Pantai Balekambang.webp

5 Pesona Pantai Bale kambang: Ide Menarik untuk Destinasi Wisata Anda

Diterbitkan31 Mei 2024

Pantai Balekambang, destinasi eksotis di Kabupaten Malang, Jawa Timur, memikat hati para wisatawan dengan keindahan alamnya yang memesona. Dikenal sebagai surga pantai yang menggoda, Pantai Balekambang menawarkan kombinasi sempurna antara hamparan pasir putih, air laut yang jernih, dan pesona alam yang memukau.


Berselang jauh dari hiruk pikuk kota, Pantai Balekambang menawarkan ketenangan serta pesona alam yang memukau, menjadikannya tempat ideal untuk melarikan diri dari kesibukan sehari-hari. Penasaran? Langsung saja lihat apa saja pesona alam Pantai Balekambang dalam artikel ini.


Mengenal Pantai Balekambang

Pantai Balekambang adalah salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dikenal sebagai 'Tanah Lot' nya Jawa Timur, pantai ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa serta pengalaman budaya yang unik. 


Terletak tak terlalu jauh dari pusat kota Malang, Pantai Balekambang dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Pantai ini menjadi pilihan favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana yang tenang dan damai.


Baca juga: 12 Wisata Alam Jawa Timur Yang Harus Dikunjungi!


Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasinya yang strategis membuat pantai ini mudah dijangkau dari berbagai kota di Jawa Timur. Rute menuju pantai ini cukup mudah diikuti, dengan jalan yang sudah beraspal dan petunjuk arah yang jelas. Bagi AutoFamily yang datang dari Malang, perjalanan menuju Pantai Balekambang memerlukan waktu sekitar dua jam dengan kendaraan pribadi.


Sebelum mengunjungi Pantai Balekambang, ada beberapa persiapan dan tips yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan liburan Anda berjalan lancar dan menyenangkan:

  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik. Jika menggunakan transportasi umum, pastikan untuk mengetahui jadwal keberangkatan dan ketersediaan angkutan menuju pantai.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan pantai seperti sunblock, topi, kacamata hitam, dan tikar untuk duduk. Jika Anda berencana berenang, pastikan membawa pakaian renang dan handuk.
  • Sebelum berangkat, periksa kondisi cuaca. Berlibur saat cuaca cerah akan membuat Anda lebih menyenangkan.
  • Meskipun di sekitar pantai terdapat beberapa warung, membawa bekal sendiri akan lebih praktis, terutama jika Anda memiliki preferensi makanan tertentu.
  • Tidak semua tempat di sekitar Pantai Balekambang menerima pembayaran dengan kartu, jadi pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup untuk membayar tiket masuk dan membeli keperluan lainnya.
  • Bawa kantong plastik untuk sampah Anda sendiri. Pantai yang bersih akan membuat pengalaman liburan Anda lebih menyenangkan dan menjaga kelestarian lingkungan.


DAPATKAN MOBIL IMPIAN ANDA DENGAN JAMINAN GARANSI TERBAIK HANYA DI AUTO2000 DIGIROOM!

Pesona Alam Pantai Balekambang

Pantai Balekambang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Tentunya pesona alam pantai ini tidak akan mengecewakan AutoFamily saat memilih Balekambang sebagai destinasi wisata liburan. Berikut ini beberapa pesona alam yang bisa Anda nikmati di Pantai Balekambang:


1. Pura Megah di Atas Pulau Batu

Salah satu daya tarik utama Pantai Balekambang adalah keberadaan pura megah yang terletak di atas pulau batu kecil yang dikenal dengan nama Pulau Ismoyo. Pura ini bernama Pura Amerta Jati, dan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pura ini sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. 


Keindahan arsitektur pura yang berdiri kokoh di atas batu karang, serta suasana spiritual yang kental, membuat pura ini menjadi tempat yang istimewa bagi para pengunjung. Hingga saat ini, Pura Amerta Jati masih digunakan untuk berbagai upacara keagamaan umat Hindu sekitar.


2. Penampilan Sunset yang Menakjubkan

Pantai Balekambang adalah tempat yang sempurna untuk menikmati keindahan matahari terbenam. Saat senja tiba, langit di Pantai Balekambang berubah menjadi kanvas yang dihiasi oleh warna-warna spektakuler, tak hanya oranye saja tetapi terkadang juga ungu.


Pantulan cahaya matahari yang perlahan tenggelam di cakrawala menciptakan pemandangan yang memesona. Tidak heran jika banyak wisatawan yang datang ke pantai ini hanya untuk menikmati momen indah ini dan mengabadikannya dalam foto.


3. Hamparan Pasir Putih yang Luas

Pantai Balekambang memiliki hamparan pasir putih yang luas dan bersih. Pasir putih yang lembut ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai, berjalan-jalan, atau bermain voli pantai. Bagi Anda yang membawa keluarga, area pasir ini juga aman untuk anak-anak bermain. Suasana tenang dan pemandangan yang indah akan membuat waktu bersantai Anda di pantai ini menjadi lebih menyenangkan.


Baca juga: 19 Pantai di Jawa Timur yang Cocok untuk Traveling


4. Jembatan Tengah Laut untuk Menyeberang ke Pulau Ismoyo

Salah satu pengalaman unik yang bisa Anda dapatkan di Pantai Balekambang adalah menyeberang jembatan yang membentang di tengah laut menuju Pulau Ismoyo. Jembatan ini bukan hanya berfungsi sebagai penghubung, tetapi juga menawarkan pemandangan laut yang memukau sepanjang perjalanan. 


Anda bisa merasakan angin laut yang sejuk dan melihat ombak yang menghantam batu karang di bawah jembatan dan berfoto sejenak di tengah jembatan. Pengalaman ini pasti akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda.


5. Kental dengan Kisah Mitos yang Menarik

Pantai Balekambang juga dikenal dengan berbagai kisah mitos yang menarik. Salah satu mitos yang populer adalah air laut di Pantai Balekambang yang diyakini memiliki khasiat untuk membuat awet muda. 


Banyak yang percaya bahwa dengan membasuh muka atau berenang di air pantai ini, seseorang bisa mempertahankan keremajaan kulitnya. Mitos ini menambah daya tarik dan aura mistis Pantai Balekambang, membuat banyak pengunjung merasa penasaran dan ingin mencoba sendiri kebenaran dari mitos tersebut.


Pantai Balekambang memang destinasi wisata yang menakjubkan sebab menawarkan berbagai pesona alam dan budaya yang tak tertandingi. Dari pura megah yang berdiri di atas pulau batu, hingga pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan, pantai ini memiliki daya tarik yang kuat bagi siapa saja yang mengunjunginya. 


Liburan di Pantai Balekambang dan sekitarnya tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan pengalaman yang penuh dengan keindahan alam dan kekayaan budaya. Salah satu ide menarik untuk menikmati liburan di Pantai Balekambang ini adalah camping dengan menggunakan camper van


Baca juga: Indahnya Air Terjun Tretes: Rute dan Daya Tariknya


Menyatu dengan alam sambil tetap menikmati kenyamanan campervan memberikan pengalaman camping yang unik di Pantai Balekambang. Anda dapat menikmati hidangan lezat di atas pasir putih, berkumpul dengan keluarga atau teman-teman, dan menghabiskan malam yang tenang di tepi laut. Suara gemericik air dan cahaya bulan yang menyinari pantai menciptakan suasana romantis dan damai yang sulit untuk dilupakan.

Jika Anda sedang mencari mobil toyota yang cocok untuk campervan yang cocok untuk perjalanan camping bersama keluarga, Toyota Hiace adalah pilihan yang paling tepat. Dengan ruang yang luas dan kenyamanan maksimal, Toyota Hiace adalah pilihan sempurna untuk campervan


Kunjungi Auto2000 Digiroom untuk melihat berbagai pilihan mobil Toyota yang cocok sesuai kebutuhan AutoFamily dan dapatkan penawaran terbaik untuk memulai petualangan Anda.


Informasi dalam konten artikel ini dapat mengalami perubahan dan perbedaan, menyesuaikan dengan perkembangan, situasi, strategi bisnis, kemajuan teknologi dan kebijakan tertentu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Gambar hanya ilustrasi.

digiroom logo

AUTO2000 DIGIROOM

Dealer Toyota terbesar di Indonesia yang melayani jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang terbesar di seluruh Indonesia.