LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Sangat Instagramable, Inilah Alasan Anda Harus Coba Jalur Pantai Selatan Jawa Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Auto2000.co.id – Jalur pantai utara Jawa (pantura) masih jadi primadona pemudik lebaran tahun ini. Jalan yang lebar, mulus dan tidak banyak melewati rute pegunungan menjadi alasannya.

Apalagi saat ini jalan tol trans Jawa yang menghubungkan Jakarta sampai Surabaya sudah dibangun, walau beberapa ruas masih berstatus fungsional. Tak ayal jika pemudik memadati jalur pantura.

Untuk membagi beban dan mengembangkan wilayah selatan pulau Jawa, pemerintah membangun dan merevitalisasi jalur pantai selatan Jawa (pansela).

Jalur Pansela membentang dari Merak, Banten, menyusuri pantai selatan pulau Jawa hingga ke Banyuwangi, Jawa Timur. Panjang total jalan tersebut sekitar 1.405 km.

Untuk Anda yang mudik via pantura dan ingin merasakan perjalanan via pansela saat balik, inilah beberapa fakta tentang jalur pansela yang siap bikin wisata Anda bersama keluarga terasa menyenangkan.

BACA JUGA : Sekaligus Wisata Bersama Keluarga, Daftar Aplikasi Ini Wajib Ada di Ponsel Anda Saat Mudik Lebaran

1. Jalan mulus, cukup lebar, dan sepi

Jalur pansela melalui 5 provinsi yaitu Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Jalan ini melalui tak kurang dari 23 kabupaten di pesisir pantai selatan pulau Jawa.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjelaskan bahwa kondisi di sepanjang jalur pansela sudah bagus. Meskipun demikian, ada beberapa ruas yang masih dalam pengerjaan.

Ruas jalan pansela sudah semakin baik dengan dua jalur mulus dan lebar sekitar tujuh meter. Tanjakan yang ada juga cukup lebar sehingga nyaman untuk dilalui.

Satu lagi yang bikin nyaman berkendara di jalur pansela adalah situasi jalan yang relatif sepi karena bukan jalur utama truk sebagai penyalur produk barang.

BACA JUGA : Perhatikan 8 Hal Ini Ketika Isi Bensin Saat Mudik, Nomor 6 Banyak Yang Belum Tahu

2. Pemandangan indah

Jalur pansela menyusuri pesisir pantai selatan pulau Jawa dengan kontur alam yang dipenuhi pegunungan. Makanya jalur jalannya pun banyak yang mengikuti lekuk pegunungan.

Di lain sisi, terbentang pantai sejauh mata memandang. Hal ini menciptakan panorama indah sepanjang perjalanan dan tidak membosankan.

Suguhan pemandangan berbeda bisa Anda dapatkan, mulai dari pegunungan yang asri dengan jalan berliku naik turun, persawahan hijau, hingga deburan ombak pantai selatan yang dihiasi kumpulan batu karang.

Untuk Anda yang gemar update status di social media, suguhan pemandangan sepanjang pansela sangat Instagramable. Dan karena belum banyak yang tahu, psotingan Anda yang keren bisa jadi viral.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

3. Banyak lokasi wisata

Efek positif dari pemandangan indah adalah banyaknya obyek wisata yang bisa Anda singgahi di jalur pansela. Sangat cocok untuk Anda yang ingin menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga tercinta.

Bagi yang suka wisata bahari, bisa mampir ke Pangandaran, Jawa Barat. Di sini ada Pantai Batu Karas yang terkenal sebagai surganya para peselancar.

Selain mencoba belajar selancar bisa bermain aneka olahraga air yang disewakan, berburu matahari terbit, dan menjajal body rafting di Green Canyon.

Di daerah Kebumen, Jawa Tengah ada banyak pantai cantik seperti Pantai Logending, Pantai Bopong, Pantai Watu Bale, Pantai Menganti, Pantai Lampon, dan masih banyak lagi. Pantai-pantai tersebut masih relatif sepi.

BACA JUGA : Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

Purworejo, Jawa Tengah punya banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman wisata berbeda. Ada Desa Wisata Somongari, Desa Wisata Karangrejo, Desa Wisata Kaligono, Desa Wisata Tlogowungu, dan Desa Wisata Benowo. Termasuk air terjun seperti Curug Benowo.

Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta punya 26 pantai indah. Seperti Pantai Drini, Pantai Pok Tunggal, Pantai Indrayanti, Pantai Jogan, dan masih banyak lagi. Uniknya di Gunungkidul terdapat pantai pasir hitam dan pantai pasir putih.

Daerah Pacitan ada banyak pantai cantik dan goa. Seperti Pantai Srau, Pantai Buyutan, Pantai Kasap, Pantai Watu Karung, Goa Gong, Kali Cokel, dan Wisata Pinus Gemaharjo.

Geser ke Lumajang, Jawa Timur adalah lokasi berdirinya Gunung Semeru, gunung tertinggi di pulau Jawa. Di sini dikenal banyak ranu alias danau. Sebut saja Ranu Pane, Ranu Regolo, Ranu Kumbolo, Ranu Klakah, Ranu Pakis, dan Ranu Bedali.

Itu baru sekelumit dari sekian banyak wisata pantai, goa, air terjun, dan desa wisata yang siap dikunjungi di jalur pansela. Anda bisa eksplorasi langsung sepanjang perjalanan balik nanti. Jangan lupa untuk wisata kuliner dan belanja oleh-oleh.

BACA JUGA : Auto2000 Siapkan 12 Pos Jaga dan 4 Bengkel Siaga 24 Jam Sambut Mudik Lebaran 2018, Ini Lokasinya

4. Low cost trip

Yang pasti adalah budget Anda untuk melalui jalan tol trans Jawa bisa dipangkas. Selain itu, harga makanan dan oleh-oleh di sepanjang jalur tersebut masih lebih murah daripada pantura yang sudah komersil.

Termasuk pula untuk tempat penginapan. Hanya saja untuk kelas hotel mungkin tidak sebaik di pantura. Namun itu justru menghemat pengeluaran Anda kan?

Persiapkan kendaraan Anda

Sebelum berwisata saat arus balik via jalur pansela, Anda harus mempersiapkan kondisi fisik kendaraan dengan baik. Ini karena sarana pendukung di wilayah yang dilalui belum sebaik pantura.

Seperti Pos Siaga Auto2000 yang hanya ada di kawasan Nagrek, tepatnya di Rest Area Al-Mahdiyyin, Jalan Raya Nagrek – Limbangan No 17, Cijolang, Blubur Limbangan, Garut.

BACA JUGA : Bisa Servis Berkala, Inilah Daftar Layanan Pos Jaga Auto2000 Pada Mobil Toyota Anda Saat Mudik Lebaran

Beberapa pengecekan fisik bisa dilakukan sendiri. Seperti pemeriksaan di area ban, kaki-kaki, mesin, dan cairan pendukung. Pastikan semua dalam kondisi baik. Jangan lupa pula isi bensin sampai full.

Bagaimana bila butuh pengecekan lebih lanjut atau Anda tidak bisa memperbaiki sendiri kerusakan? Untuk pemilik Toyota bisa sambangi bengkel siaga 24 jam dan bengkel yang tetap buka selama libur lebaran milik Auto2000.

Anda bisa pakai aplikasi Auto2000 Mobile untuk mencari lokasi bengkel resmi Auto2000 terdekat. Selain bisa untuk jaga-jaga karena ada menu Emergency. Begitu ditekan, Anda akan terhubung dengan nomor kontak Emergency Roadside Assistance (ERA).

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia