintah mengenakan denda atas setiap keterlambatan pembayaran pajak. Besarannya pun dapat bervariasi tergantung pada peraturan yang berlaku di masing-masing daerah.

Denda ini nantinya akan langsung ditambahkan ke jumlah pajak yang harus dibayar sehingga akan meningkatkan beban keuangan Anda.

DAPATKAN PENAWARAN TERBARU TOYOTA FORTUNER HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Sanksi Administratif

Selain denda keterlambatan, Anda juga dapat dikenakan sanksi administratif. Sanksi ini bisa berupa pembatasan layanan atau fasilitas yang biasanya Anda dapatkan sebagai pemilik kendaraan yang membayar pajak secara tepat waktu. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak dapat mengajukan perpanjangan STNK atau melakukan transaksi jual-beli kendaraan jika belum membayar pajak secara lengkap.

3. Gangguan Layanan Publik

Beberapa daerah menerapkan kebijakan ketat terhadap pemilik kendaraan yang belum membayar pajak mobil. Dalam beberapa kasus, kepolisian setempat dapat melarang kendaraan yang memiliki tunggakan pajak untuk beroperasi alias digunakan berkendara di jalan. Hal ini tentu akan mengakibatkan gangguan mobilitas dan menghambat kegiatan sehari-hari.

4. Penindakan Hukum

Jika tunggakan pajak mobil Anda sangat lama dan berulang kali tidak diselesaikan, maka langkah selanjutnya yang harus dilalui ialah menghadapi konsekuensi hukum. Pihak berwenang dapat mengambil tindakan hukum, seperti penyitaan kendaraan hingga proses hukum lebih lanjut tergantung pada peraturan yang berlaku di masing-masing wilayah.

Penting untuk menyadari bahwa keterlambatan membayar pajak mobil tidak hanya berdampak pada keuangan, tetapi juga berpotensi mengganggu layanan dan hak-hak Anda sebagai pemilik kendaraan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk membayar pajak mobil tepat waktu sesuai dengan tanggal yang telah ditentukan.

Dalam rangka menghindari konsekuensi negatif tersebut, penting bagi Anda untuk menggunakan metode cek pajak mobil online Medan yang telah dijelaskan sebelumnya dan membayar pajak dengan tepat waktu.

Ketika Anda memahami dan mematuhi kewajiban sebagai pemilik kendaraan maka kelancaran kepemilikan kendaraan bisa tetap terjaga dan denda keterlambatan juga dapat dihindari.

Pembayaran pajak ini tentu berlaku pada semua jenis mobil, bukan hanya merek atau jenis tertentu saja. Jadi apa pun kendaraan yang Anda miliki, semua itu memiliki tanggung jawab pajak yang harus dipenuhi.

Pembelian mobil Toyota Fortuner juga mengharuskan Anda membayar pajak yang telah ditentukan. Meskipun demikian, berbagai keunggulan yang ada dalam Toyota Fortuner sangat sebanding dengan pajak yang harus dibayarkan. Apa lagi semua teknologi dan fitur canggihnya disematkan untuk memberikan Anda kepuasan dalam berkendara.

Ketangguhan mesinnya, kenyamanan kursi serta kepraktisan fitur dalam kabin pasti membuat perjalanan Anda jadi menyenangkan. Tertarik untuk memiliki Toyota Fortuner 4x2? Anda bisa langsung mengecek informasi dan menjelajahi berbagai pilihan mobil Toyota, termasuk Toyota Fortuner 4x2. Auto2000 Digiroom siap memberikan informasi dan layanan terbaik kepada Anda. Jadi segera pesan dan bawa pulang mobil impian Anda sekarang juga!

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.