LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Antara Hidup dan Mati, Lakukan Ini Agar Anda Terhindar Dari Microsleep Saat Mudik Lebaran

Auto2000.co.id – Anda pasti berharap bahwa perjalanan mudik ke kampung halaman kali ini dapat berjalan lancar tanpa hambatan seperti kecelakaan.

Meski demikian, kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dari hal sepele seperti ketika Anda terkena microsleep. Microsleep adalah kondisi dimana sopir tertidur secara tiba-tiba hanya dalam waktu yang sangat singkat.

Microsleep umumnya berlangsung tidak lebih dari 30 detik. Meski demikian, momen yang sangat singkat itu bisa berarti pilihan antara hidup atau mati.

Microsleep sering terjadi saat Anda melakukan pekerjaan yang monoton, seperti berkendara dalam waktu yang lama untuk mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

Agar terhindar dari risiko microsleep, berikut ada tips mudik ringan yang bisa Anda terapkan saat berkendara.

Hal yang paling mendasar adalah persiapan diri Anda sebelum mengemudi mobil MPV Toyota kesayangan. Kuncinya adalah Anda harus mampu mengukur kondisi fisik.

Upayakan untuk dapat beristirahat cukup dan tidak memaksakan diri mengemudi jika fisik dirasa belum fit. Usahakan ada jeda waktu yang cukup antara terakhir bekerja dan perjalanan mudik agar tersedia waktu untuk istirahat.

Saat mau jalan, lakukan senam ringan untuk meregangkan otot tubuh yang kaku. Cuci muka dengan air bersih agar terasa segar dan membantu mengusir rasa ngantuk.

BACA JUGA : Banjir Hadiah Keren, Auto2000 Adakan Kompetisi Video dan Foto Carpool Karaoke #mudikserubersamaauto2000

Siapkan air putih sebagai teman perjalanan. Bisa pula permen dengan rasa sedikit asam untuk membuat badan tetap terjaga. Bisa ditambah camilan, tapi jangan sampai mengganggu konsentrasi mengemudi.

Dengarkan musik kesayangan, tapi jangan yang berirama terlalu keras seperti heavy metal karena justru mendorong Anda untuk mengemudi secara agresif. Apalagi di saat kondisi tubuh mulai menurun.

Enaknya perjalanan mudik adalah Anda tidak mengemudi sendirian. Idealnya ada 2 orang sopir yang bergantian mengemudi tiap 3 – 4 jam.

Minimal ada teman di sebelah yang bisa dijadikan lawan bicara merangkap navigator. Disebut navigator karena orang tersebut bisa membantu Anda untuk beberapa kebutuhan.

BACA JUGA : Auto2000 Siapkan 12 Pos Jaga dan 4 Bengkel Siaga 24 Jam Sambut Mudik Lebaran 2018, Ini Lokasinya

Seperti menyiapkan dan menyimpan kartu e-toll, membaca peta digital, mengatur musik yang diputar audio mobil, serta membantu Anda saat ingin makan atau minum.

Beri arahan pada navigator untuk memberi teguran jika dilihat perilaku Anda dalam berkendara dianggap membahayakan. Seperti pindah jalur sembarangan, tidak konsisten mengatur irama mobil, atau melanggar aturan lalu lintas.

Sampaikan pemahaman singkat mengenai microsleep dan gejala awalnya sehingga rekan Anda bisa mendeteksi bila ada potensi ke arah sana. Segera lakukan tindakan pencegahan jika gejala tersebut terdeteksi.

Selama mengemudi, cobalah perhatikan respons tubuh. Apakah pernah melakukan kesalahan kecil seperti salah menyalakan lampu sein atau sulit menjaga mobil tetap berada di jalurnya?

BACA JUGA : Serba Gratis, Auto2000 Sediakan Fasilitas Ini Untuk Pemilik Mobil Toyota di 12 Pos Jaga Mudik Lebaran 2018

Berkaitan dengan kondisi fisik, amati pula apakah kepala dan kelopak mata terasa berat? Atau bahkan kerap menguap dengan durasi yang cukup panjang dan kepala mengangguk tanpa sengaja.

Tingkatkan kewaspadaan saat memasuki jam kritis atau saat Anda telah mengemudi selama hampir 3 jam. Apalagi bila di jalan sering terkena macet yang cukup menguras stamina.

Bagaimana bila Anda merasa sudah sangat lelah sementara tidak ada driver pengganti? Jalan terbaik satu-satunya adalah istirahat tidur.

Rest area bisa jadi pilihan lokasi terbaik saat Anda melaju di jalan tol. Bisa pula di 12 Pos Jaga yang telah disiapkan oleh Auto2000.

BACA JUGA : Waspadalah! Inilah Gejala Microsleep Yang Bisa Bikin Mudik Lebaran Anda Berantakan

Di Pos Jaga Auto2000 yang beroperasi 24 jam nonstop di periode 8 – 20 Juni 2018 tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan dan servis mobil ringan serta istirahat sejenak.

Untuk jalan non tol pilihannya cukup banyak. Seperti pom bensin, restoran, kantor polisi, mini market, atau mesjid. Masalahnya, saat musim mudik seperti saat ini, tempat-tempat di atas biasanya cukup dipadati oleh pengunjung.

Beberapa bengkel resmi Auto2000 tetap buka di musim mudik lebaran tahun ini. Anda bisa memanfaatkan fasilitas dealer Auto2000 yang nyaman untuk istirahat.

Auto2000


 
Share this article
More News
toyota innova trd
Ini Dia Varian Baru Kijang Innova!
Toyota Kijang Innova TRD Sportivo Limited resmi meluncur hari ini tepat dengan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2020. Sesuai namanya, Kijang Innova ini memiliki berbagai kelengkapan dan dijual secara eksklusif.
thumb3.jpg
Resmi Meluncur! Toyota Hilux Kini Semakin Gagah dan Canggih
Toyota New Hilux resmi meluncur dengan harga Rp 429.750.000 untuk tipe 2.4 E (4x4) DSL MT. Mobil komersial satu ini kini semakin tampan dan gagah dengan beberapa perubahan di eksterior.
thumb2.jpg
Cara Menghilangkan Bau di Mobil Menggunakan 5 Benda Sederhana
Siapa yang tidak kesal mendapati kabin mobil bau tak sedap? Sebenarnya, bau pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik yang sering atau jarang dipakai. Ada banyak penyebab mobil berbau apek, pertama tentu bersumber dari masalah kebersihan.
New Project (7).jpg
Tips Membersihkan Interior Mobil Agar Terhindar dari Virus
Saat ini, virus COVID-19 masih menjadi pandemi global, tak terkecuali di Indonesia. Bagi AutoFamily yang menggunakan mobil untuk kegiatan sehari-hari, penting juga untuk membersihkan interior mobil secara rutin.
Tanya TasiaBackground Lazy GIF