cara-cek-pajak-mobil-jawa-barat_.png

Simak Cara Cek Pajak Mobil Jawa Barat beserta Cara Bayarnya

Diterbitkan4 Jul 2023

Salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh pengendara yang memiliki kendaraan adalah membayar pajak. Jika AutoFamily bertempat tinggal di Jawa Barat, maka Anda harus mengetahui bagaimana cara cek pajak mobil Jawa Barat, karena akan terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pengecekan pajak mobil untuk daerah Jawa Barat.

Selain mengetahui bagaimana cara pengecekan terhadap pajak mobil untuk daerah Jawa Barat, AutoFamily juga harus bisa memastikan untuk selalu membayar pajak secara tepat waktu. Karena, jika Anda telat dalam membayar pajak kendaraan, maka hal tersebut akan membawa Anda pada denda serta sanksi yang pastinya tidak diinginkan.

Untuk membantu Anda dalam mengetahui informasi mengenai cara cek pajak mobil Jawa Barat, maka simak penjelasan pada artikel berikut ini sampai tuntas ya!

Cara Cek Pajak Mobil Jawa Barat

Setiap pemerintah daerah di Indonesia, tentu akan memiliki beberapa wewenang dan caranya sendiri dalam mengatur bagaimana para masyarakat dalam melakukan pengecekan terhadap jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkannya.

Perlu AutoFamily ingat juga, selain mengetahui cara cek pajak mobil untuk daerah Jawa Barat, AutoFamily juga harus memastikan bahwa kendaraan mobil yang Anda miliki sudah dalam kondisi yang prima sebelum digunakan untuk berkendara, caranya adalah dengan melakukan service secara rutin di bengkel Auto2000 terdekat untuk mendapatkan Paket Servis Toyota secara lengkap.

Baca juga:Cara Menghitung Denda Telat Bayar Pajak Mobi

Untuk AutoFamily yang baru pertama kali melakukan transaksi pembayaran pajak mobil, maka Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini agar mengetahui jumlah yang harus dibayarkan.

1. Melalui Situs Resmi BAPENDA Jawa Barat

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam cek pajak mobil Jawa Barat adalah dengan mengunjungi situs resmi BAPENDA Jawa Barat. Untuk melakukan pengecekan jumlah pajak yang harus dibayar melalui situs resmi BAPENDA Jawa Barat, maka AutoFamily bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka situs BAPENDA Jawa Barat.

  • Masukkan kode kendaraan atau plat nomor yang Anda miliki sesuai dengan format dan kolom yang sudah disediakan.

  • Setelah itu, Anda bisa memilih warna TNKB(Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau warna dari plat nomor kendaraan Anda, bisa warna Hitam, Kuning, maupun Merah.

  • Jika sudah, ketikkan kode captcha di kolom kode pengaman. Lalu, tekan tombol cari.

  • Tunggu beberapa saat hingga Anda mendapatkan informasi mengenai identitas kendaraan serta rincian biaya tagihan pajak untuk kendaraan Anda.

DAPATKAN PENAWARAN TERBAIK KIJANG INNOVA ZENIX HYBRID SEKARANG JUGA HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM

2. Menggunakan e-Samsat

Selain melalui situs resmi BAPENDA, AutoFamily juga bisa melakukan pengecekan pajak mobil Jawa Barat melalui situs e-Samsat. E-Samsat sendiri merupakan salah satu situs yang dapat AutoFamily gunakan dalam mengecek tagihan pajak kendaraan mobil dan motor di provinsi Jawa Barat.

Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam melakukan pengecekan tagihan pajak mobil melalui situs e-Samsat Jawa Barat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Membuka situs e-Samsat pada URL berikut https://e-samsat.id/.

  • Pilih kode plat dan sesuaikan dengan kode wilayah yang Anda miliki. Jika sudah, Anda bisa memasukkan nomor plat yang Anda miliki.

  • Ketikkan nomor seri kendaraan, 5 angka terakhir dari nomor rangka kendaraan Anda.

  • Lalu, pilih provinsi Jawa Barat dan tekan tombol Sek Sekarang.

