LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Cara Jaga Kondisi Mobil Toyota Agar Tetap Prima Setiap Hari

Auto2000.co.id – Mobil Toyota kesayangan Anda harus terus berjibaku dipakai untuk aktivitas setiap hari, baik ke kantor, mal, atau kegiatan rutin lainnya.

Memang kendaraan Toyota dikenal tangguh dan andal di berbagai kondisi jalan. Meski demikian, Anda harus tetap memperhatikan beberapa aspek supaya ia tetap layak jalan.

Apalagi kondisi jalan yang tidak bisa diprediksi membuat Anda harus menjaga kinerja mobil. Pun ditambah cuaca panas yang membuat sistem pendingin mobil harus kerja ekstra keras.

Inilah beberapa tips cara merawat mobil Anda agar tetap fit saat diajak beraktivitas setiap hari yang bisa dikerjakan sendiri di rumah.

BACA JUGA : Waspadalah, Ini Sebab dan Cara Mengatasi Aquaplaning

  1.  1. Ganti oli mesin

Ganti oli mesin merupakan menu utama dan wajib bila Anda ingin mobil Toyota kesayangan selalu dalam kondisi prima. Oli merupakan komponen vital yang menjaga komponen mesin agar dapat bekerja dengan baik.

Oli bertugas melumasi, melindungi, dan membersihkan komponen mesin yang saling bergesekan, seiring waktu dan karena pemakaian, kekentalan dan sifat kimia oli pasti berubah. Ia pun tidak bisa lagi bekerja optimal sebagaimana mestinya.

Risiko paling ringan adalah tarikan mesin terasa berat dan konsumsi bensin boros. Di level paling parah bisa mengakibatkan mesin mobil Anda harus turun mesin karena komponennya rusak parah.

Bengkel resmi Auto2000 menyarankan ganti oli mesin setiap 10.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Ikuti saran tersebut, maka mesin mobil Anda bakal bekerja dengan baik dan irit BBM.

BACA JUGA : Jangan Pakai Oli Transmisi Matik Biasa Untuk Matik CVT, Ini Alasannya

  1.  2. Ganti cairan kimia lain

Oli mesin bukan satu-satunya cairan yang dibutuhkan oleh mobil Anda. Banyak cairan lain yang dibutuhkan untuk menjaga kondisi mobil tetap prima.

Seperti minyak rem, minyak kopling manual, air aki, oli power steering, air radiator, bahkan hingga cairan pembersih wiper yang harus Anda kontrol secara rutin.

Jangan lupa pula oli transmisi, baik manual dan otomatis, yang punya masa penggantian lumayan panjang dan bisa terlupakan. Buat check list supaya tidak terlewatkan saat inspeksi.

Sembari mencuci mobil setiap akhir pekan, Anda bisa sekaligus mengecek kondisi cairan di atas. Termasuk pula takaran oli mesin yang bisa diintip via dipstick.

BACA JUGA : Mudah dan Nyaman, Ini Sebab Anda Harus Ngobrol Dengan Tasia

  1.  3. Cek kondisi ban

Perjalanan mudik dan liburan menyita jam terbang yang lumayan tinggi. Oleh sebab itu, lakukan pengecekan rutin pada ban, minimal dengan memastikan tekanan angin ban sudah sesuai rekomendasi Toyota.

Periksa juga ketebalan telapak ban sekaligus membersihkannya kalau ada kerikil tersangkut. Periksa dinding ban jangan sampai ada benjolan. Lihat juga bagaimana pola keausan telapak ban. Kalau tidak rata, ada potensi masalah di kaki-kaki.

Jangan ragu untuk mengganti ban bila dirasa sudah tidak layak pakai lantaran ban punya tugas berat untuk menopang dan mengendalikan laju mobil. Ingat, nyawa taruhannya jika Anda menyepelekan mengganti ban.

  1.  4. Cek kaki-kaki mobil

Sejurus dengan memeriksa ban, Anda bisa sekaligus mengecek kondisi kaki-kaki mobil. Periksa komponen kemudi untuk memastikan tidak ada kendala. Selanjutnya periksa shock absorber atau sokbreker.

BACA JUGA : Benarkah Ban Mobil Cepat Panas dan Gampang Meletus di Jalan Tol?

Pastikan kondisinya baik dan tidak ada masalah seperti kebocoran. Hal sama juga diterapkan pada sistem kemudi. Periksa apakah ada karet bushing yang rusak atau sambungan yang oblak.

Segera ganti jika ada potensi masalah di atas. Menu penutup, lakukan spooring dan balancing secara teratur juga.

  1. 5. Periksa lampu-lampu

Nyalakan lampu utama dan lihat apakah bisa berfungsi dengan baik. Tes pula lampu jauh atau lampu dim, dan sekalian tes foglamp. Periksa pula soket dan kabel-kabel dari risiko rusak mengingat ada potensi bisa terbakar.

Lampu belakang kerap terabaikan. Padahal di belakang ada lampu rem yang bertugas memberi isyarat pada kendaraan lain bahwa Anda sedang melakukan pengereman.

BACA JUGA : Apa itu Aquaplaning Yang Bikin Mobil Kecelakaan Terbalik di Jalan Tol?

Cek juga lampu rem ke-3 yang berada di atap. Ada mobil yang salah satu lampu rem mobilnya mati. Baru terasa faedahnya ketika mobil Anda ditabrak mobil lain yang tidak melihat posisi Anda karena lampu rem mati.

Merasa repot melakukan itu semua sendirian?

Tenang, bengkel resmi Auto2000 sudah mempersiapkan program servis berkala secara periodik guna memastikan bahwa seluruh komponen mobil Anda dirawat sehingga selalu dalam kondisi terbaik.

Agar tidak repot, manfaatkan aplikasi Auto2000 Mobile untuk melakukan booking service. Anda bisa mengunjungi bengkel resmi Auto2000 atau tim THS – Auto2000 Home Service yang mendatangi tempat yang Anda inginkan.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia