Ban Mobil

Apa Saja Penyebab Ban Botak Sebelah Luar?

Diterbitkan22 Feb 2024

Penyebab ban botak sebelah luar bisa menjadi masalah yang menyebalkan bagi para pengemudi. Ketika bagian luar ban mengalami keausan yang lebih cepat dari bagian dalamnya, hal ini bisa mengakibatkan ketidaknyamanan saat berkendara, bahkan membahayakan keselamatan. 


Namun sebelum menemukan solusinya, penting bagi AutoFamily untuk memahami apa yang sebenarnya menyebabkan ban menjadi botak di bagian sebelah luarnya saja. Dari tekanan udara yang tidak seimbang hingga masalah pada suspensi, berbagai faktor dapat memengaruhi kondisi ban Anda. 


Sering kali jarangnya servis dapat membuat ban mobil menjadi aus. Padahal membawa mobil ke bengkel Auto2000 untuk diservis perlu dilakukan secara berkala agar kondisi ban dan keseluruhan komponen mesin dapat tetap terjaga dengan baik. Kalau begitu mari coba cari tahu apa saja yang menyebabkan ban botak sebelah luar dan bagaimana cara mengatasinya dengan baik di bawah ini. 


Kenali Berbagai Penyebab Ban Botak Sebelah Luar

Ban mobil dengan keadaan yang baik akan memberikan ketenangan dalam berkendara. Itu sebabnya perawatan ban mobil yang baik penting dilakukan. Sebaliknya, saat perawatan tidak dilakukan dengan benar maka akan terjadi hal-hal tidak diinginkan seng perti ban botak. Coba cari tahu lebih banyak apa yang menyebabkan ban botak berikut ini. 


1. Tekanan Udara yang Tidak Seimbang 

Tekanan udara yang tidak seimbang pada ban dapat menjadi salah satu penyebab utama ban botak sebelah luar. Jika tekanan udara terlalu rendah, bagian luarnya akan lebih mudah terkikis saat berkontak langsung dengan permukaan jalan. 


Sebaliknya, tekanan udara yang terlalu tinggi dapat membuat bagian tengah ban lebih padat yang menyebabkan bagian luar ban lebih cepat mengalami keausan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tekanan udara pada ban Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan.


Baca juga: Mengenal Apa itu Spooring dan Balancing Serta Pentingnya untuk Perawatan Mobil


2. Masalah pada Suspensi 

Masalah pada sistem suspensi seperti per yang aus atau bengkok dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata pada ban. Hal ini dapat mengakibatkan ban lebih cepat aus di bagian luar karena distribusi beban yang tidak seimbang. 


Jika suspensi mobil Anda mengalami masalah, segera periksakan ke bengkel untuk memperbaikinya sehingga kerusakan lebih lanjut pada ban dapat dihentikan.


3. Poros yang Tidak Sejajar 

Poros yang tidak sejajar juga dapat menyebabkan tekanan yang tidak merata pada ban, terutama pada bagian luar. Jika roda depan atau belakang mobil Anda tidak sejajar maka akan memberikan tekanan ekstra pada bagian luar ban saat mobil bergerak. Akibatnya, ban dapat mengalami keausan lebih cepat di bagian luar.


4. Kondisi Jalan yang Buruk 

Kondisi jalan yang buruk seperti lubang atau permukaan yang tidak rata dapat memberikan tekanan ekstra pada ban saat mobil melintasinya. Hal ini dapat menyebabkan keausan lebih cepat pada bagian luar ban. Sebaiknya hindari jalan yang rusak dan berhati-hatilah saat melintasi area dengan kondisi jalan yang buruk untuk mengurangi risiko keausan ban.


PESAN SUKU CADANG BERKUALITAS UNTUK MOBIL KESAYANGAN HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


5. Perlengkapan Kendaraan yang Tidak Tepat 

Penggunaan ban yang tidak sesuai dengan kebutuhan atau kondisi jalan juga dapat menyebabkan ban botak sebelah luar. Contohnya, penggunaan ban racing pada mobil MPV yang digunakan untuk perjalanan sehari-hari dapat menyebabkan keausan tidak merata pada bagian luar ban. 


6. Kurangnya Perawatan dan Pengecekan Rutin 

Kurangnya perawatan dan pengecekan rutin pada ban juga bisa menyebabkan ban botak sebelah luar. Pengecekan rutin terhadap kondisi ban, termasuk rotasi dan pengecekan tekanan udara dapat membantu mendeteksi masalah lebih awal dan mencegah keausan tidak merata pada ban. 