  • Jika sudah, Anda bisa menunggu beberapa saat hingga muncul informasi di bagian bawah yang berisikan tagihan pajak kendaraan. Di sini, Anda akan mendapatkan informasi mengenai PKB pokok, PKB denda, SWDKLLJ pokok, SWDKLLJ denda, PNBP TNKB, PNBP STNK, serta total biaya pajak kendaraan bermotor yang harus dibayarkan.

3. Melalui Aplikasi SAMBARA

Aplikasi SAMBARA merupakan aplikasi SAMSAT Jawa Barat yang dikelola langsung oleh pihak SAMSAT Jawa Barat. Aplikasi ini sendiri dihadirkan dengan beberapa fitur yang dapat memudahkan masyarakat, salah satunya adalah fitur yang dapat melakukan pengecekan terhadap pajak mobil di Jawa Barat secara online.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk cek pajak mobil Jawa Barat melalui aplikasi SAMBARA.

  • Mengunduh aplikasi SAMBARA pada smartphone Anda.

  • Jika sudah, Anda bisa memilih info PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

  • Ketikkan nomor polisi, lalu pilih warna plat nomor kendaraan yang Anda miliki.

  • Tekan tombol Cari, lalu tekan pilihan Ya di bagian paling bawah untuk melanjutkan proses.

Baca juga:Berapa Biaya Pajak Plat Nomor Cantik Mobil?

Cara Bayar Pajak Mobil Jawa Barat

Setelah mengetahui beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam melakukan pengecekan terhadap pajak mobil untuk provinsi Jawa Barat, maka hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah mengenai cara bayar pajak mobil Jawa Barat yang dapat AutoFamily lakukan melalui beberapa cara berikut ini.

1. Pembayaran Pajak Mobil Melalui Aplikasi SAMBARA

Selain digunakan dalam melakukan pengecekan terhadap besaran pajak kendaraan yang harus dibayar, ternyata aplikasi SAMBARA yang dikeluarkan oleh provinsi Jawa Barat juga dapat digunakan dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan.

Jika AutoFamily ingin melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi SAMBARA, maka AutoFamily bisa langsung melanjutkan proses sebelumnya melalui beberapa langkah berikut ini.

  • Jika rincian tagihan PKB telah tampil, maka Anda bisa menekan tombol Lanjut.

  • Jika sudah, Anda bisa klik tombol Lanjut Proses Pembayaran. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode pembayaran yang bisa digunakan di berbagai cara.

  • Selanjutnya, Anda bisa meneruskan proses pembayaran hingga terdapat informasi bahwa pembayaran sudah selesai dilakukan.

  • Jika sudah, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap status pembayaran, dan pastikan sudah tertulis bahwa pembayaran sudah berhasil.

  • Dalam beberapa waktu kemudian, Anda akan mendapatkan sebuah lampiran tanda bukti pembayaran yang sah, sebagai tanda bahwa Anda sudah melunasi kewajiban pajak kendaraan.

  • Jika sudah mendapatkan bukti pembayaran tersebut, Anda bisa langsung mengunduh dan print bukti tersebut dengan ukuran yang asli.

2. Pembayaran Pajak Mobil Melalui Marketplace

Saat ini, melakukan pembayaran pajak kendaraan mobil dan motor juga bisa dilakukan melalui beberapa marketplace. Jika Anda ingin melakukan pembayaran pajak melalui marketplace, maka Anda bisa langsung menuju menu Samsat atau Tagihan.

Setelah itu, Anda bisa langsung memasukkan kode bayar yang sudah Anda dapatkan sebelumnya saat melakukan pengecekan untuk melanjutkan proses pembayaran. Dari sini, Anda tinggal memilih sistem pembayaran apa yang diinginkan.

Jika pembayaran sudah berhasil dilakukan, maka proses pembayaran pajak kendaraan sudah selesai. Dalam melakukan pembayaran pajak melalui marketplace, pastikan bagi Anda untuk menyimpan bukti pembayaran pajak sebagai tanda bukti pembayaran yang sah.

Demikianlah informasi mengenai cara cek pajak mobil Jawa Barat yang dapat Anda ketahui. Jika Anda sedang membutuhkan mobil yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki, maka AutoFamily bisa langsung mengunjungi dealer Toyota terdekat untuk mendapatkan Mobil Baru Toyota serta penawaran dan promo menarik lainnya.

Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.