LOKASIMU

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.

Pasang Aki Tidak Sesuai Spesifikasi Ada Risikonya

Auto2000.co.id – Aki atau baterai menjadi salah satu komponen mobil yang memiliki usia pakai. Artinya, dalam jangka waktu tertentu seiring dengan penggunaan mobil, ada masa aki akan turun performanya.

Bila mesin mobil sudah mulai sering sulit distarter, lampu-lampu tampak lebih redup dari biasanya, serta suara klakson tidak senyaring sebelumnya.

Kalau begitu, sudah sewajarnya pemilik mobil mencurigai kondisi aki mulai melemah. Hal tersebut juga menandakan waktunya untuk mengganti aki baru.

Nah, bagi pemilik mobil khususnya pengguna Toyota yang akan mengganti aki baru, baiknya jangan asal membeli. Pasalnya, tiap jenis mobil memiliki spesifikasi yang berbeda.

BACA JUGA : Banyak Kasus Pecah Ban, Begini Cara Cek Sendiri Kondisi Ban Mobil

Suparman selaku Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, menjelaskan bila sembarang mengaplikasi aki bisa berdampak fatal bagi kendaraan, terutama pada sistem kelistrikannya.

“Tiap mobil punya spesifikasi berbeda, baik dari ukurannya sampai soal kapasitas ampere aki,” ucap Suparman beberapa waktu lalu.

“Kalau asal membeli dan memasang aki tanpa melihat spesifikasi yang sesuai maka dampaknya malah mendatangkan masalah baru yang justru lebih merugikan,” tegasnya.

Masalah baru yang dimaksud adalah gangguan pada beberapa komponen kelistrikan di mobil. Contoh seperti perangkat audio, lampu kendaraaan, sampai engine control unit (ECU), bahkan fatalnya bisa bikin ECU sampai rusak.

BACA JUGA : 6 Alasan Anda Harus Beli Mobil Baru Toyota di Auto2000

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat membeli aki atau accu baru. Pertama dengan memperhatikan kapasitas dengan melihat satuan ampere. Suparman menjelakan, kapasitas aki harus sesuai dengan kebutuhan standar mobil.

“Ini hukumnya wajib, jangan asal atau menebak saja. Untuk mengetahui kapasitas standar mobil dapat dilihat di buku manual,” jelasnya.

“Lihat juga soal kodenya, seperti NS40Z dan lainnya. Setelah itu perhatikan soal tegangan atau volt-nya, jangan sampai lebih atau kurang dari yang telah ditentukan,” ujarnya.

Namun demikian, Suparman menganjurkan pemilik Toyota untuk membeli aki langsung di bengkel resmi Auto2000. Selain bisa dipastikan sesuai spesifikasi kendaraan, konsumen juga mendapat keuntungan lain yakni garansi.

Auto2000

Share this article
Tanya Tasia