LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pentingnya Melakukan Balancing Roda Mobil

Auto2000.co.id – Selain melakukan spooring, agar roda mobil lebih maksimal biasanya diperlukan proses balancing.

Untuk proses ini pengerjaanya dilakukan pada keempat roda dengan tujuan untuk menyeimbangkan kembali putaran roda.

Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang Indah Yuliana, menjelaskan bila proses balancing dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada titik atas-bawah atau kiri-kanan roda.

Hal ini biasanya menjadi satu paket dengan spooring yang sama untuk menjaga kestabilan mobil.

BACA JUGA : Ini Alasan Anda Dilarang Nyalakan Lampu Hazard Saat Hujan Deras

“Balancing dilakukan saat mobil dirasakan sudah tidak stabil ketika dikendarai. Biasanya akan terasa melayang pada saat kecepatan tertentu,dan pada saat berkendara pelan umumnya kemudi akan terasa berat untuk dikendalikan,” ucap Indah.

Pemilik mobil bisa mengindetifikasi dengan mudah adanya gejala tersebut saat berkendara karena hubungannya langsung pada pengendalian mobil.

Bila pengemudi memaksakan terus menerus menggunakan mobil dalam kondisi tersebut, menurut Indah akan menimbulkan banyak kerugian.

Dari sisi kenyamanan sudah tentu akan berkurang, selain itu akan terjadi keasuan pada permukaan ban yang tidak merata antar satu bagian dengan bagian lainnya.

BACA JUGA : Auto2000 Menyediakan Kemudahan Pembelian dan Program Spesial New Avanza, New Veloz, dan Toyota Lainnya

“Akibat dari distribusi berat yang tidak merata pada ban, maka lambat laun efeknya bisa membuat keausan yang tidak merata,” terang Indah.

“Untuk proses balancing akan dilihat sektor mana yang tidak seimbang, setelah itu biasanya akan ditambahkan pemberat pada pelek dengan tujuan agar terjadi keseimbangan,” lanjutnya.

Pada umumnya proses balancing bisa dialakukan melalui dua cara, yakni statis dan dinamis. Untuk balancing statis dikenal juga dengan metode single plane balanced.

Balancing dengan metode ini dilakukan oleh mesin bubble balancer. Fasilitas ini sudah dimiliki oleh semua jaringan bengkel resmi Auto2000.

BACA JUGA : Harga Tidak Naik, Ini Beda Toyota New Avanza dan New Veloz 2019

Ban yang mengalami ketidakseimbangan akan dipasang pada sebuah as yang bergerak bebas, semua beban berat akan berputar ke arah bawah.

Beban tambahan kemudian ditambahkan untuk mengimbangi berat yang condong ke sisi tertentu dan menyebabkan ketidakseimbangan sehingga nantinya ban akan berputar secara sempurna.

Sedangkan untuk metode balanced dinamis, akan menggambarkan ketidakseimbangan beban pada ban satu sisi dari sisi lainnya.

Ketidakseimbangan dinamis bisa menyebabkan getaran yang akan mengusik kenyamanan berkendara.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia