review mesin corolla cross

Review 5 Kelebihan Mesin Corolla Cross

Diterbitkan13 Mei 2024

Dalam review mesin Corolla Cross ini, AutoFamily akan menyelami jeroan mesin yang menjadi jantung mobil ini. Mesin adalah elemen vital yang menentukan performa, efisiensi bahan bakar, dan keandalan kendaraan. Karena, dengan memahami lebih dalam tentang mesin Corolla Cross, AutoFamily dapat menilai apakah mobil ini cocok dengan kebutuhan dan preferensi mereka.


Mari  telusuri bersama bagaimana mesin Corolla Cross memberikan kombinasi yang baik antara tenaga, efisiensi, dan keandalan. Dari ukuran mesin hingga teknologi yang digunakan, kami akan mengungkap detail yang mungkin memengaruhi pengalaman mengemudi dan pemeliharaan mobil ini.


LAKUKAN UJI COBA KENDARAAN TERLEBIH DAHULU PADA MOBIL TOYOTA ANDA DI AUTO2000 DIGIROOM!


5 Kelebihan Mesin Corolla Cross 

Mesin Toyota Corolla Cross, terutama dalam konteks model tertentu, memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menonjol di kelasnya. Dalam artikel kali ini AutoFamily akan mendapatkan banyak informasi baru tentang mesin dari Toyota Corolla Cross. Di antaranya: 


1. Efisien Namun Bertenaga 

Spesifikasi mesin Corolla Cross yang Anda sebutkan menunjukkan bahwa mesinnya memiliki kapasitas 1798 cc, dengan torsi maksimum 14.5 kgm pada 3600 rpm. Ini menunjukkan bahwa mesinnya dirancang untuk memberikan keseimbangan yang baik antara efisiensi bahan bakar dan kinerja yang memadai.


Melalui kapasitas mesin 1798 cc, Corolla Cross memiliki mesin yang cukup besar untuk memberikan daya yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari, seperti mengemudi di jalan raya atau melewati medan yang berat. Mesin yang lebih besar juga dapat memberikan lebih banyak tenaga saat diperlukan, seperti saat melakukan akselerasi cepat atau menanggapi permintaan daya tambahan.


2. Pengalaman Berkendara yang Menyenangkan 

Melalui transmisi CVT yang memberikan perpindahan gigi yang mulus dan responsif, serta suspensi depan MacPherson Strut dan suspensi belakang Torsion Beam yang dirancang untuk menawarkan keseimbangan yang optimal antara kenyamanan berkendara dan penanganan yang presisi, Toyota Corolla Cross menyuguhkan pengalaman berkendara yang memukau.


Transmisi CVT tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan mempertahankan mesin pada putaran yang optimal, tetapi juga memberikan akselerasi yang lancar dan responsif saat diperlukan, baik itu saat melewati lalu lintas perkotaan atau dalam perjalanan jarak jauh di jalan raya.


Ditambah dengan suspensi depan MacPherson Strut yang menawarkan stabilitas dan kenyamanan optimal saat menangani tikungan dan rintangan di jalan, serta suspensi belakang Torsion Beam yang memberikan stabilitas tambahan dan pengendalian yang presisi, Toyota Corolla Cross memastikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan. 


3. Kontrol Rem Penuh dengan Anti-Lock Braking System (ABS)

Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) pada Toyota Corolla Cross adalah salah satu aspek yang meningkatkan keamanan dan kendali saat berkendara. ABS bekerja dengan mencegah roda-roda kendaraan untuk mengunci saat pengereman mendadak atau di permukaan jalan yang licin. Karena, dengan roda yang tidak mengunci, pengemudi dapat mempertahankan kendali kendaraan dan menghindari bahaya seperti tergelincir atau kehilangan kendali sepenuhnya.


Kombinasi antara transmisi CVT yang responsif, suspensi yang nyaman namun presisi, dan fitur ABS yang mengoptimalkan pengereman menjadikan Corolla Cross sebagai pilihan menarik bagi banyak konsumen. Baik untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan maupun untuk perjalanan jarak jauh di jalan raya, SUV ini menawarkan kombinasi yang seimbang antara kinerja, efisiensi, dan keamanan.


4. Varian Hybrid Ramah Lingkungan 

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan varian yang menarik dengan teknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin dan motor listrik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Mesin yang digunakan adalah 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc dengan konfigurasi 4-silinder DOHC (Double Overhead Camshaft), yang sudah dikenal karena kinerja yang andal dan efisiensi yang baik.


Teknologi VVT-i (Variable Valve Timing - intelligent) yang digunakan pada mesin ini membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dengan mengatur waktu buka dan tutup katup-katup secara otomatis sesuai dengan kondisi beban dan kecepatan mesin. Hal ini memberikan respons yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, dan emisi yang lebih rendah.


JANGAN LEWATKAN BERAGAM PAKET SERVIS MENARIK DI AUTO2000 DIGIROOM


5. Kedua Varian Mesin yang Memberikan Performa Maksimum 

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan salah satu varian yang menarik dengan teknologi hybrid yang menggabungkan kekuatan mesin bensin dan motor listrik untuk memberikan performa yang optimal. Mesin bensin yang digunakan adalah 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc dengan konfigurasi 4-silinder DOHC, yang telah terbukti andal dan efisien.


Teknologi VVT-i (Variable Valve Timing - intelligent) pada mesin ini memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi pembakaran dengan mengatur waktu buka dan tutup katup secara otomatis sesuai dengan kebutuhan, sehingga memberikan respons yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi, dan emisi yang lebih rendah.


Sementara itu, motor listrik pada Corolla Cross Hybrid berkontribusi untuk meningkatkan performa secara keseluruhan. Motor ini bekerja bersamaan dengan mesin bensin untuk memberikan dorongan tambahan saat diperlukan, terutama saat berada dalam kondisi lalu lintas perkotaan atau saat berkendara dalam kecepatan rendah.


Oleh karena itu, dari ulasan mengenai mesin Toyota Corolla Cross, kita dapat melihat bagaimana kombinasi mesin bensin dan motor listrik memberikan performa yang tangguh sekaligus efisiensi yang baik dalam konsumsi bahan bakar. Teknologi hybrid yang diterapkan memastikan pengguna mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan ekonomis, sambil tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan.


Bagi mereka yang mencari SUV yang andal, efisien, dan bertenaga, Toyota Corolla Cross menjadi pilihan yang menarik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Toyota Corolla Cross dan fitur-fitur unggulannya, Anda dapat mengunjungi Auto2000 Digiroom.

  • 1. Tenaga penuh namun tetap efisien
    Dengan mesin yang cukup besar, Corolla Cross dapat mengatasi tugas-tugas sehari-hari dengan mudah, termasuk mengemudi di jalan raya atau melewati medan berat, serta memberikan tenaga tambahan saat diperlukan.
  • 2. Varian Hybrid yang istimewa
    Teknologi VVT-i membantu meningkatkan efisiensi pembakaran dengan mengatur waktu buka dan tutup katup secara otomatis, memberikan respons yang lebih baik, efisiensi bahan bakar yang tinggi, dan emisi yang rendah.
  • 3. Fitur ABS dari Toyota
    Fitur Anti-Lock Braking System (ABS) pada Toyota Corolla Cross meningkatkan keamanan dan kendali saat berkendara dengan mencegah roda-roda kendaraan untuk mengunci saat pengereman mendadak atau di permukaan jalan yang licin.
Miliki Sekarang Toyota Corolla Cross Impian Anda
  • Car accessories product image auto2000COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T DUAL TONE (PREMIUM COLOR)

    Harga OTR Jakarta Pusat Mulai

    Rp. 613.400.000

    Toyota Cross 2024 Harga Terbaru, Spesifikasi dan Promo April 2024Dapatkan harga mobil Corolla Cross terbaru disini. Dapatkan cicilan ringan mulai 6 jutaan dengan DP 50%. Cek spesifikasi Corolla Cross, booking test drive & review mobil di sini.
  • Car accessories product image auto2000COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T ONE TONE (NON PREMIUM COLOR)

    Harga OTR Jakarta Pusat Mulai

    Rp. 608.400.000

    Toyota Cross 2024 Harga Terbaru, Spesifikasi dan Promo April 2024Dapatkan harga mobil Corolla Cross terbaru disini. Dapatkan cicilan ringan mulai 6 jutaan dengan DP 50%. Cek spesifikasi Corolla Cross, booking test drive & review mobil di sini.
  • Car accessories product image auto2000COROLLA CROSS 1.8 HYBRID GR-S A/T DUAL TONE (NON PREMIUM COLOR)

    Harga OTR Jakarta Pusat Mulai

    Rp. 611.900.000

    Toyota Cross 2024 Harga Terbaru, Spesifikasi dan Promo April 2024Dapatkan harga mobil Corolla Cross terbaru disini. Dapatkan cicilan ringan mulai 6 jutaan dengan DP 50%. Cek spesifikasi Corolla Cross, booking test drive & review mobil di sini.