Cara-Cara Praktis Mengatasi Ban Botak Sebelah Luar

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, sekarang Anda jadi lebih paham mengapa menjaga kondisi ban sangat penting dilakukan, bukan? Kalau begitu sudah seharusnya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan melakukan pencegahan lainnya yang diperlukan. Berikut cara-cara praktis yang bisa Anda lakukan.


1. Periksa dan Sesuaikan Tekanan Udara secara Rutin 

Salah satu cara praktis untuk mengatasi ban botak sebelah luar adalah dengan memeriksa dan menyesuaikan tekanan udara secara rutin. Pastikan tekanan udara pada semua ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang tertera pada buku panduan kendaraan. Tekanan udara yang seimbang akan membantu mencegah keausan tidak merata pada ban.


Baca juga: Mengenal Pentingnya Servis Pertama Mobil Toyota


2. Lakukan Rotasi Ban secara Teratur 

Melakukan rotasi ban sebenarnya sangat sederhana dilakukan karena pemilik kendaraan hanya perlu membawa mobil mereka ke bengkel tepercaya seperti Auto2000. Nantinya teknisi ahli yang akan melakukannya untuk pemilik mobil. 


Rotasi ban sendiri mengacu pada proses memindahkan posisi ban dari satu lokasi ke lokasi lainnya pada kendaraan. Melakukan rotasi ban secara teratur dapat membantu mengurangi keausan ban pada satu sisi dan meratakan keausan pada semua ban. Itu sebabnya pastikan untuk melakukan rotasi ban sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh produsen kendaraan.


3. Perbaiki Masalah Suspensi 

Jika kendaraan Anda mengalami masalah pada sistem suspensi seperti per yang aus atau bengkok, segera perbaiki masalah tersebut. Memperbaiki masalah suspensi akan membantu memastikan distribusi beban yang merata pada ban, sehingga mencegah keausan tidak merata pada ban. Bawa mobil Anda segera ke bengkel Auto2000 terdekat sehingga teknisi ahli dapat melakukan pemeriksaan dan perbaikan yang diperlukan dengan baik.


4. Hindari Mengemudi secara Agresif 

Mengemudi secara agresif seperti mengerem mendadak atau berbelok dengan cepat dapat meningkatkan tekanan pada ban, terutama pada sisi luar. Hindari gaya mengemudi yang agresif dan berkendara dengan lebih hati-hati untuk mengurangi keausan tidak merata pada ban.


TEMUKAN PROMO TOYOTA IMPIAN MENARIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM


5. Gunakan Ban dengan Profil Tread yang Tepat 

Pilihlah ban yang memiliki profil tread sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan yang akan dilalui. Ban dengan profil tread yang tepat dapat memberikan daya cengkeram yang baik dan mengurangi risiko keausan tidak merata pada ban.


6. Periksakan Kendaraan secara Berkala ke Bengkel Resmi 

Terakhir, pastikan untuk secara rutin memeriksakan kendaraan ke bengkel resmi seperti bengkel Auto2000 untuk pengecekan dan perawatan berkala. Bengkel Auto2000 akan melakukan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi kendaraan, termasuk ban, sehingga dapat mendeteksi masalah lebih awal dan mencegah keausan tidak merata pada ban.


Baca juga: 16 Special Service Tools yang Digunakan di Bengkel Mobil

Dalam menangani masalah ban botak sebelah luar, pemahaman terhadap penyebabnya sangatlah penting. Berbagai faktor seperti tekanan udara yang tidak seimbang, masalah suspensi, kondisi jalan yang buruk, dan kurangnya perawatan bisa menjadi pemicu terjadinya masalah ini. 


Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara, jangan lupa melakukan servis berkala. Ingatlah pentingnya servis mobil setiap 6 bulan di bengkel Auto2000 untuk memastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi terbaik. 


Manfaatkan pula layanan servis berkualitas yang tersedia di Auto2000 Digiroom untuk menjaga kinerja mesin serta keamanannya. Temukan semua yang Anda butuhkan untuk merawat mobil kesayangan hanya di Auto2000 Digiroom!


Semoga informasi mengenai berbagai penyebab ban botak sebelah luar yang sudah dijelaskan di atas membantu Anda untuk memperhatikan kendaraan lebih baik lagi. 


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.